Pantai Senggigi Lombok – Daya Tarik, Acara Piknik, Lokasi & Harga Tiket

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Senggigi merupakan salah satu wisata bahari yang populer di pulau eksotis Lombok. Pesona pantai yang luar biasa bisa membuat pengunjung mencicipi keseruan berlibur di pantai.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Senggigi, Kec. Batu Layar, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat; Map: Cek Lokasi

Keindahan perairan kawasan timur Indonesia tidak akan pernah kalah dari kawasan lain. Hal tersebut terbukti dengan rekreasi pantai Senggigi yang mampu ditemukan di pulau Lombok. Pulau wisata yang berada di Nusa Tenggara barat ini, seakan tidak pernah sepi oleh hadirin. Mengapa demikian? Apa yang membuatnya menawan?

Daya Tarik yang Ditawarkan Pantai Senggigi

Daya Tarik Pantai Senggigi
Image Credit: Google Maps Word Philocaly Copywriting

Apa yang menciptakan wisatawan beranggapan bahwa pulau ini terindah di pulau Lombok? Semua pertanyaan tersebut akan terjawab saat Anda menginjakkan kaki di tempat wisata laut tersebut. Kawasan utama wisata lombok ini sudah mulai dikembangkan sejak tahun 1980, dan semenjak tahun itu pula popularitasnya tidak pernah padam.

Hal tersebut dikarenakan, Senggigi mempunyai gugusan keindahan alam yang tidak bisa ditemukan di kawasan yang lain. Pengunjung yang hadir akan disuguhi panorama gunung Agung dari Pulau Bali yang tampak di ufuk cakrawala. Datang pada dikala matahari terik pun akan menawarkan tampilan keindahan alam laut dan perairan yang menawan .

Lautan biru luas dengan latar belakang gunung Agung akan membuat waktu Anda terasa berhenti. Hembusan angin laut segar pun bersahutan dengan debur ombak damai di bibir pantainya. Bahkan, hamparan pasir putihnya menjadi nilai plus untuk bersantai, menikmati keindahan alam, dan menikmati bermacam-macam fasilitas menawan nan asyik di sekeliling .

Keindahan penampilan alam pulau Lombok dan Bali akan kian mempesona di era senja. Pada waktu inilah aneka macam warga yang rela menanti untuk menyaksikan senja temaram sunset. Begitu matahari mulai menyembunyikan diri di ufuk barat, keindahan pantai seakan berbaur dengan gemerlap sinar lampu hotel dan bangunan dari pulau tetangga.

Tidak hanya itu saja, pantai yang dinamai dari seorang putri legenda rakyat Lombok ini punya keindahan dunia bawah bahari tak tergantikan. Hamparan karang dan biota alamnya menjadi magnet bagi mereka penghobi snorkeling dan diving. Didukung dengan tampilan laut yang sangat jernih, pantas saja jika lokasi ini sangat ramai hadirin.

Pesona alam dari pantai ini seakan tidak terbatas. Mengingat lokasinya yang berada di kawasan teluk, tidak heran kalau terdapat gugusan pantai sekitar yang tidak kalah indah. Seperti pantai Batu Bolong, Batu Layar, dan masih banyak yang lain. Anda pun bisa menikmati keindahan alam bumi timur Indonesia ini dengan bebas.

Aktivitas yang Seru dan Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Pantai Senggigi
Image Credit: Google Maps Kawi Boedisetio

Selain terbius dengan keindahan alam dan sunset yang tak terlewatkan, masih banyak hal menarik yang bisa Anda lakukan. Yang terperinci, salah satu hal tersebut adalah mengabadikan momen dengan jepretan foto mempesona. Anda bisa membidik keindahan alamnya, sunset, atau acara seru di sekeliling pantai.

Salah satu aktivitas yang paling banyak dicari yaitu snorkeling. Saat Anda ke pantai ini, jangan sampai melalaikan kegiatan seru dan menantang ini. Banyak kios dan tempat persewaan perlengkapan menyelam atau snorkeling yang cukup murah semarak. Setelah itu, Anda hanya perlu berenang tidak jauh dari tepi untuk melihat kerajaan bawah laut.

Hanya dengan berenang atau menaiki bahtera menuju spot snorkeling, dalam waktu sekejap Anda bisa menemukan bermacam-macam biota maritim. Anda dapat berenang bersama ikan maritim penuh warna sampai melihat bentangan terumbu karang yang tampak dengan terperinci. Air pantai Senggigi termasuk jernih dan damai. Sehingga Anda tidak perlu takut terseret ombak.

