Pantai Klayar Pacitan – Pesona, Acara Piknik, Lokasi & Harga Tiket

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga TiketPantai Klayar menjadi destinasi wisata maritim unggulan di Pacitan yang menarik untuk dijelajahi. Pantai pasir putih yang memperlihatkan panorama alam yang mempesona.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Desa Sendang, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Berlibur ke pantai menjadi acara yang mempesona untuk dilakukan. Selain bisa merefresh fikiran ombak-ombak yang menari di tengah lautan juga sungguh manis, sehingga memanjakan mata setiap orang yang melihatnya. Di Indonesia sendiri pantai yang mempesona sangat beragam jumlahnya dan terletak pada menyebarkan kawasan.

Salah satunya ialah Pacitan, dimana nama dari destinasi wisata alam ini yakni Pantai Klayar. Jika Anda berada di sekitar kawasan ini jangan lupa untuk mampir ke daerah yang tengah ramai diperbincangkan oleh penduduk , baik lokal maupun luar. Adapun pesonanya terletak pada keindahan alam yang dinilai sungguh menyihir mata pengunjung.

Selain itu fasilitas-akomodasi lengkap yang memadai juga menjadi infrastruktur penunjang sehingga menciptakan pengunjung nyaman dan enggan untuk meninggalkan daerah ini. Setelah membaca sedikit ulasan terkait Pantai Klayar Pacitan sungguh tidak lengkap jika Anda melewatkan pembahasan lengkapnya yang ada di bawah ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Klayar

Daya Tarik Pantai Klayar
Image Credit: Google Maps Agus Widodo

1. Dikelilingi Sejumlah Tebing Karang yang Sangat Tinggi

Pantai menawan ini memang memiliki segudang pesona yang membuat siapapun tidak mampu berpaling darinya. Dengan dikelilingi oleh sejumlah tebing karang yang menjulang tinggi menciptakan keadaan dari tempat ini sangat unik dan berbeda dari yang lain.

Bahkan menariknya lagi di tengah gugusan tebing tersebut ada satu yang berada di tengah-tengah dan disebut sebagai Watu Lumbung oleh masyarakat sekitar. Jika diperhatikan lebih dalam bentuknya sungguh seperti dengan patung Sphinx yang ada di negara Mesir.

Tentu Anda akan merasakan sensasi berlainan dikala telah ada di dekatnya. Apalagi jikalau dipotret untuk menjadi latar belakang foto Anda, tentu saja hasil akan lebih menawan dan menyatu dengan alam.

2. Keindahan Pantai yang Menakjubkan

Tidak ada yang memungkiri lagi jika Pantai Klayar Pacitan memang mempunyai panorama keindahan alam yang mempesona. Lokasinya yang higienis dengan pepohonan serta flora khas pantai, akan memperlihatkan nuansa sejuk serta menenangkan untuk Anda.

Bahkan Anda tidak hanya mampu menikmati keindahan ini dengan jarak akrab saja.  Melainkan ada suatu bukit yang menghadap langsung ke lautan sehingga mampu dimanfaatkan untuk menjadi daerah melihat panorama alam dari pantai ini. Malahan kalau dari atas tebing Anda bisa melihat keindahannya secara keseluruhan.

3. Banyak Binatang Laut di Batu Karang

Ketika bermain-main di pantai ini cobalah untuk melihat lebih erat ke watu-batuan karang yang ada di sekitarnya. Disana akan ada banyak hewan laut yang hidup di sela-sela watu mirip limpet, rumput bahari, dan kerang-kerangan. Anda boleh saja memegangnya tetapi harus tetap hati-hati agar biota maritim tidak mati.

Paling penting Anda juga mesti waspada terhadap binatang atau tumbuhan bahari yang memiliki racun. Sebab jikalau terkena tangan manusia umumnya akan berakibat iritasi, gatal-gatal, dan lain sebagainya. Untuk itu alangkah baiknya kalau melihat saja agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Pancaran Air dan Suara Seruling Samudera

Daya Tarik di Pantai Klayar
Image Credit: Google Maps Rumah Kenari

Di Pantai Klayar Pacitan terdapat satu fenomena alam yang sungguh keren dan unik. Pancaran air serta suara seruling samudera yaitu keindahan alam yang dapat Anda saksikan secara pribadi. Letaknya ada di balik Watu Lumbung.

