Pantai Goa Cemara Bantul – Pesona, Acara Piknik, Lokasi & Harga Tiket

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga TiketPantai Goa Cemara salah satu rekreasi pantai unik di Bantul, Jogja. Pantai berpasir yang menawan memiliki deretan pepohonan yang berbentuk goa, konservasi penyu dan tempat camping favorit.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Lintas Selatan, Patihan, Gadingsari, Kec. Sanden, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Jogja memang sangat identik dengan objek wisata yang mempunyai beragam pantai yang indah. Dan bukan jogja namanya jikalau tidak memiliki wisata kekinian yang disenangi oleh para anak muda.

Terdapat destinasi rekreasi yang dihentikan untuk dilewatkan, yang mana pantai tersebut cukup unik dengan nama Pantai Goa Cemara. Memang betul jika pantai ini akan berlainan dengan pantai-pantai lain yang ada di Yogyakarta. Karena memiliki keunikan sehingga akan sungguh dilewatkan bagi para pelancong yang datang ke Bantul.

Karena keunikannya inilah yang menciptakan banyak turis lokal bahkan sampai luar negeri berbandang-bandang datang ke wisata ini. Pastinya Anda penasaran bukan apa saja hal yang mampu didapatkan di sana? Untuk itu ikutilah ulasannya di bawah ini:

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Goa Cemara

Daya Tarik Pantai Goa Cemara
Image Credit: Google Maps Pantai Goa Cemara

Destinasi rekreasi pantai yang dimiliki oleh Yogyakarta memang telah tidak bisa disangsikan lagi. Semakin kesini aneka macam rekreasi baru yang layak untuk dicoba. Nah berikut ini yaitu beberapa keunikan yang mampu Anda temui saat datang ke Pantai Goa Cemara:

1. Terdapat Pepohonan yang Mirip Goa

Pantai yang satu ini memang sangat aneka macam pepohonan yang sangat sulit untuk ditemui dikala ini. Dikarenakan banyaknya pohon yang tumbuh di area pantai, bahkan terdapat pohon yang ibarat seperti gua dikarenakan sungguh rimbun.

Sehingga menciptakan pohon tersebut hampir mirip dengan lorong yang gelap. Dengan adanya hal inilah yang menimbulkan pantai tersebut mempunyai nama Goa Cemara.

2. Mercusuar yang Tinggi

Daya tarik yang lain yang dimiliki oleh pantai ini terdapat mercusuar yang menjulang tinggi karena ketinggiannya mencapai 40 meter. Mercusuar ini bisa dinaiki oleh para hadirin untuk mampu melihat bagaimana panorama lautan biru yang indah.

Akan namun, cuma 2 orang saja yang diperbolehkan untuk memasuki mercusuar. Sehingga Anda bisa menanti giliran akan bergantian dengan pengunjung yang lain.

Hal tersebut perihal diberlakukan untuk mampu mempertahankan keamanan serta ketentraman dari para hadirin karena mampu menangkal para hadirin menurut.

3. Konservasi Penyu

Hal unik yang bisa didapatkan lainnya adalah terdapat konservasi penyu. Konservasi ini sendiri memang secara sengaja dikembangkan biar mampu membuat para pengunjung kepincutuntuk tiba ke destinasi rekreasi tersebut.

Bukan cuma itu saja, dengan adanya konservasi penyu inilah menjadi langkah awal untuk bisa menjaga kehidupan dari para penemu yang ada di Pantai Goa Cemara. Tentunya dengan hal tersebut patut untuk Anda kunjungi bareng dengan kerabat.

4. Vegetasi Pesisir Pantai

Umumnya kalau di pantai lain hanya akan terdapat hamparan pasir. Namun lain halnya dengan pantai ini, sebab terdapat vegetasi pantai berbentukpohon yang sungguh rimbun bahkan jenisnya pun berlainan-beda.

Namun, kebanyakan pohon yang tumbuh di area pantai ini yaitu pohon cemara. Dan pohon cemara inilah yang berkembang dikarenakan adanya vegetasi.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Goa Cemara

Alamat Pantai Goa Cemara
Image Credit: Google Maps Mey Anggara Putra

Apabila Anda telah tidak sabar untuk berkunjung ke pantai yang unik ini, lokasi dari pantai tersebut memang tidak jauh dari pantai terkenal yang ada di Yogyakarta seperti halnya Pantai Parangtritis. Bahkan masih terletak pada jalan yang serupa dengan pantai tersebut.

