Pantai Teluk Awur Jepara – Daya Tarik, Acara Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Teluk Awur merupakan rekreasi pantai favorit di Jepara untuk menikmati sunset. Pantai yang dihiasi panorama pohon bakau, daerah nongkrong dan bermacam-macam wahana air.

Harga Tiket: Rp 2.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Teluk Awur, Telukawur, Kec. Tahunan, Kab. Jepara, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Berlibur bersama rekan atau keluarga sangatlah seru dan ialah hal yang ditunggu-tunggu. Tetapi banyak orang yang galau untuk memilih destinasi liburan yang sesuai. Anda bisa menjajal berlibur di Pantai Teluk Awur. Tempat wisata ini sangat diketahui oleh masyarakat Jepara alasannya adalah panorama indah yang ditawarkannya.

Objek wisata ini tidak akan menciptakan Anda membayar banyak. Selain itu, banyak wisatawan yang membawa keluarganya untuk berlibur ke daerah ini sehingga menunjukan bahwa pantai ini sangatlah cocok selaku destinasi berlibur bareng rekan atau keluarga. Selain itu, banyak wahana seru yang dapat Anda coba di objek wisata ini.

Tempat wisata ini juga ialah satu-satunya pantai yang belum dikontrol oleh pemerintah. Walaupun seperti itu, pantai ini sungguh layak untuk Anda kunjungi dikala final pekan atau liburan panjang sudah datang. Banyak hal yang perlu Anda ketahui mengenai info seputar Pantai Teluk Awur. Berikut beberapa berita seputar tempat tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Teluk Awur

Daya Tarik Pantai Teluk Awur
Image Credit: Google Maps Bahrul Ulum

Terdapat beberapa keunggulan yang dimiliki kawasan ini alasannya adalah mampu menarik perhatian banyak wisatawan untuk berlibur disini. Berikut beberapa pesona yang dimiliki kawasan tersebut.

1. Pemandangan yang Sangat Indah

Tempat wisata ini sering dibilang seperti dengan Pantai Bandengan sebab mempunyai kontur yang landai dipadu dengan hamparan pasir putih yang lembut dan indah. Oleh alasannya adalah itu, Anda mampu melakukan berbagai kegiatan dengan tenteram sambil menikmati pemandangan yang menawan dari objek wisata ini.

Anda juga mampu mendapatkan beberapa pohon mangrove yang menghiasi kawasan rekreasi tersebut. Fungsi dari pohon ini ialah menahan abrasi dan menjadi peneduh di pantai ini.

2. Mitos Bahwa Air Pantai Teluk Awur Bisa Dijadikan Obat

Sudah tidak mampu disangsikan lagi bahwa air dari pantai ini sungguh jernih dan higienis. Sebagian besar masyarakat setempat percaya bahwa air ini mampu memberikan kesembuhan terhadap semua penyakit. Oleh alasannya itu, banyak orang yang berbondong-bondong tiba mandi di pantai ini.

Mitos ini berasal dari dongeng terbunuhnya Joko Wongso. Joko Wongso merupakan raja yang menyamar menjadi seorang penangkap ikan atau nelayan. Raja tersebut terbunuh oleh pengawal kerajaannya yakni Den Ayu Roro Kuning.

Den Ayu Roro Kuning ialah wanita manis yang menyiapkan pembunuhan raja Joko Wongso dengan suaminya sendiri yakni Syeikh Abdul Aziz. Hal ini disebabkan oleh raja tersebut ingin meminang Roro Kuning. Oleh alasannya adalah itu, sepasang suami istri ini mencari aneka macam cara untuk membunuh raja tersebut.

Rencana sepasang suami istri itu yaitu menuduh Joko Wongso sebagai intel dari kerajaan musuh. Beliaupun dihukum mati tanpa ada pengusutan lebih lanjut. Oleh karena itu, pantai tersebut diberi nama Pantai Teluk Awur. Kata “Teluk” berasal dari kata takluk dan kara “Awur” berasal dari kata ngawur yang memiliki arti lalai.

3. Festival atau Event Tradisional

Festival tradisional sering dikerjakan di aneka macam pantai yang berada di Kota Jepara. Event ini akan diadakan pada waktu seminggu sesudah hari raya Idul Fitri dan pada saat puncak pekan Syawalan. Pada tanggal-tanggal tersebut akan diadakan perlombaan sedekah maritim atau biasa disebut pesta lomban. Pesta ini menjadi event tahunan penduduk setempat.

