Pantai Papuma Jember – Pesona, Acara Piknik, Lokasi & Harga Tiket

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Desa Lojejer, Kec. Wuluhan, Kab. Jember, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Sebagai salah satu destinasi rekreasi yang ada di Jawa Timur, daerah Jember banyak dikunjungi wisatawan dikala ekspresi dominan liburan datang. Tidak sedikit daerah wisata yang disediakan di kawasan tersebut, seperti misalnya Pantai Papuma yang menyimpan keindahan alamnya. Banyak hal menawan yang dapat Anda lakukan ketika berada di pantai ini. Penasaran akan daya tarik yang tersimpan di pantai yang ada di daerah Jember tersebut? Mari simak ulasannya disini.

Daya Tarik dari Pantai Papuma

Daya Tarik Pantai Papuma Jember
Image Credit: Google Maps Haris Rizq Falih

Dapat dimengerti sebelumnya bahwa nama pantai berupa Papuma biasa disebut dengan ungkapan Malikan. Papuma sendiri juga ialah sebuah singkatan dari kata Pasir Putih Malikan. Pantai yang satu ini juga mempunyai nama lainnya adalah Pantai Tanjung Papuma. Hal ini dikarenakan letak dari pantainya yang seakan menjorok ke arah maritim. Banyak spot menawan pula yang mampu Anda kunjungi selagi berada di pantai ini.

Seperti contohnya spot di Bukit Pandang yang ada pada pantai tersebut. Bukit ini juga dikenal dengan nama Siti Hinggil. Anda mampu menikmati keindahan alam di pantai tersebut dari bab atas. Untuk hingga disana, Anda mampu menapaki anak tangga yang telah dibentuk dengan tampilan yang mempesona. Dengan anak tangga yang berwarna warni dipadu flora menghijau di sekitarnya menjadikan tempat ini mampu dipakai untuk spot berfoto.

Daya tarik lain yang dimiliki pantai ini yaitu dari aktivitas menyelam yang mampu Anda kerjakan. Terdapat hamparan terumbu karang dan biota laut nan indah yang sayang kalau dilewatkan begitu saja. Namun bagi Anda yang akan mencari situasi liburan santai, maka juga masih terdapat hal yang lain yang bisa dikerjakan. Kegiatan yang dimaksud yakni memancing di perairan pada pantai tersebut.

Berburu sunset juga menjadi hal yang menggembirakan selagi berlibur di pantai ini. Panaroma sunset inilah yang membuat pantai ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang. Dikenal dengan istilah surga tersembunyi mengakibatkan pantai ini banyak dikunjungi oleh wisatawan dari aneka macam kawasan. Sebutan tersebut karena pantai ini memang terkesan tertutupi dengan bukit dan banyaknya tumbuhan di sekitarnya.

Rute Menuju ke Pantai Papuma

Rute Menuju Pantai Papuma Jember
Image Credit: Google Maps Imam Annas Ridla

Untuk hingga ke lokasi dari pantai ini, Anda dapat menempuhnya dengan menggunakan kendaraan roda 2 atau 4 dari sentra kota. Jarak pantai ini dengan sentra kota daerah Jember kurang lebih ialah 35 kilometer. Dari arah kota, Anda bisa menuju ke arah selatan untuk hingga di pantai nan indah tersebut, ialah menuju ke arah Jenggawah. Lalu berbelok untuk menuju ke daerah Sabrang.

Diketahui pula bahwa letak dari pantai ini juga berdekatan dengan tempat rekreasi Pantai Watu Ulo Jawa Timur. Begitu sampai di gerbang masuk Pantai Papuma ini, Anda diharuskan untuk membayar tiket masuk kepada pihak pengurus. Setelah itu, Anda mampu melalui bukit dengan nuansa nan menyejukkan mata. Medan yang dilalui untuk menuju ke daerah ini juga terbilang cukup baik dengan panorama alam nan indah di sekitarnya.

Harga Tiket Masuk di Pantai Papuma

Harga Tiket Masuk Pantai Papuma Jember
Image Credit: Google Maps Dn Wdynti

Bagi Anda yang hendak berwisata tentu duduk perkara budget biaya adalah suatu hal yang patut untuk dipertimbangkan. Mulai dari biaya untuk transportasi, konsumsi, dan juga tiket masuk ke daerah rekreasi ini. Karena tiket masuk ke tempat ini relatif terjangkau juga menimbulkan budget yang perlu ditawarkan tidak terlampau besar. Namun tentu saja harga tiket masuk tersebut akan berlawanan pada ketika hari lazimdengan selesai pekan.

Jika berangkat dari sentra kota, biaya yang diperlukan juga berkisar di angka 100 ribu saja. Dari nominal tersebut akan lebih banyak dianggarkan untuk biaya transportasi dan juga konsumsi selagi berwisata ke daerah tersebut. Saat berada di tempat pantai ini, kendaraan Anda pun akan dikenakan biaya parkir sesuai dengan jenis kendaraan yang ada. Namun ongkos parkir tersebut juga sama halnya dengan biaya parkir di tempat yang lain.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Papuma

Kegiatan di Pantai Papuma Jember
Image Credit: Google Maps Rose The Ant To

Sesuai dengan daya tarik yang dimilikinya, di pantai ini Anda bisa melakukan beragam aktivitas yang menarik. Sebut saja berburu spot mempesona di pantai tersebut. Anda dapat mencoba berburu foto di pantai tersebut dari bab atas dengan mendaki bukit yang ada. Di atas bukit juga telah terdapat bangunan mirip pendopo yang telah dibuat khusus bagi para turis.