Jika ingin acara yang lebih menantang, maka Anda juga mesti coba surfing. Surfing atau selancar memang kerap dikaitkan dengan ombak besar menakutkan. Namun beda lagi dengan Senggigi. Kegiatan menantang ini justru ditujukan bagi para pemula yang ingin menguji nyali menyusuri ombak landai yang sesuai untuk peselancar gres.

Anda cuma perlu mengunjungi grup atau kelas selancar yang kerap digalakkan di sekitar bibir pantai. Karena diketahui selaku pantai dengan potensi untuk surfing pemula, maka berbagai instruktur selancar profesional di sini. Bersama dengan banyak orang lainnya, Anda bisa meminjam perlengkapan selancar dan bergabung dalam kelas surfing.

Anda juga tidak butuhtakut dengan keadaan alamnya. Lantaran pantai Senggigi dan tempat pantai sekitarnya mempunyai ombak pantai yang tidak terlampau tinggi. Menurut para peselancar, ketinggiannya cuma berkisar setengah sampai satu meter saja. Karena itulah, ombak jinak tersebut dijadikan fasilitas untuk mencar ilmu berselancar.

Selain berselancar, Anda juga bisa menikmati aktivitas ekstrem berupa bahtera kano. Banyak sekali jasa sewa yang bisa Anda peroleh di sekitar pantai. Dengan gulungan ombak yang cukup damai, Anda bisa menyusuri garis pantai sambil mengayuh kano kalem. Dengan kano, Anda juga berkesempatan untuk menelusuri bagian terluar pantai Senggigi.

Bagi Anda yang membawa sanak keluarga dan anak, maka mampu menikmati pantai ini dengan main air. Saat Anda tiba ke lokasi, pastinya tampilan pantai yang layaknya teluk ini akan menjadi bukti bahwa lautannya aman. Benar saja, gugusan dari bibir pantai tersebut membuatnya memiliki ombak kecil dan arus air yang cukup damai.

Anda mampu mengajak anak dan balita untuk menikmati segarnya air dengan berenang atau berendam di pinggiran pantai. Bermain dengan air dan pasir tentunya akan sungguh mempesona untuk si buah hati. Meski demikian, tetap perhatikan keamanan alasannya adalah pihak pengurus sudah memperlihatkan batas wilayah yang aman untuk berenang.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Senggigi

Fasilitas Pantai Senggigi Lombok
Image Credit: Google Maps Patahurrozik Al fatih

Karena lokasi pantai Senggigi sudah sangat dikenal dan menjadi favorit wisatawan, jangan terkejut dengan ketersediaan fasilitas di sekeliling lokasi. Tidak hanya mencukupi, namun sarana dan prasarananya sungguh lengkap. Mulai dari fasilitas hiburan dan permainan air, fasilitas biasa , warung makanan, hingga penginapan, cafe, live music, atau diskotik pun ada.

Bagi Anda yang tertarikuntuk tinggal di sekitaran pantai. Sudah tersedia fasilitas kemudahan mulai dari level melati hingga hotel berbintang. Tidak cuma itu, harganya pun bermacam-macam. Mulai dari penginapan dengan anggaran backpacker, sampai hotel glamor dengan sentra hiburan kelas atas pun bisa Anda pilih.

Hotel berbintang tersebut lazimnya mempunyai gugusan fasilitas yang tidak kalah mempesona. Anggap saja mirip kolam renang, kedai makanan, hingga spa, dan masih banyak yang lain. Hal tersebut pastinya menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan abnormal yang doyan main dan ingin menghabiskan waktu di pantai Senggigi.

Setelah sukses memperoleh lokasi untuk beristirahat santai dan menginap, Anda mampu dengan leluasa menikmati akomodasi permainan air yang lain. Di saat sinar matahari menyeruak dari ujung Timur, Anda mampu menyaksikan banyak sekali warga lokal yang mulai aktif menjajakan akomodasi dan permainan di sekitar pantai.

Yang paling banyak dicari di dikala pagi yaitu transportasi publik yang siap membawa Anda bereksplorasi di kawasan pantai. Fasilitas kendaraan itu berbentukBemo, Cidomo, dan jasa sewa mobil. Dengan harga yang relatif murah, Anda akan dibawa melihat hamparan biru dan bening air maritim sambil menikmati hembusan angin segar dari perbukitan sekitar pantai.

