Pulau Semak Daun Jakarta – Pesona, Kegiatan Liburan, Lokasi & Ongkos Rekreasi

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Fasilitas, Lokasi & Biaya Wisata – Pulau Semak Daun salah satu pulau cantik dalam deretan Kepulauan Seribu, Jakarta. Pulau tak berpenghuni yang kaya daya tarik layaknya berada di pulau pribadi.

Biaya Wisata: Mulai Rp 635.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pulau Panggang, Kec. Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; Map: Cek Lokasi

Pulau Semak Daun ialah destinasi wisata yang memiliki pesona yang begitu menarik . Meskipun pulau ini tidak begitu besar, keindahannya menjadi primadona di deretan Kepulauan Seribu. Sebutan pulau ini terinspirasi dari lingkungan di sekitar kawasan tersebut, yaitu adanya semak berupa dedaunan yang lumayan banyak ditemui.

Keadaan di sekitar lokasi wisata ini sungguh unik dan terlihat begitu indah. Hal itulah yang menyebabkan destinasi ini disukai oleh banyak turis, utamanya mereka yang ingin menikmati rekreasi alam. Bahkan tidak jarang wisatawan dari mancanegara yang menimbulkan pulau ini menjadi tujuan destinasi mereka ketika berlibur ke Indonesia, tepatnya di sekeliling Jakarta.

Perlu Anda ketahui bahwa penduduk di sekeliling lokasi wisata akan menyambut Anda dengan ramah. Sikap tersebut mereka terapkan tanpa membedakan asal pengunjung, baik dari setempat maupun luar negeri. Liburan di Pulau Semak Daun niscaya akan menawarkan pengalaman yang cukup berkesan. Sebab, situasi di tempat ini akan memberikan Anda kesejukan dan ketenangan yang tak semua daerah ada.

Paket Wisata 2H1M Pulau Harapan di Kepulauan Seribu

Daya Tarik yang Ditawarkan Pulau Semak Daun

Pulau Semak Daun
Photo: Google Maps/Upang Tan

Suasana yang Tenang

Ketika Anda berkunjung ke pulau ini, Anda akan mencicipi ketenangan dari segala hingar bingar yang ada di tengah perkotaan. Apalagi adanya pasir yang terhampar dengan warnanya yang putih bersih, menyebabkan daerah ini kian mempesona untuk menjadi opsi berlibur. Air lautnya tampak biru kehijauan, seakan mengundang wisatawan untuk bermain air ataupun berendam.

Perlu Anda pahami, tanah yang ada di Pulau Semak Daun termasuk subur, sehingga sangat sesuai untuk dijadikan lahan penanaman aneka macam jenis flora. Perairannya pun cukup tanpa gangguan, Anda tak perlu khawatir untuk mendapatkan air tawar, karena di pulau ini tersedia sumber air tawar yang cukup.

Tempat yang Bersih

Lokasi rekreasi ini masih termasuk bersih. Hal tersebut tidak mengherankan, karena tempat ini belum ditempati oleh banyak orang. Sehingga belum ada polusi yang mengakibatkan lingkungan terkotori. Di samping itu, pihak pengelola juga senantiasa mengamati kebersihan dari daerah rekreasi ini, sehingga siapapun yang berkunjung akan merasa nyaman.

Sebagian besar area di kawasan ini ditumbuhi dengan aneka macam jenis pohon, semak, serta banyak tanaman liar yang menjalar. Adanya banyak sekali jenis tanaman itulah yang mengakibatkan udara di sekeliling masih alami dan terasa segar. Apalagi ditambah dengan perawatan yang baik yang menyebabkan daerah ini terlihat begitu bersih dan yummy dipandang.

Promo Hotel & Resort di Kepulauan Seribu

Sunset yang Indah

Daya Tarik di Pulau Semak Daun
Photo: Google Maps/Upang Tan

Selain pemandangan lautnya yang begitu memukau, Pulau Semak Daun juga dikenal menjadi spot yang pas untuk menikmati momen sunset. Bagi pelancong yang berasal dari kawasan sekitar mampu mengestimasi waktu perjalanan menuju kawasan ini, sehingga dapat ikut menikmati momen tersebut.