Biasanya ketika air pasang atau ombak tiba lubang-lubang kecil yang ada diantara bebatuan inilah yang akan mengeluarkan pancaran air dengan suara mirip seruling. Akan namun jangan sekali-kali Anda mendekat karena sangat berbahaya, mengingat jikalau tempatnya sering dihantam oleh ombak besar.

5. Masih Asri dan Belum Terjamah Tangan Manusia

Daya tarik yang paling langka untuk Anda temui adalah lingkungan dari Pantai Klayar Pacitan adalah masih asri dan belum terjamah tangan manusia. Dengan begitu keadaan sekitar sungguh khas alam.

Meskipun demikian pengelolaan dari pantai ini sangatlah baik. Sehingga ketika hingga disana maka hal pertama kali yang hendak Anda rasakan yaitu ketentraman yang tidak akan ditemukan di wisata lain.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Klayar

Alamat Pantai Klayar
Image Credit: Google Maps Rumah Kenari

Pantai ini terletak di Desa Kalak, Donorojo, Jawa Timur. Dari pusat kotanya hanya berjarak sekitar 45 km, sehingga tidaklah cukup sulit untuk memperoleh lokasi tepatnya. Akses jalan yang mampu Anda gunakan sangatlah gampang, mengingat mampu ditempuh memakai kendaraan langsung roda dua atau empat.

Untuk rute ini ada kriteria yang bisa dijadikan pengunjung untuk hingga di lokasi, yaitu pertigaan yang ada di masjid besar Punung. Jika Anda masih berada di daerah Pacitan maka jalan yang harus dilalui sesudah berada di pertigaan itu yakni belok kiri. Namun kalau dari Solo atau Yogyakarta silahkan belok kanan.

Setelahnya tidak perlu belok-belok kea rah lain, cukup ikuti jalan utama dan di setiap titik niscaya ada papan petunjuk yang dapat disertai. Tidak perlu memakan waktu lama jika memang kondisi hari lazimuntuk bisa hingga ke Pantai Klayar, mungkin hanya sekitar 30 menit saja. Namun pastinya hal ini akan berlainan bila Anda datang ketika animo piknik datang.

Sebagai salah satu daerah wisata yang cukup populer di aneka macam kelompok, pantai cantik di Pacitan ini telah di dukung oleh bermacam-macam jenis fasilitas. Akan tetapi untuk bisa masuk ke dalam maka Anda harus menyiapkan sejumlah uang selaku alat pembayaran tiket masuk. Dimana ada pembagian tersendiri untuk tiap-tiap hadirin.

Teruntuk kalangan orang sampaumur tiket masuknya seharga Rp 10.000, sedangkan untuk anak-anak yaitu Rp 5.000. sedangkan ongkos parkir sepeda motor adalah Rp 2.000, kendaraan beroda empat Rp 5.000, dan Bus atau mini bus Rp 10.000. Akan tetapi harga ini bisa saja berubah kapanpun menyesuaikan ketetapan dari pihak pengurus.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Klayar

Aktivitas Menarik Pantai Klayar
Image Credit: Google Maps Agung Cs27

Bagi Anda yang berkunjung ke kawasan ini, ada banyak acara mempesona yang bisa dilaksanakan, mirip berikut:

1. Bermain Pasir

Pasir putih yang ada di Pantai Klayar Pacitan terkadang menjadi kelebihan yang dihentikan Anda lewatkan untuk dirasakan. Di hamparan pasir yang luas dan lembut ini Anda mampu bermain-main di atasnya. Meskipun terbilang seperti anak kecil tetapi sensasi keseruan tidak akan pernah Anda lupakan.

2. Berkeliling Pantai

Kondisi lingkungan pantai yang masih asri dan alami rasanya sangat perlu untuk Anda jelajahi. Cukup berlangsung kaki untuk melihat panorama sekelilingnya dan rasakan kesejukan udara pantai. Jika beruntung Anda pun mampu menyaksikan bagaimana orang-orang sekitar mengambil buah kelapa langsung dari pohonnya.

3. Berjemur dan Bersantai

Berjemur menjadi acara menarik selanjutnya yang mampu Anda coba. Hal ini bahkan bisa menciptakan Anda rileksasi di tengah pasir dan teriknya matahari. Tak hanya itu saja Anda pun mampu berpangku tangan di daerah-kawasan yang sudah disediakan pengelola sambil makan makanan ringan.

