Pantai Kasap Pacitan – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Kasap Pacitan merupakan nirwana maritim yang mempesona tak kalah indah dari Raja Ampat. Pantai yang menyuguhkan pemandangan pulau-pulau kecil yang menawan.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Gumuharjo, Watukarung, Kec. Pringkuku, Kab. Pacitan, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pantai Kasap mempunyai daya tarik keindahan berupa gugusan pulau-pulau dengan panoramanya yang hijau. Oleh karena itu, daerah ini juga diketahui seperti dengan wisata Raja Ampat. Di pantai ini, wisatawan dapat mencicipi kesejukan dari angin yang bertiup sepoi-sepoi. Pantai ini berada di tengah-tengah antara dua tebing. Bentuknya berbentukteluk berpasir yang melengkung dengan garis pantai yang sempit.

Wisata ini masih termasuk alami dan belum diatur secara sarat oleh pihak pemerintah daerah lokal. Pantai ini mempunyai ciri khas berbentukair yang biru jernih, hamparan pasir putih, dan adanya bebatuan karang. Lokasinya yang ada di perbukitan, menciptakan pelancong menjadi kesengsem untuk datang ke sini. Apalagi wisatawan dapat menikmati keindahan pulau-pulau kecil di lautan dari atas bukit tersebut.

Untuk hingga di atas bukit, Anda perlu melewati jalan setapak selama kurang lebih 15 menit. Sebenarnya Pantai Kasap masih tergolong dalam Kawasan Wisata Watukatung bareng dengan 12 pantai lainnya. Jika terhitung dari sentra Pacitan, Anda mampu sampai di lokasi rekreasi ini dalam waktu sekitar 1 jam dengan menempuh jarak 26 kilometer.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Kasap Pacitan

Daya Tarik Pantai Kasap Pacitan
Image Credit: Google Maps Agung Cahyo

1. Kegiatan Wisata Pantai

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Kasap Pacitan mampu menikmati keindahannya dari berbagai sudut. Anda mampu menjelajah area wisata ini hingga Anda memperoleh daerah yang lebih tinggi. Di daerah ini Anda mampu mendapatkan spot foto terbaik. Selain itu Anda juga dapat duduk santai di tepian pantai dengan hamparan pasir putihnya yang tampak indah.

Ombak di sini tergolong besar, karena pantai ini termasuk dalam barisan pantai selatan. Oleh alasannya itu, Anda tidak dapat berenang di pantai ini. Berkunjung di pantai ini bisa menambah pengalaman rekreasi Anda, sebab letaknya berdekatan dengan Sungai Cokel. Makara, Anda juga mampu menyusuri sungai tersebut sampai ke muara menggunakan perahu nelayan.

Di sini memang sudah disediakan beberapa bahtera nelayan yang disandarkan di area sungai. Anda layak menjajal pengalaman wisata yang satu ini. Anda tak perlu cemas ketika menaiki perahu, alasannya nelayan akan senantiasa membersamai perjalanan Anda selama di perahu.

2. Sunrise dan Sunset

Pemandangan sunrise di daerah Pantai Kasap diketahui mempunyai panorama yang sungguh indah. Hal inilah yang menyebabkan para wisatawan rela datang pagi hari untuk menikmati suasana tersebut. Saat momen sunrise, Anda akan mencicipi hangatnya pancaran matahari yang baru bersinar.

Tempat terbaik untuk melihat sunrise ada di bab puncak Bukit Kasap di antara jam 05.30 sampai 06.00. Sedangkan bagi Anda yang ingin menikmati sensasi keindahan sunset, Anda dapat menikmatinya dikala senja di bab kiri pantai, tepatnya ada di suatu bukit dengan padang rumput yang hijau. Dari daerah ini sunset akan terlihat begitu bagus.

3. Spot Foto Menarik

Pihak pengelola wisata menyediakan tempat foto yang didesain sedemikian rupa sehingga mempesona menjadi spot foto para pelancong yang berkunjung. Spot foto ini menjadi perhiasan dari daerah wisata ini. Salah satu yang menawan perhatian pengunjung adalah gardu pandang yang dibentuk menggunakan kayu serta dilengkapi dengan jembatan dan tangga.

