Pulau Komodo Manggarai Barat – Pesona, Kegiatan Liburan, Lokasi & Ongkos Rekreasi

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Fasilitas, Lokasi & Biaya Wisata – Pulau Komodo ialah destinasi wisata terkenal untuk kegiatan menyelam dan melihat satwa purba Komodo. Pulau yang memiliki keindahan bawah bahari yang menawan untuk dieksplor.

Biaya Wisata: Mulai Rp 30.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur; Map: Cek Lokasi

Pulau Komodo merupakan salah satu pulau yang termasuk dalam tempat Taman Nasional Komodo Manggarai Barat. Selain selaku tempat konservasi, pulau ini juga menjadi destinasi rekreasi yang populer di kalangan turis.

Keberadaan komodo yang cuma ditemukan di pulau ini menciptakan banyak pelancong setempat dan luar negeri yang mengunjungi pulau ini. Pemandangan alam dan keberagaman hayati juga ditawarkan pulau ini.

Wisatawan mampu menikmati liburan dengan aneka macam acara menawan. Beberapa fasilitas pun sudah disediakan untuk ketentraman para pelancong yang mendatangi Pulau Komodo.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Komodo

Daya Tarik Pulau Komodo
Image Credit: Google Maps Fabianus Gregorio Emmanuel Anka

1. Taman Nasional Komodo

Pulau cantik ini ialah salah satu bagian dari Taman Nasional Komodo bareng Pulau Padar, Pulau Rinca, dan pulau-pulau kecil lainnya. Kawasan ini ditetapkan sebagai situs warisan dunia UNESCO dan menjadi salah satu dari New Seven Wonders of Nature.

Kawasan taman nasional ini dikelilingi perbukitan dan juga pantai-pantai berpasir putih. Kondisinya pun dijaga dengan baik demi mempertahankan kealamian layah yang menjadi habitat Komodo ini.

Pemerintah atau pengurus daerah wisata ini juga menetapkan beberapa peraturan untuk mempertahankan keaslian dan keindahan Pulau Komodo. Beberapa peraturannya antara lain pelancong dilarang menjinjing botol air dari plastik sekali pakai, dilarang menyalakan api, dan dilarang mengganggu atau menyentuh hewan.

2. Habitat Asli Komodo

Pulau manis ini ialah habitat asli dari Komodo. Lebih dari 2.000 ekor kadal raksasa mendiami pulau ini. Keberadaan komodo inilah yang menjadi pesona utamanya. Banyak pelancong yang dibuat ingin tau dan ingin melihat eksklusif bagaimana kehidupan hewan purba tersebut.

Menurut observasi, komodo ialah reptil yang berasal dari Australia. Kini, hewan tersebut cuma mampu didapatkan di Indonesia tepatnya di Pulau Komodo. Ada banyak hal menawan dan unik dari binatang ini seperti, perkembangbiakan tanpa seks, kanibal, hingga air liurnya yang sangat beracun.

Keberadaan komodo sendiri didapatkan sekitar tahun 1910 oleh seorang letnan Belanda. Laporan adanya hewan yang mirip naga tersebut lalu diselidiki. Setelah masuk kabar harian Belanda pada tahun 1912, bertambah banyak yang mengenali keberadaan komodo ini.

3. Manta Point

Daya Tarik Dimiliki Pulau Komodo
Image Credit: Google Maps Kuwat Slamet

Daya tarik lainnya yaitu adanya manta point di beberapa titik perairannya. Spot inilah yang menjadi daerah favorit bagi para penyelam. Keberadaan pari manta yang berukuran sungguh besar menjadi pentasyang banyak dinanti para penyelam.

Keindahan bawah maritim di sekeliling Pulau Komodo juga tidak kalah dengan yang ada di daratan. Keanekaragaman hayati lautnya pun masih sangat terjaga dengan baik. Bawah lautnya menyimpan lebih dari 380 spesies terumbu karang. Berbagai jenis bunga karang mampu ditemukan di perairan ini.

