Pulau Cinta Gorontalo – Pesona, Aktivitas Piknik, Lokasi & Biaya Wisata

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Fasilitas, Lokasi & Biaya Wisata – Pulau Cinta salah satu wisata laut yang terkesan romantis di Gorontalo. Pulo Cinta merupakan eco-resort yang unik berupa hati mirip dengan resort di Maldives.

Biaya Wisata: Mulai Rp 3.000.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Patoameme, Kec. Botumoito, Kab. Boalemo, Gorontalo; Map: Cek Lokasi

Berada jauh dari hiruk pikuk kota dan termasuk selaku pulau terpencil, Pulau Cinta malah menjadi destinasi rekreasi alam yang sangat populer di Gorontalo. Pasir putihnya yang indah, lautnya yang jernih dengan hamparan terumbu karangnya yang menawan, dan hutan bakaunya yang asri sangatlah memikat pengunjung.

Pulau yang berada di Teluk Tomini, Gorontalo ini selain populer dengan pemandangan alamnya yang luar biasa, konon mempunyai legenda yang tak kalah romantis dengan spot rekreasi lain. Dikatakan bahwa dahulu pulau ini menjadi tempat persembunyian dan saksi bisu cinta terlarang antara seorang putri jelita anak saudagar Belanda dan Pangeran Gorontalo.

Dengan disokong oleh legenda dan keindahan alamnya yang menarik, pulau berbentuk hati ini menjadi sungguh populer dikalangan pasangan dan keluarga. Selain itu, Eco Resort yang mengurus daerah ini juga memberi efek lebih dan semakin menawan keluar pesona pulau tujuan rekreasi ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Cinta Gorontalo

Daya Tarik Pulau Cinta Gorontalo
Image Credit: Google Maps Ebt Esdmgorontalo

1. Pulaunya yang Berbentuk Hati

Sesuai namanya, pulau inipun mempunyai bentuk hati yang begitu terlihat jika dipandang dari atas pulau. Bentuknya yang unik ini menjinjing kesan romantis bagi para pasangan yang berlibur dan honeymoon di sini.

2. Tempatnya yang Cocok untuk Berfoto

Memiliki panorama alam yang menawan membuat aktivitas piknik Anda di pulau berupa hati ini sangat pas untuk diabadikan dalam potret kamera.

3. Pemandangan Langit yang Indah

Anda dapat menyaksikan hamparan bintang di langit malam dari area ini. Bintang-bintang tersebut akan menerangi malam Anda ketika berwisata di sini. Tempatnya yang begitu jauh dari perkotaan membuat langit tampak higienis tanpa polusi udara.

Anda juga tak perlu repot pergi jauh alasannya adalah pemandangan sunset dan sunrise mampu Anda lihat sekaligus dari cottage tempat Anda menginap di Pulo Cinta.

4. Pesona Laut Biru yang Jernih

Lokasinya yang jauh dari kota dan tersadar dari polusi air menciptakan langit di sekitar pulau begitu jernih dan memancarkan warna biru safir yang mempesona. Lautnya yang jernih menciptakan pelancong dapat dengan mudah menikmati pemandangan indah yang tersembunyi dibalik maritim.

5. Penginapan yang Berdiri di Atas Air

Penginapannya yang berupa rumah panggung dan berada di tengah bahari menjadi salah satu icon rekreasi daerah ini. Apalagi penginapan yang terbuat dari kayu dan beratap jerami tersebut menjunjung rancangan eco friendly sehingga pelancong tidak butuhtakut akan imbas tempat pariwisata ini pada lingkungan alam di sekitar pulau.

6. Snorkel Langsung dari Mana Saja di Area Resort

Daya Tarik Dimiliki Pulau Cinta Gorontalo
Image Credit: Google Maps Armando Perdana

Dari cottage kawasan menginap, turis dapat langsung berenang dan menikmati keindahan maritim yang berada di bawah kawasan tidur. Anda tidak perlu sibuk-sibuk bepergian jauh alasannya adalah Anda di kelilingi eksklusif oleh maritim dengan keindahan yang hebat.

7. Spot Diving yang Mempesona

Terdapat beberapa area diving atau menyelam dengan keindahan alam bawah lautnya yang menarik. Disana hadirin dapat melihat aneka macam macam biota bahari yang ada di Gorontalo serta aneka macam rupa terumbu karang yang cantik. Lokasi tersebut mampu dicapai dengan kapal boat yang disewakan oleh pengurus.

