Pantai Pelang Trenggalek – Pesona, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Pelang salah satu pantai yang indah berada di Trenggalek. Pantai yang menjadi tujuan bermain air, kuliner dan menikmati air terjun yang mempesona di dekat pantai.

Harga Tiket: Rp 8.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Wonocoyo, Kec. Panggul, Kab. Trenggalek, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pantai Pelang ialah salah satu objek rekreasi pantai yang cukup terkenal di Trenggalek. Pesona keindahan pantai ini tersaji konkret dengan hamparan lautnya yang terlihat biru menyegarkan mata. Memiliki ombak yang cukup besar yang kian menambah keindahan panorama alam di pantai ini.

Pantai ini yakni objek wisata opsi yang sering dikunjungi turis terutama ketika weekend atau saat libur. Pengunjung mampu menikmati pantai, hutan pinus, teladas, sampai muara sungai di dalam tempat rekreasi. Pesona keindahannya ini menjadi pesona bagi wisatawan untuk tiba.

Objek rekreasi pantai yang menawan untuk dikunjungi ini juga menjadi salah satu spot terbaik untuk Anda yang ingin menikmati sunset. Memiliki kemudahan penunjang yang telah cukup mencukupi sehingga Anda mampu berlibur di Pantai Pelang dengan tenteram. Menikmati pesona keindahan pantai dan beberapa akomodasi mirip berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Pelang

Daya Tarik Pantai Pelang
Image Credit: Google Maps koko trisilo

Pantai bagus ini menjadi salah satu destinasi rekreasi di Trenggalek yang tidak pernah sepi hadirin. Menawarkan sejuta daya tarik dengan beberapa daya tarik seperti berikut.

1. Panorama Pantai yang Indah

Wisatawan yang mendatangi Pantai Pelang Trenggalek akan pribadi disuguhkan dengan pemandangan laut yang terlihat berwarna biru. Ombak-ombak yang bergulung-gulung meraih area pantai semakin memperbesar keindahan pemandangan alam di kawasan wisata.

Walaupun tidak terlalu besar, ombak di pantai ini begitu elok yang akan memanjakan mata semua orang yang melihatnya. Saat musim-animo tertentu atau saat air bahari sedang mengalami pasang, ombak yang mencapai pantai ini akan lebih tinggi. Wisatawan sebaiknya senantiasa waspada dan memperhatikan ketinggian gelombang di pantai ini.

2. Pantai yang Landai

Pengunjung mampu bermain sepuasnya di area pantai yang cukup landai ini. Hamparan pasir putih kecokelatan cukup luas untuk dirasakan pelancong yang datang. Kondisi pasir pantainya cukup manis dan higienis sehingga pengunjung akan lebih nyaman dikala bermain di atas pasirnya.

Area pantai yang luas ini pasti menciptakan turis akan lebih leluasa bermain hingga ke bibir pantai. Walaupun mengunjunginya ketika tamat pekan atau saat ramai pengunjung, pelancong akan tetap bisa menikmati pemandangan dan bermain di pantai dengan bebas dan leluasa.

3. Dikelilingi Perbukitan

Destinasi wisata pantai yang wajib dikunjungi ini menawarkan pemandangan pantai dan perbukitan hijau yang menyegarkan mata. Pantai Pelang dikelilingi oleh banyak perbukitan yang menjulang tinggi dengan vegetasi atau pepohonan yang cukup rindang. Menambah indah pemandangan di pantai, apalagi dengan langitnya yang biru.

Pesisir pantai ini juga banyak ditumbuhi pepohonan yang memperbesar kesan asri. Semilir angin yang menyegarkan akan terasa ketika Anda berteduh di sekeliling pepohonan pantai ini. Wisatawan juga bisa mempergunakan pepohonan rindang di sekeliling pantai untuk berlindung dari terik panas saat berada di lokasi rekreasi.

Tidak jauh dari pantai, turis juga bisa menyaksikan pulau karang kecil. Namun, pulau tersebut tidak bisa dikunjungi alasannya hanya berupa gugusan karang yang tidak terlalu besar dan mustahil didatangi wisatawan.

4. Air Terjun yang Memukau

Daya Tarik di Pantai Pelang
Image Credit: Google Maps l2k purwanti

Pesona keindahan Pantai Pelang yang menjadi pesona dan keunikan objek rekreasi ini yaitu adanya riam di sekitar pantai. Jaraknya hanya sekitar 300 meter, Anda mampu mendapatkan Air Terjun Pelang yang mempunyai aliran air cukup deras.