Sedangkan untuk rute yang mau ditempuh bila dari kota Yogyakarta jaraknya sekitar 20 km. Agar perjalanan jauh lebih tanpa hambatan maka bisa melewati jembatan layang Janti. Yang kemudian menuju ke arah Ringroad Selatan yang kurang lebih jaraknya sekitar 6 km. Setelah itu akan melalui terminal Giwangan dan menuju ke arah Jalan Parangtritis.

 Bagi para turis yang ingin mencari tahu ihwal harga masuk ke pantai unik ini. Maka tidak perlu khawatir, sebab biaya tiketnya sangat murah adalah per orang cuma dikenakan Rp 5.000 saja.

Akan tetapi, bagi para pelancong yang menenteng kendaraan pribadi tertentu akan dikenakan ongkos. Untuk parkir kendaraan roda dua akan dikenakan biaya Rp 3.000, untuk ongkos parkir kendaraan roda empat sekitar Rp 5.000, sedangkan bagi para pelancong dengan rombongan yang memakai bus maka ongkos parkirnya adalah Rp 10.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Goa Cemara

Aktivitas Menarik Pantai Goa Cemara
Image Credit: Google Maps Hari Kusuma Dharmawan

1. Berkeliling dengan ATV

Sembari menikmati keindahan dari pantai Anda juga bisa menaiki ATV yang biasanya akan disewakan pada area pantai dan juga area pohon cemara. Untuk acara yang satu ini memang akan membutuhkan keberanian serta keahlian saat menaiki ATV di tanah yang berpasir.

2. Foto Bersama di Area Pohon Cemara

Pohon-pohon Cemara yang dimiliki oleh pantai ini terkadang dipakai menjadi latar belakang foto yang sungguh menarik. Apalagi pohon cemara ini akan berkembang di area jalan setapak.

Para hadirin biasanya mengakibatkan pohon cemara tersebut spot foto untuk mengabadikan momen kebersamaan bareng dengan keluarga dan juga sahabat. Bahkan pohon cemara ini memang sangat instagramable.

3. Menunggangi Kuda

Bukan hanya bisa menaiki ATV saat berkeliling, menunggangi kuda juga menjadi aktivitas seru. Dan Anda pun tidak perlu khawatir alasannya dikala menunggangi kuda akan didampingi oleh pemandu. Sepertinya ini bisa menjadi pengalaman satu Anda bersama dengan bawah umur.

4. Berkemah

Aktivitas Menarik di Pantai Goa Cemara
Image Credit: Google Maps fardhani binarsanti

Bukan cuma bisa menikmati situasi yang ada di pantai ketika pagi ataupun siang hari. Pantai ini sendiri juga Sangat cocok dijadikan daerah untuk berkemah.

Yang perlu Anda lakukan yakni dengan menenteng perlengkapan perkemahan. Yang nantinya akan menunjang ketentraman serta keselamatan ketika bermalam di pantai ini.

5. Menikmati Aktivitas Outbound

Untuk Anda yang sangat menggemari aktivitas seperti ini, maka Pantai Goa Cemara Bantul adalah pilihan yang sungguh tepat. Apalagi kemudahan yang ada di area pantai tersebut sungguh menunjang.

Tak heran jikalau pantai keren ini kadang kala dijadikan perkumpulan anak sekolah ataupun mahasiswa untuk melakukan sebuah acara outbound. Tentu saja hal ini menggembirakan bersama dengan sahabat-teman.

6. Bermain Air

Bermain air tentunya yaitu salah satu kegiatan yang tidak pernah dilupakan dikala datang ke pantai manapun. Sama halnya saat tiba ke Pantai Goa Cemara yang ada di Bantul ini. Para hadirin mampu dengan leluasa bermain air pantai ataupun berenang.

7. Bermain Pasir

Bermain pasir kalau mampu menjadi kegiatan seru yang bisa dikerjakan bersama dengan anak-anak Anda. Apalagi dengan bermain pasir inilah, anak mampu melatih kreativitasnya. Hubungan orang tua dan anak makin bersahabat.

Penginapan Murah di Sekitar Area Pantai Goa Cemara

Penginapan Pantai Goa Cemara
Image Credit: Google Maps Pak Busan

1. Penginapan Puri Brata Resort And Gallery

Untuk yang pertama ini merupakan penginapan yang jaraknya sangat erat dengan destinasi wisata Pantai Goa Cemara Bantul. Untuk tarif per malamnya juga sungguh terjangkau kalau mengingat banyaknya kemudahan yang menunjang.