8. Tempat yang Cocok untuk Meditasi

Tempatnya selaku pulau terpencil membuat Pulau Cinta Gorontalo menjadi begitu tenang dan jauh dari polusi udara, suara, maupun air. Alasan tersebut cocok untuk Anda yang ingin bermalas-malasan dan terhindar dari hal-hal itu dan bermeditasi sejenak untuk menyatukan diri dengan alam.

9. Hutan Bakau yang Lestari

Area pantai pulau ini di kelilingi oleh hutan bakau yang cukup besar. Selain berfungsi untuk melindungi pulau dikala air pasang tiba, hutan ini juga menarik hadirin untuk berpetualang di sekeliling hutan dan menikmati pemandangannya yang tak kalah hebat.

10. Dikelilingi Pulau-Pulau Kecil

Untuk turis yang bosan dengan wisata air saja, Anda mampu menyewa perahu dan berkeliling ke pulau-pulau kecil di sekitar lokasi wisata ini.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Wisata Pulo Cinta

Alamat Pulo Cinta
Image Credit: Google Maps yoman channel

Destinasi pariwisata alam yang sangatlah terkenal selaku tempat berbulan madu para pasangan muda ini berlokasi di Teluk Tomini, Desa Patoameme, Kabupaten Boalemo, Gorontalo.

Wisatawan yang tiba dari luar daerah Sulawesi dapat mengambil jalur penerbangan Bandara Jalaludin, Gorontalo. Jam penerbangan di pagi hari sungguh dianjurkan, hal tersebut sebab dari bandara pelancong masih mesti menempuh 2 jam perjalanan darat dengan kendaraan roda dua atau roda empat ke Pelabuhan Tilamuta di Kabupaten Boalemo.

Jika turis sudah memesan penginapan terlebih dahulu, Anda tidak butuhrepot mengeluarkan ongkos transportasi lagi sebab dari pihak pengelola biasanya telah menawarkan tumpangan kendaraan gratis. Setelah datang di Pelabuhan Tilamuta, barulah dilanjutkan dengan 15 hingga 30 menit perjalanan maritim dengan bahtera motor ke Pulau Cinta.

Untuk penyeberangan dengan perahu motor sendiri dibagi menjadi 2, yang pertama yaitu gratis bagi turis yang telah memesan kamar untuk 3 hari 2 malam. Kemudian yang kedua, bagi turis yang hanya memesan penginapan untuk 2 hari 1 malam akan dikenakan biaya sebesar Rp 500.000,-.

Biaya Wisata ke Pulau Cinta Gorontalo

Biaya Wisata ke Pulau Cinta Gorontalo
Image Credit: Google Maps Kaka Monoarfa

Bagi para turis yang ingin berkunjung dan berwisata di Pulau Cinta, Anda mesti membayar mulai dari Rp 3.000.000,- sampai Rp12.000.000,- per harinya. Tergantung dengan paket rekreasi yang ingin Anda ambil.

Jumlah pembayaran tersebut telah termasuk dengan kemudahan transportasi di Pelabuhan Tilamuta sampai ke area pulau, sewa perlengkapan diving dan snorkling, dan 3 kali makan sehari yang ditawarkan dengan desain makan prasmanan di spot pantai di tengah pulau yang romantis ini.

Menjadi kawasan yang populer tidak menciptakan pulau berupa hati ini mempunyai banyak opsi penginapan. Pulo Cinta nan romantis yang tadinya tidak berpenghuni itu cuma dikontrol oleh resort pertama serta satu-satunya yaitu Eco Resort.

Eco Resort sendiri merupakan suatu penginapan dengan konsep ramah lingkungan yang dibangun dengan banyak menimbang-nimbang dampak keberadaannya terhadap lingkungan. Resort berupa cottage, dengan bangunan-bangunannya yang berbentuk rumah panggung yang yang dibuat dari kayu dan bangkit di tengah laut biru nan jernih.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Cinta

Kegiatan Menarik di Pulau Cinta
Image Credit: Google Maps Maxi Szplitk

1. Snorkling dan Diving

Untuk wisatawan yang menggemari aktivitas air, Anda tak perlu cemas alasannya di setiap cottage sudah disediakan dengan perlengkapan snorkel sehingga turis dapat pribadi berenang di sekeliling cottage dan menikmati panorama terumbu karang di bawah jalanan resort.

Sementara untuk kegiatan menyelam, cukup menyewa bahtera dan dalam waktu 5 menit turis akan eksklusif datang di spot-spot menyelam yang mempunyai pemandangan hebat.

