Pulau Pahawang Lampung – Daya Tarik, Acara Piknik, Lokasi & Biaya Wisata

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata – Pulau Pahawang salah satu objek wisata terindah di Pesawaran, Lampung. Memiliki pantai yang eksotis dan pemandangan bawah bahari yang mengagumkan.

Biaya Wisata: Mulai Rp 30.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pulau Pahawang, Kec. Punduh Pidada, Kab. Pesawaran, Lampung; Map: Cek Lokasi

Pulau Pahawang merupakan salah satu objek rekreasi yang pantas dikunjungi saat sedang berada di Pesawaran,Lampung. Nama Pahawang itu sendiri berasal dari nama sebuah desa dan juga pulau yang terletak di Lepas Teluk Punduh. Pulau dengan air yang jernih serta pemandangan alam yang memesona mampu menciptakan pelancong jatuh cinta dengan daerah ini.

Pesona lain yang disuguhkan pulau ini diantaranya terdapat pantai dengan pasir putih yang panjang dan hutan mangrove. Pulau ini menyajikan pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam yang eksotis. Selain pantai, bagaikan harta karun objek rekreasi ini memiliki keindahan ekosistem bawah bahari.

Suasana yang sejuk serta hembusan angin yang segar membuat siapapun yang tiba merasa betah. Wisatawan akan dibuat terpukau oleh berbagai macam keindahan alam yang ada di objek wisata ini. Selain itu, pengelola sudah menyediakan kemudahan untuk menunjang kebutuhan pelancong.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Pahawang

Daya Tarik Pulau Pahawang
Image Credit: Google Maps Hana Naibaho

Pulau Pahawang ialah salah satu ojek rekreasi bahari yang mengagumkan. Di pulau ini, turis dapat memperoleh variasi keindahan alam yang sempurna dari pantai, hutan mangrove, dan ekosistem bahari.

Pulau ini secara keseluruhan memiliki area seluas 1.084 hektar dan dihuni oleh kurang lebih 400 kepala keluarga. Pulau ini terdiri dari dua pulau, yakni Pulau Pahawang Kecil dan Pahawang Besar. Pahawang Kecil memiliki area seluas 13 hektar sedangkan, Pahawang besar mempunyai area seluas 1.000 hektar.

1. Ekosistem Dibawah Laut yang Eksotis

Keindahan kehidupan dibawah laut pulau ini tidak perlu disangsikan lagi. Memiliki air yang jernih pelancong akan disambut oleh ekosistem bawah bahari dengan aneka ragam biota laut dan terumbu karang yang eksotis.

Objek wisata ini diatur oleh Pemerintah Daerah Dinas Kelautan setempat bareng nelayan semenjak sekitar tahun 2010 sampai 2011. Pengelola telah membudidayakan terumbu karang di sekitarobjek rekreasi ini.

2. Berkunjung ke Taman Nemo

Wisatawan dapat berkunjung ke Taman Nemo yang terdapat di Objek rekreasi ini. Wisatawan dapat melihat dan berinteraksi dengan ikan nemo atau ikan badut.

3. Pantai Pasir Putih yang Memesona

Daya Tarik Dimiliki Pulau Pahawang
Image Credit: Google Maps Tambang Raras

Pantai Pasir Putih di Objek wisata ini sangat memesona. Pada waktu-waktu tertentu pelancong dapat menyaksikan perpaduan keindahan alam dari konferensi bahari dan matahari dikala matahari terbit dan terbenam.

Selain memanjakan mata pengunjung pantai yang terdapat di pulau ini mempunyai aneka macam hal mempesona. Ketika air laut surut wisatawan mampu melintasi pasir muncul yang membentang dari pulau pahawang besar.

4. Panorama Alam Sekitar yang Memukau

Pulau ini mempunyai panorama alam sekitar yang menawan . Selain pantai dan laut lepas di pulau ini terdapat hutan mangrove dan di sekitarnya dapat didapatkan tumbuhan dan fauna khas hutan mangrove. Hal tersebut menjadi salah satu pesona dari objek rekreasi ini.

Alamat & Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Alamat Pulau Pahawang
Image Credit: Google Maps Winarno Abdullah

Pulau eksotis ini terletak di Lampung Selatan, dengan lokasi detail di Lepas Teluk Punduh, Kecamatan Marga Punduh Pindada, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Terdapat beberapa rute menuju ke pulau ini yang dapat dipilih oleh turis.

Akses perjalanan menuju Lampung mampu lewat jalur udara dan jalur bahari. Jika wisatawan akan berkunjung melalui jalur udara, turis mampu memakai pesawat dengan tujuan simpulan penerbangan ke Bandara Radin Inten II di Bandar Lampung.

Jika pelancong lewat jalur laut, turis berangkat dari Pelabuhan Merak memakai transportasi maritim berbentukkapal ferry menuju ke pelabuhan Bakauheni. Setelah itu, melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Ketapang memakai kendaraan dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam.

