Pantai Boom Tuban – Daya Tarik, Kegiatan Piknik, Lokasi & Harga Tiket

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga TiketPantai Boom di Tuban yang mempunyai luas 2 hektar lebih, sering dikunjungi turis pada hari libur maupun hari biasa. Pantai yang memiliki spot foto keren dan kemudahan yang mencukupi.

Harga Tiket: Rp 6.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kutorejo, Kec. Tuban, Kab. Tuban, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pantai Boom menjadi salah satu destinasi unggulan di Tuban yang sudah menguras banyak perhatian pelancong setempat maupun luar kawasan. Tuban sendiri mempunyai banyak objek rekreasi pantai karena letaknya berada di pesisir utara Pulau Jawa. Sebagaimana ciri khas perairan utara Jawa yang relatif hening, ombak di pantai ini tidak sebesar pantai selatan.

Area Pantai Boom sudah disulap menjadi kawasan wisata yang mempunyai beragam akomodasi terpadu. Jika berlibur ke pantai ini, Anda tidak cuma mampu menyaksikan keindahan pantai yang eksotis, tetapi juga melaksanakan banyak sekali aktivitas menggembirakan yang lain. Anda pun mampu berinteraksi secara pribadi dengan nelayan lokal yang mempersiapkan perahu untuk melaut.

Lokasi pantai yang tidak jauh dari sentra kota Tuban menyebabkan destinasi ini selalu ramai dikunjungi, baik pada hari lazimmaupun saat musim piknik. Tidak cuma masyarakat setempat saja yang menjadi hadirin, tetapi banyak juga wisatawan dari luar daerah. Jika Anda berkesempatan mendatangi Tuban, jangan lewatkan untuk singgah sejenak di Pantai yang indah ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Boom Tuban

Daya Tarik Pantai Boom Tuban
Image Credit: Google Maps Naturality Channel

1. Pantai Berupa Tanjung

Jika Anda membayangkan pantai dengan pasir putih yang lembut dan halus, maka jelas tidak akan menemukannya di Pantai Boom. Sejatinya pantai ini merupakan tanjung (bab laut yang menjorok ke daratan). Itulah sebabnya ombak di pantai ini tidak besar, alasannya airnya berasal pribadi dari perairan bahari yang damai.

Pantai yang berupa tanjung ini juga memiliki arus kondusif bagi pelayaran kapal tradisional. Di pantai ini terdapat penyewaan kapal milik penduduk lokal yang dapat digunakan pengunjung untuk menjelajahi perairan sekitar. Kaprikornus keindahan pantai tak hanya bisa dicicipi dari daratan saja, namun pribadi dari lautnya.

2. Alam yang Masih Asri

Pantai Boom terletak tidak jauh dari Kota Tuban, sehingga hawa perkotaannya masih terasa. Udara pun cukup panas, namun ada pepohonan cemara di sekitar pantai yang memperlihatkan hawa sejuk dan asri. Di bawah deretan pohon ini pengunjung mampu bersantai dan merasakan angin maritim yang bertiup menyegarkan.

3. Ragam Wahana Permainan

Wisata pantai ini telah dikembangkan menjadi destinasi wisata yang sesuai bagi segala usia, orang remaja sampai anak-anak. Oleh alasannya adalah itu, di kawasan pantai Anda bisa mendapati beragam wahana permainan yang akan disukai anak-anak. Ada ayunan, komedi putar, bianglala, perosotan, bahkan becak motor yang mampu dikendarai keliling pantai.

Menariknya lagi, di Pantai Boom juga tersedia kolam renang khusus bawah umur. Karena tidak bisa berenang pribadi di lautnya, bawah umur mampu bermain sepuasnya di bak renang ini. Meskipun model kolam renangnya tidak selengkap water boom, namun telah cukup menggembirakan jikalau dijadikan daerah bermain belum dewasa.

4. Panorama Sunset yang Cantik

Salah satu daya tarik utama pantai ini yang memikat pelancong yakni pemandangan sunsetnya. Tidak sedikit pengunjung yang sengaja datang ke pantai hanya untuk melihat eksklusif momen golden hour matahari yang mau pulang ke peraduannya. Semburat oranye langit dan birunya laut akan menjadi panorama yang menakjubkan.

5. Spot Unik untuk Foto

Daya Tarik di Pantai Boom Tuban
Image Credit: Google Maps ayuk rhy

Pantai Boom memiliki banyak spot foto yang unik di banyak sekali sudutnya. Bahkan telah dibuatkan properti khusus yang mau menunjang hasil foto terbaik Anda. Beberapa titik favorit yang paling disukai pengunjung contohnya spot dengan bentuk sayap burung, jembatan merah, spot delman, perahu, dan masih banyak spot unik lainnya.

