Pantai Rancabuaya Garut – Pesona, Acara Piknik, Lokasi & Harga Tiket

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Rancabuaya, salah satu pantai terindah di Garut dengan pesona alamnya yang menawan dan gugusan karang terjalnya.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Purbayani, Kec. Caringin, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Pantai Rancabuaya ialah salah satu tujuan rekreasi pantai di kawasan kabupaten Garut. Pantai yang berada di Desa Purbayani ini berjarak kurang lebih 135 km dari pusat kota Garut. Jika dilihat secara administratif, pantai ini mempunyai batas-batas-batas-batas pada setiap sisi bab wilayahnya. Pada bagian utara dari Pantai Rancabuaya ini berbatasan langsung dengan Desa Caringin, pada segi Timur berbatasan dengan Desa Sinarjaya. Di bab Selatan berbatasan pribadi dengan Desa Indralayang. Sedangkan untuk bab Barat memiliki batas dengan Samudra Hindia.

Rancabuaya memiliki artian khusus, adalah Ranca yang berarti pinggiran pantai. Pantai menarik ini memang bentuknya nyaris mirip dengan seekor buaya yang sedang menjulurkan badannya ke arah maritim. Itu sebabnya pantai ini disebut dengan Pantai Rancabuaya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Rancabuaya

Daya Tarik Pantai Rancabuaya
Image Credit: Google Maps Novian Aer

Objek wisata bahari yang terletak di Purbayani, Garut, Jawa Barat ini memiliki pesona keindahan alam yang tiada duanya. Penduduk lokal dari daerah Purbayani juga sangat ramah kepada para pelancong yang tiba, baik itu pelancong lokal maupun mancanegara.

1. Pemandangan Sunset yang Memukau

Meskipun secara geografis letak pantai ini berada di sebelah Selatan Samudra Hindia, namun Pantai Rancabuaya memiliki tingkat kemiringan yang menghadap ke arah Barat. Kemiringan ini cukup menciptakan para pelancong untuk menikmati pesona sunset yang menawan .

Banyak sekali wisatawan yang memilih tiba sore hari ke pantai ini hanya untuk menikmati keindahan sunsetnya. Panorama sunset dengan warna jingga keemasan ini akan memantulkan cahayanya ke permukaan air bahari, sehingga warna air bahari seolah menjelma keemasan juga.

2. Fenomena Air Terjun yang Indah

Daya tarik lain yang dimiliki oleh Rancabuaya ini yakni adanya teladas yang berasal dari tebing yang menghadap pribadi ke lautan. Tebing tersebut mengalirkan air bersuhu hambar dan juga segar dengan akses anakan yang meraih tiga pemikiran. Wisatawan bisa merasakan percikan air tawar yang jatuh eksklusif dari tebing ke lautan.

Pemandangan ini sungguh eksotis mengingat keindahan pantai yang menawan ditambah dengan panorama jeram yang sungguh indah. Tentunya fenomena jeram ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong untuk berfoto dengan background pantai sekaligus air terjunnya. Serasa lengkap destinasi piknik ke Pantai Rancabuaya Garut ini.

3. Terdapat Pelelangan Ikan Segar

Pantai ini tidak cuma menawarkan keindahan alamnya yang sungguh eksotis, tetapi juga menampilkan hasil maritim yang sangat kaya. Ya, di area pantai ini terdapat daerah pelelangan ikan segar yang ialah hasil tangkapan dari para nelayan.

4. Warung Makan Gazebo dengan Menu Khas Jawa

Selain itu, di kawasan pantai ini juga terdapat tempat makan berbentukgazebo yang sangat cozy dengan menu andalannya yaitu kuliner khas Jawa. Disini Anda dapat menikmati makanan berupa hasil tangkapan bahari yang masih segar. Tidak hanya itu, sembari menikmati kuliner, Anda juga bisa menikmati keindahan serta situasi bahari yang sangat memukau.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Rancabuaya
Image Credit: Google Maps Ipoonk Sarkipoonk

5. Pasir Putih Halus dan Bersih

Wisatawan yang berlibur ke Pantai Rancabuaya ini akan disajikan dengan hamparan pasir putih yang halus dan juga bersih. Hamparan pasir putih ini terhampar sepanjang 1.000 sampai 2.000 meter dengan lebar kurang lebih sekitar 100 hingga 200 meter.

Pasirnya bertekstur halus sehingga sangat tenteram dipijak saat berjalan dengan kaki telanjang. Tidak cuma itu, berfoto diatas pasir putihnya ini juga akan menghasilkan foto yang sangat instagramable tentunya.

