Pulau Padar Labuan Bajo – Pesona, Acara Liburan, Lokasi & Ongkos Wisata

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata – Pulau Padar salah satu pulau eksotis di daerah Taman Nasional Komodo. Pulau di Labuan Bajo yang menunjukkan panorama alam memesona, tergolong pasir pantai berwarna putih, pink dan hitam.

Biaya Wisata: Mulai Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pulau Padar, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur; Map: Cek Lokasi

Pulau Padar, salah satu pulau terkenal yang berada dalam daftar Kawasan Taman Nasional Komodo di Manggarai Barat. Walau tergolong kawasan KTN, daerah ini jarang tampakadanya hewan Komodo. Pulau yang dapat Anda jangkau sehabis melakukan perjalanan selama 3 jam dari Labuan Bajo ini menawarkan keindahan yang tidak akan terlupakan.

Termasuk jajaran pulau terbesar di daftar Kawasan Taman Nasional Komodo, pulau ini memiliki total empat teluk dengan masing-masing kelebihan serta keindahannya. Ketika berkunjung kemari, Anda akan disuguhi panorama dari teluk-teluk tersebut dari puncak bukit. Cuaca saat siang hari di sini sangat panas, jadi sempatkan menenteng krim matahari untuk menangkal kulit terbakar.

Sebelum hingga di pulau tersebut, Anda akan ditantang untuk mendaki kurang lebih 300 anak tangga yang mau menjinjing Anda menuju lokasi tujuan. Terdengar bikin capek, namun semua itu akan terbayar lunas dikala Anda datang dan mendapati keindahan Pulau Padar yang memanjakan mata.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Padar

Daya Tarik Pulau Padar
Image Credit: Google Maps Ashley Littlewood

Pulau indah ini mempunyai iklim cuaca kering dan terdapat bukit sabana kalau di ekspresi dominan panas, dan kalau sebaliknya, tempat ini akan sungguh hijau.

1. Pulau Padar Terbesar Ketiga

Pulau yang mempunyai tiga teluk yang dalam dan indah ini berada di antara Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Dengan dibatasi Selat Lintah, Anda mesti menaiki speed boat untuk bisa hingga ke Padar dari Rinca.

Dengan luas 2.017 hektar, pulau ini menempati posisi ke tiga paling besar menurut Kawasan Taman Nasional Komodo. Jika Anda berkunjung ke Labuan Bajo, cobalah datang ke pulau ini. Anda akan mendapatkan keindahan yang tersembunyi di tengah maritim.

2. Memiliki Warna Pasir Pantai yang Berbeda-Beda

Seperti yang Anda ketahui, di pulau ini terdapat tiga pantai yang sangat indah. Pemandangan pantai dengan pasir yang berlawanan warna ini mampu terlihat terang dari puncak bukit. Anda hanya perlu naik lebih tinggi, maka pemandangan pantai pasir merah muda yang berada di Timur Laut, pasir hitam yang berada di Utara, dan pasir putih yang berada di Selatan akan terlihat.

Foto yang dihasilkan akan sungguh cantik kalau menggunakan pemandangan tadi sebagai latar belakangnya. Sedikit informasi, panorama Pulau Padar juga terlukis di lembaran duit 50.000 keluaran tahun 2016. Anda mampu menyaksikan betapa indahnya pulau ini bila dilihat dari sudut mana saja.

3. Pemandangan Matahari Terbit atau Tenggelam yang Memesona

Daya Tarik di Pulau Padar
Image Credit: Google Maps Indra Tamedius Diputra

Bagi Anda yang berkunjung kemari, pengalaman Anda tidak akan lengkap bila belum menyaksikan matahari terbit atau karam di tempat ini. Keindahan yang fantastis dari suatu pulau yang tenang dan belum berpenghuni.

Pemandangan matahari terbit atau matahari tenggelam dapat Anda akses dengan datang kemari pada dini hari atau sore hari. Jika menurut Anda terlalu susah, Anda mampu menjinjing perlengkapan berkemah Anda dan kemudian menginap di pulau tersebut. Bersihnya langit malam akan membuat Anda dapat melihat bintang-bintang yang ada di langit.

Untuk mendaki perbukitan yang menjadi jalan menuju pulau diperlukan waktu kurang lebih setengah jam atau 30 menit. Ketika memulai perjalanan, disarankan berangkat pada waktu pagi atau siang hari, alasannya cuaca pulau di isu terkini panas akan sangat panas seolah memperabukan kulit dan pastinya dehidrasi.

