Pantai Manggar Segara Sari – Pesona, Aktivitas Piknik, Lokasi & Harga Tiket

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket Pantai Manggar Segara Sari ialah destinasi bahari favorit di Balikpapan yang menyuguhkan pemandangan alam memanjakan mata.

Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Pantai Manggar Segarasari, Manggar Baru, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur; Map: Cek Lokasi

Kalimantan Timur memang tidak pernah gagal memperlihatkan daya tarik wisatanya. Terutama Kota Balikpapan yang terkadang menjadi tujuan liburan para wisatawan. Salah satu destinasi yang tersohor di golongan traveler ialah Pantai Manggar Segarasari. Di pantai ini Anda akan menikmati beragam wahana yang menciptakan momen piknik berkesan. Penasaran bagaimana apiknya Pantai Manggar? Simak ulasannya disini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Manggar

Daya Tarik Pantai Manggar
Image Credit: Google Maps Haris Putra Nasution

Pantai Manggar Segara Sari ialah salah satu destinasi rekreasi favorit di Kota Balikpapan. Setiap harinya pantai ini selalu dipenuhi oleh hadirin lokal maupun luar negeri. Rata-rata wisatawan kepincut oleh keindahannya sekaligus jejak sejarah yang masih tertinggal. Ada cagar budaya adalah bunker Jepang, yang berada tak jauh dari patung Beruang Madu.

Bunker tersebut yaitu tempat perlindungan serdadu Jepang ketika menduduki kota Balikpapan. Di bunker ini Anda dapat melihat sisa-sisa peninggalan Jepang berupa alat-alat perang, walaupun sebagiannya telah rusak. Setelah pemugaran di beberapa bab bunker ini menjadi salah satu ikon dari pantai ini, hadirin pun diperbolehkan masuk ke dalamnya.

Tidak cuma ikon bunker saja, pantai seluas 13 kilometer ini mempunyai pemandangan alam yang memanjakan mata. Pengunjung disuguhi dengan pemandangan air maritim biru dan jernih, sesekali akan tampakkapal-kapal melintas di lautan. Hamparan pasir putihnya membentang cukup panjang. Butiran pasirnya sungguh halus dan lembut sehingga kaki tak akan terluka ketika berlangsung diatasnya.

Gelombang air lautnya damai jadi tidak membahayakan jika hadirin ingin bermain air. Terkadang pengunjung mampu melihat perahu-perahu nelayan yang sedang mencoba mendapatkan ikan di bahari. Selain itu, keindahan bawah bahari dari Pantai Manggar juga tak tertandingi. Anda akan memperoleh beragam biota maritim serta terumbu karang yang masih alami.

Sepanjang garis pantai berjejer pohon pinus seolah melambai-lambai dan menawarkan kesan teduh. Kombinasi alam yang harmonis menunjukkan kenyaman tersendiri ketika Anda berlibur disini. Ditambah keberadaan warung-warung bersahabat pintu masuk tempat pantai, yang menjajakan masakan dan minuman untuk mengisi perut selepas bermain di pantai.

Pihak pengurus menyediakan banyak wahana permainan, mulai dari jenis permainan maritim hingga olahraga tepi pantai. Bahkan pada pertengahan tahun 2020, pemerintah memperbesar kemudahan baru yang mampu dirasakan pengunjung. Mulai dari kursi santai lengkap dengan payung besar, sampai beberapa gazebo selaku tempat istirahat para pelancong.

Pengelola wisata juga menyertakan ayunan kayu di pinggir pantai, yang kian memperbesar daya tarik dari Pantai Manggar Segarasari. Ada pula amfiteater yang menjadi wadah bagi para seniman Kota Balikpapan. Sayangnya amfiteater ini hanya mampu digunakan ketika ada pagelaran seni dan akhir pekan saja. Namun hal tersebut bukan masalah besar, Anda tetap mampu menerima momen liburan yang menyenangkan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Manggar

AlamatPantai Manggar
Image Credit: Google Maps Ardo Indhana

Pantai ini termasuk objek rekreasi Balikpapan, Kalimantan Timur yang tak pernah sepi hadirin. Pasalnya, lokasi pantai berada di sentra kota sehingga mudah ditempuh dari kawasan manapun. Kira-kira berjarak 20 kilometer dari sentra kota apabila menggunakan jalur darat. Anda pun mampu mengendarai kendaraan langsung atau kendaraan umum yang melalui jalan menuju pantai.

Apabila Anda tiba dari Bandara Internasional Sepinggan, maka Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 9 kilometer. Anda bisa menaiki mobil atau sepeda motor biar tiba di Pantai Manggar segera. Biasanya di sekeliling bandara sudah ada jasa penyewaan kendaraan, yang bisa memuat rombongan turis yang ingin ke pantai ini.

