Pantai Logending Kebumen – Pesona, Acara Piknik, Lokasi & Harga Tiket

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga TiketPantai Logending Kebumen yang juga dikenal dengan sebutan Pantai Ayah menawarkan ragam pesona, hutan mangrove dan menjadi spot menikmati sunset.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Argopeni, Kec. Ayah, Kab. Kebumen, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Objek rekreasi Pantai Logending ialah salah satu rekreasi pantai yang berada di Kabupaten Kebumen. Pantai ini sering dijadikan destinasi liburan keluarga atau piknik bareng pasangan saat simpulan pekan dan saat isu terkini liburan tiba.

Pantai ini menyajikan pemandangan yang indah dengan beragam pesona dan daya tariknya. Pantai ini juga memiliki akomodasi penunjang yang sudah cukup lengkap. Wisatawan pun mampu menikmati liburan dengan lebih nyaman ketika berkunjung ke pantai manis ini.

Pantai yang juga dikenal dengan nama Pantai Ayah ini merupakan salah satu pantai di Kebumen yang selalu ramai hadirin. Wisatawan yang datang ke Pantai Logending bukan cuma dari Kebumen namun juga dari luar tempat.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Logending

Daya Tarik Pantai Logending
Image Credit: Google Maps Azzam Najib Habibie

Pantai Logending atau Pantai Ayah biasanya akan ramai saat akhir pekan atau saat isu terkini libur. Banyak pelancong yang tiba untuk menikmati pesona dan keindahan yang dihidangkan dengan beragam daya tariknya.

1. Pemandangan Samudera Hindia

Pantai-pantai di Kebumen selalu mempesona dengan hidangan panorama khas bahari selatan. Salah satunya yakni Pantai Logending yang mampu menjadi destinasi rekreasi opsi di Kebumen untuk Anda yang ingin menikmati pemandangan Samudera Hindia.

Hamparan laut lepas dengan ombaknya yang besar menjadi santapan utama bagi para pengunjung pantai ini. Panorama alam yang begitu indah ini sering dimanfaatkan pelancong untuk menenangkan diri atau mengobati rasa jenuh.

2. Garis Pantai yang Panjang

Pantai yang berada di Desa Ayah ini memiliki garis pantai yang cukup panjang. Area pantainya pun landai dengan pasirnya yang berwarna hitam kecokelatan. Wisatawan dapat menikmati panorama maritim dengan duduk santai di atas pasir pantainya yang cukup higienis.

Walaupun tidak mempunyai pasir putih, pantai ini tetap menarik dan tidak pernah sepi hadirin. Pantai ini juga diketahui selaku salah satu tujuan wisata keluarga yang ramai dikunjungi pelancong pada final pekan atau di hari-hari libur lainnya.

3. Dikelilingi Hutan

Salah satu daya tarik dari Pantai Logending adalah lokasinya yang berdekatan dengan hutan pohon jati. Memberikan situasi yang lebih sejuk dan cukup unik alasannya adalah jarang ditemui di pantai lainnya. Hutan milik perhutani tersebut juga ditumbuhi oleh beberapa jenis flora setempat lainnya mirip kayu mahoni Afrika yang cukup langka.

Pemandangan hijau di sekitarpantai ini tentu semakin mempercantik pemandangan yang mampu dirasakan turis. Perbukitan dan hutan yang hijau dan bahari biru menjadi suguhan yang menyegarkan mata.

4. Muara Sungai Bodo

Selain eksistensi hutan, pantai ini juga terkenal karena mempunyai ajaran sungai yang bermuara di daerah ini. Masyarakat sekitar menyebutnya selaku Sungai Bodo. Aliran sungai tersebut ialah batas antara Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Cilacap.

Sungai Bodo ini dikelilingi oleh banyak pepohonan yang rindang. Muara sungai yang berada di pantai ini menciptakan kawasan wisata Pantai Logending semakin mempesona. Wisatawan dapat menyaksikan pantai, sungai, sampai hutan dalam satu daerah.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Pantai Logending

Alamat Pantai Logending
Image Credit: Google Maps Alen Hail

Objek wisata ini berada di Desa Ayah atau sekitar 53 km dari Kota Kebumen, Jawa Tengah. Lokasi ini gampang diakses dengan jalanan yang manis. Anda bisa menggunakan transportasi umum dari terminal Kebumen menuju Pantai Logending.

