Pantai Wediombo Gunung Kidul – Daya Tarik, Kegiatan Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Wediombo salah satu wisata maritim yang eksotis di Gunung Kidul, Jogja. Pantai pasir putih yang dikelilingi pegunungan watu karang nan indah.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pantai wediombo adalah salah satu dari formasi pantai yang berada di Gunung Kidul. Pesonanya tidak kalah manis dengan pantai yang lain sehingga pelancong luar negeri maupun turis domestik banyak yang mengunjungi pantai ini untuk sekedar melepas penat dari segala acara pekerjaan sehari-hari maupun mengisi waktu liburan bareng keluarga.

Setiap pantai yang ada di Gunung Kidul memiliki daya tariknya masing-masing. Setiap pelancong memiliki pantai favorit sesuai dengan daya tarik yang disajikan. Pantai satu ini juga ialah pantai favorit banyak turis alasannya pesonanya yang mampu menciptakan takjub. Bebatuan karang yang megah seolah menyihir para turis yang berkunjung kesana.

Surga wisata maritim ini terletak di Yogyakarta paling ujung. Lokasinya sedikit terpinggirkan alasannya letaknya bersebelahan dengan tempat Wonogiri. Jaraknya paling jauh di antara pantai-pantai lainnya. Meskipun begitu, Pantai Wediombo tidak pernah sepi hadirin karena eksotisme yang disuguhkan. Bebatuan karang yang berjajar rapi siap menyambut para pelancong yang berkunjung.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Wediombo

Daya Tarik Pantai Wediombo
Image Credit: Google Maps Indonesia Raya

Keindahan yang dimiliki pantai tersebut sungguh disayangkan jikalau dilewatkan jikalau Anda sedang berkunjung ke kawasan dimana pantai ini berada. Sambil menyelam minum air, mungkin itu peribahasa yang tepat untuk menggambarkannya. Sambil Anda berkunjung ke tempat tinggal kerabat di kawasan sana, Anda mampu mampir ke pantai yang mempunyai keunikan tersendiri ini.

1. Laguna yang Mempesona

Daya tarik utama Pantai Wediombo yakni lagunanya. Tidak semua pantai di Gunung Kidul memiliki laguna. Laguna adalah cekungan berskala cukup besar dengan bentuk yang sama dengan bak alami serta dihimpit bebatuan karang. Laguna yang ada di pantai tersebut kedalamannya meraih tinggi dada orang sampaumur.

Laguna ini berisi air jernih yang warnanya kebiru-biruan sesuai dengan khas pantai di Gunung Kidul. Ombak di pantai ini terkenal cukup ganas, namun cukup aman apabila para wisatawan ingin berenang di laguna. Keberadaan laguna dihimpit oleh batu-batuan karang yang fungsinya selaku pemecah ombak sehingga berenang di laguna cukup kondusif.

2. Pasir Putih Bersih

Deretan pantai di Gunung Kidul memiliki ciri khas tersendiri ialah memiliki pasir putih yang bersih. Pantai satu ini termasuk salah satunya. Di pantai tersebut Anda mampu bermain di pasir putih sambil menikmati air maritim yang jernih. Bermain pasir di pantai tersebut ialah alternatif bagi para wisatawan yang tidak ingin berenang di laguna.

3. Keindahan Sunset Pantai Wediombo

Pantai tersebut menghidangkan daya tarik keindahan matahari terbenam yang menarik hati siapapun yang sedang berkunjung. Dengan adanya laguna serta bebatuan karang yang memiliki huruf unik, memperbesar keutamaan tersendiri ketika sunset hadir di pantai ini. Anda tidak akan mampu memperoleh keindahan sunset yang berhias laguna di pantai yang lain.

4. Asal Usul Nama yang Kejawen

Nama pantai tersebut berasal dari Bahasa Jawa yaitu dari kata ‘wedi’ dan ‘ombo’. Kata ‘wedi’ mempunyai arti ‘pasir’, sedangkan kata ‘ombo’ berarti ‘luas’. Sehingga pantai tersebut memiliki makna ‘hamparan pasir yang luas’. Dari namanya saja telah terlihat terperinci bahwa pantai tersebut mempunyai lokasi yang terluas dalam satu tempat.