6. Tebing Ukir

Di sekitaran Rancabuaya juga terdapat tebing-tebing yang menjulang tinggi. Dulunya, tebing ini merupakan daerah perbukitan. Namun, karena erosi dan juga erosi, maka lama-kelamaan bukit ini terkikis dan jadilah tebing yang indah.

Sekarang, tebing yang menjulang tinggi di sekitaran tempat pantai ini diukir dengan aneka macam motif elok khas pantai untuk memperindah pemandangan sehingga akan terkesan lebih estetik.

7. Air Laut dengan Tiga Warna Kontras

Air laut di pantai ini memiliki karakteristik yang unik. Jika dilihat dari bersahabat, warna dari air maritim ini tampaksungguh jernih sehingga bisa dilihat dengan mata telanjang hingga kedalaman sekitar 2 meter kedasar laut.

Namun, kalau dilihat dari udara, Pantai Rancabuaya ini akan terlihat memiliki tiga perpaduan warna yang begitu menawan . Warna pertama ialah putih yang dihasilkan dari buih air maritim. Warna kedua adalah hijau yang dihasilkan dari flora lautnya. Dan terakhir adalah warna biru tua yang dihasilkan dari terumbu karang dan terlihat terperinci di tengah lautnya.

Alamat & Rute Perjalanan Menuju Pantai

Alamat Pantai Rancabuaya
Image Credit: Google Maps Dadi Mulyana

Rancabuaya ini berada di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Untuk mencapai daerah pantai ini juga ada banyak jalur alternatif yang mampu Anda pilih. Pantai Rancabuaya ini juga akrab dengan jalur utama dari Trans Jawa Barat serta jalan raya Rancabuaya.

1. Rute dari Pusat Kota Garut

Wisatawan yang berasal dari arah Garut mampu melalui rute jalan raya Garut ke Cikajang kemudian menuju ke Margawati. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan ke arah jalan Bratayudha yang diteruskan ke jalan Pasundan, jalan Papandayan, dan juga jalan Cimanuk.

Dari Cimanuk Anda menuju ke jalan raya Cisurupan – Cikajang, kemudian menuju ke Cidatar hingga jalan Ambalas yang melalui Cipang Ramatan. Perjalanan dilanjutkan ke jalan Ciparay lurus keselatan hingga jalan raya Cihurip dan Cisompet. Dilanjutkan ke Cigodeg melalui jalan Cilauteureun hingga sampai di jalan Rancabuaya.

Lamanya perjalanan dari kota Garut ke Pantai Rancabuaya sekitar 4 jam perjalanan. Waktu yang dibutuhkan ini dilalui dengan perjalanan wajar tanpa adanya kemacetan serta kecepatan rata-rata 135 km.

2. Rute dari Kota Bandung

Jika Anda datang dari arah kota Bandung, ada beberapa jalur alternatif yang mampu Anda pilih. Salah satunya adalah lewat jalur Pengalengan. Arah perjalanan diteruskan ke jalan Baranangsiang, jalan Jendral Ahmad Yani, jalan Asia Afrika, kemudian menuju ke jalan Jenderal Sudirman.

Kemudian dilanjutkan ke arah jalan Nasional III, jalan Soekarno Hatta, jalan akses Pasirkoja, sampai menuju ke jalan Tol Soraja. Perjalanan kembali dilanjutkan ke jalan Al- Fathu, jalan Raya Soreang Banjar, jalan Pahlawan, lalu ke arah Kebon Kelapa, jalan Raya Palalengan, jalan Situ Cileunca, hingga jalan Raya Wates.

Dilanjutkan lagi menuju jalan Cukul, jalan Talegong, jalan Puwabhakti, jalan Cisewu – Sukarame, sampai hingga pada jalan Rancabuaya. Untuk sampai pada lokasi Pantai Rancabuaya ini, Anda mampu mengikuti instruksi papan petunjuk.

Harga Tiket Masuk Kawasan Pantai

Harga Tiket Masuk Pantai Rancabuaya
Image Credit: Google Maps AwisFals

Untuk bisa menikmati keindahan alam rekreasi bahari ini, Anda diwajibkan untuk berbelanja tiket masuk terlebih dulu. Harga dari tiket masuk ini tidaklah mahal, yakni hanya sekitar 5 ribu rupiah saja untuk hari biasa atau weekday. Sedangkan untuk hari libur atau weekend, harga tiket masuknya bertambah dua kali lipat menjadi 10 ribu rupiah.