Untuk menuju ke Pelabuhan Ketapang pelancong dapat memakai kendaraan pribadi, kendaraan lazim, maupun menyewa kendaraan. Bagi turis yang memakai kendaraan pribadi rute yang ditempuh Mulai dari Pelabuhan Bakauheni menuju ke Bandar Lampung.

Selanjutnya, menuju ke Bunderan Gajah dan ambil jalur lurus ke arah Teluk Betung. Kemudian melanjutkan perjalanan menuju Way Ratai atau Padang Cermin. Rute yang sama mampu ditempuh dari Terminal Rajabasa dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam hingga 1,5 jam.

Setelah itu, turis dapat menyewa kapal boat untuk hingga di tujuan final yaitu, Pulau Pahawang. waktu tempuh perjalanan memakai kapal boat ini kurang lebih 20 menit sampai 30 menit.

Bagi turis yang menggunakan kendaraan lazim rute yang dilalui pertama berangkat dari Pelabuhan Bakauheni memakai bus menuju ke Bandar lampung dan berhenti di terminal Rajabasa. Perjalanan tersebut memerlukan waktu tempuh kurang lebih 2 jam.

Selanjutnya, menaiki angkutan kota atau disingkat angkot berwarna biru dengan jurusan Rajabasa-Tanjung Karang. Perjalanan dengan tujuan Pasar Bawah Ramayana ini membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 30 menit.

Kemudian kembali naik angkot berwarna merah marun atau ungu dengan jurusan Tanjung Karang-Teluk Betung berhenti di Gudang Garam. Setelah itu, menuju ke Dermaga Ketapang dengan memakai angkutan pick up dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam.

Rute kendaraan umum lainnya, Dari Pelabuhan Bakauheni menuju ke Bandar Lampung dan berhenti di Terminal Rajabasa menggunakan bus. Kemudian menuju Dermaga Ketapang.

Wisatawan menuju Dermaga Ketapang menggunakan bus damri jurusan Rajabasa-Piyabung dengan catatan sebelumnya meminta pertolongan terhadap kondektur bus untuk diturunkan di lokasi tersebut. Hal yang perlu dikenali yakni bus Damri beroperasi pukul 07:00 WIB dan hanya 1 kali per hari.

Dari Pulau Kelagian waktu tempuh menuju Pulau Pahawang kurang lebih 5 menit. Jika dari Bandar Lampung pelancong harus melakukan penyebrangan dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam menuju ke Dermaga Ketapang. Selama perjalanan tidak akan terasa membosankan alasannya adalah turis akan di sambut pemandangan alam yang indah.

Biaya Wisata ke Pulau Pahawang

Biaya Wisata ke Pulau Pahawang Lampung
Image Credit: Google Maps Tambang Raras

Untuk mampu memasuki dan menikmati objek wisata Pulau Pahawang wisatawan akan dikenai biaya masuk. Harga tiket masuk area rekreasi ini, adalah sebesar Rp 30.000,-. Terdapat beberapa tempat wisata di pulau ini.

Untuk menuju ke Pulau ini turis perlu melakukan penyebrangan. Untuk sewa speedboat ongkos yang mesti dikeluarkan sebesar Rp 600.000.- sampai Rp 700.000,- dengan waktu perjalanan selama kurang lebih 10 menit sampai 15 menit. Speedboat berkapasitas 8 orang. Selain speedboat, turis mampu memakai bahtera kayu biasa.

Untuk menyewa bahtera kayu turis akan dikenakan ongkos sebesar Rp 400.000,- sampai Rp 700.000 dengan kapasitas bahtera yang beragam. Tedapat kapasitas bahtera untuk 15 orang, 25 orang, dan 35 orang. Bagi pelancong yang ingin melakukan snorkeling, biaya sewa perlengkapannya berkisar Rp 50.000/set.

Aktivitas yang Seru di Pulau Pahawang

Aktivitas Menarik Pulau Pahawang
Image Credit: Google Maps khaezul qosdi

1. Berekreasi di Laut

Jika berkunjung ke objek rekreasi ini rasanya tidak lengkap kalau tidak melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan air mirip berenang ataupun bermain air. Dan bila ombak mendukung wisatawan mampu berselancar. Wisatawan mampu berekreasi dengan bebas di kawasan ini.

2. Fotografi dan Videografi

Objek rekreasi ini memiliki banyak spot eksotis sehingga mampu dijadikan media oleh turis yang gemar melaksanakan aktivitas berfoto atau merekam video. Di zaman ini berfoto menjadi salah satu acara yang wajib dijalankan ketika berkunjung ke sebuah kawasan. Wisatawan mampu berfoto di area pantai, hutan mangrove, dan di bawah maritim.

