Pulau Galang Batam – Daya Tarik, Kegiatan Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Fasilitas, Lokasi & Biaya Wisata – Pulau Galang merupakan pulau bersejarah dengan daya tarik alam yang menakjubkan di Batam. Pulau eks pengungsian warga Vietnam ini menarik untuk dieksplor.

Biaya Wisata: Mulai Rp 30.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau; Map: Cek Lokasi

Terletak di Kota Batam, Kepulauan Riau, Pulau Galang yakni satu dari tiga gugusan pulau besar di Batam dengan dua lainnya yaitu Batam dan Rempang. Tempat ini mempunyai beberapa pantai dan destinasi wisata lain meliputi, Kampung Vietnam, Pantai Cakang, Pantai Mirota, Pantai Viovio dan Pantai Melur.

Lokasi pulau ini dapat dibilang strategis, berada di antara Selat Singapura dan Selat Malaka. Tempat ini juga sering disinggahi turis baik itu setempat maupun mancanegara. Selain sebab terletak di jalur pelayaran Internasional, pulau ini juga berada di Kota Batam yang merupakan kota dengan industri perdagangan besar di Indonesia.

Kota Batam sendiri disebut sebagai kota dengan kemajuan industri dan pariwisata yang unggul, hingga tidak aneh terdapat banyak tempat rekreasi mempesona mirip Pulau Galang salah satunya.

Daya Tarik yang Ditawarkan Pulau Galang

Daya Tarik Pulau Galang
Image Credit: Google Maps Sarjono Bregas

Pulau yang mempunyai keindahan yang tidak kalah dengan pulau di Bali ini mempunyai banyak daya tarik yang terletak pada destinasi wisatanya. Beberapa kawasan yang ada di pulau ini selain indah juga mempunyai nilai sejarah yang tidak lekang oleh waktu.

Beberapa keindahan destinasi di Pulau Galang ada yang masih belum populer, sampai sering disebut nirwana yang tersembunyi. Ketika berlibur kemari, Anda jangan lupa untuk mengabadikan momen-momen yang berharga.

1. Pantai Vio-Vio

Pantai ini terletak di Sijantung, Kecamatan Galang, Riau. Pantai dengan nama yang unik ini berdekatan dengan Kampung Vietnam sehingga tidak pernah sepi pengunjung. Anda dapat mendapatkan kenyamanan ketika berada di pantai ini, pantainya yang berpasir putih akan memanjakan mata Anda, serta airnya yang damai sungguh aman untuk berenang.

Diving dan snorkeling diizinkan di sini, Anda dapat menikmati panorama bawah bahari Pantai Vio-vio yang tengah hangat dibicarakan. Anda juga mampu menaiki suatu ayunan besar yang dipasang menghadap eksklusif ke bahari. Pemandangan bahari yang luas dan biru akan memesonakan mata Anda.

Fasilitas hiburan yang tersedia di sini sudah lebih dari cukup untuk menunjang ketentraman wisatawan ketika berkunjung kemari. Ada banana boat dan peralatan snorkeling yang disewakan di sini. Selain itu terdapat gazebo, payung warna-warni, juga dipan untuk Anda bila ingin bersantai.

2. Pantai Mirota

Pantai yang cantik ini dekat dengan Pantai Vio-Vio serta Kampung Vietnam. Ketiganya ialah daftar destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi dikala berada di Batam. Tempat ini mempunyai daya tarik yang tidak kalah manis. Pasir di Pantai Vio-Vio berwarna putih bersih.

Jernihnya air laut menciptakan dasarnya mampu dilihat menggunakan mata telanjang. Fasilitas di sini juga sungguh lengkap, nyaris semua yang dibutuhkan turis saat berlibur di pantai terdapat di sini.

Seperti kemudahan bermain untuk bawah umur, berenang atau snorkeling, daerah sewa kapal atau hiburan lain dan tentunya dipan untuk beristirahat. Anda dapat menentukan berjemur di bawah rindangnya pohon atau di bawah sinar matahari yang menyengat. Jika Anda menentukan pilihan ke dua, jangan lupa membawa krim matahari.

3. Pantai Melur

Pantai yang mempunyai ombak yang hening ini berada di Sijantung. Tempat ini mempunyai pasir putih yang indah dan airnya yang jernih. Pantai Melur juga memiliki suasanya yang tenang, alasannya pengunjung pada siang hari lebih minim dikarenakan panas terik matahari. Ketika sore atau pagi-pagi barulah ada orang yang berlangsung-jalan.

