Pantai Petanahan Kebumen – Pesona, Kegiatan Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket Pantai Petanahan ialah perpaduan wisata pantai dan hutan di Kebumen. Pantai yang menyimpan suatu cerita cinta di masa Kerajaan Mataram, ditambah dengan pemandangan maritim yang mengagumkan.

Harga Tiket: Rp 6.500, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Karanggadung, Kec. Petanahan, Kab. Kebumen, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Pantai Petanahan sering menjadi tujuan wisata masyarakat setempat untuk berlibur. Selain itu, pantai ini juga dikenal sebagai pantai cinta sebab mitosnya. Di balik semua itu, pantai ini memiliki kawasan hutan yang menjadi perpaduan wisata alam yang unik antara pantai dan hutan di Kebumen.

Di pinggir pantainya, bangkit tebing pendek setinggi satu meter yang menjadi pembatas antara area pantai dengan tempat hutan cemara udang. Lalu, juga terbentang hamparan pasir cokelat yang makin memperbesar lengkap keindahannya.

Selain itu, beberapa wahana permainan diresmikan untuk membuat turis semakin betah. Dan macam-macam kemudahan diberikan. Agar lebih tahu, baca berita perihal rekreasi pantai Petanahan di bawah ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Petanahan

Daya Tarik Pantai Petanahan
Image Credit: Google Maps Ganjar Nugraha

Pantai Petanahan ini memiliki ombak yang cukup tinggi. Pantai ini pun terkenal dengan tempatnya yang juga memiliki hutan cemara dan beberapa wahana bermain. Sehingga menjadi daya pikat wisatawan untuk datang.

1. Hutan Cemara Udang

Kawasan hutan cemara udang menjadi buruan para pelancong yang suka dengan suasana hutan. Di sini, pengunjung dapat merasakan udara sejuk dari bawah rerimbunan pohon cemara. Dulunya, jalan besar yang dipakai untuk jalur berlangsung masih dari tanah. Namun, kini tanah tersebut telah dipaving block sehingga meskipun tiba periode hujan, turis tidak akan terpeleset alasannya tanah becek.

2. Barisan Pohon Pandan dan Cemara Udang

Tepian pantai Petanahan dihiasi oleh flora pandan dan pepohonan cemara udang. Tumbuhan ini tumbuh cukup subur di kawasan pantai mengambil alih pohon kelapa yang lazimnya ikonik dengan pantai. Berteduh di bawah pohon ini, wisatawan akan merasa tersegarkan baik dari udaranya maupun dari hembusan anginnya.

3. Tulisan Pantai Petanahan

Pantai ini juga menawarkan tulisan besar ‘Pantai Petanahan’ yang mampu dipakai untuk orang-orang berfoto. Tulisan ini tidak dibangun dalam bentuk huruf-aksara yang berdiri sendiri melainkan dicetak tinggi pada tembok yang berupa melengkung. Warna dari nama pantai ini dibentuk berwarna merah dengan latar berwarna putih dan lis hijau bau tanah.

4. Legenda Kisah Cinta

Daya Tarik Dimiliki Pantai Petanahan
Image Credit: Google Maps Ganjar Nugraha

Alkisah, dulunya di tahun 1601 lahir seorang bayi bagus di pemerintahan Kerajaan Mataram. Bayi tersebut dinamai Dewi Sulastri. Saking rupawannya, banyak yang jatuh cinta terhadap gadis ini. Bahkan, gadis ini pernah dijodohkan dengan adipati. Namun, gadis ini menggemari orang lain yang ialah orang biasa. Dan sehabis melalui perebutan cinta, hasilnya orang biasa ini yang sukses menikahi Dewi Sulastri.

Adipati pun diam-diam menyimpan dendam. Bahkan, beliau berani menculik Lastri ketika suaminya sedang bertugas. Saat suaminya tahu, dia kembali merebut istrinya. Dan keduanya beristirahat di balik semak-semak. Si suami ini diperbolehkan memiliki pantai Petanahan untuk eksklusif atas izin ratu pantai selatan.