Namun bila menggunakan kendaraan pribadi ada dua jalur yang mampu Anda tempuh. Pertama Anda mampu melalui Kelurahan Manggar Baru dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. Sedangkan jalur kedua melalui Kelurahan Lamaru yang jaraknya sedikit lebih panjang. Keduanya memiliki kanal jalan yang mulus jadi tidak kesulitan ketika membawa kendaraan.

Jika masih resah Anda bisa menanyakan rute menuju Pantai Manggar Segarasari ke warga sekitar. Kalau penjelasan penduduk setempat kurang mengetahui, mungkin bisa menggunakan aplikasi peta dari ponsel pintar. Di sepanjang perjalanan nantinya Anda akan menemukan papan-papan yang memberikan ketepatan lokasi. Kemudian tinggal mengikutinya sampai ke kawasan tujuan.

Harga Tiket Masuk Pantai Manggar Segara Sari

Harga Tiket Pantai Manggar Segara Sari
Image Credit: Google Maps Asha Hey

Seperti halnya daerah wisata lain, pengunjung akan dikenai ongkos dikala memasuki kawasan pantai. Biasanya tiket cuma selaku susukan untuk masuk ke Pantai Manggar saja, biaya lainnya mirip sewa wahana atau perlengkapan selam belum termasuk. Biaya tiket masuk tersebut dikumpulkan sebagai dana untuk perbaikan akomodasi, atau penambahan akomodasi gres.

Untuk orang dewasa dikenakan harga tiket sebesar 3 ribu rupiah, sedangkan anak-anak sekitar 2 ribu rupiah. Bagi Anda yang membawa kendaraan wajib mengeluarkan uang ongkos parkir, untuk kendaraan beroda empat 10 ribu dan roda dua 5 ribu rupiah. Dengan harga tiket yang terjangkau tersebut Anda bisa menikmati keindahan pantai seharian penuh.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Manggar

Aktivitas di Pantai Manggar
Image Credit: Google Maps Jejak Langkah

Pantai landai ini menyajikan segala fasilitas yang diperlukan oleh para turis. Tak lupa wahana air yang siap menciptakan momen liburan makin mengesankan. Itulah alasannya mengapa Pantai Manggar kerap menjadi sasaran rekreasi paling menawan. Anda mampu menikmati kecantikan alam sembari refreshing pikiran untuk melepas bosan.

Hamparan pasir putih yang panjang dan lembut sungguh disayangkan jikalau Anda tidak bermain-main di sekitarnya. Anda bisa berjalan santai di bibir pantai sambil menikmati riak ombak menjamah kaki. Bila datang bareng keluarga atau sahabat-sahabat membuat istana pasir terasa lebih seru. Kegiatan sederhana yang lain juga bisa Anda kerjakan mirip mengubur kaki di dalam pasir.

Tak hanya bermain pasir, turis dapat menikmati pasir putih dengan acara voli pantai atau sepak bola. Pihak pengurus rekreasi sudah menawarkan net dan bola jadi Anda tinggal memakainya saja. Waktu yang tepat untuk bermain mendekati sore alasannya sinar matahari tidak terlalu terik.

Di sekitar pantai hits ini juga terdapat perahu nelayan yang bisa Anda sewa. Dengan mengeluarkan uang sewa yang terjangkau Anda bisa melihat pemandangan laut yang memesona. Berlayar sedikit menengah maka akan terlihat lautan luas yang membentang apik. Biota-biota maritim serta terumbu karang dapat Anda saksikan dari atas bahtera seeking jernihnya air Pantai Manggar Segarasari.

Puas berlayar di tengah maritim mungkin Anda bisa menjajal permainan air yang memacu adrenalin. Pengelola wisata sudah menyiapkan banana boat dan jet ski yang boleh Anda pilih. Wahana ini sudah dilengkapi perlengkapan kondusif serta pelatih yang hendak memandu Anda selama permainan berjalan.

Khusus banana boat Anda bisa menaikinya bareng rombongan, lalu ditarik memakai perahu kecepatan tinggi. Selanjutnya Anda dibawa ke tengah laut lalu dijatuhkan dari atas banana boat. Begitu pun ketika menaiki jet ski bedanya wahana ini cuma untuk per orang. Rasakan sensasi seru sekaligus menyenangkan ketika berkeliling di area maritim Pantai Manggar.