Wisatawan yang mengunjungi pantai ini mampu menggunakan jalan setapak yang telah tersedia untuk meraih lokasi penderasan. Memiliki ketinggian sekitar 25 meter yang mengalir begitu indah melewati tebing-tebing karang.

Air Terjun Pelang masih sangat alami dengan pedoman airnya yang terasa sungguh segar. Lokasinya yang sungguh akrab dengan pantai ini, menciptakan objek wisata ini menjadi unik dan banyak mempesona pelancong untuk datang.

5. Sungai

Aliran Air Terjun menghasilkan sebuah anutan sungai kecil yang bermuara ke bahari. Aliran sungai ini cukup dangkal dan membelah salah satu sisi Pantai eksotis ini. Wisatawan mampu menyeberangi pedoman sungai yang unik di pantai ini. Jika tidak mau basah, Anda mampu menggunakan jembatan yang tersedia untuk menyeberangi sungai tersebut.

6. Hutan Pinus

Selain penderasan, keunikan wisata Pantai Pelang juga terkenal dengan area hutan pinus yang dapat dijumpai di sepanjang perjalanan menuju pantai. Pepohonan pantai ini menawarkan pemandangan yang asri dan juga udara yang terasa lebih sejuk.

Pemandangan hutan pinus yang hijau dengan pohon-pohonnya yang menjulang tinggi menawarkan keindahan tersendiri untuk pantai ini. Selain mempercantik panorama di sekeliling pantai ini, area hutan pinus di pantai juga sering dimanfaatkan untuk area kemah.

7. Jembatan

Sebuah jembatan kayu di sekitar pantai ini menjadi salah satu pesona objek wisata ini. Ujung jembatannya berupa bangunan dengan atap berbentuk limas mirip rumah joglo.

Wisatawan mampu menikmati pemandangan pantai dari jembatan ini. Jembatan kayu yang berada di sekeliling Pantai Pelang ini juga sering didatangi turis untuk berfoto-foto.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Pelang

Alamat Pantai Pelang
Image Credit: Google Maps Avisena TV

Lokasi pantai yang cukup jauh sekitar 25km dari sentra Kota Trenggalek, Jawa Timur. Jika Anda tiba dari arah kota ini, ambil rute Jarakan – Karangan. Perjalanannya akan memakan waktu sekitar 2 sampai 2,5 jam menggunakan kendaraan.

Kondisi jalan menuju pantai ini telah cukup baik dan beraspal. Namun beberapa jalannya berupa tanjakan curam dan berkelok. Pastikan kendaraan yang dipakai elok dan selalu berhati-hati ketika melalui jalan-jalan berkelok.

Arahkan kendaraan Anda ke jalan yang mengarah ke Dongko – Karangan. Sekitar 8km dari jalan ini, ambil arah kiri atau ke Jalan Sudirman di Dongko. Belok kanan dikala Anda menemui kantor pos di persimpangan jalan menuju Waluhtowo.

Pada persimpangan berikutnya ambil arah ke kanan menuju Jalan MT Haryono dan terus lurus sekitar satu kilometer. Selanjutnya ambil arah kiri menuju Jalan Pantai Pelang. Lokasi pantai ini sekitar 3km dari persimpangan tersebut.

Bagi wisatawan yang menggunakan transportasi umum, mampu memakai bis untuk menuju terminal Trenggalek. Setelah itu, naik bis dengan jurusan Trenggalek – Pacitan. Anda bisa turun di kawasan Panggul dan melanjutkan perjalanan ke lokasi pantai menggunakan ojek.

Pantai Pelang memasang harga tiket masuk yang cukup murah sekitar Rp 8.000,- per orang. Sementara untuk tamat pekan dan hari-hari libur, harga tiket masuknya yaitu Rp 10.000,- untuk setiap hadirin. Harga tiket yang tentunya cukup terjangkau untuk pelancong yang ingin berkunjung.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Pelang

Aktivitas Menarik Pantai Pelang
Image Credit: Google Maps Rheino Arie

1. Berenang

Kegiatan seru untuk para hadirin Pantai Pelang salah satunya adalah berenang. Anda bisa menikmati air laut sambil berenang di bibir pantai. Namun wisatawan direkomendasikan untuk tidak terlampau ke tengah mengenang ombak di pantai ini yang cukup besar.