Selain ikan pari raksasa, bawah lautnya ialah kawasan tinggal bagi ribuan jenis ikan dan binatang-binatang bahari langka. Kawasan perairan di sekitar pulau ini yakni habitat dari berbagai macam penyu hijau, ikan hiu, sampai paus.

4. Padang Savanna

Perbukitan di pulau ini mempunyai keunikan tersendiri. Jika pada umumnya daerah pegunungan atau perbukitan ditumbuhi pepohonan-pepohonan besar dan rindang, perbukitan di daerah taman nasional ini justru ditumbuhi tanaman-tumbuhan rendah. Sebagian besar wilayah ini bahkan berbentukpadang savanna dengan rumput dan ilalangnya.

Pulau ini memperlihatkan pemandangan padang savanna yang begitu hijau dan menawan. Namun ketika isu terkini kemarau, panorama hijau tersebut akan berubah alasannya rumput-rumputnya menjadi kering.

Alamat & Rute Perjalanan Menuju Pulau

Alamat Pulau Komodo
Image Credit: Google Maps Leonardus Nyoman

Gerbang utama untuk memasuki kawasan wisata ini yakni Labuan Bajo. Jika Anda dari luar kawasan dan menggunakan angkutanudara, maka mampu memilih penerbangan menuju Bandara Komodo Labuan Bajo. Alternatif yang lain adalah lewat pelabuhan Labuan Bajo untuk Anda yang memakai kapal dari Tanjung Benoa, Bali.

Setelah hingga ke Labuan Bajo, perjalanan berikutnya yakni ke Kampung Ujung yang jaraknya sekitar 3km. Tersedia transportasi umum seperti ojek untuk meraih lokasi Kampung Ujung dari Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Sedangkan untuk Anda yang bisa menjinjing rombongan besar bisa memakai kendaraan beroda empat untuk hingga ke Kampung Ujung.

Bagi pelancong backpacker atau yang ingin berhemat, mampu juga berjalan kaki dari Labuan Bajo ke Kampung Ujung. Setelah itu, Anda bisa beristirahat sebentar atau menginap di tempat ini sebelum perjalanan ke Pulau Komodo.

Biaya Wisata ke Pulau Komodo

Biaya Wisata ke Pulau Komodo
Image Credit: Google Maps Nyimas Wulandari

Banyak orang berasumsi bahwa piknik ke pulau eksotis ini membutuhkan ongkos yang mahal. Padahal biaya wisata ini berlawanan-beda dan mampu Anda sesuaikan dengan anggaran. Dimulai dari perjalanan menuju Labuan Bajo yang membutuhkan biaya sekitar Rp 230.000,- untuk menyeberang dari Tanjung Benoa ke Pelabuhan Labuan Bajo.

Jika Anda memakai transportasi udara, maka ongkosnya tentu lebih mahal. Selanjutnya perjalanan ke Kampung Ujung dengan ojek sekitar Rp 30.000,-. Setelah hingga di daerah Taman Nasional Komodo, wisatawan mesti membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000,- untuk weekdays dan Rp 7.500- untuk weekend.

Tiket masuk kawasan ini lebih mahal untuk pelancong luar negeri. Wisatawan asing dikenai ongkos masuk sekitar Rp 150.000,- dan Rp 225.000,- saat weekend. Selain itu, turis yang hendak memasuki area yang terdapat komodo di dalamnya juga harus mengeluarkan uang pemandu atau ranger.

Biaya wisata ke pulau ini ditetapkan sesuai dengan area yang akan Anda masuki. Jika ingin memasuki daerah wisata snorkeling, wisatawan mesti membayar lagi tiket masuk sekitar Rp 15.000,- per orang.

