Pantai Carita Pandeglang – Pesona, Aktivitas Piknik, Lokasi & Harga Tiket

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Carita di Pandeglang tidak hanya menyajikan pemandangan gunung Anak Krakatau di kejauhan, pantai ini juga menunjukkan panorama hamparan pasir putih yang membentang.

Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sukarame, Kec. Carita, Kab. Pandeglang, Banten; Map: Cek Lokasi

Tidak jauh dari ibu kota, Pandeglang menyimpan pantai yang indah nan menawan bernama Pantai Carita. Dimana kecantikan pantai satu ini, bahkan populer hingga ke luar negeri. Menghadap ke arah selat Sunda, ada banyak daya tarik yang disediakan oleh pantai seluas 2,5 hektar ini. Menawarkan berbagai rekreasi laut, pantai satu ini cocok dijadikan selaku destinasi rekreasi keluarga. Agar tidak kian penasaran, yuk intip keelokan pantai Carita disini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Carita

Daya Tarik Pantai Carita
Image Credit: Google Maps yohanes mario

Pantai yang terletak di pesisir utara bagian barat provinsi Banten ini, mempunyai kontur lahan landai yang ditutupi dengan pasir putih. Dengan ombak yang cenderung tenang, membuat pantai satu ini memiliki laut aman untuk dijadikan arena rekreasi. Kekayaan biota laut dan juga terumbu karang yang dimiliki oleh pantai Carita, tidak kalah menawan untuk dieksplorasi. Tidak hanya itu, lokasinya yang tidak terlampau jauh dari perkotaan membuat pantai satu ini cocok dijadikan destinasi wisata keluarga.

Pantai yang menghadap ke selat Sunda ini memang memiliki pemandangan yang memesona, dimana hal tersebut yang menimbulkan alasan dari banyak pelancong lokal ataupun mancanegara untuk berkunjung bahkan lebih dari satu kali. Dimana pengunjung yang datang ke pantai akan dimanjakan oleh panorama hamparan pasir putih, yang dipadukan dengan indahnya laut yang berwarna kebiruan.

Keberadaan angin yang berembus tidak terlampau kencang, menimbulkan ombak yang menyapu bibir pantai tidak terlalu tinggi. Kemudian semilir angin tersebut akan menjamah dedaunan pohon kelapa yang berjajar di tepi pantai, dan menjadikan desir yang membuat hati menjadi hening. Ketika hari tengah cerah, maka di kejauhan pengunjung bisa melihat pemandangan gunung Anak Krakatau yang gagah mengagumkan.

Berada di bersahabat selat, tidak menciptakan pantai Carita kekurangan rekreasi bawah maritim. Meskipun memiliki tempat laut yang sempit, namun pantai satu ini memiliki kekayaan biota laut dan juga terumbu karang yang menarik. Dengan adanya keindahan bawah laut ini, turis bisa melakukan acara berkenalan dengan biota bahari dan terumbu karang yang seru dengan cara snorkeling ataupun diving.

Alamat dan Rute Menuju Kawasan Pantai Carita

Alamat Pantai Carita
Image Credit: Google Maps Budi iteruT

Berlokasi di kecamatan Carita Pandeglang, pantai manis satu ini tidak begitu jauh dari pantai Tanjung Lesung dan pantai Anyer. Hal tersebut mempunyai arti terusan menuju pantai, gampang untuk didapatkan. Wisatawan pun tidak perlu khawatir dengan terusan jalan, meskipun terbilang jauh dari kota tetapi kondisi jalan menuju pantai satu ini telah terbilang manis. Kaprikornus tidak butuhlagi merisaukan adanya jalan berlubang ataupun jalan yang tidak diaspal.

Wisatawan yang tiba dari Jakarta, maka mampu mengambil rute yang melewati tol Jakarta Merak. Setelah itu, wisatawan hanya tinggal mengikuti papan isyarat menuju pantai Anyer. Sebab lokasi pantai Carita satu jalur dengan pantai Anyer. Melewati rute satu ini, turis cuma perlu melakukan 3 jam perjalanan. Sementara pengunjung yang datang dari arah Bogor, maka mampu mengambil rute yang menuju arah Pandeglang atau melalui jalur Serang.

Harga Tiket Masuk Pantai Carita Pandeglang

Harga Tiket Masuk Pantai Carita
Image Credit: Google Maps Budi iteru

Bisa dibilang tiket masuk di pantai ini sungguh terjangkau, sehingga turis tidak butuhmerogoh kocek terlalu dalam. Untuk hadirin individual, hanya dikenakan tarif sebesar Rp 15 ribu. Namun harga tiket ini belum tergolong dalam biaya parkir. Biaya parkir sendiri dikenakan Rp. 10 ribu untuk kendaraan eksklusif sejenis sepeda motor, sedangkan untuk mobil dikenai ongkos sebesar Rp. 30 ribu.

Untuk jam buka atau jam operasional, pantai satu ini bisa dibilang buka 24 jam. Wisatawan bisa dengan bebas berlibur di daerah pantai sampai malam hari. Akan namun, tiket masuk pantai cuma dijual dari pagi sampai menjelang sore hari. Sehingga kalau pelancong ingin berkunjung di malam hari, ada baiknya datang dikala sore hari. Sebab di saat malam hari, petugas pos masuk wisata telah tidak lagi memasarkan tiket.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Carita

Kegiatan Pantai Carita
Image Credit: Google Maps Iqbal Jalaludin

Dengan keindahan bawah maritim yang dimiliki, kegiatan snorkeling dan diving yakni dua kegiatan yang populer di pantai Carita. Namun tidak hanya itu, di pantai satu ini juga ada beberapa kegiatan yang beragam seperti banana boat dan jetski. Dengan membayar sesuai biaya yang ditentukan, turis akan diajak berkeliling dengan menaiki bahtera berupa pisang yang ditarik oleh jetski.