Selain itu, ada pula desain photoboot yang berbentuk ibarat gerbang menuju bukit. Photoboot ini dibentuk menggunakan akar kayu dan tumpukan dahan. Apabila berjalan ke atas, Anda akan menjumpai suatu kafe di area bukit. Di samping itu, ada pula spot foto berupa sepeda dan bentuk hati yang dibuat memakai batang pohon yang ditumpuk.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Kasap

Alamat Pantai Kasap
Image Credit: Google Maps Novi Paresti

Lokasi rekreasi Pantai Kasap ini berada di kawasan Kecamatan Pringkuku, tepatnya ada di Desa Watukarung, Jawa Timur. Letaknya di daerah perbukitan dan tidak jauh dengan Pantai Watukarung. Tempat wisata ini juga berbatasan dengan Pantai Denombo, Pantai Banteng Mati, dan Kali Cokel di sebelah timur. Sedangkan di sebelah barat berbatasan dengan Pantai Jantur.

Jika Anda berasal dari arah Yogyakarta atau Solo, Anda dapat melalui jalur menuju Goa Gong yang ada di rute Pacitan-Solo. Sesampainya di Kecamatan Punung adalah di pertigaan sebelah barat pasar yang berdekatan dengan masjid, Anda mesti belok kanan. Ikuti terus jalan tersebut sampai Anda menemui pertigaan di kompleks area Goa Gong. Kemudian belok kanan menuju Pantai Klayar di Desa Kalak.

Anda akan menjumpai perempatan, lalu belok kiri. Tetap di jalan tersebut hingga Anda berjumpa pertigaan menuju Klayar. Di sini hanya perlu lurus saja menuju Pantai Watukarung atau Pantai Srau hingga sampai di pertigaan, lalu belok kanan hingga masuk lokasi rekreasi Pantai Watukarung.

Untuk sampai di Pantai Kasap, sebetulnya Anda mampu menggunakan jalur yang serupa ketika akan menuju Pantai Watukarung. Hal ini disebabkan alasannya adalah jarak antara kedua pantai tersebut saling berdekatan. Ketika sudah sampai di Pantai Watukarung, Anda dapat belok ke arah kiri dan mengikuti jalan tersebut.

Saat melewati jalan ini, Anda mesti hati-hati, sebab jalan yang dilewati merupakan jembatan yang cukup sempit jikalau dilewati kendaraan roda empat. Kemudian akan mampu melanjutkan perjalanan melewati jalan rabat hingga menemui papan non permanen berukuran kecil di kanan jalan yang memberikan arah ke Pantai Kasap. Kemudian Anda mampu memarkirkan kendaraan Anda dan berlangsung melalui jalan setapak.

Jalan tersebut ada di sebelah kanan, Anda ikuti saja terus jalan tersebut, hingga Anda hingga di lokasi wisata ini. Untuk mempermudah Anda mencari lokasi pantai ini, di sepanjang jalan yang Anda lalui telah ada papan penanda arah menuju wisata Pantai Kasap, maka Anda cukup mengikuti jalur sesuai isyarat yang diberikan sampai hingga di area pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Kasap Pacitan

Harga Tiket Masuk Pantai Kasap Pacitan
Image Credit: Google Maps Sela Azalea

Pengunjung yang akan berwisata di area pantai akan dikenai tarif tiket sekitar Rp 3.000 kalau berkunjung di hari kerja, dan Rp 5.000 jikalau berkunjung di hari libur. Apabila turis memakai kendaraan, maka juga akan dikenai biaya parkir sejumlah Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Ketika Anda juga menyusuri sungai dengan menggunakan bahtera nelayan, maka Anda juga akan dikenai ongkos sewa perahu. Harga sewa yang dipatok yakni senilai Rp 15.000. Anda dapat menaiki bahtera tersebut bersama keluarga atau teman berlibur Anda.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Kasap

Aktivitas Menarik Pantai Kasap
Image Credit: Google Maps aryom ertriary

1. Bermain Pasir dan Air

Kegiatan ini ialah salah satu acara favorit para wisatawan yang berkunjung ke wisata pantai. Apalagi pasir di Pantai Kasap masih tergolong bersih dan berwarna putih, sehingga turis yang berkunjung menjadi lebih terpesona, khususnya bagi mereka yang masih belum dewasa.

2. Bersantai di Tepi Pantai

Bagi Anda yang ingin menikmati situasi santai, Anda dapat duduk-duduk di tepian pantai sembari menikmati keindahan alam di daerah ini. Anda mampu mencicipi kesegaran udara di sini, karena daerah ini belum dikunjungi oleh banyak orang, sehingga kebersihannya masih cukup tersadar.