Berbagai acara yang diadakan di pantai ini ialah bentuk dari rasa syukur penduduk lokal sebab sudah berhasil menunaikan ibadah sarat satu bulan berpuasa. Event ini ternyata juga membuat banyak wisatawan ingin tau sehingga banyak pengunjung yang tiba untuk menyaksikan pegelaran tradisi ini.

Alamat & Rute Perjalanan Menuju Pantai

Alamat Pantai Teluk Awur
Image Credit: Google Maps Rina Mufa

Akses untuk menuju ke daerah rekreasi ini cukup gampang. Selain itu, pemerintahan lokal juga sudah menyediakan beberapa penanda jalan untuk membuat lebih mudah turis menemukan lokasi pantai tersebut.

Jika Anda berangkat dari Kota Semarang maka akan membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 jam perjalanan. Apabila Anda berangkat dari Kota Kudus maka akan memerlukan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan.

Kedua rute tersebut lewat jalan Kudus-Jepara. Setelah itu, lanjutkan perjalanan hingga melalui Pasar Pecangaan. Kemudian Anda akan menemukan perempatan, beloklah ke arah kiri menuju jalan Sunan Mantingan, Jawa Tengah. Setelah itu, Anda cuma perlu jalan lurus menuju lokasi pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Teluk Awur

Harga Tiket Masuk Pantai Teluk Awur Jepara
Image Credit: Google Maps Afita habibana

Tidak perlu merasa khawatir dengan harga yang harus Anda bayar untuk dapat masuk dan menikmati indahnya pantai ini. Tarif yang ditentukan oleh pihak pengelola menurut hari atau tanggal saat Anda tiba berlibur.

Jika Anda berlibur pada hari senin hingga Kamis maka Anda tidak perlu membeli tiket atau gratis. Jika Anda berlibur di hari Jumat, Sabtu, dan Minggu maka akan dikenakan tarif sekitar Rp 2.000,00 per orang. Jika Anda berlibur pada hari raya lebaran atau pekan syawalan maka akan dikenakan tarif sekitar Rp 10.000,00 per orang.

Anda juga perlu mengeluarkan uang saat memakai beberapa fasilitas yang ditawarkan oleh pihak pengelola. Harga parkir kendaraan roda dua gratis, sedangkan untuk kendaraan roda empat akan dikenakan ongkos Rp 5.000,00. Biaya penggunaan toilet untuk membilas tubuh sekitar Rp 3.000,00. Sewa pelampung atau ban renang sekitar Rp 10.000,00.

Aktivitas yang Menarik di Pantai Teluk Awur

Aktivitas Menarik Pantai Teluk Awur
Image Credit: Google Maps Dwi W.L

Terdapat beberapa aktivitas seru yang mampu Anda kerjakan dikala berlibur di tempat ini. Berikut beberapa aktivitas yang mesti Anda coba.

1. Memancing

Bagi Anda yang suka memancing maka akan sangat sempurna jikalau menentukan pantai ini sebagai destinasi liburan. Terdapat banyak ikan yang sangat menawan untuk dipancing. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan banyak orang atau beberapa komunitas yang tiba untuk memancing di pantai ini.

Spot untuk memancing biasanya akan ramai pada hari libur atau final pekan telah tiba. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membawa peralatan dan peralatan memancing Anda. Apabila Anda tidak membawanya maka coba cari toko alat pancing yang tak jauh dari lokasi pantai.

2. Lokasi yang Strategis Untuk Menikmati Sunset

Jika Anda ingin melihat panorama sunset di Kota Jepara maka datanglah ke Pantai Teluk Awur. Pemandangan sunset di kawasan rekreasi ini sangatlah indah. Anda juga dapat menyaksikan efek fatamorgana yang membuat para turis dapat menyaksikan langit yang berwarna jingga.

Suasana di objek rekreasi ini juga sangat nyaman sehingga sungguh mendukung saat Anda melihat sunset. Perpaduan antara angin yang sepoi-sepoi dan suara deburan ombak akan berhasil menangkan anggapan Anda. Sangat romantis jika menjinjing pasangan Anda ke kawasan ini.

3. Berenang

Hal utama yang mesti Anda kerjakan ketika berlibur di pantai sudah niscaya adalah berenang. Anda tidak perlu khawatir untuk berenang alasannya ombaknya cukup tenang sehingga tidak terlampau membahayakan pelancong. Airnya juga sungguh jernih dan bersih sehingga tidak akan menciptakan tubuh terasa gatal.