Dimana dikala gelombang laut tiba, maka perahu berupa pisang ini akan dijungkirbalikkan sampai para penumpang terlempar ke laut. Sementara itu, acara jetski cocok untuk turis yang ingin menikmati laut Carita dengan lebih menantang namun tetap private. Dimana aktivitas ini bisa menciptakan turis mengendarai jetski sambil merasakan terpaan angin di tengah laut.

Tidak hanya itu, di pantai ini juga memiliki aktivitas menantang lainnya seperti berseluncur di atas ombak atau perumpamaan kerennya surfing. Meskipun bukan pantai pesisir selatan, namun gelombang yang dimiliki pantai ini cukup tinggi dan cocok untuk pemula yang ingin berguru surfing ataupun surfer tingkat lanjut. Kawasan pantai satu ini juga terkenal sebagai kawasan memancing, dimana lazimnya akan memancing dari teluk atau dari atas bukit karang yang tersebar tak jauh dari bibir pantai.

Selain bermain jetski, pelancong juga bisa berlayar mengarungi selat Sunda dan menikmati situasi bahari yang kondusif dan nyaman lho. Selain itu, saat berlayar pengunjung juga bisa menikmati keayuan pemandangan pegunungan Carita sampai Anyer dari tengah lautan. Salah satu tujuan pelayaran ialah menuju taman bahari Kabua (lost island), yang konon katanya di zaman dulu adalah deretan perbukitan Kadipaten Caringin yang hancur dikala terjadi tsunami Krakatau tahun 1883 kemudian.

Pelayaran ini juga akan menuju destinasi lain, ialah menyaksikan keunikan pulau burung yang berjarak cuma satu kilometer dari taman maritim Kabua. Jika turis belum puas saat hanya berlayar sekitar daerah selat Sunda dan pantai Carita, maka bisa berlayar menuju daerah gunung Anak Krakatau. Dimana di kawasan ini pelancong akan menyaksikan gunung berapi yang masih aktif dan terletak di tengah tengah lautan.

Di sekitar kawasan pantai, juga terdapat banyak pulau pulau kecil, dimana pulau pulau tersebut ada yang nampak ke permukaan dan ada juga yang tidak nampak. Biasanya pulau yang tidak nampak ini akan berada di bawah laut, tetapi dengan perairan dangkal. Yang mana spot satu ini ialah kawasan favorit tujuan dari para pemancing ikan bahari. Selain itu, di pantai satu ini wisatawan juga akan disajikan panorama sunset, dengan backsound deburan ombak.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Carita

Fasilitas Pantai Carita
Image Credit: Google Maps Yusup Karsa88

Menjadi salah satu destinasi rekreasi yang diunggulkan oleh Pandeglang, bisa dibilang bahwa kemudahan yang dimiliki pantai satu ini sudah lengkap. Dimana hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya hotel hotel kecil yang mampu ditemui oleh pelancong di sekeliling pantai. Yang pastinya hotel atau penginapan ini akan sangat cocok untuk Anda yang ingin berkunjung dan bermalam di pantai bersama dengan teman atau keluarga.

Tidak cuma itu, fasilitas penting lainnya juga telah disediakan oleh pengurus pantai Carita. Salah satunya yaitu life guard yang senantiasa menjaga dan mengawasi keselamatan hadirin pantai. Tidak hanya itu, kemudahan umum mirip toilet, kamar mandi bilas, sampai musholla untuk beribadah pun juga ada. Selain itu, sejenis wisata masakan pun juga ada. Sehingga wisatawan yang perlu khawatir dikala berkunjung ke pantai di Pandeglang ini.

Penginapan di Sekitar Pantai Carita

Penginapan Pantai Carita
Image Credit: Google Maps snalpot GP lovers

Menghabiskan waktu untuk menjelajahi pantai Carita, akan tampakburu buru jikalau hanya sehari saja. Sebagai kawasan menginap, maka ada berbagai jenis penginapan yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung. Untuk masalah tarif pun beranekaragam, berkisar mulai Rp. 150 ribu sampai Rp. 1,3 juta. Dimana perbedaan harga ini tergantung dengan kualitas penginapan yang akan wisatawan pilih.

Jika ingin yang murah, maka wisatawan bisa menentukan menginap di hotel hotel atau penginapan standar saja. Namun jikalau ingin menikmati akomodasi mewah, maka mampu memilih menginap di resort atau villa. Dimana hotel, villa, hingga resort ini bisa dijumpai oleh wisatawan di sepanjang jalan dan area pantai Carita. Lokasinya yang tidak jauh dari bibir pantai , membuat beberapa hotel mempunyai pemandangan pantai.

Demikian ulasan mengenai pantai Carita yang ada di Pandeglang, Banten. Pantai dengan panorama gunung Anak Krakatau ini, menghidangkan keindahan pantai dan juga dunia bawah bahari yang begitu memukau. Selain itu, banyak kegiatan menawan yang dikombinasikan dengan akomodasi yang lengkap menciptakan disapa saja ingin berkunjung ke pantai satu ini. Makara, apakah Anda kepincut berkunjung?

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!