Alamat & Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Alamat Pantai Wediombo
Image Credit: Google Maps fatma arum

Objek rekreasi pantai tersebut berada di Desa Jepitu. Rute yang bisa Anda tempuh yaitu dari sentra kota lewat Wonosari ke arah Pantai Jungwok. Dari Wonosari, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke arah Semanu tepatnya ke arah timur hingga melewati Pasar Agrososro. Kemudian, Anda teruskan perjalanan Anda ke Simpang Tiga yang berada sehabis Pasar Wonosari.

Setelah itu, ambil jalan ke kanan melewati Pantai Baron. Anda akan menemui pertigaan sebelum Pantai Jungwok setelah berjalan sekitar 10 kilometer. Ikutilah isyarat arah menuju Pasar Jepitu. Untuk menuju ke pantai tujuan, bila berjumpa pertigaan Pasar Jepitu, ambil jalan ke arah kanan.

Sesampainya di lokasi parkir Pantai Wediombo, Anda harus berlangsung kaki menuruni bukit kurang lebih 50 meter menuju ke pantai. Pantai yang terletak di Kecamatan Girisubo ini mengkonsumsi waktu tempuh perjalanan sekitar 2,5 jam dengan jalur darat. Jaraknya dari sentra kota Jogja menuju ke lokasi yakni sekitar 73 kilometer.

Akses menuju ke pantai tersebut sangat mudah, bisa diakses dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Wisatawan yang datang berkunjung tidak hanya domestik saja, tetapi juga mancanegara.

Anda juga mampu memakai transportasi umum untuk menuju ke lokasi. Namun transportasi umum tidak mampu mengantarkan Anda langsung ke kawasan tujuan, sehingga hanya mampu mengirimkan Anda sampai di Terminal Wonosari saja. Dari terminal Wonosari Anda mampu menyewa kendaraan beroda empat atau motor semoga bisa sampai ke lokasi tujuan.

Lokasi pantai tersebut berada di wilayah pesisir selatan di Pulau Jawa. Deretan pantai yang lain membentuk suatu garis di daerah pesisir selatan mirip pantai kukup, pantai baron, pantai krakal, pantai siung, dan yang terletak paling ujung yaitu pantai ini. Letaknya dekat dengan pantai suing. Pantai siung terletak di sebelah timur, sedangkan pantai ini terletak di sebelah barat.

Jarak pantai siung dengan pantai tersebut lumayan akrab yakni cuma sekitar 4 km saja. Lumayan bikin capek bila Anda menyusuri pantai siung ke arah pantai ini dengan berlangsung kaki. Pantai suing dan pantai tersebut berada sekitar 80 km dari Pusat kota Yogyakarta dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 2 jam dengan memakai kendaraan pribadi.

Harga Tiket Masuk Pantai Wediombo

Harga Tiket Masuk Pantai Wediombo Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps mega saputra

Pantai dengan keindahan laguna dan bebatuan karangnya ini dibuka untuk umun saban hari Senin-Minggu selama 24 jam. Sehingga Anda mampu menikmati daya tarik indah pantainya setiap ketika sesuai cita-cita. Apabila ingin menikmati situasi pantai dalam kondisi agak sepi, Anda mampu berkunjung ketika weekday di hari kerja alasannya adalah saat weekend maupun ekspresi dominan piknik pantai ini sangat ramai.

Ketika memasuki daerah Pantai Wediombo, Anda akan dikenakan biaya retribusi Rp 10.000 per orang. Untuk biaya parkir kendaraan roda dua adalah Rp 3.000, sedangkan biaya parkir kendaraan roda empat ialah Rp 5.000. Jika Anda ingin bermalam dan menitipkan kendaraan di area parkir pantai ini, maka ongkos parkir kendaraan roda dua menjadi Rp 10.000 dan Rp 25.000 untuk kendaraan roda empat.

Jika Anda berencana untuk menginap di daerah pantai, Anda bisa menyewa tenda berkapasitas 4 orang dengan harga sewanya Rp 35.000 per malam. Terdapat juga penyewaan tenda yang telah lengkap dengan peralatan camping yang lain dengan biaya sewa Rp 300.000 per tenda untuk semalam. Wisatawan yang menginap di area camping, dikenakan biaya lahan Rp 25.000 per tenda.

Fasilitas penyewaan alat surfing juga tersedia di pantai tersebut dengan harga sewa Rp 100.000 per orang. Harga sewa tersebut sudah termasuk pemandu surfing, papan selancar (surf board), dan dokumentasi foto. Anda juga mampu melaksanakan aktivitas snorkeling di area pantai dengan menyewa peralatan snorkeling sebesar Rp 30.000 per orang.