Sedangkan untuk pelancong yang ingin mencoba rekreasi alam dan memperhatikan kehidupan komodo, tiket masuknya Rp 10.000,- per hadirin. Tiket masuk ke kawasan hutan dan gunung sebesar Rp 5.000,-. Harga tiket masuk kawasan rekreasi DTW sebesar Rp 50.000,- dan Rp 150.000,- untuk tiket masuk kendaraan air.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Komodo

Aktivitas Menarik di Pulau Komodo
Image Credit: Google Maps Sarjono Bregas

1. Melihat Satwa Purba Komodo

Kegiatan yang wajib dilakukan saat mengunjungi pulau ini ialah melihat komodo langsung dari jarak bersahabat. Biasanya setiap pelancong dan rombongannya ditemani oleh seorang pemandu atau ranger. Mereka akan membantu wisatawan untuk menerima pengalaman berdekatan dengan binatang jumbo ini.

Wisatawan tidak diizinkan untuk melihat komodo sendirian, tetapi wajib ditemani oleh pemandu. Hal tersebut untuk mempertahankan keselamatan dan keamanan selama Anda berada di daerah komodo ini.

Bagi hadirin perempuan yang sedang haid direkomendasikan untuk tidak mendekati binatang ini alasannya indera penciuman komodo yang sangat kuat. Komodo mampu mencium anyir darah dari jarak ratusan meter. Wisatawan yang sedang haid, wajib melapor ke pemandu atau ranger jika ingin melihat komodo.

Selain komodo, pelancong juga mampu melihat hewan-hewan yang lain yang mendiami wilayah ini. Terdapat lebih dari 28 jenis burung yang bisa ditemui di hutan dan 254 jenis tumbuhan. Sementara itu, dari perairannya, pelancong dapat melihat ikan paus, lumba-lumba, sampai beragam spesies terumbu karang.

2. Bermain Kano di Pulau Komodo

Perairan di sekitar pulau ini mempunyai gelombang yang cukup tenang. Beberapa area lautnya bahkan mampu menjadi kawasan opsi untuk wisatawan menjajal kano. Anda bisa merencanakan perahu kano untuk menikmati keindahan laut dan pantai di sekitar pulau ini. Aktivitas ini cocok untuk Anda yang ingin menenangkan diri dan anggapan.

3. Snorkeling dan Diving

Wisatawan yang berlibur ke daerah Taman Nasional Komodo sebaiknya telah mampu berenang atau menyelam. Keindahan bawah maritim di tempat ini begitu eksotis dengan keragaman biota bahari yang sayang untuk dilewatkan. Wisatawan mampu menyewa perlengkapan untuk snorkeling maupun untuk menyelam.

Terdapat beberapa spot favorit di sekitar pulau ini. Salah satunya ialah spot menyelam yang disebut Batu Samsia. Wisatawan akan diajak menyusuri perairan yang menjadi daerah tinggal kura-kura dan bermacam-macam ikan hias yang mungil dan menggemaskan.

Keindahan bawah laut Pulau Komodo juga tidak kalah menawan ketika Anda memasuki spot menyelam yang disebut toko toko. Biasanya penyelam dapat berenang sampai kedalaman 7 meter untuk menyaksikan bermacam-macam terumbu karang elok dengan ikan-ikan kecil di baliknya.

Ada juga Crystal Rock yang merupakan salah satu spot diving favorit. Beberapa ikan mirip parrotfish, katak ikan, dan barramundi cod mampu ditemukan di kedalaman 5 meter. Bagi turis yang kesengsem semestinya amati waktu terbaik untuk menyelam di perairan ini.

4. Trekking

Wisatawan mampu mencoba jalur trekking yang ada di Gunung Ara. Memiliki ketinggian 538mdpl, daerah ini menjadi salah satu area favorit bagi wisatawan yang suka mendaki gunung. Sepanjang jalur pendakian, wisatawan mampu menyaksikan binatang-binatang yang tinggal di pulau ini.

Terdapat beberapa pilihan jalur trekking yang mampu diadaptasi dengan keperluan dan kemampuan pelancong. Jalur trekking yang paling pendek yakni short dengan titik simpulan di puncak bukit. Anda dapat menikmati pemandangan teluk yang begitu menarik dari puncak tersebut.

