Gili Ketapang Probolinggo – Pesona, Acara Piknik, Lokasi & Ongkos Wisata

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Biaya Wisata: Mulai Rp 95.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sapia, Gili Ketapang, Kec. Sumberasih, Kab. Probolinggo, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Wisata alam memang menawarkan liburan yang berbeda dengan wisata yang lain. Salah satu ciri khasnya yakni jauh dari hiruk pikuk kota sehingga menciptakan pikiran menjadi lebih hening. Jika sedang mencari tempat wisata dengan menyajikan keindahan pemandangan seperti Gili di Lombok, Anda mampu mengunjungi Gili ketapang yang ada di Probolinggo. Ingin mengenali lebih banyak wacana wisata laut terindah di Jawa Timur in? Yuk simak isu lengkapnya berikut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Gili Ketapang

Daya Tarik Gili Ketapang
Image Credit: Google Maps Rio Wija

Pesona Gili Ketapang di Probolinggo dapat dilihat dari pasir pantai putih dan keindahan pantainya. Pasir yang ada di daerah ini tampak halus dan lembut, alasannya memang kawasan ini sangat terjaga kebersihannya. Maka tidak heran kalau banyak wisatawan yang tertarik menghabiskan liburan di pulau kecil ini. Ada banyak titik titik yang dipakai khusus untuk berfoto, maka kawasan ini tujuan yang sempurna bagi Anda yang sedang hunting foto dikala liburan.

Tak hanya hamparan pasirnya putihnya yang indah ataupun birunya air pantai yang memanjakan mata, keindahan bawah lautnya juga tidak kalah mempesona untuk dikejar . Ikan ikan yang manis dan lucu dengan warna warna yang cerah menyelinap di terumbu karang menjadi salah satu panorama yang tak boleh dilewatkan. Maka pastikan Anda membawa kamera terbaik untuk mengabadikan setiap momen liburan di Gili Ketapang.

Paket Wisata Gili Ketapang
Cek di Traveloka.com Cek di Tiket.com

Daya tarik wisata ini tak cuma berkonsentrasi pada keindahan alamnya saja, keramahan masyarakatsekitar juga menjadi keuntungan selanjutnya yang akan didapatkan oleh para hadirin. Mengunjungi daerah ini akan membuat Anda seperti berada di rumah sendiri. Mereka menyambut turis dengan baik. Dengan luas kawasan sampai 68 hektar, pulau kecil ini dihuni oleh penduduk dengan jumlah sekitar 7.600 jiwa.

Alamat & Rute Perjalanan Menuju Pulau

Alamat Gili Ketapang
Image Credit: Google Maps Rio Wija

Lokasi daerah rekreasi ini terletak di Desa Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Probolinggo, Jawa Timur. Maka perjalanan pertama untuk sampai ke daerah ini, Anda harus mengambil arah menuju Probolinggo.  Jika berasal dari Malang, Surabaya dan sekitarnya maka Anda bisa mengambil rute k arah Probolinggo melewati kabupaten Pasuruan. Setelah melewati jalur kota Probolinggo, Anda mampu melanjutkan perjalanan dengan mengambil jalan Pantura yang nantinya akan melewati pinggir bahari.

Rute ini akan mengarahkan Anda menuju ke Pelabuhan Tembaga Probolinggo. Sedangkan jikalau berasal dari wilayah Selatan yang meliputi Lumajang, Jember dan sekitarnya maka Anda mampu mengambil rute ke sentra Probolinggo atau ke alun alun kota. Selanjutnya, Anda mampu mengambil rute ke utara hingga Anda memperoleh pelabuhan Probolinggo. Namun, kalau berasal dari Bondowoso, Situbondo dan sekitarnya, maka Anda bisa mengambil rute pantai utara.

Selain memakai kendaraan langsung, Anda juga bisa naik transportasi biasa menuju ke terminal maupun stasiun Probolinggo. Selanjutnya, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Tanjung Tembaga. Namun, kalau liburan bersama keluarga sebaiknya Anda memakai kendaraan pribadi. Setelah hingga di pelabuhan Tanjung Tembaga, Anda mesti melanjutkan perjalanan dengan menaiki kapal agar mampu sampai ke Gili ketapang Probolinggo.

Biaya Wisata ke Gili Ketapang Probolinggo

Biaya Wisata Gili Ketapang
Image Credit: Google Maps Bayhaqi Ahmad

Berlibur ke suatu daerah, tentu Anda juga mencari tahu ihwal ongkos yang mesti dikeluarkan untuk masuk ke daerah rekreasi tersebut. Mengunjungi Gili Ketapang sendiri, Anda tidak dibebankan ongkos atau mampu dibilang gratis. Namun, saat melalui pelabuhan Probolinggo Anda mesti mengeluarkan uang tiket masuk sekitar dua ribu rupiah untuk setiap penduduknya. Sedangkan untuk ongkos penyeberangan ke pulau Gili ketapang dibanderol dua puluh ribu rupiah.

Untuk  biaya parkir sepeda motor di pelabuhan dibebankan sebesar lima ribu rupiah dan jikalau Anda menjinjing mobil, maka ongkos parkir menjadi lima belas ribu rupiah. Namun untuk menikmati wisata yang lebih banyak, Anda mampu memilih menggunakan paket rekreasi. Biasanya harga yang ditawarkan sangat bermacam-macam mulai dari Rp 95 ribu hingga Rp 150 ribu setiap orangnya. Namun, untuk paket wisata ini lebih tepat jikalau Anda piknik bersama rombongan.

