Pulau Cangkir Tangerang – Pesona, Kegiatan Liburan, Lokasi & Biaya Rekreasi

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Fasilitas, Lokasi & Biaya Wisata – Pulau Cangkir salah satu pulau kecil nan memesona di Tangerang. Wisata bahari yang memperlihatkan daya tarik hutan bakau, pantai yang indah dan rekreasi religi ke makam Pangeran Jaga Lautan.

Biaya Wisata: Mulai Rp 6.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kec. Kronjo, Kab. Tangerang, Banten; Map: Cek Lokasi

Pulau Cangkir ini memiliki luas wilayah berkisar 2,5 hektar. Tempat ini ialah destinasi wisata yang terbilang cukup lengkap, sebab memiliki nilai sejarah tersendiri, bisa menjadi tempat ziarah makam, serta dapat melakukan kegiatan wisata laut.

Nama pulau ini terinspirasi dari bentuknya yang nampak seperti bentuk cangkir. Destinasi ini cukup populer baik di kawasan Banten ataupun di seluruh Indonesia. Pada awalnya keberadaan pulau ini terpisah dengan Pulau Jawa, tetapi sekarang sudah terdapat akses penghubung yang membuat lebih mudah pelancong untuk berkunjung ke daerah ini.

Masyarakat di sekitar menciptakan suatu jalan selaku penghubung menuju tempat tersebut menggunakan tanah yang ditumpuk hingga membentuk sebuah urugan di tahun 1995. Di sepanjang perjalanan menuju destinasi wisata Pulau Cangkir, Anda akan melihat banyak sekali tambak ikan bandeng. Tempat ini sepenuhnya dikelola oleh warga kawasan lokal tanpa adanya campur tangan pihak pemerintah.

Daya Tarik yang Dimiliki Wisata Pulau Cangkir

Daya TarikWisata Pulau Cangkir
Image Credit: Google Maps Daldiri Alexy

1. Wisata Religi

Destinasi ini menjadi suatu rekreasi religi bagi penganut agama Islam. Di tempat pulau tersebut terdapat sebuah makam yang ialah kawasan peristirahatan terakhir Syeikh Waliyuddin. Beliau ialah anak pertama dari Sultan Hasanuddin. Beliau juga sekaligus ialah cucu Sunan Gunung Jati yang ada di Cirebon. Makam tersebut dinilai keramat oleh warga.

2. Penduduk yang Ramah

Tidak setiap daerah memiliki masyarakatyang bersikap ramah. Di tempat sekitar daerah rekreasi ini, para warga sekitar bersikap ramah kepada pada hadirin, baik mereka yang ialah turis dari luar negeri maupun pelancong domestik.

3. Adanya Hutan Bakau

Keindahan di Pulau Cangkir dilengkapi dengan adanya hutan bakau. Ketika Anda menuju ke pulau ini, Anda akan melihat barisan pohon bakau yang tertanam di sepanjang perairan. Adanya pohon bakau memperbesar panorama makin terlihat anggun.

4. Laut dengan Air yang Jernih

Pulau ini dikelilingi dengan lautan yang memiliki air yang jernih. Di tempat ini wisatawan mampu berenang. Bahkan, di sekeliling pantai sudah tersedia daerah penyewaan pelampung. Sehingga, bagi Anda yang tidak mampu berenang dapat menggunakan pelampung dengan menyewanya.

5. Pusat Perbelanjaan

Sebagai sebuah destinasi wisata, maka di kawasan ini juga tersedia pusat perbelanjaan. Terdapat aneka macam produk maupun ikan segar yang dijual di banyak sekali toko yang ada. Bagi Anda yang ingin berbelanja kudapan untuk mengawalliburan Anda, Anda dapat membelinya di sekitar sini. Selain itu, jikalau Anda ingin membawakan buah tangan dan souvenir, terdapat beragam opsi di tempat ini.

Alamat, Rute Lokasi & Biaya Wisata ke Pulau Cangkir

Alamat Pulau Cangkir
Image Credit: Google Maps Ahmad Muhtarom

Destinasi wisata ini terletak di kawasan Kecamatan Kronjo, tepatnya ada di Desa Kronjo. Jika ditempuh dari Jakarta maka akan sejauh 75 kilometer. Sedangkan jika dari sentra Kota Tangerang berjarak 25 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam.

Bagi Anda yang memakai kendaraan lazim dari luar tempat Tangerang, maka Anda dapat turun di terminal Kota Tangerang, Banten. Selanjutnya Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menaiki kendaraan lazim lainnya mirip taksi online maupun ojek motor yang sudah berjajar di sekeliling terminal.