3. Menikmati Sunset dan Sunrise

Pantai ialah pilihan banyak orang untuk menikmati keindahan matahari yang terbit maupun tenggelam. Semburat cahaya yang berwarna oranye terlihat begitu indah kalau dilihat dari wilayah pantai. Momen tersebut banyak diminati dan dinanti-nanti oleh turis. Itulah mengapa banyak dari mereka yang rela datang pagi-pagi untuk menikmati sunrise ataupun sunset di sore hari.

4. Menyusuri Sungai Cokel

Sungai Cokel masih terhubung dengan rekreasi Pantai Kasap, sehingga Anda juga mampu menikmati keindahan alam di sekitar sungai tersebut. Supaya Anda bisa menjelajah dengan lebih leluasa, Anda mampu menggunakan bahtera yang disewa dari nelayan. Sepanjang perjalanan menyusuri sungai ini, Anda dapat mengabadikan momen tersebut dalam jepretan kamera Anda.

5. Mendirikan Tenda

Bagi Anda yang suka dengan kegiatan camping, Anda juga mampu mendirikan tenda di sekitar pantai. Anda mampu menikmati keindahan pantai dari dalam tenda, utamanya dikala telah menjelang siang hari yang mulai terik. Sehingga Anda mampu berteduh dari sinar matahari yang mungkin bisa terasa menyengat di siang hari.

6. Berfoto

Sebagian besar turis yang berkunjung pasti senantiasa mengambil beberapa foto di daerah ini. Apalagi dengan adanya spot-spot foto menarik dan photoboot yang memang sengaja didesain sedemikian rupa. Hal itulah yang mengakibatkan pelancong berburu banyak gambar untuk menambah koleksi foto mereka.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Kasap Pacitan

Fasilitas Pantai Kasap Pacitan
Image Credit: Google Maps Christian Hartanto

1. Kedai Makanan dan Minuman

Di kedai ini terdapat hidangan makanan khas Pacitan berupa otak-otak tuna dan tahu tuna. Harganya cukup terjangkau, yakni hanya Rp 5.000 sampai belasan ribu. Selain itu, Anda juga bisa mencoba sajian makanan lainnya.

Ketika Anda merasa haus, Anda juga bisa menentukan beberapa minuman yang tersedia di kedai tersebut. Anda dapat menikmati semua hidangan makanan dan minuman di kawasan maupun membawanya sembari berkeliling menikmati keindahan pantai.

2. Toilet

Wisata Pantai Kasap juga dilengkapi dengan kemudahan toilet. Hal ini cukup penting ditawarkan, karena mustahil turis harus mencari toilet yang jauh, sedangkan lokasi pantai ini cukup terpencil.

3. Musholla

Bagi wisatawan yang berwisata di daerah ini di siang hari, memungkinkan untuk hingga memasuki waktu shalat. Ketika Anda masih merasa ingin berada di sini, Anda tak perlu cemas, sebab di sekitar lokasi rekreasi telah dibangun musholla. Sehingga sesudah final beribadah, Anda masih mampu melanjutkan kegiatan rekreasi Anda di daerah pantai ini.

4. Area Parkir

Area parkir yang tersedia di kawasan Pantai Kasap sudah cukup mencukupi. Sehingga wisatawan yang berkunjung tidak perlu bingung untuk memarkirkan kendaraan yang mereka bawa. Dengan adanya akomodasi ini, pengunjung juga bisa leluasa berwisata tanpa cemas akan kehilangan kendaraan mereka. Sebab sudah dijaga oleh penjaga parkir yang bertugas.

5. Camping Area

Berhubung di daerah ini merupakan area perbukitan, maka tempat ini juga cocok dijadikan sebagai area camping. Oleh karena itu, pihak pengelola wisata juga memfasilitasi pengunjung yang ingin camping di kawasan ini.

Itulah formasi daya tarik keindahan Pantai Kasap di Pacitan yang bisa Anda nikmati ketika berwisata ke kawasan ini. Terdapat banyak sekali macam aktivitas yang mampu Anda lakukan selama berada di area pantai, tidak hanya di lokasi pantai saja, melainkan di sisi lain yang berdekatan dan masih dalam satu daerah dengan Pantai Kasap.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!