4. Memiliki Spot Trekking yang Menantang

Ketika Anda menuju ke Pulau Padar, Anda yang hendak menghabiskan waktu selama setengah jam untuk mendaki tanjakan bukit yang curam dan terjal. Dengan jalan yang mirip itu tentu akan membuat Anda letih. Tetapi akan berlawanan bila Anda ialah orang yang menyukai tantangan.

Medan yang menanjak dengan kemiringan 45 derajat, serta cuaca yang ekstrem justru membuat mereka merasa semangat. Dengan jalur yang sama, wisatawan akan menaiki kurang lebih 300 anak tangga untuk bisa hingga ke titik lokasi. Ketika hingga ke lokasi tujuan, segala penat dan Lelah yang Anda rasakan akan terbayar oleh keindahan pulau.

Alamat & Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Alamat Pulau Padar
Image Credit: Google Maps Bayu Agung

Pulau Padar merupakan satu dari sekian pulau yang ada Nusa Tenggara Timur. Sebuah pulau indah yang memperlihatkan kesan nyaman dan tenang. pulau ini masuk dalam wilayah Labuan Bajo, tepatnya di Flores, Nusa Tenggara Timur. Anda membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam dari Labuan Bajo untuk hingga ke pulau ini memakai speed boat.

Banyak rute perjalanan yang bisa Anda pilih. Sebagai teladan, Anda berasal dari luar kota dan hendak menuju lokasi wisata ini. Maka Anda harus menaiki pesawat dan mendarat di Bandar Udara Internasional Komodo, lalu dengan taksi atau kendaraan lain, Anda meluncur menuju Labuan Bajo. Waktu yang diperlukan cuma sekitar 20 menit. Anda dapat menikmati perjalanan tersebut dengan santai.

Setelah sampai di lokasi, Anda harus menyewa speed boat atau menaiki kapal feri yang ada di Pelabuhan di Labuan Bajo, Manggarai Barat. Membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 3 jam, Anda risikonya akan hingga di Pulau Padar. Tetapi perjalanan Anda belum final.

Setelah turun dari kapal, Anda akan melanjutkan perjalanan dengan mendaki sebuah bukit yang sungguh miring. Ditambah cuacanya yang mau sangat panas di demam isu panas. Bawalah air minum semoga tidak dehidrasi. Perjuangan Anda akan sangat diuji jikalau melewati bukit ini. Sedikit anjuran , pakailah pakaian yang melindungi kulit Anda biar tidak terbakar sinar matahari.

Sekitar setengah jam perjalanan, Anda risikonya sampai di puncak bukit. Pemandangan tiga teluk di pulau itu akan eksklusif terlihat jelas dan indah. Ketika sampai di sini, Anda akan merasa perjuangan Anda terbayar lunas.

Biaya Wisata ke Pulau Padar Labuan Bajo

Biaya Wisata ke Pulau Padar Labuan Bajo
Image Credit: Google Maps Hendra Iswahyudi

Banyak orang yang ingin tiba kemari, menikmati keindahan pulaunya yang eksotis. Ketika berkunjung kemari, memang biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Seperti ongkos yang dikeluarkan dikala Anda pergi ke Labuan Bajo atau ketika Anda menyewa kapal untuk menyeberang.

Saat Anda memasuki pulau pun akan dikenai tarif, tapi tidak sebesar yang yang lain. 5000 rupiah, harga tiket masuk per orang khusus untuk pelancong lokal. Belum jikalau Anda ingin berenang dengan alat diving atau snorkeling, ada suatu tempat penyewaan khusus yang mematok tarif tertentu bagi pengunjung.

Selain tiket masuk akan ada biaya tiket lain yang harus Anda bayar, mirip ongkos parkir kapal sebesar 100.000, biaya karcis masuk acara alam sebesar 10.000 rupiah, karcis kegiatan snorkeling sebesar 15.000, dan terakhir ongkos karcis acara rekreasi alam sebesar 5000 rupiah.

Untuk sampai ke Labuan Bajo sendiri, Anda dapat memakai pesawat dengan harga tiket sekitar 1 juta atau cuma beberapa ratus ribu, tergantung dari kota mana Anda berangkat. Setelah itu, Anda akan mengendarai taksi dari bandara menuju Labuan Bajo yang mengkonsumsi waktu 20 menit. Biaya yang diperkirakan untuk ini sekitar 100 ribu rupiah.