Apabila Anda memakai kendaraan beroda empat, Anda mampu lewat jalan tol jalur Jakarta-Merak hingga sampai di Tangerang. Kemudian dilanjutkan dengan melewati Jalan Padar Kemis. Ikuti terus jalan ini sampai Anda sampai di Jalan Cadas. Selanjutnya Anda mampu belok kiri ketika menemui tikungan yang pertama. Ikuti jalan ini sampai Anda menemui tikungan lagi, lalu belok kanan dan Anda telah sampai.

Setiap pengunjung yang tiba ke kawasan wisata ini akan dikenai tarif senilai Rp 6.000. Tarif tersebut tergolong murah dan terjangkau bagi semua golongan. Bahkan dengan tarif tersebut, sudah tergolong dengan memasuki area untuk lelang ikan.

Akan tetapi, bagi Anda yang menggunakan kendaraan untuk sampai di lokasi Pulau Cangkir, maka akan dikenai ongkos pemanis selaku tarif parkir. Untuk satu kendaraan roda dua akan dikenai biaya senilai Rp 3.000 sedangkan untuk kendaraan roda empat dipatok sejumlah Rp 5.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Cangkir

Aktivitas Menarik Pulau Cangkir
Image Credit: Google Maps QHOMS 1626

1. Ziarah Makam

Kegiatan ini menjadi salah satu di antara beberapa hal yang banyak dilakukan oleh umat Islam. Sebab, dengan mendatangi makam, maka akan kian mengingatkan dirinya akan akhir hayat, sehingga mampu lebih bijak dalam menjalani hidup.

2. Berenang

Bagi pelancong yang senang dengan acara yang satu ini, maka daerah ini sangat sesuai untuk dikunjungi. Hal ini disebabkan karena air lautnya yang jernih serta ombak yang tidak begitu besar, sehingga masih tergolong aman.

3. Berfoto

Berbagai acara berlibur di kawasan ini pasti akan menjadi momen tersendiri dalam rentetan pengalaman berlibur Anda. Oleh karena itu, banyak turis yang memakai kameranya untuk membingkai beragam kegiatan mereka di tempat ini. Sehingga foto yang dihasilkan mampu menjadi sebuah kenang-ingatan untuk kala depan.

Penginapan Murah Dekat Dari Pulau Cangkir

Penginapan Murah Dekat Dari Pulau Cangkir
Image Credit: Google Maps Arif Hidayat

1. Fame Hotel Gading Serpong

Biaya sewa untuk bermalam di hotel ini cukup terjangkau yaitu sejumlah Rp 359.100. Fasilitas yang ada juga cukup mencukupi, diantaranya wifi, lahan parkir, AC, lift, resepsionis 24 jam, dan kedai makanan. Sehingga saat Anda ingin merasa lapar, Anda tak perlu resah untuk mencari daerah makan lagi, sebab di penginapan ini sudah tersedia aneka macam kedai makanan dengan berbagai menu.

Warna ungu menjadi warna yang mendominasi hotel ini. Bangunan ini memiliki gaya minimalis dengan desain interior dan furniture bertema Hollywood. Bahkan pada beberapa kamar diberi suatu dekorasi berbentukkarya seni yang menampilkan sosok populer seperti Bob Marley, Michael Jackson, dan Elvis Presley.

Total kamar yang ada di hotel ini sejumlah 144 kamar. Terdapat dua jenis kamar yaitu Deluxe dan Superior. Pengunjung yang datang juga dipersilahkan untuk memilih apakah akan memakai ruangan bebas merokok atau ruangan bebas asap rokok, sehingga hadirin dapat mencicipi kenyamanan yang optimal.

2. Starlet Hotel Serpong

Jika Anda mengharapkan akomodasi untuk meraih berbagai kawasan dengan gampang, maka Anda bisa menginap di hotel ini. Bahkan lokasi hotel ini cuma memiliki jarak kurang lebih 6,08 kilometer dengan Stasiun Tangerang. Harga yang dipatok untuk bermalam satu malamnya juga cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp 272.646.

Meskipun biaya yang ditetapkan termasuk murah, namun fasilitas yang disediakan tetap termasuk mencukupi. Bahkan pelayanannya juga mempunyai mutu yang bagus. Di sini Anda tetap mampu melakukan kepentingan bisnis, alasannya di hotel ini juga tersedia akomodasi yang menunjang kepentingan bisnis.

Di tempat ini Anda dapat senantiasa tersambung dengan jaringan internet, sebab tersedia akomodasi wifi yang bisa diakses oleh para pengunjung. Wifi ini tersebar di berbagai area hotel. Selain itu, di sini Anda juga mampu check ini kapanpun, alasannya terdapat fasilitas berupa pelayanan resepsionis selama 24 jam.