Pemandangan alam nan indah pun tersaji dari atas ketinggian pada bukit tersebut. Anda pun mampu mencoba berburu foto di area bibir pantai. Pasir putih nan lembut pun akan menyelinap di sela-sela jari dan membuat aktivitas berfoto ini menjadi semakin menyenangkan. Di area tersebut pun Anda mampu berleha-leha sejenak dari keramaian kota yang pada kegiatan rutin sehari-hari.

Kegiatan menarik lain yang dapat Anda lakukan yakni mencoba menaiki bahtera yang terdapat pada kawasan rekreasi tersebut. Untuk menikmati sensasi naik kendaraan jenis ini, Anda akan dikenakan biaya tertentu untuk menyewanya. Dengan hal tersebut, Anda pun bisa berada di dekat formasi karang yang banyak tersebar di area pantai indah ini. Tentu pengalaman menaiki bahtera sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Kegiatan camping pun bisa Anda kerjakan ketika berada di area wisata ini. Hal ini tentu menimbulkan nilai lebih dari liburan yang Anda kerjakan di pantai tersebut. Keindahan bahari yang ada akan berpadu dengan keseruan selama melaksanakan kegiatan camping. Ketika malam hari, Anda pun dapat menikmati situasi pantai yang berbeda sembari diiringi dengan bisikan irama pepohonan di sekitarnya.

Yang tidak kalah mempesona dari daerah ini ialah Anda dapat melakukan kegiatan memancing dan juga menyelam. Di perairan yang dipenuhi dengan bebatuan mencolokinilah Anda bisa melaksanakan aktivitas memancing. Dengan melaksanakan kegiatan menyelam, Anda pun bisa menikmati panaroma keindahan bawah laut yang ditawarkan di kawasan ini. Sajian kuliner enak pun bisa Anda coba selagi berwisata ke salah satu pantai di Jember tersebut.

Penginapan yang Ada di Pantai Papuma

Penginapan Pantai Papuma Jember
Image Credit: Google Maps Anastasiya Ivanova

Bagi Anda yang berkunjung di pantai bagus ini, tidak perlu galau perihal dilema penginapan yang mau dituju selagi berada di daerah tersebut. Mulai dari resort hingga hotel yang banyak tersebar di sekeliling kawasan pantai. Jika bertanya terkait duduk perkara harga, maka biaya sewa yang ditawarkan juga terbilang beragam. Anda pun dapat memilih jenis penginapan tersebut sesuai dengan keperluan yang dimiliki.

Di era modern seperti dikala ini, Anda juga bisa melaksanakan booking ke tempat penginapan jauh-jauh hari sebelumnya. Sementara bagi Anda yang hendak menjajal sensasi menginap yang berlainan selama piknik, maka Anda bisa mencoba camping di area pantai tersebut. Kegiatan camping ini pun juga akan terasa seru dengan banyaknya fasilitas yang mendukung di sekitar pantai.

Seiring berjalannya waktu, terdapat banyak penambahan jumlah penginapan di kawasan wisata yang satu ini. Tentu saja dengan hal tersebut menimbulkan daerah wisata ini kian patut untuk dikunjungi. Dengan menginap di area Pantai Papuma ini, Anda bisa merasakan suasana pantai yang berbeda di malam hari. Momen yang menenangkan sembari menikmati suara ombak pun dapat diperoleh dengan berwisata di tempat ini.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Papuma

Fasilitas Pantai Papuma Jember
Image Credit: Google Maps Edy Winoto

Terdapat beberapa kemudahan yang telah ditawarkan di pantai ini. Dengan pembangunan kemudahan tersebut juga menyebabkan pantai ini sangat nyaman dan diusulkan untuk dikunjungi. Hingga dikala ini pihak pengelola pantai pun masih berupaya untuk berbagi bermacam-macam fasilitas tersebut. Contoh kemudahan yang diberikan antara lain yaitu, mushola, kawasan parkir, dan juga toilet.

Juga tersedia kawasan untuk menyewa peralatan menyelam dan juga pendopo di area pantai. Tidak ketinggalan, terdapat pula resort serta kedai kuliner dan minuman di kawasan pantai tersebut. Untuk problem isi ulang bensin bagi kendaraan, sudah tersedia kawasan yang menjual materi bakar tersebut di area pantai ini. Dengan beragam kemudahan tersebut pasti menjadi nilai lebih tersendiri dari destinasi wisata tersebut.

Terdapat banyak hal mempesona yang mampu Anda lakukan saat berwisata ke tempat ini. Sebut saja memancing, menyelam, dan juga berburu spot foto yang menarik. Sajian kuliner di kawasan ini pun sungguh sayang jika dilewatkan begitu saja. Mengenai persoalan ongkos, untuk berwisata ke tempat ini ongkos yang mesti dikeluarkan juga relatif masih terjangkau selayaknya kawasan wisata yang lainnya. Anda kepincut ke tempat wisata yang satu ini?

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!