Sedangkan wisatawan yang berasal dari luar tempat tak perlu khawatir, alasannya adalah mereka mampu mendirikan tenda di malam harinya untuk camping di daerah ini. Pengunjung juga mampu membuat api unggun untuk menghangatkan badan mereka ketika angin malam mulai berhembus.

Tempat Penangkaran Penyu

Destinasi rekreasi yang satu ini juga merupakan tempat untuk penangkaran penyu, utamanya jenis penyu sisik. Spesies ini tergolong terbatas di daerah Indonesia. Lokasi ini ialah satu diantara tiga lokasi penangkaran penyu lainnya di kawasan Kepulauan Seribu.

Wisatawan yang berkunjung mampu mendatangi lokasi tersebut untuk menyaksikan bagaimana kehidupan penyu di sini. Pengunjung juga dapat sekaligus berguru bagaimana bentuk dan karakteristik dari penyu sisik. Sehingga liburan kali ini juga bisa menjadi potensi untuk memperkaya wawasan terkait dengan binatang.

Alamat, Rute Lokasi dan Biaya Wisata

Alamat Pulau Semak Daun
Photo: Google Maps/Upang Tan

Pulau Semak Daun terletak di dekat Jakarta, ialah tergolong dalam rentetan pulau di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Sehingga, bagi Anda yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya tak perlu resah bila ingin menikmati sensasi wisata alam tanpa harus menempuh jarak yang sungguh jauh. Apabila Anda tidak menggunakan alat transportasi sendiri, maka Anda mampu menaiki alat transportasi biasa , contohnya bus umum.

Untuk hingga di destinasi wisata ini, Anda mampu memulai perjalanan dari Marina Ancol yang dilanjutkan menuju Pulau Pramuka. Perjalanan tersebut akan mengkonsumsi waktu 3 hingga 4 jam. Setelah itu Anda dapat melanjutkan perjalanan sampai hingga di daerah tujuan dengan waktu tempuh 40 sampai 60 menit.

Perjalanan dari Pulau Pramuka hingga sampai di Pulau Semak Daun membutuhkan transportasi berupa bahtera yang berukuran kecil. Biaya yang diharapkan untuk penyewaan kapal ini cukup memakan ongkos, adalah sekitar Rp 600.000 sampai Rp 800.000. Biaya tersebut menyesuaikan dengan besar kecilnya muatan perahu.

Trip Pulau Pramuka – Kepulauan Seribu 2D1N

Bagi wisatawan yang berkunjung akan dikenai tiket masuk seharga Rp 35.000. Akan tetapi, bila Anda memerlukan perlengkapan listrik tertentu, Anda harus mengeluarkan ongkos perhiasan untuk biaya sewa kepada pihak penjaga pantai. Biaya tersebut bergantung pada jenis dan jumlah perlengkapan yang akan Anda gunakan.

Aktivitas yang Seru dan Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Pulau Semak Daun
Photo: Google Maps/Upang Tan

1. Snorkeling di Pulau Semak Daun

Bagi Anda yang tertarik dengan kegiatan di bawah maritim, Anda mampu melaksanakan acara rekreasi yang satu ini. Anda mampu menikmati keindahan panorama di bawah permukaan maritim dengan melakukan snorkeling. Aktivitas ini sungguh pas untuk dilakukan di kawasan ini, alasannya air di pulau ini yang terlihat jernih, sehingga ekosistem yang ada dapat terlihat terperinci.

2. Menikmati Keindahan Sunset

Wisatawan yang berkunjung mampu bermalas-malasan di tepi pantai sembari menikmati keindahan matahari yang sedang tenggelam di peraduannya. Aktivitas ini menjadi hal yang dinantikan-tunggu oleh pengunjung daerah ini, alasannya adalah keindahannya mampu membuat siapapun kesengsem.