Jalur trekking yang disediakan memiliki rute sepanjang 1 sampai 8km. Jalur terpanjang yaitu adventure yang hendak mengajak wisatawan berpetualang mendaki perbukitan indah, melewati sungai, dan menyusuri hutan. Ada juga jalur trekking medium dan long.

Semua jalur pendakian yang ditawarkan ini akan melewati water hole. Water hole ialah area yang menjadi tempat minum komodo.

5. Berburu Sunset

Aktivitas mempesona yang lain yang mampu dilaksanakan pelancong di pulau ini yakni berburu sunset. Anda mampu mendaki puncak bukit untuk menikmati pemandangan sunset terbaik di Pulau Komodo. Panorama alam yang begitu mempesona dengan warna-warna senja yang manis akan menemani liburan Anda.

6. Mengunjungi Pantai Pink

Kegiatan mempesona untuk dilaksanakan wisatawan yang berlibur ke pulau ini adalah mendatangi Pantai Pink. Kawasan pantai yang terkenal dengan pemandangannya yang cantik dan eksotis. Wisatawan mampu menikmati sajian alam yang tidak biasa ialah pantai dengan pasirnya yang berwarna merah muda.

Pantai Pink yang ada di daerah pulau ini mempunyai pasir putih yang bercampur dengan cuilan watu koral berwarna merah. Perpaduan tersebut menciptakan warna merah muda yang dapat disaksikan oleh semua hadirin Pantai Pink.

Saat siang hari, panorama pantai ini akan terlihat begitu terperinci dengan lautnya yang jernih dan biru. Saat populer ombak atau air, pasir pantainya akan terlihat semakin pink.

7. Island Hopping

Salah satu pilihan favorit bagi wisatawan yang tiba ke kawasan ini adalah acara island hopping. Berwisata dari satu pulau ke pulau lain dengan memakai bahtera layar atau kapal.

Rute pertama dari island hoping ini biasanya ialah ke Pulau Komodo. Setelah melihat komodo dari bersahabat dan menikmati banyak sekali acara seru di pulau tersebut, island hopping biasanya akan dilanjutkan ke Pulau Padar, Pulau Rinca, dan pulau-pulau lainnya yang jaraknya berdekatan.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau

Penginapan Murah di Sekitar Pulau Komodo
Image Credit: Google Maps Yuni Antoko

1. Ayana Komodo Resort

Penginapan yang cukup terkenal ini mampu menjadi opsi fasilitas bagi pelancong yang mengunjungi Pulau Komodo. Selain kamar yang tenteram, resort ini juga menyediakan beragam paket wisata dan tour yang mempesona untuk dicoba.

2. Kanawa Resort

Ada juga Kanawa Resort yang menjadi salah satu penginapan terdekat di sekeliling pulau ini. Wisatawan dapat beristirahat dan menginap di kamar yang tenteram dengan pemandangan indah yang bisa dilihat dari jendela kamar. Fasilitasnya pun sungguh lengkap dan nyaman.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pulau Komodo

Fasilitas di Pulau Komodo
Image Credit: Google Maps iktikad Iman

Fasilitas yang tersedia di kawasan Pulau Komodo bisa dikatakan cukup memadai. Mulai dari dermaga yang telah dibangun untuk memudahkan turis mencapai pulau. Namun untuk kemudahan di dalam daerah taman nasional tidak terlalu banyak. Hal tersebut bermaksud untuk tidak mengganti keadaan alami dari habitat komodo.

Namun turis mampu menemukan fasilitas mirip warung makan, shelter, dan daerah MCK di Kampung Ujung. Wisatawan lazimnya akan melewati tempat ini sebelum memasuki Pulau Komodo.

Itulah beberapa berita mempesona perihal objek wisata Pulau Komodo di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Keindahan dan segala fasilitas yang ditawarkannya pasti mengakibatkan pulau ini menawan untuk dikunjungi.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!