Harga tiket tersebut berlaku untuk satu orang pengunjung saja. Hasil dari penjualan tiket inilah yang nantinya digunakan oleh pihak pengurus untuk ongkos pemeliharaan serta perawatan dan keselamatan area pantai.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Rancabuaya

Aktivitas Menarik Pantai Rancabuaya
Image Credit: Google Maps Dadi Mulyana

Di pantai anggun ini, turis tidak cuma dimanjakan dengan daya tarik alamnya yang indah, namun juga banyak kegiatan menarik yang mampu dikerjakan sembari menikmati semua keindahan tersebut.

1. Berkemah di Pantai Rancabuaya

Hal yang tidak pernah ketinggalan dari berlibur ke Pantai Rancabuaya ini adalah berkemah. Dimana para pelancong akan lebih menentukan untuk mendirikan tenda perkemahan di pinggiran pantai sembari menikmati situasi pantai yang sejuk.

Berkemah juga lazimnya dikerjakan dengan memperabukan hasil laut seperti ikan, cumi-cumi, udang, ataupun lainnya yang menciptakan situasi kian hidup. Tujuan dari berkemah ini biasanya yakni untuk menikmati suasana alam dengan lebih faktual. Terlebih untuk menikmati sunrise diesok hari.

2. Melakukan Berbagai Aktivitas Air

Selain berkemah, Anda juga mampu melakukan berbagai kegiatan air yang menawan. Mulai dari berselancar, snorkling, berenang, atau bisa juga dengan membuat castil dari pasir pantai. Semua hal mempesona itu bisa Anda lakukan saat berlibur ke Pantai Rancabuaya ini. Apalagi kalau acara tersebut dilakukan bersama dengan keluarga, akan terasa semakin menyenangkan.

3. Memancing dan Berburu Binatang Laut

Anda juga bisa menikmati keindahan alam sekitar pantai dengan berburu binatang laut yang ada ditepian pantai. Biasanya akan tampakbintang bahari, atau ikan-ikan kecil yang berada di pinggiran pantainya.

Selain itu, Anda juga bisa memancing ikan menggunakan gala ataupun saung kecil. Hasil perburuan ini nantinya mampu Anda olah sembari berkemah di tepian pantainya. Pasti akan sangat menggembirakan.

Penginapan Murah Dekat Pantai

Penginapan Murah Dekat Pantai Rancabuaya
Image Credit: Google Maps Dizay Production

Di sekitaran lokasi Rancabuaya juga terdapat banyak pilihan penginapan. Baik itu yang ada didaerah pinggiran pantai maupun yang tidak mengecewakan jauh dari pantai. Ada banyak pula tipe penginapan yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan juga budget yang dimiliki.

Ada penginapan dengan harga rendah tetapi fasilitasnya terbatas, ada juga tipe penginapan dengan harga yang cukup mahal tetapi fasilitas penginapannya terbilang lengkap. Kisaran harga penginapan yang ada di wilayah sekitaran pantai ini dimulai dari harga 200 ribu rupiah per malam sampai meraih 600 ribu rupiah saja per malamnya.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pantai Rancabuaya

Fasilitas Pantai Rancabuaya
Image Credit: Google Maps Lia Indria

Fasilitas yang ditawarkan oleh pihak pengurus Pantai Rancabuaya ini yaitu mushola, ruang bilas, toilet, sampai saung atau gazebo. Namun, bila pelancong ingin menikmati rekreasi masakan, maka di sekitaran pantai ini bisa ditemui berbagai warung makan berupa gazebo yang menyediakan menu makanan khas Jawa.

Warung makan tersebut pada umumnya menawarkan olahan masakan dari hasil tangkapan laut yang masih segar sebagai menu terutama. Namun, ada juga warung makan yang menyediakan masakan khas Garut.

Tidak cuma itu, terdapat pula berbagai sentra perbelanjaan yang menawarkan segala jenis baju hingga masakan khas yang mampu dibawa pulang selaku buah tangan. Salah satu yang paling populer adalah ikan jamaroti.

Itulah beberapa daya tarik, rute perjalanan menuju ke Pantai Rancabuaya, harga tiket masuknya, hingga fasilitas yang ditawarkan oleh pihak pengurus pantai ini. Bagi Anda yang menghendaki liburan dengan situasi alam memukau, pantai anggun di Garut ini bisa dijadikan selaku pilihan yang sempurna.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!