Gelombang air maritim yang tidak terlampau tinggi cocok untuk berenang atau snorkeling. Anda mampu mencoba acara menarik ini agar bisa berinteraksi dengan ikan-ikan kecil. Selain itu menyaksikan sendiri terumbu karang berbentuk unik dan terawat baik. Namun hadirin dihimbau untuk memperhatikan batasan laut, mana yang boleh dipakai berenang dan tidak boleh dilewati.

Bagi Anda yang tidak senang berbasah ria mungkin bisa duduk santai di bawah pohon pinus. Sambil menikmati segarnya air kelapa yang dapat Anda beli di warung terdekat. Di gazebo ini Anda juga bisa memakan bekal yang dibawa dari rumah, sembari bercengkrama bersama teman atau keluarga. Semilir angin khas maritim akan membuai Anda sekaligus menenangkan anggapan.

Ketika memasuki waktu senja direkomendasikan segera mengambil posisi di tepi pantai. Karena Pantai Manggar terkenal dengan suasana sunsetnya yang romantis. Anda mampu menyaksikan sendiri matahari yang akan kembali ke peraduannya. Semburat senja yang menyembur akan membentuk siluet-siluet bagus. Biasanya pengunjung berebutan mengambil momen ini untuk kenangan.

Dari semua wahana yang tersedia di pantai ini, jangan lupa untuk mengabadikannya dalam kamera. Selain itu Anda juga dapat mengambil banyak foto di beberapa spot instagramable. Karena setiap sudut pantai ini mempunyai keindahan yang sayang bila dilewatkan. Pastikan pulang dari pantai eksotis ini Anda mempunyai banyak koleksi foto untuk diunggah ke sosial media.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Manggar

Penginapan Sekitar Pantai Manggar
Image Credit: Google Maps OYO 2731 MIM Guest House Syariah

Keindahan Pantai Manggar memang sering menciptakan pelancong lupa waktu. Sampai tak terasa waktu malam telah tiba, sehingga mau tidak mau harus bermalam di sekitar pantai. Anda tak perlu khawatir karena banyak penginapan yang memperlihatkan kawasan istirahat nyaman. Dengan tarif per malam ramah kantong Anda telah mampu menikmati kemudahan lengkap.

Rata-rata penginapan memiliki jarak yang tidak mengecewakan bersahabat dengan pantai. Jadi Anda tidak kerepotan mencari tempat menginap di luar dari tempat pantai. Bahkan beberapa penginapan menawarkan kamar yang jendelanya berhadapan pribadi dengan pantai. Alhasil Anda bisa menyaksikan matahari terbit dari kamar tanpa harus turun ke area rekreasi.

Kualitas penginapan tidak kalah dengan hotel di pusat kota Balikpapan. Dengan harga terjangkau Anda tetap dapat mencicipi segudang kemudahan menggembirakan. Mulai dari kamar luas, ranja besar dan empuk, serta kamar mandi lengkap dengan perlengkapan mandinya. Dijamin Anda akan mendapatkan pengalaman bermalam yang sangat berkesan.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Manggar Segarasari

Fasilitas antai Manggar Segarasari
Image Credit: Google Maps bambang hartono

Sebagai daerah wisata yang pengunjungnya dari banyak sekali pengunjung, pasti pihak pengurus pantai terus melakukan pembenahan. Terutama dari sisi fasilitas yang sebisa mungkin memberikan ketentraman untuk hadirin. Di mulai dari jalan masuk jalan yang telah diperbaiki sehingga pelancong tidak akan kesulitan untuk mencari lokasi wisata.

Kemudian beberapa warung yang bertebaran di pinggir pantai dikelompokkan menjadi satu lokasi. Di pujasera tersebut Anda akan menemukan beragam menu yummy dan menggiurkan. Menu seafood menjadi primadona yang senantiasa dikejar turis, alasannya bahannya pribadi dari laut Pantai Manggar. Disini Anda juga mampu membeli oleh-oleh khas Balikpapan untuk dibawa pulang.

Satu lagi bagunan yang masih gres ialah children play ground, wahana khusus anak-anak yang menggembirakan. Para orang renta bisa mengawasinya dari tenda-tenda kecil yang diresmikan di sekeliling play ground. Selain itu ada tempat penyewaan peralatan untuk bermain air. Makara Anda tidak butuhrepot membawa banyak perlengkapan dari rumah alasannya telah tersedia lengkap.

Saat berkunjung ke Balikpapan memang kurang lengkap jikalau belum ke Pantai Manggar. Keindahan alamnya boleh dibuktikan sendiri, dijamin tidak akan menyesal jika sudah tiba di lokasi. Anda bisa bermain banyak wahana yang tersedia sambil menikmati paduan alam yang sempurna. Liburan Anda kali ini akan terasa lebih menggembirakan dan banyak momen berkesan.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!