3. De Green Inn

Penginapan ini terletak di daerah Neglasari. Jika dari lokasi Stasiun Basoetta, cuma berjarak kurang lebih 3.07 kilometer. Di samping itu, letak penginapan ini juga cukup erat dengan bandara, sehingga Anda tidak akan kesulitan ketika akan menuju ke bandara dalam waktu singkat.

Dengan adanya situasi yang nyaman dan kelengkapan fasilitas yang ada menimbulkan hadirin merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Di sini bahkan juga tersedia akomodasi kolam renang, sehingga Anda bisa menikmati waktu berpangku tangan dengan berenang bareng sobat berlibur Anda.

Biaya menginap yang dipatok yaitu Rp 139.650. Biaya tersebut termasuk murah dan cukup dapat mengurangi anggaran yang Anda miliki untuk kepentingan yang lain. Namun, ketika Anda akan memakai kemudahan transportasi dari pihak penginapan, maka Anda diharuskan mengeluarkan uang biaya lagi sejumlah Rp 15.000.

4. Amaris Hotel Citra Raya

Bagi Anda yang ingin bermalam di hotel ini, Anda mesti mempersiapkan Rp 405.000 untuk biaya sewa kamar satu malam. Fasilitas yang tersedia cukup mencukupi, mulai dari lift, wifi, AC, kedai makanan, dan resepsionis 24 jam. Adanya lift akan membuat lebih mudah Anda jika ingin menuju lantai atas tanpa harus berlelah-lelah menaiki tangga.

Restoran yang ada di sini diketahui memiliki menu yang rasanya begitu yummy, sehingga tak jarang turis yang menyukainya. Lingkungan di sekitar hotel juga tampak higienis, sehingga siapapun yang berkunjung pasti akan merasa nyaman dengan kondisi ini. Pelayan yang ada di hotel juga ramah kepada para tamu yang berkunjung.

Lokasi hotel ini cukup strategis, sehingga kanal menuju daerah-daerah lazim gampang untuk diakses. Letaknya ada di daerah Cikupa. Selain strategis, hotel ini juga cukup bersahabat dengan Citra Raya Water World, yakni cuma berselang jarak 0,05 kilometer. Bahkan dari hotel ini Anda mampu sampai di Eci Plaza hanya dengan menempuh jarak 0,52 kilometer.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Cangkir Tangerang

Fasilitas Pulau Cangkir Tangerang
Image Credit: Google Maps Muliawan Iqbal

1. Lahan Parkir

Di setiap daerah rekreasi pasti menyediakan kemudahan yang satu ini. Sebab, sebagian besar wisatawan yang berkunjung menjinjing kendaraan sendiri, terlebih mereka yang berasal dari luar tempat. Adanya banyak sekali pesona yang dimiliki oleh kawasan ini, menciptakan pulau ini banyak dikunjungi oleh wisatawan, sehingga dibutuhkan lahan yang cukup untuk parkir.

2. Toilet

Fasilitas yang satu ini juga tak kalah penting keberadaannya. Sebab kebutuhan manusia untuk buang air ataupun hanya basuh tangan mampu tiba kapan saja. Sehingga turis tidak perlu galau untuk mencari toilet ketika sedang membutuhkannya.

3. Mushola

Keberadaan tempat ibadah yang satu ini juga cukup penting, karena sebagian besar turis yang berkunjung yaitu mereka yang merupakan pemeluk agama Islam. Ketika memasuki waktu shalat, maka wisatawan mampu secepatnya menunaikan ibadahnya.

4. Gazebo

Adanya gazebo di daerah ini menciptakan ketentraman tersendiri bagi turis yang berkunjung. Sebab hadirin mampu beristirahat sembari menikmati keindahan panorama dari gazebo ini. Anda juga mampu menikmati perbekalan yang telah Anda bawa dari rumah bareng dengan sahabat-teman maupun keluarga Anda.

5. Warung Makan

Bagi Anda yang tidak sempat mempersiapkan perbekalan untuk berlibur ke destinasi rekreasi ini, Anda tak perlu galau, alasannya adalah di sini telah diresmikan aneka macam warung makan. Setiap warung makan niscaya menghidangkan sajian yang beragam, Anda mampu menentukan sesuai dengan selera Anda.

Wisatawan akan ramai berkunjung ke Pulau Cangkir saat memasuki bulan Muharam. Pengunjung yang berdatangan periode itu tak hanya dari daerah sekitar, melainkan dari daerah-kawasan yang cukup jauh pula. Biasanya pelancong tiba secara rombongan dengan menyewa kendaraan tertentu.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!