Di setiap ruangan terdapat karya seni Jawa Madura dan juga Bali yang pastinya akan memanjakan indera mata. Kondisi kamar yang selalu bersih tentu akan membuat nyaman ketika hadirin bermalam.

2. Penginapan Oyo 3845 Paris Syariah

Suasana dari penginapan ini sangat mengasyikkan sebab para hadirin mampu melihat langsung area pantai dikala pagi. Dengan panorama yang sangat luas dan indah, pasti akan memanjakan mata bagi siapa saja yang melihatnya.

Biaya permalam sendiripun sungguh murah. Bahkan pelayanan yang diberikan oleh penginapan ini sangat membuat puas dan juga. Terlebih lagi dengan pelayanan resepsionis yang siap sedia selama 24 jam akan menolong Anda jika mengalami persoalan di kamar hotel.

3. Penginapan Villa Alcheringa

Untuk hadirin yang ingin bermalam ke Villa Alcheringa ini, maka mampu memilih jenis kamar yang diharapkan. Karena memang terdapat 4 unit kamar yang berbeda.

Untuk kemudahan yang mampu Anda dapatkan ialah sarapan, lalu para hadirin bisa dengan bebas mengakses wi-fi dengan. Para hadirin juga tidak perlu khawatir dengan area parkir. Karena para pengunjung tidak perlu mengeluarkan uang ongkos parkir.

4. Penginapan Queen Of The South Beach Resort

Penginapan ini memang sungguh unik dikarenakan kamarnya didesain seperti pondokan rumah khas dari panggung Sumatera. Selain itu, para pengunjung mampu melihat view pantai dan juga gunung kapur walaupun berada di dalam kamar.

Para hadirin juga mampu menikmati fasilitas spa yang disediakan oleh hotel. Yang pastinya sangat cocok bagi Anda yang kehabisan energi sehabis melaksanakan kegiatan seru di Pantai Goa Cemara Bantul. Tentunya penginapan ini sungguh tenteram untuk melepas lelah.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Goa Cemara Bantul

Fasilitas Pantai Goa Cemara Bantul
Image Credit: Google Maps Rewhat “PAPAKAKA” Prakarsa

1. Fasilitas Mushola

Fasilitas yang ada di dalam Pantai Goa Cemara Bantul ini adalah mushola, yang memang menjadi salah satu tempat ibadah bagi umat Islam yang sangat penting. Karena dikala berkunjung ke pantai ini pastinya tidak hanya menghabiskan 1 jam atau 2 jam saja, tetapi mampu sepanjang hari berada di pantai.

2. Tempat Makan

Apabila perut Anda kosong dan kehabisan tenaga dikarenakan berkeliling di pantai, maka bisa menikmati menu-sajian kuliner yang ada di warung makan. Tempat makan di area pantai ini memang menyediakan makanan khas yang pastinya akan membangkitkan selera.

3. Toko Oleh-Oleh

Ketika Anda sedang berlibur, Tidak ada salahnya bukan kalau memperlihatkan buah tangan kepada saudara ataupun teman. Oleh-oleh yang ada di area pantai ini pun juga sangat bermacam-macam. Dimulai dari ornamen unik, terdapat busana khas dari pantai Goa Cemara bahkan hingga masakan.

4. Terdapat Area Parkir

Seperti yang kita ketahui kalau area parkir yang dimiliki oleh destinasi wisata ini cukup luas. Sehingga menjadi kemudahan lazim yang sungguh penting bagi para pengunjung.

Anda pun telah tidak perlu khawatir lagi dengan kendaraan. Karena pastinya akan dijaga oleh pengurus parkir.

5. Fasilitas Toilet Umum

Toilet menjadi salah satu kemudahan biasa yang wajib ada, terlebih toilet memang merupakan kebutuhan utama setiap manusia. Toilet yang dimiliki oleh pantai ini juga sungguh higienis dan sangat tenteram saat digunakan.

Pastinya sehabis berenang tidak mungkin bukan bila pribadi pulang tanpa membersihkan tubuh. Apalagi saat bermain di pantai tentu akan terdapat pasir-pasir yang menempel pada baju ataupun tubuh.

Demikianlah sekilas isu yang bisa diberikan terhadap Anda perihal destinasi wisata Pantai Goa Cemara di Bantul. Ketika berencana tiba ke Yogyakarta, tak ada salahnya bukan jika meluangkan tiba ke rekreasi ini.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!