Jika Anda menenteng kendaraan pribadi, ambil rute yang menuju Goa Jatijajar. Selanjutnya, Anda mampu mengikuti papan petunjuk arah menuju lokasi pantai ini. Lokasi pantai ini sekitar 8 km dari Goa Jatijajar.

Pengunjung pantai ini dikenai tiket masuk sebesar Rp 5.000,- per orang. Harga tiket yang cukup murah ini pastinya yang membuat lokasi wisata ini ramai diserbu hadirin. Banyak turis yang sengaja menjinjing keluarganya untuk mampu berlibur ke tempat wisata yang murah semarak ini. Namun, kalau ingin naik perahu, wisatawan dikenai biaya lagi sebesar Rp 10.000,- atau sesuai janji sewa bahtera.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Logending

Aktivitas Menarik Pantai Logending
Image Credit: Google Maps firmanita ayu

1. Bersantai

Kebanyakan wisatawan yang tiba ke objek wisata ini menghabiskan waktu mereka dengan bersantai. Menikmati liburan dengan duduk-duduk di pinggir pantai bareng orang tersayang tentu menjadi acara yang mengasyikkan.

Tidak jarang pula wisatawan Pantai Logending yang datang bersama anak-anak akan menikmati kunjungan mereka dengan bermain pasir pantai. Anda mampu mengajak bawah umur menggali pasir pantainya yang hitam untuk bermain atau mencari binatang-hewan kecil seperti kepompong.

2. Berenang

Pantai di pesisir selatan memang terkenal dengan ombaknya yang besar. Kurang lengkap rasanya kalau berkunjung ke pantai ini tanpa mencoba keseruan dengan ombaknya tersebut. Tidak mesti terlalu ke tengah karena memang ombaknya cukup tinggi. Wisatawan dapat bermain dan berenang di bibir pantai yang lebih kondusif.

Pengunjung Pantai Ayah diperbolehkan untuk bermain di maritim tetapi tetap di area yang aman yang telah diputuskan. Ombak di pantai ini mampu berbahaya dan lebih tinggi dari umumnya pada waktu-waktu tertentu sehingga wisatawan yang berenang di pantai harus mengikuti isyarat atau peraturan pengurus pantai ini.

3. Menikmati Sunset

Bagi pasangan muda-mudi yang berkunjung, sebaiknya sempatkan waktu untuk menunggu matahari terbenam. Pesona keindahan sunset di lokasi rekreasi ini sayang untuk dilewatkan.

Walaupun bukan spot favorit, pemandangan sunset di pantai ini tidak kalah indah. Suasana yang semakin romantis dengan cahaya kuning keemasan di langit dan permukaan lautnya. Wisatawan bisa menunggu sunset sambil menikmati es kelapa muda yang segar.

4. Naik Perahu

Salah satu aktivitas favorit pengunjung Pantai Logending yaitu naik bahtera. Beberapa perahu tradisional bersandar di pantai untuk mengangkut penumpang yang ingin berkeliling ke tengah laut.

Perahu yang tersedia di kawasan rekreasi ini cukup besar dan bisa memuat sampai 10 orang atau lebih. Makara untuk Anda yang piknik bareng keluarga, bisa mengajak rombongan naik perahu ke tengah maritim untuk pengalaman yang tak terlalaikan.

5. Berfoto

Mengunjungi pantai di Kabupaten Kebumen ini tidak lengkap kalau tidak berfoto-foto. Beberapa titik di Pantai Logending memperlihatkan pemandangan indah yang cantik untuk latar foto.

Pilihan spot foto yang ada di pantai ini cukup banyak, mulai dari pantai, hutan, jembatan merah, sungai, dan masih banyak lagi. Kaprikornus pastikan untuk Anda menjinjing kamera atau perlengkapan fotografi saat berlibur ke pantai di selatan Kebumen ini.

6. Keliling Hutan

Salah satu kegiatan seru yang jarang dilakukan pelancong pantai yaitu menjelajah hutan. Namun berlainan dengan pantai ini yang juga menawarkan rekreasi hutan. Namanya yaitu Hutan Logending yang berada di dalam satu daerah dengan objek rekreasi yang juga diketahui dengan nama Pantai Ayah.

Pengunjung dapat masuk atau menyaksikan hutan yang ada di sisi selatan pantai ini. Banyak wisatawan yang mendatangi Pantai Logending sekaligus menikmati hutan di pantai ini. Tidak jauh dari pantai juga terdapat hutan mangrove yang berfungsi untuk mencegah pengikisan maritim.

