Pantai Karang Nini Pangandaran – Pesona, Kegiatan Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket Pantai Karang Nini di Pangandaran mampu menjadi pilihan untuk mendapatkan liburan yang mengasyikkan. Tak hanya disuguhkan dengan pasir putih dan birunya maritim, panorama siluet matahari di pantai ini juga terlihat mengagumkan.

Harga Tiket: Rp 7.500, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Emplak, Kec. Kalipucang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Pantai masih menjadi salah satu rekreasi favorit selama musim liburan. Meskipun ada banyak wisata baru yang lebih kekinian, daya tarik pantai seolah tidak pernah surut dan selalu diburu. Jika Anda satu penggemar wisata pantai, Pantai Karang Nini Pangandaran mampu menjadi tujuan rekreasi untuk menghabiskan liburan selanjutnya.

Keeksotisan pantai satu ini tidak kalah jikalau daripada pantai yang lain. Untuk mengintip daya tarik keindahan pantai satu ini, simak ulasan berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Karang Nini

Daya Tarik Pantai Karang Nini Pangandaran
Image Credit: Google Maps Gabriela Cermanová

Keindahan pantai satu ini bisa dilihat dari panorama ombak pantai dengan air yang jernih. Birunya air bahari yang dipadukan dengan pasir putih menjadi pemandangan yang tepat untuk menetralisir penat setelah berkutat dengan rutinitas. Tak cuma itu, pesona siluet matahari di pantai ini sangat sayang untuk dilewatkan. Anda bisa melihat siluet yang berada di ufuk timur, bayangan Pulau Nusakambangan dan Teluk Penanjung di bagian Selatan turut memperindah pantai satu ini.

Saat pertama memasuki pantai ini, hadirin akan disajikan dengan keindahan Pulau Nusakambangan dan Teluk Penanjung yang memanjakan mata. Pemandangan ini tampak mirip berlian yang dengan kilaunya yang menciptakan setiap orang terpana. Tak hanya itu saja, Anda juga akan dibuat kagum oleh segara anakan yang ada di sekitaran pantai. Suasana pantai yang lebih hening mengakibatkan rekreasi ini sangat sesuai untuk Anda yang tidak suka keramaian.

Selain pemandangan alam yang mengagumkan, udara di pantai ini juga terasa sejuk. Hal ini tidak terlepas dari lokasinya yang termasuk kawasan hutan. Kerindangan hutan jati ditambah angin pantai yang sepoi sepoi menciptakan waktu piknik di pantai ini terasa makin mengasyikkan. Karena alam yang masih asri dan hijau seakan akan pantai satu ini terlihat masih perawan. Batu karang yang menjulang tinggi turut memperindah pantai satu ini.

Namanya yang unik tidak terlepas dari legenda yang masih diyakini oleh penduduk sekitar. Konon pada zaman dahulu hiduplah sepasang kakek nenek yang saling menyayangi dan selalu hidup bersama. Namun, pada sebuah hari kakek tidak kunjung pulang dan si nenek tetap setia menanti sang suaminya. Hingga beberapa hari kemudian muncullah kerikil karang yang ialah tanda kalau sang kakek sudah meninggal.

Karena rasa sedihnya ditinggal oleh sang suami, nenek tersebut berdoa untuk selalu didekatkan dengan kakek. Hingga kesannya, nenek berganti wujud menjadi batu karang yang menghadap ke arah kakek. Karena itulah pantai satu ini dimanakah pantai Karang Nini. Legenda ini tak cuma tersebar di sekitar pantai tetapi juga ke banyak sekali daerah di Jawa Barat. Jika ingin menyaksikan keeksotisan karang jelmaan kakek nenek dalam cerita tersebut, Anda wajib mengunjungi pantai satu ini.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Karang Nini

Alamat Pantai Karang Nini Pangandaran
Image Credit: Google Maps Nindin Samsudin

Pantai satu ini berada di Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Anda mampu menempuh rute terdekat dari rumah. Jika perjalanan dari banjarsari, waktu yang diharapkan menuju ke lokasi sekitar satu jam. Anda mampu mengandalkan GPS untuk mempermudah perjalanan menuju pantai ini. Warga sekitar juga sangat mengenal pantai satu ini, sehingga Anda tidak butuhtakut kesusahan untuk menemukannya.

Akses menuju lokasi ini tergolong cukup susah, mengenang jalannya memang membutuhkan perawatan. Selain berbatu, jalanan juga hanya memiliki lebar satu kendaraan beroda empat saja. Jadi disarankan bagi Anda untuk memeriksa kondisi kendaraan terlebih dahulu, sebelum berangkat ke pantai satu ini untuk memastikan keamananya. Namun sehabis datang di pantai, perjalanan yang cukup susah akan terbayar dengan pemandangan yang indah.

Harga Tiket Masuk Pantai Karang Nini

Tiket Pantai Karang Nini Pangandaran
Image Credit: Google Maps Alwan Arif

Mengunjungi pantai satu ini, Anda memang harus mengeluarkan uang tiket masuk. Namun, tarif yang disediakan termasuk cukup murah, dimana satu orang hanya dikenakan ongkos sekitar Rp 10 ribu saja. Tentu harga tersebut tidak sebanding dengan keindahan yang disuguhkan oleh pantai satu ini. Belum lagi ada banyak aktivitas menarik yang mampu hadirin kerjakan selama di pantai ini. Tarif tersebut mampu saja mengalami kenaikan pada kondisi tertentu.