Setelah itu, Anda harus menyeberang laut menuju lokasi dengan lama perjalanan 3 jam. Pilihan yang dapat Anda pilih antara lain menyewa kapal atau menaiki kapal feri sekali jalan.

Aktivitas yang Seru Dilakukan di Pulau Padar

Aktivitas Menarik Pulau Padar
Image Credit: Google Maps 大仁偉

1. Bermalam di Pulau Menikmati Sunset dan Sunrise

Ketika Anda telah hingga di pulau yang memiliki tiga teluk yang dalam dan indah ini, Anda minimal mesti bermalam sekitar 2 sampai 4 hari supaya liburan Anda di sini tidak sayang dilewatkan. Dengan bermalam di sana, Anda akan melihat bagaimana indahnya panorama matahari terbit yang hangat atau lembutnya sinar senja matahari dikala tenggelam.

Kawasan pulau hingga saat ini belum memiliki penduduk alias tidak berpenghuni. Dengan begitu, wisata ini cocok bagi Anda yang ingin menenangkan diri sejenak dari kegiatan dunia kerja.

2. Mencari Spot Foto Terbaik

Terkenalnya pulau indah ini lewat media umum mengartikan bahwa banyak sisi di Pulau Padar yang keren dan pantas diabadikan dalam suatu foto. Seperti pola, puncak bukit daerah Anda mampu melihat pemandangan tiga teluk itu sering dipakai sebagai latar belakang foto yang eksotis dan indah.

3. Berenang di Pantai

Hal wajib yang mesti Anda kerjakan setibanya di sini adalah berenang, entah itu hanya berenang lazimatau diving menggunakan alat berenang yang bisa disewa sebelumnya. Keindahan alam di tempat ini masih sangat asri mengenang tempat ini masih belum berpenghuni. Dengan panorama alam bawah lautnya yang indah Anda juga akan merasa rileks.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau

Penginapan Murah di Sekitar Pulau Padar
Image Credit: Google Maps Hansen

1. Komodo Resort

Terletak di Laut Flores yang juga merupakan tempat pulau eksklusif. Alamat pastinya ada di Pulau Sebayur. Penginapan ini cukup strategis dari dermaga kapal Flores dan Taman Nasional Komodo. Tempat ini memiliki akomodasi yang tidak mengecewakan lengkap, dengan bonus antar-jemput gratis ke Labuan Bajo. Terdapat juga restoran terbuka bercitarasa internasional.

2. Xpirates Dive Camp

Berlokasi di Manggarai Barat, lebih tepatnya pada Pantai Sebayur, Labuan Bajo. Anda akan menemukan penginapan ini tidak jauh dari penginapan sebelumnya. Tempat ini mempunyai banyak fasilitas yang cukup memadahi hadirin, yakni wifi gratis, breakfast, kamar ber-ac, juga mempunyai susukan ke pantai yang sangat indah yang ada di bersahabat penginapan.

3. The Jayakarta Suites Komodo Flores

Tempat ini mempunyai banyak kemudahan yang memadai selaku hotel bintang 4. Terdapat kamar ber-ac dengan sarapan tiap paginya, kolam renang di luar, gym, serta kedai makanan. Jangan lupakan kalau daerah ini berada di pinggir laut, jadi Anda mampu menatap pribadi panorama indah laut. Tempat ini berada kurang lebih 30 kilometer dari Pulau Padar.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Padar

Fasilitas Pulau Padar Labuan Bajo
Image Credit: Google Maps Raymond TAM

Destinasi rekreasi pulau ini yakni wisata yang baru dan masih fresh, walau begitu pengaturan wisatanya sudah bagus dan Anda dapat berlibur dengan tenteram di sini. Karena keterkenalan pulau ini, pemerintah berencana mengebut untuk membangun fasilitas dan infrastruktur penunjang di sini. Fasilitas yang sudah ada sini adalah speed boat, banana boat, spot diving, snorkeling, dan lain-lain.

Sementara untuk akomodasi seperti daerah makan dan beberapa hal masih dalam tahap pengembangan. Dengan bertambahnya hadirin yang tiba, perkembangan fasilitas kian diperlengkap semoga ketentraman pelancong terjamin.

Pulau Padar yakni salah satu pulau eksotis yang mempunyai tiga teluk yang dalam dan indah di sana. Anda mampu mengunjungi tempat ini dan mengambarkan keindahan yang terlukis di daerah yang termasuk daerah Labuan Bajo ini.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!