Ketenangan di sini cocok bagi Anda yang sulit dengan hingar bingar dan ingin menenangkan diri sejenak dari kesibukan pekerjaan.

Dengan akomodasi yang tidak mengecewakan, Anda sudah bisa menikmati kenyamanan di sini. Letak pantai ini berada di antara dua daratan yang menjorok ke maritim, dan pantai ini memiliki garis pantai yang pendek hingga beberapa sisi pantai tidak terjangkau dan tidak terlihat.

4. Pantai Cakang

Pantai yang terletak di ujung pulau Galang ini sangat indah. Berlibur kemari bersama keluarga akan membuat Anda rileks sejenak. Keindahan Pantai Cakang akan sungguh tepat jika dilihat bersama dengan panorama matahari terbenam. Sinar jingganya akan menciptakan Anda terkagum-kagum.

Pantai Cakang ini mempunyai pasir hitam dan airnya yang hijau toska agak keputihan. Walaupun begitu Anda tetap mampu menikmati keindahan alam sekitar sini.

5. Kampung Vietnam

Tibalah Anda pada sebuah lokasi yang sangat terkenal dan bersejarah di Pulau Galang. Kampung Vietnam, sebuah kawasan mirip pedesaan yang dulu dipakai untuk menampung para pengungsi dan korban perang kerabat di Vietnam pada tahun 1975.

Terletak kurang lebih 60 kilometer dari Batam atau sekitar 1.5 jam perjalanan yang akan ditempuh. Tempat ini memiliki aneka macam nilai historis. Anda akan mendapatkan banyak peninggalan-peninggalan zaman dulu sampai dibuatkan museum, mirip bahtera yang dipakai pengungsi Vietnam, sampai bangunan yang dibentuk khusus untuk pengungsi.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Alamat Pulau Galang
Image Credit: Google Maps Aji Langgeng

Pulau ini sendiri terletak di kawasan Batam, Kepulauan Riau. Bagi Anda yang ingin ke sana akan memerlukan waktu berlainan-beda sesuai jalur yang Anda pilih. Sebagai acuan, jikalau Anda berangkat dari Bandara Hang Nadim, Anda memerlukan waktu 1.5 jam dengan melalui beberapa jalan besar dan kecil.

Dari Bandara Anda perlu berkendara hinga Jalan Jenderal Ahmad Yani, sehabis itu ke Jalan Letjend Suprapto, lalu dilanjut menyeberangi Jembatan Barelang hingga yang ke 5. Tidak jauh dari jembatan itu Anda akan sampai di daerah lokasi.

Atau bila Anda memulai dari Pelabuhan Sekupang, Anda bisa melewati R.E Martadinata terlebih dulu dan dilanjut ke Jalan Diponegoro, kemudian menuju Jalan Letjend Suprapto. Setelah dari sini Anda cuma perlu mengikuti arah Jembatan Barelang hingga yang ke lima.

Biaya Wisata ke Pulau Galang Batam

Biaya wisata ke pulau ini bisa dikatakan tidak murah, sebab pulau ini sendiri terletak di Kota Batam yang intinya ialah kota industri. Untuk menghemat ongkos biasanya Anda harus menggunakan kendaraan damri dengan bayaran murah.

Sebagai awal, Anda mengawali perjalanan dari Bandara Hang Nadim. Setelah keluar dari bandara Anda akan menaiki bus damri dengan tujuan Batu Aji, lalu berhenti di Simpang Tembesi Barelang. Biaya bus damri ini relative murah, sekitar 30.000 rupiah.

Setelah itu, Anda naik kendaraan lain menuju Pulau Galang. Jika Anda naik memakai taksi mungkin ongkosnya sedikit mahal, sekitar 150.000 rupiah atau bisa lebih. Dan jika Anda memakai ojek, mungkin memang lebih hemat biaya dari taksi. Biayanya sekitar 50 hingga 100.000 rupiah.

Untuk memasuki pulaunya sendiri tidak dipungut ongkos, namun Anda akan membutuhkan kendaraan untuk pergi ke destinasi wisatanya. Anda juga diharuskan mengeluarkan uang tiket masuk tiap kawasan rekreasi dan uang parkir jikalau Anda membawa kendaraan.

Aktivitas yang Seru dan Menarik Dilakukan

Kegiatan Menarik Pulau Galang
Image Credit: Google Maps Chin Jimmy

1. Mempelajari Sejarah di Masa Lalu Lewat Kampung Vietnam

Seperti yang diketahui bahwa Kampung Vietnam yakni bekas pengungsian bagi warga Vietnam yang menjadi korban perang pada tahu 1975-1996. Di waktu yang panjang itu banyak peninggalan yang bisa Anda lihat secara eksklusif, mirip vihara, gereja, bahkan perumahan yang ditinggali mereka ketika mengungsi masih utuh hingga kini.