Setelah hingga di pintu masuk, Anda tidak butuhturun untuk mengambil karcis dan memberikan uang. Petugas akan tiba dengan gesit untuk mengambil ongkos tiket masuk. Namun ongkos tiket masuk ini berbeda dengan biaya parkir kendaraan. Setelah hadirin puas menikmati keindahan pantai dan akan beranjak pulang, kendaraan akan dikenakan ongkos parkir. Jika memakai motor, Anda akan dikenakan ongkos sekitar Rp 3 ribu.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Karang Nini

Aktivitas Pantai Karang Nini Pangandaran
Image Credit: Google Maps Fika Sayyidati Rahmah

Ada banyak acara menarik yang mampu Anda kerjakan selama piknik di pantai satu ini. Menikmati keindahan pantai dengan ombak yang besar dan air laut yang biru menjadi salah satu kegiatan favorit di pantai satu ini. Batu karang yang menjulang tinggi merupakan spot andalan yang banyak dikejar oleh para pengunjung. Masih ada spot menarik lainnya yang dapat didapatkan di pantai ini. Salah satunya jalur kereta api yang menjadi saksi sejarah.

Jalur kereta api tersebut dibangun sejak zaman pemerintahan Belanda. Namun, kabarnya jalur kereta api ini akan direaktivasi oleh pemerintah. Jalur kereta api ini terlihat unik dengan ujungnya yang terhubung dengan terowongan yang sungguh panjang. Anda mampu mengabadikanya untuk dijadikan koleksi yang dipajang di rumah. Selain berburu foto, berjemur di pinggir pantai sambil mencicipi hangatnya sinar matahari juga menjadi kegiatan yang tak kalah menyenangkan.

Jika ingin melihat panorama pantai Karang Nini dari ketinggian, Anda bisa masuk ke menara pandang yang dibangun di sekeliling pantai. Menara pandang ini juga dilengkapi dengan teropong untuk mempermudah melihat keadaan di bawahnya. Aktivitas yang tak kalah mempesona adalah bermain di watu karang saat air pantai mulai surut. Karena ombak di pantai ini cukup besar, hadirin tidak diperbolehkan untuk melakukan kegiatan berenang.

Namun bukan mempunyai arti kegiatan di sini terbatas. Anda bisa mencari binatang maritim dengan mudah di sekitaran pantai. Duduk kalem dan berkumpul bareng keluarga akan menciptakan piknik di pantai ini menjadi momen yang tak akan terlewatkan. Puas menikmati keindahan alamnya, Anda bisa menjajal masakan yang dijual di pinggir pantai. Tak cuma masakan berat, Anda juga mampu mencicipi kudapan atau minuman yang segar mirip es kelapa muda.

Penginapan di Sekitar Pantai Karang Nini

Penginapan Pantai Karang Nini Pangandaran
Image Credit: Google Maps Marsel A

Menikmati piknik di pantai satu ini mungkin terasa kurang kalau hanya sehari penuh, terutama jika Anda berasal dari luar kota. Apabila ingin menghabiskan liburan yang lebih lama, Anda bisa menginap di salah satu penginapan yang ada di tempat ini. Tersedia banyak penginapan dengan harga yang murah hingga hotel bintang lima. Hotel dengan kemudahan yang lengkap di Pangandaran mampu Anda pesan jauh jauh hari sebelum mengunjungi pantai satu ini.

Anda bisa memilih penginapan sesuai dengan budget yang Anda miliki. Jika ingin menikmati alam yang bebas, Anda bisa mendirikan tenda di area camping ground. Mengingat pantai cantik ini masih sangat alami, apalagi suara gemuruh ombak yang memukul karang di malam hari menciptakan situasi berkemah kian menantang. Pemandangan alam yang indah dengan langit bertaburan bintang menimbulkan malam berkemah di pantai ini semakin spesial.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Karang Nini

Fasilitas Pantai Karang Nini Pangandaran
Image Credit: Google Maps Rijal Harisahrijal

Salah satu yang menjadi pertimbangan ketika mendatangi rekreasi yakni fasilitasnya. Fasilitas di wisata ini tergolong cukup lengkap. Ada daerah duduk yang ditawarkan untuk menikmati panorama pantai bareng keluarga. Wisata ini juga menawarkan area parkir untuk kendaraan pengunjung, meskipun masih terbatas. Anda juga tidak akan kesulitan mendapatkan toilet serta mushola untuk beribadah.

Anda juga tidak perlu cemas jika kesulitan mencari makan, alasannya adalah ada banyak pedagang masakan di sekitaran pantai. Tersedia juga ayunan untuk menikmati ombak pantai dan angin suasana udara di pantai ini. Pengelola wisata juga menawarkan banyak spot unik untuk swafoto. Dengan fasilitas wisata yang memadai, wisata satu ini memang cukup recomended untuk menghabiskan waktu liburan.

Berkunjung ke pantai elok Karang Nini memang obat mujarab untuk melepaskan letih akibat aktivitas. Suasana yang masih asri dan pepohonan yang rindang lengkap dengan view yang anggun menjadi daya tarik utama dari pantai ini. Anda juga bisa melaksanakan banyak kegiatan selama liburan di pantai satu ini. Namun, jangan lupa untuk selalu mempertahankan kebersihan dan tidak mencampakkan sampah sembarang pilih untuk menjaga keindahan pantai satu ini.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!