Anda juga mampu melaksanakan aktivitas diving maupun snorkeling di tengah laut atau agak jauh dari pantai menggunakan kapal maritim dengan membayar ongkos Rp 80.000 untuk kapasitas minimal 6 orang. Namun jangan lupa untuk senantiasa menjaga stamina badan alasannya adalah Anda diharuskan berjalan kaki menuruni bukit selama 15-20 menit lewat anak tangga untuk mampu sampai ke pantai.

Aktivitas yang Seru Dilakukan di Pantai Wediombo

Aktivitas Menarik Pantai Wediombo
Image Credit: Google Maps Andreyestha NEX

1. Berenang di Laguna Wediombo

Salah satu keunikan pantai di Jogja ini ialah adanya bak renang alami atau laguna. Kolam renang tersebut berada di tengah himpitan bebatuan karang sebagai pemecah ombak sehingga Anda yang ingin berenang disini cukup kondusif. Air bak renang alaminya sangat menyegarkan dan begitu jernih.

Anda mampu menjajal untuk berendam disini sebab berendam di laguna menciptakan betah untuk berlama-usang. Terutama hembusan angin sepoi-sepoi makin menambah rasa betah saat Anda berenang dan berendam di laguna. Namun Anda tetap mesti berhati-hati karena bebatuan karang yang mengitari laguna cukup licin dan tajam.

2. Memancing dari Atas Bebatuan Karang

Pantai Wediombo tidak mempunyai spot memancing sehingga Anda bisa menimbulkan bebatuan karang yang tersebar di kawasan pantai selaku spot memancing Anda. Tidak ada kemudahan penyewaan perlengkapan memancing di pantai tersebut sehingga Anda diusulkan untuk membawa perlengkapan memancing sendiri dari rumah.

Ukuran pantai tersebut tidak terlalu luas sehingga menjadi pantai favorit bagi para pemancing. Suasana pantai yang tidak begitu ramai saat weekday membuat para pemancing enggan untuk beranjak alasannya adalah cocok sekali untuk refreshing. Para pemancing biasanya mengkremasi hasil tangkapan ikan di sekeliling pantai dan menyantapnya bareng teman-sobat pemancing yang lain.

3. Snorkeling dan Diving

Bagi para turis yang ingin mencoba kegiatan snorkeling dan diving di pantai ini, para turis bisa menyewa perahu nelayan atau naik kapal bahari untuk menuju ke tengah bahari atau ke daerah yang agak jauh dari pantai. Dengan menyewa perahu nelayan atau naik kapal maritim, Anda bisa menjelajah spot menarik sekitar pantai dan keindahan biota bawah laut.

4. Menikmati Sajian Kuliner

Anda tidak perlu cemas jikalau merasa lapar dan haus sebab di sekeliling pantai tersedia daerah-kawasan makan dengan hidangan beragam menu masakan yang memanjakan pengecap. Tempat-daerah makan yang tersedia di pantai ini mulai dari angkringan hingga warung makan. Di angkringan Anda bisa menjajal sajian kuliner khas Jawa Tengah mirip nasi kucing hingga gudeg.

Anda juga bisa mencoba santapan masakan dengan sajian-menu dari bahan dasar seafood. Bahan-bahan olahan seafood tersebut diambil eksklusif oleh para nelayan dari maritim sehingga hasil tangkapan nelayan tersebut masih sangat segar. Menu olahan seafood pun beraneka macam mirip dibakar sampai diolah dengan saus.

5. Camping di Sekitar Pantai

Aktivitas Menarik di Pantai Wediombo
Image Credit: Google Maps Yusup Marwan

Bagi Anda yang ingin mencicipi sensasi bermalam di pinggir pantai atau di area camping sekitar pantai, Anda mampu menjajal mendirikan tenda di Pantai Wediombo. Pihak pengurus sudah menyediakan camping area untuk Anda yang ingin berkemah. Area camping yang luas membuat banyak turis mempergunakan momen piknik mereka untuk bermalam disini.

Ketika malam, bunyi debur ombak memperbesar kehangatan situasi pantai. Terlebih lagi adanya api unggun yang menyala kian membuat para wisatawan yang camping merasa semakin tenang dan hangat. Terutama ketika cuaca sedang cerah, kerlap-kerlip bintang menghiasi langit malam.