6. Area Memancing

Bagi Anda yang gemar memancing tak perlu khawatir karena bisa melakukan kegemaran tersebut. Dari pagi sampai malam pantai ini membuka area khusus memancing. Jika Anda stay sampai malam hari maka bisa menyaksikan banyak lampu-lampu jelas di pinggir pantai yang sengaja dinyalakan bagi para pemancing.

7. Berwisata Sambil Belajar Sejarah

Wisata laut di Tuban ini ternyata mempunyai cerita sejarah yang menawan. Dulunya tempat pantai ini ialah pelabuhan semasa pemerintahan Kerajaan Singasari, Airlangga, dan Majapahit. Bahkan pantai ini juga menjadi jalur pelayaran utama masuknya Islam ke Tanah Jawa. Anda bisa berwisata sekaligus berguru ihwal sejarah pantai utara Kota Tuban ini.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Boom

Alamat Pantai Boom
Image Credit: Google Maps Wishnu E. W.

Objek rekreasi ini berlokasi di Tuban, tepatnya di Kelurahan Kutorejo, sebelah utara alun-alun kota, Jawa Timur. Untuk menuju ke destinasi satu ini Anda mampu memakai kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Aksesnya sungguh mudah sebab masih berada di sekitaran area kota. Bisa berangkat dari arah Lamongan, Rembang, maupun Gresik.

Apabila Anda memulai perjalanan dari arah Lamongan, maka mampu mengawalinya di Babat lalu lurus melaju ke utara. Sesampainya di jalan raya Babat-Tuban, akan ada pertigaan sebelum memasuki taman kota. Ambil jalan ke kanan menuju arah Jalan Pahlawan. Pada saat datang di Bundaran Sleko, lurus lewat Jalan WR. Supratman sampai sampai ke Jalan Panglima Sudirman.

Selanjutnya ikuti saja papan nama jalan yang mau memperlihatkan arah sampai ke Pantai Boom. Apabila Anda berangkat dari arah Rembang, maka jalurnya lewat Kecamatan Sarang lurus ke timur. Sekitar 55 kilometer Anda akan tiba ke alun-alun Tuban. Dari sini perjalanan selanjutnya cuma perlu lurus mengikuti isyarat jalan atau tutorial navigator.

Begitu pun bila Anda berangkat dari arah Gresik, maka mampu memakai jalur pantura Tuban yang akan menjinjing hingga ke Kutorejo. Anda mampu beranjak dari arah alun-alun, kemudian mengambil arah menuju Kutorejo. Jika jalanan tidak macet, kurang dari satu jam Anda telah bisa tiba di daerah pantai. Akses angkutanke pantai ini gampang dijangkau alasannya medannya telah bagus.

Untuk dapat merasakan keseruan di Pantai Boom, Anda diharuskan mengeluarkan uang tiket masuk apalagi dahulu. Ketika sedang weekdays, pengunjung dewasa akan dikenakan tarif sebesar Rp 6.000 dan Rp 2.000 bagi anak-anak yang berusia kurang dari 10 tahun. Sementara itu ketika weekend atau hari libur, orang akil balig cukup akal akan dikenakan tarif Rp 8.000 serta Rp 2.000 untuk bawah umur.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Boom

Aktivitas Menarik Pantai Boom
Image Credit: Google Maps ayuk rhy

1. Bersantai

Anda mampu berpangku tangan sepuasnya di bawah rimbunnya pepohonan sambil menikmati segarnya udara pantai. Sudah tersedia gazebo yang bisa dipakai untuk makan, duduk bersama keluarga, atau bahkan tidur sejenak sembari merasakan angin bahari. Anda juga bisa berleha-leha di tepian pantai sambil menyaksikan maritim dan kapal yang berlalu-lalang.

2. Berjalan-jalan Menyusuri Bibir Pantai

Sungguh sayang rasanya jikalau Anda ke pantai namun hanya berdiam di satu tempat, alasannya banyak sudut daerah mempesona yang dapat dikunjungi. Anda mampu berlangsung menyusuri bibir pantai yang telah disemen jadi jalannya gampang. Di Pantai Boom juga terdapat banyak setapak yang saling terhubung guna memudahkan pengunjung menjelajah sekitar.

