Pantai Parangtritis Bantul – Pesona, Acara Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kec. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Tidak lengkap rasanya ketika berwisata ke Yogyakarta kalau belum mampir ke pantai yang satu ini. Dengan romantika yang ditawarkannya, lokasi wisata Pantai Parangtritis tersebut banyak dikunjungi oleh wisatawan di Bantul. Tidak cuma dari dalam negeri, banyak pula pengunjung yang berasal dari luar negeri. Lalu apa saja pesona dan kegiatan yang bisa dikerjakan di pantai tersebut? Mari simak penjelasannya secara lebih lengkap berikut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Parangtritis

Daya Tarik Pantai Parangritis
Image Credit: Instagram Intoro Adja

Area berupa Pantai Parangtritis ini mampu dibilang selaku tujuan wisata favorit di daerah Yogyakarta. Dapat diketahui pula bahwa area tempat wisata ini merupakan sebuah pantai paling luas di daerah Yogyakarta. Pantai ini juga tidak dapat lepas dari cerita legenda yang menyelimutinya. Namun dengan legenda tersebut tetap membuat destinasi wisata ini populer dan difavoritkan oleh masyarakat.

Pasir besi hitam di pantai ini juga menyebabkan pemandangan alam di area tersebut makin terasa. Tidak bosan rasanya memandang lautan lepas di pantai indah tersebut. Banyak pula kegiatan mempesona yang dapat dijalankan selagi berlibur ke pantai ini. Dengan kelebihan tersebut juga menjadi pesona tersendiri bagi para pengunjung yang mau datang kesana.

Sebut saja kegiatan berbentukberburu spot foto hingga berburu aneka hidangan sedap di kawasan pantai. Di area pantai tersebut juga sudah tersedia kolam renang yang ditujukan khusus bagi para hadirin yang tiba. Tidak cuma itu, di sekitar daerah pantai tersebut Anda dapat menikmati situasi unik khas dari negeri di Timur Tengah. Karena di sekitar pantai terdapat padang pasir unik bernama Gumuk Pasir.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai

Alamat Pantai Parangritis
Image Credit: Instagram Natsir Dabey

Untuk menuju ke area ini terdapat dua jenis kendaraan yang bisa Anda pilih. Jenis kendaraan yang dimaksud yaitu kendaraan peribadi baik roda dua dan roda empat serta kendaraan umum yang mampu dijumpai di kota tersebut. Kendaraan biasa yang dimaksud disini yakni Trans Jogja dan juga bus yang memiliki rute menuju ke pantai dengan panorama indah ini.

Dengan menggunakan kendaraan biasa , Anda juga bisa menuju ke area rekreasi lain yang berlokasi di daerah yang serupa. Seperti misalnya Pantai Parang Kusumo, Gumuk Pasir, dan juga destinasi rekreasi berjulukan Rumah Tembi. Contoh rute yang mampu diambil dengan kendaraan biasa yaitu berangkat dari tempat Malioboro apalagi dulu untuk menuju ke Terminal Giwangan.

Barulah ketika sampai di Terminal Giwangan , Anda mampu berganti kendaraan dengan memakai bus untuk sampai ke daerah rekreasi terkenal di kawasan Yogyakarta ini. Jika menggunakan kendaraan lazim, seharusnya juga pilih waktu sebelum pukul 5. Hal ini untuk menciptakan Anda mendapatkan bus yang memiliki rute untuk menuju ke lokasi pantai tersebut. Bagi Anda yang memakai kendaraan langsung, mampu pula mengawali perjalanan dari kawasan Malioboro.

Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis

Harga Pantai Parangritis
Image Credit: Instagram Wisata Pantai Parangtritis

Sama halnya dengan destinasi rekreasi yang lain, untuk masuk ke daerah pantai Anda juga akan dikenakan tiket apalagi dulu. Harga tiket masuk dari kawasan wisata ini juga terbilang ramah di kantong. Dengan nominal yang ada, Anda telah mendapatkan panorama alam nan indah. Untuk membuat piknik menjadi lebih mengasyikkan, Anda pun dapat mempersiapkan budget ongkos yang diharapkan jauh-jauh hari sebelumnya.

Anggaran ongkos yang dimaksud antara lain adalah biaya angkutandari Malioboro, tiket masuk, ongkos penginapan, dan juga ongkos untuk membeli kuliner di kawasan pantai tersebut. Jika diperkirakan jumlah biaya yang diharapkan juga tidak lebih dari 500 ribu rupiah. Tentu angka ini juga akan tergantung dari jenis penginapan yang dipilih dan hidangan masakan yang dibeli. Dana untuk buah tangan yang mau dibawa pulang juga dapat diperhitungkan sebelumnya.

Aktivitas yang Menarik di Pantai Parangtritis

Aktivitas Pantai Parangritis
Image Credit: Instagram Wisata Pantai Parangtritis

Banyak kegiatan mempesona dan seru yang mampu Anda coba selagi berada di Pantai Parangtritis ini. Mulai dari berburu spot foto dengan dikelilingi panorama pantai khas dari laut selatan. Anda pun dapat berburu hidangan lezat khas tempat pesisir di area kawasan rekreasi ini. Sebut saja hidangan enak yang dibentuk dari pari, cumi-cumi, udang, dan beragam jenis ikan lainnnya.