Wisatawan mampu bermain air di sekeliling pantai dan juga fatwa air sungai yang ada. Jika ingin berenang, pastikan dahulu ombak di pantai ini tidak terlampau tinggi. Apabila Anda mengunjunginya saat air bahari pasang, maka kegiatan berenang ini tidak dianjurkan karena cukup berbahaya.

2. Menikmati Air Terjun

Objek rekreasi ini memberikan keunikan tersendiri ialah teladas. Pengunjung dapat menikmati daya tarik keindahan gerojokan yang berada di pinggir pantai ini. Anda juga mampu bermain air di bawah riam dengan cukup aman dan nyaman. Aliran Terjun Pelang ini tidak jatuh ke suatu kolam air melainkan bebatuan.

Wisatawan pun mampu duduk di atas bebatuan sambil menikmati cipratan penderasan yang menyegarkan. Gunakan bantalan kaki yang tenteram semoga tidak terpeleset. Jika ingin melepas bantalan kaki, sebaiknya amati setiap langkah saat berada di bebatuan di bawah gerojokan ini.

3. Bermain Pasir

Bersantai dengan duduk di atas pasir pantai yang bersih sering dikerjakan wisatawan yang mengunjungi Pantai Pelang. Jika menenteng anak kecil atau ingin seru-usul, Anda mampu bermain pasir pantai ini seperti menciptakan bangunan pasir atau memendam sebagian tubuh di dalam pasir.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati pantai ini sambil makan-makan, dianjurkan untuk senantiasa menjaga kebersihan. Jangan membuang sampah atau sisa kemasan masakan di area pantai biar tidak menghancurkan keindahan panorama yang ada.

4. Berkemah

Pantai yang memiliki area hutan pinus cukup luas ini sering dimanfaatkan selaku lokasi kemah. Wisatawan mampu menjajal kemah untuk mampu mencicipi situasi malam di pinggir pantai ini.

Anda mampu menyewa peralatan kemah untuk bisa menginap di area hutan pinus. Pastikan bawa peralatan yang Anda perlukan agar lebih tenteram dikala melaksanakan camping di area ini.

5. Berburu Sunset

Kegiatan seru yang dihentikan terlupakan adalah berburu sunset. Pantai Pelang yang berada di pesisir barat Kota Trenggalek ini menunjukkan spot terbaik untuk menikmati pemandangan sunset yang mempesona.

Saat matahari mulai terbenam, pemandangan alam yang hijau akan berubah menjadi kuning kemerahan. Suasana romantis di pantai ini pun banyak dimanfaatkan pasangan muda-mudi untuk menikmati momen matahari terbenam bersama-sama.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Pelang Trenggalek

Fasilitas Pantai Pelang Trenggalek
Image Credit: Google Maps Jay Suherwanto

Pengelolaan objek wisata ini dijalankan cukup baik dengan menawarkan fasilitas-akomodasi seperti kamar mandi atau toilet. Wisatawan yang ingin berganti busana mampu memakai akomodasi tersebut dengan ongkos sekitar Rp 2.000,- hingga Rp 3.000,-.

Fasilitas daerah parkir juga ditawarkan dengan mempergunakan area lapang di sekeliling Pantai Pelang. Tempat parkir yang ada cukup luas dan mampu menampung kendaraan mulai dari roda dua hingga bus pariwisata.

Fasilitas lainnya yaitu rumah makan di pinggir pantai. Setelah bermain dan berenang, pengunjung dapat menikmati banyak sekali sajian hidangan laut yang banyak dijual di warung-warung makan. Menu ikan dan seafood yang ditawarkan di warung sekitar pantai cukup terjangkau harganya.

Beberapa gazebo juga disediakan selaku kemudahan penunjang di Pantai Pelang. Wisatawan mampu menggunakan gazebo ini untuk duduk santai menikmati pemandangan pantai. Anda juga mampu makan-makan bersama rombongan dari gazebo yang cukup tenteram ini.

Fasilitas penginapan mirip hotel di sekitar akan sukar untuk didapatkan. Anda bisa mencari penginapan di Kota Trenggalek dengan beragam opsi hotel. Pemerintah kawasan setempat mengorganisir pantai ini dengan baik mirip menawarkan kemudahan area kemah. Wisatawan mampu menikmati situasi malam dengan berkemah di sekitar pantai.

Itulah beberapa gosip mempesona mengenai Pantai Pelang Trenggalek. Jika Anda sedang bosan di rumah dan memerlukan refreshing, pantai ini mampu menjadi alternatif untuk melepas penat dan kebosanan.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!