4. Berfoto-Foto

Sudah sampai di pantai yang indah, bersih, dan berpemandangan hebat niscaya ada yang kurang bila Anda tidak mengabadikannya. Untuk itu siapkan kamera smartphone atau DSLR untuk mengambil gambar sebanyak-banyaknya di setiap penjuru pantai sebagai background foto Anda.

5. Menyewa ATV

Di pantai Klayar juga terdapat kawasan untuk menyewa ATV. Jadi bila tak ingin kelelahan berkeliling pantai Anda bisa menyewanya untuk sekedar menikmati nuansa sekitar.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Klayar

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Klayar
Image Credit: Google Maps Cak Soelis

1. Homestay Kinasih

Mencari penginapan di sekitar pantai dengan harga yang murah? Homestay Kinasih yakni solusi yang tepat untuk Anda. Hanya perlu merogoh duit kisaran Rp 180.000-Rp 250.000 Anda sudah mampu tidur yummy dengan kemudahan lengkap. Adapun akomodasi itu mirip kamar mandi dalam, bed besar, dan sebagainya.

2. Penginapan Platar Ombo

Penginapan Platar Ombo juga menjadi salah satu tempat bermalam yang rekomendasi untuk Anda. Selain letaknya yang sangat dekat dengan pantai harganya pun pas dikantong. Untuk per malamnya Anda cukup membayar Rp 100.00 hingga Rp 200.000, dan ini sudah tergolong kemudahan lengkapnya.

3. Homestay Putri Kembar

Memang di sekitar Pantai Klayar Pacitan sudah terdapat beragam kawasan penginapan, yang salah satunya yakni Homestay Putri Kembar. Ditarget dengan anggaran Rp 200.000 per malamnya Anda mampu menikmati kemudahan berbentukpendingin ruangan, kamar mandi dalam, dan banyak lagi yang lain.

4. Homestay Mayangkara

Homestay Mayangkara juga tidak kalah menawan dengan yang yang lain. Untuk satu malamnya dibandrol Rp 200.000-Rp 500.000 yang pastinya fasilitas lengkap serta tenteram. Diantaranya seperti televisi, kamar mandi dalam, AC, dan lain sebagainya.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Klayar Pacitan

Fasilitas Pantai Klayar Pacitan
Image Credit: Google Maps Ita ul Chasanah

1. Kedai-Kedai Makanan

Kedai-kedai kuliner yang ada di sekeliling Pantai Klayar Pacitan telah tak terhitung lagi jumlahnya. Sangking banyaknya Anda tidak butuhantri jika ingin membeli makanan atau minuman. Tak perlu cemas persolan harga karena di tempat ini tidak ada yang mahal.

2. Tempat Parkir yang Luas

Tempat parkir yang luas menjadi fasilitas yang sungguh banyak diharapkan oleh pengunjung. Pasalnya bila hari liburan tiba maka yang datang bisa mencapai ribuan orang. Meskipun demikian pastinya dengan adanya kemudahan ini kendaraan tetap mampu parkir akrab lokasi dan tidak membuat Anda mesti jalan kaki dengan jarak yang jauh.

3. Ragam Alat Permainan

Di pantai Klayar Pacitan juga terdapat permainan yang pastinya dapat Anda coba. Mengendarai ATV untuk bersenang-senang ialah permainan yang sering dikerjakan kebanyakan hadirin. Disana telah ada perlengkapannya yang ditawarkan oleh pengurus, Anda pun hanya tinggal membayar dan langsung mampu mencobanya.

4. Ruang Bilas dan Toilet Umum

Biasanya ruang bilas ini sering dipakai oleh anak-anak yang berair alasannya bermain terlalu erat dengan bibir pantai. Namun kalaupun Anda tertariksilahkan coba sensasi terkena deburan ombak yang menjamah kulit.

Tak perlu khawatir lembap alasannya adalah disana sudah ada ruangan yang mampu digunakan untuk ganti sekaligus membersihkan diri. Adapun toilet memadai dengan kebersihan terjaga yang juga ada disana. Kaprikornus sekalipun hadirin ingin buang air maka tetap merasakan nyaman meskipun digunakan bergantian dengan orang lain.

Demikianlah ulasan mengenai pesona, rute, tiket masuk, dan hal lainnya yang ada di Pantai Klayar Pacitan. Jika ada waktu senggang Anda bisa mengajak orang-orang terdekat untuk berlibur ke kawasan ini. Melihat ada berbagai keunggulannya akan menciptakan Anda betah berlama-usang disana bahkan berencana mengunjunginya lagi di lain waktu.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!