7. Menyusuri Sungai

Naik bahtera ke tengah laut memang menjadi salah satu acara yang dapat dilakukan pelancong saat berada di pantai ini. Selain itu, turis juga mampu melaksanakan aktivitas seru lainnya mirip menyusuri sungai.

Wisatawan mampu menyaksikan panorama hijau sambil menikmati situasi hutan di dekat lokasi wisata. Anda mampu berlangsung kalem di jembatan bambu yang ada di hutan mangrove Logending. Jika ingin lebih seru, naik bahtera mampu menjadi alternatif untuk Anda bisa menyusuri sungai Bodo.

8. Makan-Makan

Liburan ke pantai ini akan lebih menyenangkan dengan cara lesehan di pantai menggunakan tikar. Anda dan rombongan mampu makan-makan sambil menikmati panorama maritim.

Aktivitas makan bareng mirip ini adalah panorama biasa di Pantai Logending. Apalagi dikala ekspresi dominan piknik seperti libur hari raya, banyak hadirin yang menggelar tikar untuk mampu bersantap bersama menikmati bekal kuliner yang telah mereka bawa dari rumah.

Namun jangan cemas kalau tidak menjinjing bekal, Anda mampu berbelanja masakan di warung-warung yang ada di sekitar pantai ini. Berbagai kuliner tradisional seperti bakso, batagor, soto, dan lain sebagainya dapat dicicipi dengan harga yang cukup terjangkau.

9. Belanja Oleh-Oleh

Jika Anda berlibur ke Logending, jangan lupa untuk berbelanja oleh-oleh. Pantai ini dikenal sebagai salah satu kawasan pelelangan ikan. Wisatawan dapat melihat eksklusif ikan-ikan segar yang baru ditangkap nelayan lokal. Wisatawan juga bisa membeli ikan laut selaku oleh-oleh.

Penginapan Murah Dekat Dari Pantai Logending

Penginapan Murah Dekat Dari Pantai Logending
Image Credit: Google Maps Ira Oktafiani

1. Ungu Homestay Jatijajar

Resepsionis 24 jam siap melayani Anda yang ingin menginap di Ungu Homestay. Penginapan di daerah Ayah ini menawarkan fasilitas kamar dan juga wifi. Tersedia juga akomodasi tempat parkir dan area bebas rokok.

2. Full House 4 Bedrooms at Homestay A

Penginapan yang berada di Desa Ayah ini menawarkan kamar nyaman dengan fasilitas kriteria. Fasilitas lain yang tersedia yakni kawasan parkir untuk para tamu yang menginap.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Logending Kebumen

Fasilitas Pantai Logending Kebumen
Image Credit: Google Maps Anang rizcky

1. Tempat Parkir Luas

Fasilitas parkir di pantai ini cukup luas, dapat menampung sepeda motor, kendaraan beroda empat, hingga bus pariwisata. Namun ketika isu terkini libur panjang atau saat ramai hadirin, daerah parkir di kawasan pantai ini akan penuh.

2. Warung Makan

Anda tidak akan sulit untuk menemukan warung makan di Pantai Logending. Warung-warung sederhana banyak berjejer menawarkan makanan dan aneka minuman.

3. Tempat Bermain Anak

Salah satu sisi pantai disediakan sarana untuk kawasan bermain anak. Selain di pantai, wisatawan juga bisa mengajak si kecil bermain di fasilitas bermain anak yang sudah disediakan.

4. Mushola

Pantai Logending menjadi salah satu objek wisata pantai yang telah mempunyai fasilitas cukup lengkap. Anda bisa memperoleh kemudahan mushola di kawasan objek rekreasi ini.

5. Kamar Mandi

Fasilitas kamar mandi atau kawasan ganti juga tersedia cukup banyak. Walaupun kamar mandinya biasa, tempatnya cukup nyaman untuk Anda yang ingin berganti pakaian setelah bermain di maritim.

6. Penginapan

Fasilitas penginapan di daerah Ayah mampu menjadi pilihan untuk Anda yang ingin menginap sesudah berlibur di pantai ini. Fasilitas hotel atau homestay cukup nyaman untuk Anda beristirahat.

Itulah beberapa berita mempesona perihal objek rekreasi Pantai Logending di Desa Ayah, Kebumen. Setelah menikmati pantai, Anda bisa mampir ke objek wisata terdekat yang lain mirip Goa Jatijajar yang populer.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!