Kisah inilah yang lalu santer terdengar ke khalayak ramai sehingga menciptakan banyak wisatawan berbondong-bondong menyaksikan lokasi orisinil cerita ini berasal.

5. Bibir Pantai Melengkung

Normalnya, Anda akan menjumpai bibir pantai yang lurus di sepanjang garis pantainya. Namun, pantai ini mempunyai bentuk bibir pantai yang tidak biasa. Yakni berupa melengkung yang membuat ombak melaju di kawasan yang berlainan. Ada yang sedikit mendekat, ada juga yang sedikit menjauh. Sehingga turis dihimbau untuk tetap waspada biar tidak tergelincir ombak.

6. Pemandangan Senja

Daya tarik terakhir dari pantai ini ialah pemandangan senja. Di sini, pemandangan langit kemerahan khas senja akan menciptakan turis yang sedang beraktivitas menentukan untuk membisu sejenak menikmati panorama. Wisatawan akan condong bungkam dan tidak melaksanakan apapun demi menikmati waktu singkat nan berguna ini.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Petanahan

Alamat Pantai Petanahan
Image Credit: Google Maps nisa fitriani ma’rufah

Pantai Petanahan berada di Kapubaten Kebumen, Jawa Tengah. Dari segi jalan masuk, pantai ini terbilang mudah diakses alasannya tempatnya mudah didapatkan dan jalannya sudah rata. Terhitung 34 menit waktu yang diperlukan untuk mampu sampai ke pantai ini yang berjarak nyaris sembilan belas kilometer kalau berangkat dari alun-alun kota.

Rutenya ialah dimulai dari alun-alun kota kemudian melewati delapan jalan yang berlainan hingga lalu hingga di lokasi. Namun bila turis berangkat dari terminal bus, maka akan menempuh tujuh jalan raya sampai kemudian hingga ke lokasi pantai. Menuju pantai ini, tidak terlalu banyak ditemui kelokan sehingga meskipun pertama tiba, pelancong akan dengan mudah mendapatkan tempatnya.

Baik mobil maupun sepeda motor, mampu digunakan selaku alat transportasi menuju lokasi pantai. Sebagai rekomendasi, turis dapat menenteng peta kertas atau mengunduh peta digital lewat google maps biar tidak kesasar.

Harga Tiket Masuk Pantai Petanahan Kebumen

Harga Tiket Masuk Pantai Petanahan Kebumen
Image Credit: Google Maps Kang Mamad

Berlibur ke pantai Petanahan, pelancong wajib mengeluarkan uang tiket sebesar 6.500 rupiah untuk satu orang akil balig cukup akal dan 3.500 rupiah untuk belum dewasa di bawah enam tahun. Harga ini ialah harga tiket untuk hari kerja. Sedangkan untuk tanggal merah dan hari libur, pantai ini memutuskan kenaikan harga tiket sebesar 2.500 rupiah baik untuk tiket orang remaja maupun tiket untuk anak-anak.

Setelah final mengorganisir biaya masuk, pelancong dapat melajukan kembali kendaraannya. Saat menemui parkiran, pelancong mampu berhenti. Di sana, hadirin yang datang akan diwajibkan kembali mengeluarkan uang biaya parkir.

Biaya parkir motor yang dikeluarkan sebesar dua ribu rupiah untuk hari kerja dan tiga ribu rupiah untuk hari libur. Sedangkan, untuk biaya parkir kendaraan beroda empat dibentuk sama. Yakni lima ribu rupiah.

Harga yang dikeluarkan cukup tidak mengecewakan jikalau datang berombongan. Untuk itu, pelancong mampu mengajak satu orang asli Petanahan dalam rombongannya. Pihak penjaga tiket pun pasti akan memberi kepingan harga. Bila cuma sedikit orang, mampu jadi malah digratiskan. Serta pantai ini dibuka seharian semoga wisatawan dapat bebas datang di waktu apapun.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Petanahan

Aktivitas Pantai Petanahan
Image Credit: Google Maps Ullifna Tamama

1. Susur Pantai

Kegiatan susur pantai ini mampu dijalankan dengan dua cara yakni berkuda dan berlangsung. Bila ingin berkuda, turis dapat mengeluarkan uang harga sewa sebesar lima puluh ribu untuk kemudian mampu menunggangi kuda sembari didampingi seorang pawang.