2. Berjalan-Jalan di Pulau

Untuk Anda yang tidak begitu suka berenang, berjalan-jalan dapat menjadi pilihan yang mempesona. Meski terhitung memiliki ukuran pulau yang kecil namun pulau ini tetap asyik untuk dijelajahi oleh para wisatawan. Apalagi mengingat tidak hanya pantai pasir putihnya yang menghampar di penjuru pulau, namun terdapat pula bukit kecil dan hutan hijau yang indah.

3. Menikmati Sunset dan Sunrise

Wisatawan dapat melihat panorama matahari terbenam dan matahari terbit langsung dari penginapan apung yang telah disewa. Dengan jarak setiap penginapan yang cukup lebar, dapat ditentukan di tempat manapun Anda bermalam di pulau Cinta, Anda akan mendapatkan pemandangan sunset dan sunrise yang terbaik.

4. Memandang Hamparan Bintang di Langit Malam

Dengan langit malamnya yang gelap dan bebas dari polusi udara, hadirin mampu menyaksikan bintang-bintang yang berkilau dengan begitu terperinci di langit Gorontalo. Bintang-bintang yang menghampar di langit ini tampakbegitu luar biasa jikalau dilihat sembari menatap lautnya yang begitu jernih dan memantulkan kilauan bintang di langit.

5. Berpetualang di Hutan Bakau

Untuk Anda yang memang suka berlangsung-jalan dan mencoba segala macam kegiatan yang ada di area pulau, Anda mampu menjajal merasakan petualangan di hutan bakau tak jauh dari pesisir pantai. Hutan bakau yang hijau tersebut memiliki pesona tersendiri dan jikalau Anda mujur, Anda akan melihat beberapa biota maritim yang tinggal di dekat flora bakau.

6. Berkunjung ke Pulau-Pulau di Sekitar Resort

Meski cuma mempunyai satu pulau dengan resort yang megah, pulau ini masih memiliki anakan pulau kecil di sekitarnya yang mampu pelancong datangi dan pastinya sangat terawat alamnya.

7. Berfoto

Seluruh tempat di pulau ini sangatlah menawan dan memiliki pemandangan yang mempesona. Anda mampu berlibur sembari hunting foto sebanyak-banyaknya alasannya keindahan yang ada di alam sekitar tidak ada habisnya.

8. Dinner di Tepi Pantai yang Romantis

Hal ini menjadi konsentrasi utama banyak pasangan yang honeymoon ke Pulau Cinta, dengan akomodasi yang disediakan oleh pengurus, hadirin dapat menikmati makan malam yang romantis di tepi pantai bareng dengan pasangan Anda dan dalam penerangan lilin-lilin kecil yang indah.

Fasilitas yang Tersedia di Pulo Cinta Gorontalo

Fasilitas Pulo Cinta Gorontalo
Image Credit: Google Maps Arie Yuliarti

Berada jauh dari kepulauan dan termasuk dalam daerah terpencil tidak membuat pulau ini minim fasilitas. Dengan pengelolaan yang baik, wisatawan akan mendapatkan fasilitas-akomodasi yang memadai. Pengelola Pulo Cinta Eco Resort menawarkan wifi gratis di area pulau, televisi, air higienis di setiap cottage, dan kawasan persewaan peralatan diving dan snorkling.

Wisatawan juga tidak perlu cemas akan kelaparan alasannya terdapat layanan resto resort yang menyuplai makanan dan minuman Anda selama berlibur. Para tamu juga disediakan spot khusus di tengah pulau yang bernuansa prasmanan untuk keperluan makan 3 kali sehari. Tentu saja dengan rasa yang lezat dan menunya yang berlainan-beda setiap harinya.

Pengelola juga menyediakan kemudahan antar jemput di bandara dan transportasi maritim. Anda tidak perlu khawatir akan dikenakan biaya pemanis untuk fasilitas-kemudahan tersebut alasannya ongkos penginapan di Pulau Cinta sudah tergolong dengan ongkos semua kemudahan yang ada di pulau ini.

Dengan banyaknya kegiatan dan keindahan yang disediakan di Pulau Cinta, pastinya liburan ke daerah ini dapat ditentukan akan menjadi pengalaman berharga. Apalagi untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama pasangan dan keluarga, kawasan yang menjunjung privasi pengunjungnya ini dapat menciptakan piknik Anda menjadi lebih berwarna.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!