3. Aktivitas Camping

Pulau ini dikenal menjadi tempat yang tepat untuk dipilih sebagai lokasi camping. Sehingga bagi Anda yang suka dengan acara ini, Anda mampu mencobanya di kawasan ini. Anda mampu bermalam di kawasan ini bersama dengan keluarga ataupun sobat-sahabat Anda. Kegiatan ini menjadi satu-satunya opsi jikalau Anda ingin menginap, karena di Pulau Semak Daun tidak tersedia penginapan.

Namun, bagi Anda yang ingin berkemah harus mempersiapkan sendiri segala perlengkapan yang mau dipakai untuk camping. Mendirikan tenda di tepian pantai niscaya akan terasa begitu menyenangkan. Apalagi ditemani suara deburan ombak yang tampak begitu segar, membuat pengalaman camping Anda kian berkesan.

4. Memancing Ikan di Dermaga

Aktivitas Menarik di Pulau Semak Daun
Photo: Twitter/Laras Prahyawita

Ketika Anda berada di pulau ini pada malam hari, Anda mungkin akan merasa sedikit jenuh. Untuk menangani hal ini, Anda bisa memancing ikan di sekeliling dermaga. Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan bintang di langit dari dermaga. Bahkan tak jarang yang menyebabkan dermaga ini selaku latar untuk mengambil beberapa foto.

5. Berjalan-Jalan di Pinggir Pantai

Pengunjung yang ingin menikmati suasana di pulau ini dapat melakukannya dengan berlangsung-jalan di sekitarpulau. Anda mampu melaksanakan kegiatan ini di waktu sore sembari menanti eloknya matahari yang terbenam.

Ketika berkeliling, Anda tak perlu risau tersasar, alasannya ukuran pulau yang termasuk kecil. Sensasi lembutnya pasir pantai akan lebih terasa saat Anda berlangsung dengan kaki telanjang. Sehingga Anda mampu lebih maksimal menikmati piknik Anda di tempat ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pulau

Fasilitas Pulau Semak Daun Jakarta
Photo: Google Maps/Upang Tan

  • Listrik – Listrik yang tersedia di daerah ini belum seperti yang ada di kawasan lain. Sehingga bagi Anda yang mengharapkan untuk memakai fasilitas tertentu yang menggunakan daya listrik harus memesan dan menyewanya dari pihak pengelola wisata.
  • Lahan Parkir – Bagi hadirin yang memakai alat angkutansendiri dapat memarkirkan kendaraannya di lahan parkir yang telah tersedia. Area yang dijadikan daerah parkir ini cukup luas, sehingga memadai untuk menitipkan kendaraan milik para turis.
  • Rest Area – Pulau Semak Daun juga dilengkapi dengan adanya rest area. Sehingga, bagi pelancong yang tiba dapat mengistirahatkan badan mereka di sekeliling sini sesudah menempuh perjalanan hingga hingga pulau ini. mereka dapat beristirahat sembari menikmati kesejukan udara di sekeliling dan menikmati perbekalan mereka ataupun membelinya di sekeliling .
  • Kamar Mandi – Pengunjung yang tiba tak perlu resah akan keadaan air yang tersedia di kemudahan ini. Sebab, pihak pengurus telah memastikan bahwa air yang ada ialah air yang bersih. Adanya lingkungan yang sudah terawat dengan baik, maka Anda selaku turis pantas untuk ikut serta mempertahankan kebersihan, misalnya dengan tidak membuang sampah dengan sembarangan.
  • Warung – Meskipun pulau ini belum dihuni oleh banyak orang, di sekitarnya sudah diresmikan beberapa warung yang menyediakan aneka macam kebutuhan yang diperlukan oleh wisatawan yang berkunjung. Beberapa yang tersedia diantaranya minuman kemasan, kudapan, ataupun masakan yang bisa menangani saat perut terasa lapar.

Itulah pesona Pulau Semak Daun yang cukup memukau para turis untuk berkunjung. Alamnya yang masih asri dan terlihat begitu indah mampu menciptakan siapapun yang tiba merasa betah untuk menghabiskan waktunya di kawasan ini. Untuk itu, bila Anda berkunjung ke pulau tersebut, Anda juga harus turut mempertahankan keasrian lingkungan agar pesona kawasan ini selalu tersadar.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!