6. Menyaksikan Keindahan Senja

Senja di pantai tersebut menyuguhkan panorama yang tiada duanya. Siluet bebatuan karang menambah manis lukisan alam yang tergores di pantai ini. Banyak sekali para wisatawan yang memanfaatkan momen senja tersebut sebagai latar belakang foto mereka, bahkan sering juga pasangan yang melakukan sesi foto preweding disini.

7. Berfoto di Spot-Spot Terbaik

Pantai tersebut memiliki beberapa spot mempesona yang sangat manis untuk dijadikan sebagai spot foto. Terdapat ayunan dari tali tambang yang besar dan berpengaruh yang digantungkan di bawah pohon besar. Anda mampu memanfaatkan spot ini untuk berfoto dan membagikannya ke sosial media Anda.

8. Menginap di Sekitar Pantai

Akan kurang rasanya jikalau berlibur ke Pantai Wediombo hanya sehari saja. Anda bisa bermalam di sekeliling pantai untuk menghilangkan penat dengan berlibur lebih dari sehari disini. Anda akan merasa puas dengan panorama pantai yang begitu mengesankan. Sehingga Anda tidak akan puas kalau hanya mengunjungi pantai tersebut sehari saja.

Meskipun letaknya di paling ujung Yogyakarta, namun sudah ada beberapa penginapan yang erat dengan pantai. Penginapan-penginapan tersebut bukan penginapan glamor bintang lima yang mematok harga mahal untuk bermalam per malamnya. Dengan berbekal budget minimalis, Anda bisa merasakan kenyamanan dikala menginap di penginapan sekitar pantai.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Wediombo
Image Credit: Google Maps kasiyanta deka

1. Joglo Wediombo Cottage & Resto

Lokasi cottage ini hanya berjarak 2 menit saja dari pantai. Letaknya menghadap ke arah pantai sehingga udara di cottage sungguh sejuk. Kebersihan cottage terjaga disokong dengan fasilitas yang lengkap dan mencukupi. Kekurangannya cuma kadang kala susah sinyal, tetapi selebihnya sangat dianjurkan untuk kawasan menginap Anda dan keluarga.

2. Penginapan & Rumah Makan ROOSYTA

Penginapan ini terletak di Jl. Wediombo Jungwok. Bangunan masih termasuk baru, dengan biaya bermalam yang relatif murah. Lokasinya hanya berjarak 5 menit saja dengan pantai. Fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap, tergolong area parkiran yang luas. Untuk menuju ke pantai, Anda mampu berlangsung kaki sebentar saja.

3. Widya Loka Guest House

Penginapan berkonsep guest ini mempunyai beberapa kamar untuk kawasan bermalam para wisatawan. Lokasinya sangat dekat dengan pantai sehingga cuma memerlukan jalan kaki sebentar saja untuk menuju ke pantai. Fasilitas yang disediakan cukup lengkap. Guest house ini diusulkan untuk Anda yang ingin bermalam bareng keluarga.

4. Pondok Lembah Bukit

Penginapan ini setara dengan hotel kelas melati atau kelas 1. Kamar-kamar yang ditawarkan di penginapan ini berupa gubuk atau pondok yang ditata sedemikian rupa sehingga menciptakan tenteram para wisatawan yang bermalam disini. Tarif menginap per malamnya hanya sekitar Rp 50.000-200.000 saja. Fasilitas yang disediakan oleh pengelola cukup lengkap.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Wediombo

Fasilitas Pantai Wediombo
Image Credit: Google Maps Syamsul Bahri

Pihak pengelola pantai tersebut menyediakan banyak sekali fasilitas yang cukup lengkap dan memadai seperti kamar mandi umum, toilet, mushola, penyewaan tenda, camping area, penyewaan alat-alat snorkeling, area parkir, penyewaan alat surfing, warung makan dan angkringan serta penyewaan bahtera nelayan dan kapal laut.

Fasilitas yang lain berupa penginapan di sekitar pantai yang tenteram dengan harga yang terjangkau. Anda tidak perlu kesulitan mencari tempat menginap yang tenteram kalau ingin menghabiskan piknik di pantai tersebut.

Sangat disayangkan apabila Anda tidak menjajal tiba ke Pantai Wediombo saat Anda mendapatkan hari libur. Dengan berbekal budget yang tidak begitu banyak, Anda mampu bersantai disini atau menikmati hidangan kuliner bahkan mencoba berbagai fasilitas yang ditawarkan oleh pihak pengelola pantai.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!