Selain itu, ketika menentukan paket rekreasi maka Anda harus mematuhi  agenda aktivitas dan beberapa ketentuan yang lain. Namun perlu dikenali kalau jam penyeberangan menuju ke daerah rekreasi ini tidak selama dua puluh empat jam, dimana pelabuhan hanya dibuka dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore saja. Maka jam operasional dari rekreasi ini juga mengikuti waktu buka pelabuhan. Oleh alasannya adalah itu, semestinya Anda mengunjunginya pada ketika pelabuhan ini masih dibuka.

Paket Wisata Gili Ketapang
Cek di Traveloka.com Cek di Tiket.com

Aktivitas yang Seru di Gili Ketapang

Kegiatan Gili Ketapang
Image Credit: Google Maps Humada Alfian

Mengunjungi daerah rekreasi ini tentu Anda mampu melaksanakan banyak hal. Mulai dari menikmati keindahan pantainya hingga berenang di pinggir pantai. Namun, diantara sekian acara yang mampu dikerjakan di kawasan ini,acara yang menjadi andalan bagi para wisatawan yaitu snorkeling. Apalagi Gili Ketapang memperlihatkan keindahan bawah bahari yang memukau. Salah satu ikan yang mampu Anda temui saat snorkeling di daerah ini yaitu ikan nemo.

Setidaknya ada sekitar 20 meter yang ialah daerah snorkeling untuk menyaksikan pesona bawah maritim di Gili Ketapang. Anda tidak perlu khawatir kalau kesulitan mendapatkan lokasi snorkeling yang sempurna, sebab warga sekitar sangat mengenali spot spot tertentu yang menyuguhkan panorama yang keren. Inilah yang menjadi salah satu laba bagi Anda dikala mengunjungi kawasan wisata satu ini.

Spot foto dengan balok kotak sisi empat menjadi salah satu titik andalan bagi wisatawan untuk mengabadikan momen dikala snorkeling di Gili Ketapang. Ada beberapa tulisan mempesona yang bisa Anda jumpai mirip selamat tiba di Gili Ketapang, Kapan kamu berkunjung ke Gili Ketapang dan tulisan tulisan unik lainnya. Penempatan balok ini juga sudah disesuaikan dengan kondisi terumbu karang, sehingga keberadaannya tidak akan mengganggu spesies bahari yang tinggal di tempat ini.

Penginapan di Sekitar Gili Ketapang

Penginapan Gili Ketapang
Image Credit: Google Maps Rio Wija

Jika berasal dari kawasan yang akrab dengan Probolinggo, pasti Anda tidak membutuhkan tempat penginapan ketika piknik di daerah ini. Meskipun demikian, banyak wisatawan yang ternyata tidak cukup jikalau menghabiskan liburan sehari saja di Gili Ketapang, sehingga memutuskan untuk menginap. Bagi Anda yang juga ingin menginap di tempat ini, terdapat homestay yang disediakan di sekeliling pantai Gili Ketapang Probolinggo.

Banyak juga wisatawan yang ternyata lebih menentukan camping di pinggir pantai. Mengingat dengan mendirikan tenda, maka Anda bisa menikmati alam di sekeliling Gili Ketapang pada malam hari. Tentu ini akan sungguh menggembirakan apalagi bila Anda liburan bareng keluarga atau orang orang terdekat. Namun, semua kembali pada selera Anda lebih menyukai menginap di homestay atau camping.

Fasilitas yang Tersedia di Gili Ketapang

Fasilitas Gili Ketapang
Image Credit: Google Maps Bayhaqi Ahmad

Mengunjungi tempat rekreasi dengan sarana dan prasarana yang lengkap tentu dapat menunjang acara di daerah wisata. Di Gili Ketapang sendiri, telah ditawarkan kemudahan yang cukup lengkap mulai dari area parkir, homestay untuk menginap, dan spot foto yang menawan. Ada juga warung makan di sekitar pantai yang mampu Anda datangi untuk menghilangkan lapar. Jika ingin menikmati piknik yang lebih seru, Anda mampu memilih beragam paket snorkeling.

Fasilitas untuk snorkeling sendiri sungguh lengkap sehingga Anda tidak perlu repot repot membawa peralatan snorkeling dari rumah. Selain itu, ada pemandu snorkeling yang terlatih yang mau mengarahkan Anda untuk menikmati keindahan bawah maritim di pulau ini, tergolong menawarkan spot snorkeling terbaik. Selain itu, tersedia juga spot memancing bagi Anda yang ingin merasakan serunya menangkap ikan di pulau ini.

Fasilitas yang lain mencakup banana boat dan kapal motor. Mengunjungi kawasan rekreasi ini tidak akan membuat Anda kecewa dengan banyak sekali akomodasi yang sudah tersedia di daerah rekreasi ini. Namun, untuk menikmati akomodasi tertentu, Anda perlu membayar biaya tambahan seperti banana boat dan snorkeling. Tentu sangat sayang untuk dilewatkan kalau Anda jauh jauh ke pulau Gili Ketapang tanpa menjajal banyak sekali acara seru yang ada di sana.

Mengunjungi Gili Ketapang menjadi pilihan yang sempurna untuk Anda yang menggemari snorkeling, Pasalnya, di kawasan ini memberikan keindahan terumbu karang dan hewan bawah bahari. Jika ingin menikmati piknik yang lebih mudah, Anda bisa menentukan paket wisata yang banyak ditawarkan oleh jasa tour dan travel. Karena Anda hanya perlu mengeluarkan uang sekali saja untuk ongkos fasilitas, hingga penginapan. Namun bukan menjadi problem kalau Anda ingin menikmati piknik dengan menjadi backpacker.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!