Jika Anda tidak begitu jago berenang maka mampu menyewa pelampung belibis atau ban. Harganya cukup murah dan wajar. Anda juga mampu bermain di beberapa wahana yang telah disediakan pihak pengurus mirip flying fish boat, jet sky, banana boat, dan lain-lain. Anda juga mesti membayar untuk memainkan permainan tersebut.

4. Berfoto

Pemandangan indah dari pantai hits ini tidak mampu diabaikan begitu saja. Anda juga mampu mengabadikan keindahan kawasan ini dalam sebuah foto. Oleh alasannya itu, bawalah kamera yang mampu memotret pantai dengan daya tarik yang fantastis ini.

5. Warung Makan dengan Hidangan Lezat

Anda akan merasa sungguh lapar ketika seharian menghabiskan waktu bermain di tempat wisata ini. Anda tidak perlu cemas alasannya ada solusinya. Terdapat banyak warung yang dapat Anda temukan di sekitar area pantai untuk menetralisir rasa lapar Anda. Terdapat banyak sekali jenis sajian masakan seperti makanan rumahan, seafood, dan lain-lain.

Anda juga mampu mendapatkan banyak cafe yang sering dipenuhi oleh para perjaka dan pemudi yang berkumpul untuk mengobrol atau sekedar menyaksikan panorama Pantai Teluk Awur dari kejauhan. Menu yang dihidangkan juga sungguh lezat dan murah.

Penginapan Murah Dekat Dari Pantai Teluk Awur

Penginapan Murah Dekat Dari Pantai Teluk Awur
Image Credit: Google Maps Muthmainnah Theone

Terdapat beberapa penginapan yang mampu Anda pilih untuk kawasan menginap bareng rekan atau keluarga saat berlibur di pantai ini. Berikut beberapa berita seputar informasi tersebut.

1. Jepara Beach Hotel

Penginapan ini berada di tepi Laut Jepara. Harga per malam untuk menginap di hotel ini mulai dari Rp 365.000,00.

Terdapat beberapa akomodasi yang akan Anda peroleh mirip wifi, area parkir yang luas, restoran, dan lain-lain. Desain kamarnya juga sangat nyaman untuk kawasan bermalam bareng keluarga.

2. Jepara Marina

Penginapan ini berada di tempat Teluk Awur, Jepara. Harga per malam bermalam di kawasan ini mulai dari Rp 495.000,00.

Jika bermalam di kawasan ini maka Anda akan menerima beberapa kemudahan mirip AC, restoran, layanan kamar, dan lain-lain. Penginapan ini juga sungguh direkomendasikan oleh para wisatawan yang telah berlibur ke Pantai Teluk Awur.

3. Bayfront Vila

Vila ini mampu Anda dapatkan di tempat Teluk Awur, Jepara. Harga per malam bermalam di tempat ini mulai dari Rp 550.000,00.

Terdapat beberapa fasilitas mirip wifi, area bebas rokok, kolam renang, restoran, dan lain-lain. Suasana penginapan ini sangat nyaman sehingga akan menciptakan Anda betah.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Teluk Awur Jepara

Fasilitas Pantai Teluk Awur Jepara
Image Credit: Google Maps Nday Pyong

Fasilitas yang ditawarkan oleh pihak pengelola di daerah wisata ini telah cukup lengkap dengan mutu yang bagus. Terdapat area parkir yang luas, persewaan pelampung dan ban, spot memancing, warung makan, toilet biasa , dan lain-lain. Oleh sebab itu, Anda akan merasa sungguh puas saat berlibur di tempat wisata ini.

Anda juga mesti menyiapkan dana untuk menggunakan beberapa kemudahan yang disediakan. Selain itu, terdapat wahana berbayar mirip flying fish boat, jet sky, banana boat. Anda harus mematuhi peraturan yang berlaku juga. Jagalah semua fasilitas tersebut. Apabila ada barang atau fasilitas yang Anda gunakan rusak maka akan dikenakan denda.

Beberapa info di atas dapat menolong Anda untuk mengenal Pantai Teluk Awur Jepara. Oleh alasannya adalah itu, Anda tidak perlu merasa ragu untuk tiba berlibur di pantai ini. Jangan lupa untuk membawa perbekalan dan peralatan yang cukup. Persiapkan dana lebih juga bila terdapat beberapa hal yang tidak disangka-sangka selama perjalanan dan liburan.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!