Pantai Sanggar Tulungagung – Pesona, Aktivitas Piknik, Lokasi & Harga Tiket

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga TiketPantai Sanggar, salah satu pantai eksotis dan tersembunyi di Tulungagung yang menawan untuk dijelajahi. Pantai pasir putih yang menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jengglungharjo, Kec. Tanggung Gunung, Kab. Tulungagung, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Berbatasan dengan Samudera Hindia, mengakibatkan Tulungagung salah satu daerah dengan rekreasi pantai yang banyak. Salah satu diantaranya yakni Pantai Sanggar. Begitu indahnya panorama yang disuguhkan, hingga julukan “The Dreamland of Tulungagung” disematkan oleh turis.

Berada di lingkar jalur pantai selatan, menjadikan pantai yang berada di daerahnya identik dengan ombak yang besar. Begitu pula dengan pantai eksotis ini. Fenomena ombak yang menggulung tinggi lalu menghempas kerikil karang, menjadi salah satu pemandangan yang dinanti hadirin wisata pantai ini.

Pantai ini memang termasuk kawasan rekreasi gres. Jumlah wisatawan yang berkunjung kesana belum terlalu banyak. Oleh alasannya adalah itu kawasan Pantai Sanggar masih sangat higienis dengan dihiasi pasir putih.

Daya Tarik Wisata yang Dimiliki Pantai Sanggar

Daya Tarik Pantai Sanggar
Image Credit: Google Maps Savira Yulia

1. Ombak Besar dan Gugusan Karang

Sebagai salah satu wisata pantai selatan, tentu saja rekreasi laut ini mempunyai ombak yang besar dan tinggi menjulang. Sudah menjadi karakteristik dari wilayah pantai selatan. Ombak yang besar tersebut begitu serasi berdampingan dengan formasi kerikil karang yang bangkit kokoh siap memecah ombak yang menerjang.

Pemandangan ombak yang menghempas karang ialah salah satu favorit para hadirin disana. Datangnya ombak yang tinggi menjulang mendatangkan rasa kagum sekaligus ngeri secara serentak.

2. Spot Sunrise dan Sunset yang Indah

Sudah menjadi diam-diam biasa jikalau pantai ialah daerah yang tepat untuk berburu momen sunrise dan juga sunset. Begitu pula dengan Pantai Sanggar, para wisatawan yang berkunjung kesana tidak akan melupakan panorama senja yang indah dan romantis.

Untuk mendapatkan momen sunrise di pantai ini, pengunjung dapat mendirikan tenda atau camping. Jangan lupa menjinjing kamera atau smartphone Anda untuk mengabadikannya. Saat fajar tiba, Anda dapat menyaksikan indahnya cahaya keemasan yang berpendar menghalau kegelapan sisa langit malam.

3. Kawasan Pantai yang Indah dan Bersih

Pantai Sanggar terbilang masih baru dan nyaris belum terjamah. Wisatawan domestik masih belum terlalu banyak yang berkunjung kesana, apalagi lagi turis mancanegara. Akibat dari hadirin yang belum terlalu ramai, menciptakan tempat pantai ini masih higienis, bebas dari sampah dan kotoran.

Suasana pantai yang sejuk dan cukup tenang menghadirkan rasa tenteram bagi pelancong yang ingin bermalas-malasan. Laut lepas berwarna biru jernih, dengan ombaknya yang besar dan bebatuan karang, siap memanjakan mata Anda. Ditambah bukit hijau di segi-sisinya dan tebing di bagian lokasi wisata memperbesar indah pemandangan yang disuguhkan.

4. Bulu Babi dan Ikan Hias di Sela Batu Karang

Daya Tarik Dimiliki Pantai Sanggar
Image Credit: Google Maps Bieng Soecahya

Ombak besar yang dimiliki pantai ini, lazimnya akan mulai surut setelah di atas jam 12 siang. Ketika air mulai surut, Anda mampu melihat ikan hias berukuran kecil yang bersembunyi atau terjebak di sela kerikil karang. Tidak hanya itu, Anda juga mampu menemukan bulu babi disana.

Banyaknya ikan yang terjebak diantara bebatuan karang, menyebabkan tempat ini salah satu spot favorit para pengunjung yang hobi memancing.

5. Tempat Camping Terbaik

Wilayah pantai yang cukup luas dan minim hadirin, sangat cocok bagi hadirin yang ingin berkemah atau camping. Sebuah aktivitas mengasyikkan di sela liburan, dimana Anda mampu menyatu dengan alam tanpa mesti mengganggu sekitar.