Seusai puas berkeliling dengan kendaraan tradisional, Anda mampu kembali ke area pusat pantai untuk berleha-leha dan berpiknik. Garis pantai yang sungguh panjang menjadi area beristirahat yang tidak ada habisnya. Pasir lautnya yang bersih dan lembut mampu Anda jadikan karpet alam untuk duduk bersantai bareng sanak keluarga.

Di beberapa titik pantai juga terdapat pepohonan rimbun, yang mampu dijadikan atap teduh untuk berpiknik. Namun jika Anda ingin suasana yang lebih kondusif dan asyik, beberapa vendor sekitar pantai juga menyewakan bean bag atau kursi warna warni yang sesuai untuk duduk santai. Dilengkapi dengan meja dan payungnya, tidak aneh kalau pelancong betah di Senggigi.

Berbicara ihwal berleha-leha, tidak lengkap rasanya jika tak mengkonsumsi masakan. Lokasi ini sudah dipenuhi dengan fasilitas rumah makan dan warung yang melimpah. Produk masakan yang ditawarkan pun bermacam-macam. Mulai dari makanan mudah seperti jagung bakar, ikan bakar, sampai olahan kuliner khas tempat Lombok yang super enak.

Karena itulah, tak aneh jikalau banyak sekali pelancong yang sengaja tiba untuk berwisata kuliner. Restoran dan warung yang bisa Anda temukan, biasanya menjajakan kuliner tradisional mirip ayam Taliwang, Sate Bulayak, Plecing Kangkung dan masih banyak kuliner khas nusantara atau asli lombok lainnya.

Untuk menawan turis mancanegara pun, sarana warung dan kedai makanan makan juga menunjukkan cita rasa internasional. Makanan kelas atas dengan materi seafood, hingga salad pun bisa Anda pilih. Tidak hanya itu, Anda yang suka hiburan malam pun bisa menikmati bar, pub, atau diskotek yang siap meramaikan malam.

Yang menawan dari kafe dan hiburan malam tersebut yaitu adanya pesta. Menurut warga dan pengelola, hampir di setiap malam Pantai ini akan mengadakan pesta. Yang mana diadakan di lokasi yang selalu berpindah. Pasalnya, penyelenggaraan dilakukan secara bergilir oleh bar, cafe, dan pub di sekitar pantai.

Rute dan Harga Tiket Masuk Kawasan Pantai

Rute Pantai Senggigi
Image Credit: Google Maps Prima Wahyudi

Buat Anda yang terpesona untuk mengunjungi lokasi ini, siap siap saja dengan perjalanan yang tidak terlalu mengkonsumsi waktu. Secara administratif, alamat dari pantai ini termasuk dalam kecamatan Batu Layar, tepatnya di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Karena telah cukup terkenal, maka rute dan perjalanan menuju pantai tidak akan terasa berat.

Rute yang mampu Anda ambil akan bermula dari kota Mataram. Dengan jarak sekitar 30 hingga 50 menit dari Bandara Mataram, Anda juga akan memperoleh banyak angkutan lazim yang siap berangkat ke pantai Senggigi. Menariknya, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sekitar 3 ribuan per orang untuk perjalanan dari Sweta ke Ampenan.

Kemudian, dari Ampenan Anda harus berlanjut naik angkutan jurusan Senggigi dengan ongkos hanya dua ribuan saja. Saat meraih lokasi wisata, Anda mesti berlangsung menuju lokasi pantai yang cuma berjarak 3 menit. Di sepanjang perjalanan inilah Anda akan memperoleh deretan penjual aneka oleh-oleh dan warung makanan, yang tidak ada salahnya untuk dihampiri.

Ternyata tidak hanya transportasinya yang murah semarak, namun harga tiket masuknya juga tidak buat kantong bolong. Saat mencapai lokasi, setiap pengunjung hanya akan ditarik biaya 15 ribuan saja. Kemudian, Anda bebas menghabiskan waktu di pantai hingga malam. Karena, pantai dan lokasi hiburan sekitar masih akan beroperasi selama 24 jam.

Sebagai salah satu destinasi rekreasi favorit warga dan pelancong, tidak heran kalau pantai ini telah dilengkapi dengan fasilitas yang mencukupi. Selain untuk membuat para hadirin betah, wisata bahari ini sendiri sudah cukup indah untuk dicicipi. Bagi Anda yang ingin berwisata bersama keluarga dan kerabat, Pantai Senggigi pasti tidak akan mengecewakan.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!