Sajian tersebut pun dapat Anda nikmati di pinggir pantai sembari menatap keindahan panaroma alam yang disajikannya. Hal lain yang tidak kalah seru adalah berolahraga seperti sepak bola di area pantai tersebut bareng dengan sanak keluarga. Permainan yang sudah melegenda semenjak zaman kecil dahulu berupa layang-layang juga mampu Anda kerjakan di pantai yang mempunyai hembusan angin cukup kencang ini.

Tidak cuma itu, saat berwisata ke kawasan ini Anda dapat mencoba menyewa ATV untuk berkeliling pantai. ATV (All Terrain Vehicle) sendiri ialah kendaraan sejenis kendaraan bermotor yang mempunyai empat buah roda. Dengan kendaraan ini, Anda bisa mengunjungi spot-spot pantai yang memiliki area luas ini. Selain itu, Anda pun bisa menjajal menunggangi delman atau kuda di tempat pantai yang selalu ramai hadirin ini.

Untuk Anda yang menggemari situasi senja, maka pantai populer ini sangatlah tepat untuk dituju. Karena di senja hari panorama matahari terbenam yang ditawarkannya akan begitu mempesona. Sembari duduk-duduk di atas pasir pantai, pemandangan sunset tersebut mampu Anda nikmati. Momen terbenamnya sang mentari di Pantai Parangtritis juga sudah diabadikan oleh banyak hadirin yang tiba kesana.

Penginapan Murah di Kawasan Pantai

Penginapan Pantai Parangritis
Image Credit: Instagram Homestay Kota Jogja

Bagi Anda yang terpikatuntuk menginap di kawasan pantai yang eksotis ini, tersedia beragam homestay yang bisa dituju. Tarif untuk menginap di lokasi tersebut juga terbilang wajar dan juga sepadan dengan akomodasi yang ditawarkan. Anda pun bisa memilih jenis homestay yang sekiranya paling sesuai dengan keperluan. Di kurun terbaru seperti dikala ini juga terdapat banyak cara untuk membooking penginapan jauh-jauh hari sebelumnya.

Dengan cara tersebut pasti akan memudahkan Anda saat sudah berada di kawasan wisata ini. Cara yang mudah pun akan membuat proses booking menjadi lebih mudah dan gampang dijalankan. Jika bermalam di area rekreasi ini tentu juga akan menciptakan piknik Anda akan terpuaskan. Pemandangan bibir pantai yang berhadapan pribadi dengan laut selatan Pulau Jawa pasti ialah hal yang sayang jikalau dilewatkan begitu saja.

Selain mencari tempat penginapan, bila hendak beriwisata dalam beberapa hari di pantai ini sebaiknya juga antisipasi beberapa perlengkapan sebelumnya. Sebut saja topi pantai, baju ganti, sandal, dan juga masih banyak lagi yang lainnya. Dengan perlengkapan yang lengkap tentu akan menunjang kenyamanan piknik Anda menjadi semakin berkembangdan tidak akan terlalaikan di abad mendatang.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Parangtritis

Fasilitas Pantai Parangritis
Image Credit: Instagram Yuniar Novitasari

Sesuai dengan popularitasnya, di Pantai Parangtritis juga telah tersedia bermacam-macam fasilitas untuk dipakai oleh para wisatawan. Dengan fasilitas tersebut dibutuhkan akan membuat hadirin menjadi betah berlama-usang di pantai dengan pemandangan nan eksotik ini. Pembangunan ataupun perbaikan akan bermacam-macam kemudahan yang ada di pantai dengan panaroma duit mempesona ini juga gencar dilaksanakan sampai ketika ini.

Contoh jenis akomodasi yang akan Anda jumpai di pantai nan eksotik ini antara lain yakni area parkir, toilet, kamar bilas, dan juga mushola untuk beribadah. Tidak hanya itu, di tempat pantai juga sudah dilengkapi dengan gardu pandang SAR yang dibentuk khusus unuk mengembangkan keamanan pengunjung yang datang kesana. Hal ini alasannya adalah diketahui bahwa ombak di daerah Pantai Parangtritis ini terbilang besar alasannya adalah pribadi dari laut selatan.

Fasilitas berbentukpenginapan dan kedai kuliner juga banyak tersebar di daerah pantai ikonik khas dari Yogyakarta ini. Masyarakat yang tinggal di sekeliling tempat pantai Kota Pelajar ini juga terkenal akan keramahannya sehingga menciptakan Anda betah untuk berwisata di tempat tersebut. Dengan kemudahan yang mendukung berpadu bersama keramahan masyarakatlokal menyebabkan lokasi wisata ini sungguh sayang kalau dilewatkan begitu saja.

Tidak sedikit aktivitas seru yang mampu Anda kerjakan ketika berkunjung ke salah satu pantai di daerah Yogyakarta ini. Sebut saja berburu sunset di pantai nan indah tersebut dan juga menjajal naik delman, kuda, ataupun ATV untuk berkeliling di area pantai. Bagi Anda yang akan menginap di tempat ini juga sudah tersedia banyak homestay untuk mampu dipilih. Fasilitas terbaik pun akan Anda dapatkan dengan berkunjung ke tempat rekreasi favorit yang satu ini.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!