Bagi pengunjung yang menetapkan berkemah di pantai ini, mampu merencanakan senter atau lampu portable untuk penerangan saat diperlukan. Sebab daerah pantai belum tersentuh anutan listrik.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Sanggar

Alamat Pantai Sanggar
Image Credit: Google Maps sobo kuto

Bertempat di area pegunungan Kecamatan Tanggunggunung, Pantai Sanggar masuk di wilayah Kabupaten Tulungagung provinsi Jawa Timur. Berjarak kurang lebih 40 kilo meter dari pusat kota, Anda memerlukan waktu 1,5-2 jam perjalanan untuk hingga di sana. Hal ini dipengaruhi kecepatan Anda dalam berkendara serta kanal jalan menuju lokasi pantai yang cukup sukar.

Untuk mengetahui rute yang mesti Anda tempuh menuju lokasi pantai ini dapat memakai dukungan aplikasi penunjuk jalan atau mengajukan pertanyaan pada masyarakat sekitar. Jalur yang harus Anda tempuh dari sentra kota di mulai dengan mengambil arah menuju Pantai Popoh. Selanjutnya ambil arah menuju pasar Tanggunggunung, lanjut sampai di perkampungan terakhir yang terdapat gapura masuk Pantai Sanggar. Anda harus masuk lagi hingga mendapati Mushola di sisi jalan bagian kanan. Disitulah gang menuju titik lokasi pantai.

Jalan yang mengarah titik lokasi pantai sempit dan terjal, Anda cuma mampu mengaksesnya dengan kendaraan roda dua. Terdapat tiga opsi bekerjsama, Anda mampu memakai kendaraan roda dua milik Anda sendiri untuk menuju lokasi atau menitipkan di rumah warga sekitar dan memakai jasa ojek untuk hingga ke tujuan. Opsi ketiga dan paling sedikit diseleksi ialah melanjutkan dengan jalan kaki.

Pada saat awal-permulaan dibuka, pantai ini dapat diakses oleh pengunjung dengan gratis. Namun, saat jumlah wisatawan yang berkunjung kian meningkat, para pengunjung dikenakan tiket masuk seharga Rp 5.000,00/orang dikala weekday dan Rp 8.000,00/orang saat weekend dan ekspresi dominan piknik.

Selain tiket masuk, para wisatawan yang datang akan dikenakan ongkos suplemen sebesar Rp 5.000,00 jika kendaraannya dibawa masuk lokasi pantai. Bagi hadirin yang memakai kendaraan beroda empat dan menitipkannya di rumah warga, lazimnya dikenakan ongkos penitipan sebesar Rp 10.000,00 atau Rp 15.000,00 sesuai kesepakatan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Sanggar

Aktivitas Menarik Pantai Sanggar
Image Credit: Google Maps Nabil Ardi

1. Berkemah di Sekitar Pantai

Selain bermalas-malasan dan menikmati keindahan pemandangan pantai, para hadirin juga dapat berkemah atau camping. Kegiatan berkemah ini dapat dijalankan dengan tenteram karena hadirin yang tidak terlampau ramai.

Namun, para pelancong yang berkemah mesti mengamati keselamatan dengan tidak mendirikan tenda terlalu erat dengan bibir pantai. Hal tersebut untuk menyingkir dari terjangan ombak di malam hari.

2. Berfoto dan Membuat Video Konten

Pantai Sanggar mempunyai aneka macam spot menarik untuk berfoto mengabadikan momen liburan Anda. Selain berfoto, Anda juga bisa menciptakan video untuk dijadikan konten media umum Anda dengan tema liburan atau pariwisata.

Beberapa spot menarik tersebut antara lain, tebing di ujung pantai, dikala sunset, ketika sunrise, berlatar belakang ombak yang menghempas batu karang dan gubuk-gubuk di sepanjang pantai yang teduh dan cocok untuk menikmati es kelapa.

3. Bermain Pasir

Sebagai salah satu pantai selatan dengan ombaknya yang besar serta angin yang kencang, membuat rekreasi pantai ini tidak disarankan untuk acara berenang. Sebagai gantinya, Anda mampu menghabiskan waktu dengan bermain pasir putih yang halus dan higienis. Kegiatan yang menyenangkan tidak hanya bagi anak-anak namun juga orang cukup umur.

Jika bosan menciptakan istana pasir atau mengukir kata di atas hamparan pasir, Anda bisa menjajal permainan membenamkan badan dalam pasir. Namun, semestinya sedikit jauh dari bibir pantai. Berjaga-jaga kalau ombak besar tiba.