Bila ingin berlangsung, wisatawan dapat bertelanjang kaki sembari menunduk menyapu pasir cokelat menunggu waktu senja datang. Dibarengi dengan iringan hempasan ombak yang membawa imbas hening.

2. Kulineran Pecel

Warung tenda di pantai ini terkenal dengan nasi pecel, mendoan, dan lepetnya. Makara kalau perut keroncongan, sempatkan untuk mecoba salah satu menu ini untuk mencicip seberapa enak makanannya yang membuat kuliner tersebut menjadi terkenal.

3. Bermain Sepak Takraw

Pasir di pantai ini, mendukung kegiatan bermain sepak takraw alasannya memiliki bentangan pasir yang landai dan luas. Sehingga saat bemain, seseorang mampu menjejakkan kakinya dengan kukuh.

4. Sepeda Gantung

Wahana permainan sepeda gantung juga bisa dicicipi di pantai hits ini. Biaya tiketnya antara sepuluh ribu hingga lima belas ribu rupiah. Saat menjajal , Anda akan disajikan pemandangan pantai dari citra atas yang mau tampak sungguh mempesona.

5. Flying Fox

Selain sepeda gantung, pantai Petanahan juga menawarkan wahana flying fox selaku embel-embel daya pikat rekreasi. Di sini, orang-orang dapat melayang cepat turun ke bawah menggunakan tunjangan tali. Titik permulaan wahana ini dimulai dari tebing pendek hingga kemudian turun ke hamparan pasir pantai.

6. Komidi Putar

Pantai ini juga menyediakan wahana komidi putar yang bisa menjadi kawasan bermain bawah umur. Komidi putar ini akan makin cantik jika dinaiki di malam hari. Lampu-lampu kecil akan menghiasi kerangka komidi putar menjadi semakin megah.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pantai Petanahan

Penginapan Pantai Petanahan
Image Credit: Google Maps agus budiyanto

Penginapan pertama terdekat pantai Petanahan adalah bungalow pantai Suwuk. Penginapan ini berjarak 12,6 kilometer dari Petanahan. Dan tarif penginapan untuk semalam dari harga 106 ribu rupiah. Fasilitas yang disediakan bungalow ini yaitu bak renang luar ruangan dan lahan parkir.

Penginapan selanjutnya yakni Hotel Mexolie. Penginapan ini berjarak 12,7 kilometer dari Petanahan dan termasuk penginapan mewah. Sehingga tarif per malamnya dimulai dari harga 450 ribuan. Fasilitas yang didapat bila bermalam di hotel ini yaitu lift, pendingin ruangan, kedai makanan, servis binatu, dan bak renang.

Penginapan murah terakhir yaitu Griya Wijaya. Sedikit jauh dari dua penginapan sebelumnya, penginapan ini berjarak empat belas kilometer dari Petanahan dengan harga 250 ribuan per malamnya.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Petanahan Kebumen

Fasilitas Pantai Petanahan Kebumen
Image Credit: Google Maps Kang Mamad

Berbagai akomodasi dibangun untuk melengkapi prasarana yang ada di pantai Petanahan. Prasarana yang sudah ada mirip musala, toilet lazim, penyewaan tikar, warung tenda, gerai oleh-oleh, daerah bilas, area parkir, dan kolam air tawar.

Di sini, tempat penyewaan tikar akan memberi tarif lima ribu rupiah untuk tiap bangkrut yang disewakan. Serta bak air tawar dapat digunakan untuk anak-anak berendam bila si orang tua cemas anaknya terlalu bersahabat dengan ombak.

Itulah paparan tentang segala hal baik kegiatan, rute, kawasan tinggal, maupun informasi harga yang akan dikeluarkan ketika berkunjung ke Pantai Petanahan, Kebumen. Wisatawan pun mampu berbelanja buah tangan di gerai oleh-oleh pantai ini jika tidak sempat membeli sesuatu dikala berkeliling Kebumen.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!