3. Memancing

Jika Anda menyaksikan sekelompok orang sedang duduk di tepi pantai sambil menunggu pancing mereka menangkap ikan, maka jangan ragu bergabung. Anda mampu ikut memancing bareng warga sekitar dan hadirin lain. Ada beberapa spesies maritim yang berskala kecil hingga sedang di perairan pantai ini.

4. Berkeliling dengan Perahu

Di Pantai Boom terdapat banyak jasa sewa perahu yang dipandu pribadi oleh nelayan lokal. Bagi pelancong yang ingin berkeliling ke perairan sekitar pantai dengan bahtera dapat memakai jasa ini dengan membayarkan sejumlah uang. Nelayan pun akan mengirimkan Anda menjelajah birunya maritim di daerah rekreasi ini.

5. Bermain di Wahana

Wahana yang telah ditawarkan akan tidak berguna jikalau tidak dimanfaatkan. Pengunjung yang pergi berlibur bersama bawah umur tak perlu kebingungan bagaimana mereka menghabiskan waktu ketika berada di pantai, alasannya sudah ada banyak wahana seru yang mampu dicoba satu per satu. Sebagian wahana dikenakan tarif terpisah dari tiket masuk, jadi mesti mengeluarkan uang lagi.

6. Menyaksikan Sunset

Sunset di Pantai Boom telah dikenal banyak wisatawan selaku salah satu yang terbaik di Tuban. Banyak turis menentukan pergi ke pantai ini saat sore hari menjelang pekan, alasannya ingin melihat pribadi indahnya panorama golden hours dikala sunset. Pengunjung mampu menyaksikan sunset dari tepi pantai atau sembari berlayar di kapal nelayan.

7. Berburu Spot Foto

Tidak akan lengkap rasanya jika berlibur ke suatu tempat namun tidak mengabadikan momen di sana. Saat mendatangi pantai manis ini, tentukan Anda jelajahi seluruh daerah biar mampu mendapatkan ragam spot foto yang sudah disediakan. Jangan lupa untuk merencanakan kamera digital maupun HP karena akan banyak lokasi yang cocok dijadikan spot berfoto.

Penginapan Murah Dekat dari Pantai Boom

Penginapan Murah Dekat dari Pantai Boom
Image Credit: Google Maps jay us

1. Hotel Basra

Hotel ini berjarak kurang dari 1 kilometer dari lokasi pantai, sehingga cukup akrab untuk dijadikan penginapan. Fasilitas yang diberikan sudah lengkap, mulai dari kamar tidur, wifi, sarapan, dan lain-lain. Harga menginap per malam sangat terjangkau.

2. Resor Tuban Tropis

Resor ini berjarak 900 meter dari Pantai Boom dan menjadi penginapan favorit banyak turis. Levelnya telah setara hotel berbintang dengan kemudahan kamar AC dan full wifi, kemudian ada juga ruang makan, dan masih banyak akomodasi lain.

3. Hotel Bintang

Hotel Bintang berada di jarak 2,8 kilometer dari pantai. Hotel ini mempunyai kamar yang sungguh luas dengan bermacam-macam kemudahan memadai untuk kenyamanan pengunjung. Meskipun kemudahan unggulan, harganya tetap ramah di kantong.

4. Saras City

Saras City terletak 800 kilometer dari Pantai Boom menjadikannya sangat gampang diakses. Fasilitas yang diberikan sungguh lengkap, tempatnya juga nyaman dan erat dengan banyak destinasi lain.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Boom Tuban

Fasilitas Pantai Boom Tuban
Image Credit: Google Maps ketut pancoro

Pantai ini telah disokong dengan berbagai kemudahan demi menunjang ketentraman pelancong. Terdapat area parkir kendaraan yang cukup luas bagi roda dua maupun roda empat. Selain itu ada juga toilet untuk kebutuhan MCK. Di Pantai Boom juga ada musholla beserta ruangan ganti yang dapat dipakai hadirin untuk melaksanakan kegiatan ibadah.

Selain itu, di tempat pantai sudah ada banyak gazebo untuk daerah bermalas-malasan turis. Gazebo ini tersebar di banyak sekali sudut, jadi bila satu sarat Anda masih mampu mencari gazebo yang lain. Apabila Anda tidak membawa kuliner dari rumah, tak perlu khawatir. Banyak kios dan warung makan yang terdapat di sekitar pantai. Anda sekalian mampu merasakan masakan olahan dari laut di tepi pantai.

Itulah ulasan ringkas seputar Pantai Boom yang berada di semenanjung utara Tuban. Panorama menarik berpadu dengan udara pantai yang khas sungguh tepat dijadikan lokasi untuk refreshing sejenak dari kepenatan.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!