4. Memancing

Bagi yang hobi memancing, kawasan ini dapat menjadi opsi Anda. Ada banyak ikan yang terjebak dan bersembunyi di sela-sela karang dikala air laut mulai sedikit surut. Anda mampu menyebabkan spot ini untuk menyalurkan kegemaran memancing Anda. Namun, mesti tetap hati-hati dan berhati-hati. Sebab, selain eksistensi bulu babi di sekitar spot tersebut, juga kemungkinan datangnya ombak besar secara datang-tiba.

Biasanya, air laut mulai surut saat jam 12 siang ke atas. Saat itulah waktu yang pas bagi para pemancing untuk memasang umpannya. Menanti ikan-ikan memakan umpan tersebut, sambil duduk di atas karang merasakan hembusan angin yang sejuk dan cipratan air maritim yang segar.

5. Menikmati Panorama Alam

Wilayah pantai yang cukup luas, memberi ruang bagi Anda untuk menghabiskan waktu menikmati pemandangan dengan berjalan-jalan di pinggir pantai. Jika enggan berkeliling, Anda mampu berleha-leha di atas hamparan pasir putih atau duduk di gubuk-gubuk yang berada di sepanjang pantai dengan menikmati sajian yang tersedia di warung-warung sekitar.

Jika ingin sesuatu yang lebih menantang, Anda dapat mencoba menuju puncak tebing yang berada di ujung pantai. Dari sana Anda dapat melihat landscape pantai yang indah secara menyeluruh. Jangan lupa mengabadikannya dalam kamera atau ponsel berakal Anda.

Penginapan Murah Dekat Dari Pantai Sanggar

Penginapan Murah Dekat Dari Pantai Sanggar
Image Credit: Google Maps Kukuh Setiawan Arif

1. Agbil Home Stay

Berjarak sekitar 18,01 kilo meter dari lokasi Pantai Sanggar Tulungagung, penginapan ini berada di Jalan Pantai Karanggongso Prigi, Kabupaten Trenggalek. Harga sewa tiap kamar dimulai dari Rp 131.403,00/malam dan dapat di booking secara online. Fasilitas yang tersedia yaitu layanan resepsionis 24 jam, lahan parkir, layanan kebersihan dan free wi fi.

Home stay dengan tema klasik, memberi kesan hangat dengan situasi rumah bertembok gaya unfinished serta perabot dari material kayu. Liburan Anda akan semakin menyenangkan dengan suasana hangat di penginapan kawasan Anda beristirahat.

2. Hotel Mulya Jaya

Beralamatkan di Jalan Blitar, Ngunut, Tulungagung, lokasi hotel ini 24,37 kilo meter dari wisata Pantai Sanggar. Harga yang disediakan untuk tiap kamar cukup murah, mulai Rp 122.091,00/malam dengan akomodasi wifi gratis, daerah parkir, TV berlangganan di tiap kamar, serta layanan kebersihan. Cocok bagi Anda yang ingin liburan low budget. Selain murah, bersih, para pegawainya pun ramah.

3. Crown Victoria Hotel

Salah satu hotel terbaik di Tulungagung, terletak 24,88 kilo meter dari Pantai Sanggar dengan alamat Jalan S. Supriadi Tulungagung. Harga sewa kamar sedikit lebih mahal adalah Rp 448.485,00/malam. Namun, akomodasi yang disediakan juga tidak coba-coba seperti sentra kebugaran, mini kafe, kolam renang free wifi, lahan parkir serta layanan kebersihan.

Hotel dengan nuansa keemasan ini begitu berkelas dan terbaru. Ditambah dengan dekorasi lampu yang digantung memanjang di tiap segi hotel makin menambah keindahannya di malam hari. Di pagi hari Anda dapat menikmati view Gunung Budheg yang terletak tidak jauh dari situ. Hotel ini memprioritaskan ketentraman dan kepuasan semua hadirin yang datang dan menginap di sana.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Sanggar Tulungagung

Fasilitas Pantai Sanggar Tulungagung
Image Credit: Google Maps Arif Usman

Fasilitas di pantai ini memang belum terlalu lengkap. Bahkan tempat rekreasi ini belum terjangkau ajaran listrik. Akses jalan menuju pantai juga belum sepenuhnya diaspal sehingga butuh usaha untuk menikmati pesona pantainya. Para pedagang menggunakan genset sebagai sumber energi untuk pemakaian alat listrik yang diperlukan.

Namun, untuk akomodasi biasa yang fundamental mirip toilet, warung makan dan lahan parkir telah tersedia dan cukup mencukupi untuk mendukung pengunjung yang menjelajahi pantai eksotis ini.

Demikian ulasan perihal Pantai Sanggar di Tulungagung. Tertarik untuk berkunjung? Pastikan Anda merencanakan segala sesuatunya dengan baik, seperti bekal kuliner, obat dan baju ganti demi ketentraman Anda.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!