Panorama indah dan apik dari Pulau Pahawang akan sungguh mempesona untuk dijadikan selaku background untuk berfoto atau membuat video. Wisatawan mampu mengambil fotonya sendiri, bersama teman, bersama pasangan maupun bareng keluarga di objek rekreasi ini. Hasil foto atau video dapat disimpan sebagai koleksi eksklusif atau dibagikan di laman media umum.

3. Bersantai dan Berjemur di Pantai Pasir Putih

Pantai pasir putih yang panjang serta suasana alami dan memesona sangat cocok dijadikan daerah untuk berleha-leha oleh pelancong yang datang. Desiran ombak yang bergulung memberikan ketenangan menciptakan rileks wisatawan. Kegiatan lain yang mampu pelancong kerjakan dibibir pantai yakni berjemur.

Sembari memulihkan diri wisatawan juga dapat menikmati panorama eksotis dari pertemuan matahari dan maritim yang biru ketika matahari terbit dan terbenam. Momen dikala langit berubah warna menjadi jingga menjadi daya tarik bagi pelancong untuk mengabadikannya dengan berfoto.

4. Indahnesia Homestay

Letaknya sangat bersahabat dengan pantai menjadi nilai lebih bagi homestay ini. Homestay ini menawarkan kemudahan mulai dari kamar tidur hingga kamar mandi. Fasilitas penunjang yang lain yang dapat wisatawan nikmati ialah terdapat layanan kamar.

Selain itu, wisatawan mampu mendapatkan instalasi bikinan penduduk berupa candi mini, tulisan hingga gapura di spot snorkeling. Terdapat spot snorkeling yang dapat dikunjungi oleh wisatawan diantaranya Tanjung Putus, Gosong Pancong, Gosong Bekri, dan Cukuh Bedil. Di objek rekreasi ini wisatawan dapat melakukan kegiatan free diving.

5. Berkunjung ke Taman Nemo

Di area objek rekreasi Pulau Pahawang terdapat Taman Nemo. Wisatawan dapat berkunjung dan melihat ikan nemo atau ikan badut. Wisatawan juga mampu bermain dan mengambil foto dengan ikan nemo akan menjadi pengalaman yang berkesan.

6. Lari Santai di Area Pantai

Salah satu kegiatan asik yang dapat pelancong kerjakan yakni berlari santai di area pantai. Berlari kalem baik untuk melatih otot kaki. Waktu yang bagus untuk berlari ketika pagi hari atau sore hari menjelang matahari terbenam.

Penginapan Murah di Kawasan Pulau

Penginapan Murah di Sekitar Pulau Pahawang
Image Credit: Google Maps raldy dhe vega

1. La Nadiya Villa

La Nadiya Villa merupakan kawasan penginapan yang berjarak kurang lebih 1,61 km dari Pulau Pahawang. Villa ini mempunyai berbagai macam fasilitas diantaranya pantai privat, area piknik, area parkir, pendingin ruangan (AC), Wi-Fi, dan masih banyak lainnya.

2. Villa Andreas Resort

Salah satu penginapan yang letaknya dekat dengan pulau manis ini dengan jarak 1,43 km. Di penginapan ini tersedia kemudahan olahraga dan rekreasi berupa snorkeling. Penginapan ini cukup tenteram untuk di huni.

3. Homestay Pak Selamat

Salah satu homestay yang relatif murah berada di Pulau Pahawang. Homestay ini menawarkan fasilitas diantaranya kamar mandi, kamar tidur, dan dapur. Penginapan ini mampu jadi opsi yang menarik.

4. Indahnesia Homestay

Letaknya sangat akrab dengan pantai menjadi nilai lebih bagi homestay ini. Homestay ini menyediakan akomodasi mulai dari kamar tidur hingga kamar mandi. Fasilitas penunjang lainnya yang mampu turis nikmati yakni terdapat layanan kamar.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Pahawang

Fasilitas Pulau Pahawang Lampung
Image Credit: Google Maps dedi suseno

Umumnya semua akomodasi mampu didapatkan di objek rekreasi Pahawang Besar. Beberapa fasilitas yang tersedia di sekitar area wisata Pulau Pahawang diantaranya kemudahan penginapan, snorkeling, dan fasilitas.

Tersebar di tiga dusun mulai dari Jelarangan, Pangetahan, dan Cukuh Nyai terdapat penginapan. Terdapat 15 homestay dan 10 cottage. Fasilitas-fasilitas yang tersedia bermaksud supaya pelancong dapat lebih tenteram dan menikmati berwisata di lokasi ini.

Perlu diketahui bahwa pulau ini belum menerima suplai listrik sehingga lazimnya penduduk setempat menggunakan genset.

Itulah beberapa berita menawan mengenai pesona, kemudahan, alamat, dan rute perjalanan menuju objek wisata Pulau Pahawang. Jika, sedang berada di Lampung Timur dihentikan melewatkan kunjungan ke tempat rekreasi yang eksotis ini.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!