2. Berenang di Pantai

Ada tiga pantai yang lokasinya berdekatan dengan Kampung Vietnam, yakni Pantai Vio-Vio, Pantai Mirota, dan Pantai Melur. Anda cuma perlu memilih mana yang ingin Anda kunjungi. Di masing-masing pantai tersebut Anda mampu berenang atau snorkeling dengan bebas.

Pemandangan air pantai yang jernih dan menyejukkan akan membuat rileks tubuh Anda. Di sana juga terdapat kemudahan seperti penyewaan alat renang dan lain-lain, dengan begitu piknik Anda akan terasa kian menyenangkan.

3. Mengabadikan Momen

Jangan lupa saat Anda berlibur di tempat-kawasan ini, Anda mesti menjinjing ponsel atau kamera digital untuk menangkap momen Istimewa Anda. Terlebih, destinasi wisata di Pulau Galang ini terkenal memiliki spot foto yang banyak dan mempesona.

Mengambil foto dengan latar pantai dan matahari terbenam adalah salah satu yang menjadi favorit di sini. Semburat sinar senja terlihat cocok dengan pemandangan pantai yang indah. Hal itu akan kian memperindah foto.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau Galang

Penginapan Murah di Sekitar Pulau Galang
Image Credit: Google Maps Rima R.I.M.A

Morelo Kelong Resort

Beralamat di Sijantung, Kecamatan Galang, Kota Batam, penginapan ini bangun di samping pantai. Bangunan penginapan bergaya tradisional dan mempunyai fasilitas yang lengkap. Anda akan menerima kamar ber-AC dengan balkon pribadi yang menghadap pantai. Terdapat kolam renang juga kedai makanan, serta angkutangratis menuju pelabuhan Ferry Batam.

SBS Resort

Hotel bintang 3 yang beralamat di Komplek SBS Jembatan Barelang 5. Rempang – Galang, Kota Batam, Riau. Penginapan ini sangat strategis alasannya adalah mampu meraih Kampung Vietnam, Pantai Vio-Vio, dan Jembatan 5 dalam beberapa menit.

Tempat ini mempunyai banyak akomodasi dan mewah. Ada vila, restoran seafood, juga pantai pribadi bagi para pengunjungnya. Dengan kamar yang ber-ac dan balkon menghadap pantai, Anda juga mampu merasakan sepoi-sepoi angin laut. Jika Anda menghendaki penginapan yang ada villa di atas air, maka di sinilah tempatnya.

Kelong Almira Spa & Villa

Tempat ini berada di Sijantung, Galang. Anda mampu mendapatkan penginapan ini di dekat Pantai Mirota. Penginapan ini strategis dengan destinasi rekreasi di Pulau Galang, mirip Kampung Vietnam yang cuma ditempuh selama 10 menit.

Penginapan ini bangkit di atas air dan menawarkan teras dengan kursi-kursinya yang bisa menawarkan terhadap Anda pemandangan matahari terbit. Fasilitas di sini sangat lengkap, mencakup makan malam dan sarapan, kamar ber-ac, wifi gratis, daerah bermain, sampai area berleha-leha.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pulau

Fasilitas Pulau Galang Batam
Image Credit: Google Maps Sarjono Bregas

Bagi suatu kawasan wisata, fasilitas Pulau Galang beserta daerah rekreasi yang ada di dalamnya telah cukup menyanggupi kebutuhan pengunjung. Fasilitas di tiap destinasinya pun telah lengkap. Selagi bertambah ramainya pengunjung, kemajuan akomodasi dan yang lain akan turut mengikuti.

Dengan bertambahnya fasilitas maka kenyamanan pelancong yang berkunjung akan bertambah pula. Fasilitas utama bagi pantai mirip penyewaan alat renang dan lain-lain telah cantik. Fasilitas suplemen meliputi toilet umum, ruang ganti, rumah makan, juga daerah istirahat telah sungguh mendukung.

Pulau Galang yaitu pulau yang mempunyai banyak pantai yang indah. Ketika Anda berkunjung kemari, Anda akan mencicipi indahnya kawasan ini. Baik pantainya yang fantastis maupun matahari tenggelamnya yang indah. Semuanya yaitu hal yang ditawarkan oleh Pulau Galang, Batam.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!