Pantai Batu Karas Pangandaran – Pesona, Acara Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Harga Tiket: Rp 6.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Desa Batu Karas, Kec. Cijulang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Pantai menjadi salah satu destinasi rekreasi yang paling banyak disenangi dan dikunjungi oleh penduduk dunia. Negara negara dengan pantai memesona nan eksotis merupakan destinasi yang paling banyak dikunjungi. Sebagai negara kepulauan dengan garis pantai yang panjang, Indonesia tak kalah terkenal di mata dunia. Ada sekian banyak pantai Indonesia yang menjadi idaman, salah satunya adalah Pantai Batu Karas Pangandaran.

Tak hanya menarik turis domestik, pantai di Pangandaran ini juga menarik perhatian pelancong dunia. Karena semakin terkenal, pihak pengurus pun terus berbenah guna memperlihatkan daerah wisata yang memberikan pelayanan terbaik. Tidak hanya menawarkan keelokan pemandangan saja, pantai tersebut juga menunjukkan banyak sekali kegiatan menarik. Penasaran dengan pantai Batu Karas Pangandaran? Yuk simak ulasan ini.

Daya Tarik Pantai Batu Karas

Daya Tarik Pantai Batu karas
Image Credit: Google Maps indra triadhi

Pantai di Indonesia populer memiliki daya tarik yang memang tidak bisa ditolak pesonanya, bahkan masing masing pantai mempunyai daya tariknya tersendiri. Sama mirip pantai kerikil Karas yang mempunyai daya tarik tersendiri, sampai penduduk dunia pun berbondong bondong tiba berkunjung. Renang dan surfing yaitu pesona yang paling banyak diminati di kalangan turis.

Seperti yang dikenali, pantai pantai yang berada di sepanjang selatan pulau jawa dikenal mempunyai ombak yang ganas. Dimana hal tersebut sebab adanya pertemuan langsung dengan samudera Hindia. Namun pantai Batu Karas berlainan, pasalnya di sepanjang pantai tersebut populer kondusif dari risiko karam ataupun terseret ombak. Sehingga tak mengherankan bila pantai tersebut menjadi favorit bagi turis setempat maupun abnormal untuk sejenak menikmati pantai atau yang lain.

Meskipun terbilang mempunyai air yang hening, namun pantai Batu Karas Pangandaran terkenal dengan ombak lautnya yang menantang. Hal tersebutlah yang menciptakan pantai Batu Karas populer di kalangan pala peselancar. Dimana mereka berbondong bondong ingin merasakan sensasi menaklukkan ombak pantai selatan yang terkenal ganas. Bahkan tidak jarang banyak peselancar yang menyebut pantai tersebut sebagai Bali Kecil.

Menurut situs www.wannasurf.com, ombak yang dimiliki pantai Batu Karas cocok untuk peselancar kelas pemula dan menengah. Sedangkan untuk peselancar profesional, pantai tersebut terlalu gampang untuk ditaklukkan. Yang menjadi pesona pantai satu ini di mata peselancar yaitu adanya teluk kecil, sehingga mereka tidak perlu mendayung papan terlalu jauh untuk menuju titik awal gelombang.

Pengunjung yang ingin melakukan selancar, disana mampu dengan gampang menjumpai persewaan perlengkapan selancar serta instruktur peselancar berpengalaman yang bisa mengajarkan para pemula. Di pantai Batu Karas terdapat 3 spot favorit para peselancar, ialah Bulak Pendek, Legok Pari, dan Karang. Bulak Pendak lazimnya dipakai oleh peselancar profesional karena memiliki gelombang tinggi dan panjang. Sedangkan Legok Pari, cocok bagi pemula alasannya adalah mempunyai ombak yang tidak tinggi.

Alamat dan Rute Menuju Pantai Batu Karas

Alamat Pantai Batu karas
Image Credit: Google Maps Lely Bei7

Pantai Batu Karas terletak Pangandaran, Jawa Barat lebih tepatnya berlokasi di desa Batukaras kecamatan Cijulang. Pantai tersebut sekitar 34 km dari sentra kabupaten Pangandaran. Pantai yang disebut sebut selaku perpaduan pantai Pangandaran dan Batu Hiu ini, ternyata sudah tercatat di situs milik PBB atau insto.unwto.org selaku salah satu objek rekreasi favorit bagi penduduk dunia.

Jika pengunjung berasal dari arah Jakarta dan sekitarnya, maka jarak ke wisata pantai Batu Karas kurang lebih sekitar 392 kilometer ke arah tenggara. Sementara untuk hadirin yang berasal dari tempat Bandung dan sekitarnya, maka jarak yang harus ditempuh ke pantai Batu Karas sekitar 197 kilometer ke arah tenggara. Sedangkan hadirin yang tiba dari arah pantai Pangandaran, jaraknya cuma sekitar 34 kilometer dan perlu waktu 30 menit dengan menggunakan kendaraan.

Jika pengunjung menggunakan kendaraan pribadi ataupun mobil sewaan, jikalau sudah tiba di Pangandaran mampu langsung mengambil arah ke Cijulang. Menggunakan rute satu ini tidaklah terlalu sulit, sebab sudah ada banyak papan penunjuk arah. Tapi kalau kesulitan membaca papan penanda arah, bisa mengajukan pertanyaan terhadap penduduk sekitar. Sementara itu, kalau hadirin ingin memakai kendaraan lazim maka bisa tiba dahulu ke terminal Pangandaran.

Dari terminal Pangandaran, perjalanan dapat dilanjutkan dengan menggunakan minibus atau angkot dengan tujuan Cijulang. Namun dari Cijulang, satu satunya angkutanyang mampu digunakan biar sampai ke pantai Batu Karas yakni dengan ojek. Tarif dari ojek tersebut sekitar Rp. 30 ribu, namun harga tersebut masih mampu dinegosiasikan dengan tukang ojeknya.

Harga Tiket Masuk Pantai Batu Karas

Tiket Pantai Batu karas
Image Credit: Google Maps Ira K

Untuk memajukan dan memberikan akomodasi terbaik bagi para pengunjung, pengurus pantai Batu Karas menetapkan harga tiket masuk. Dimana harga tiket masuk tersebut diadaptasi dengan transportasi yang dipakai oleh pengunjung. Untuk pengunjung yang tidak memakai kendaraan alias cuma berlangsung kaki, harga tiket masuk sebesar Rp 6.000.

Pengunjung dengan kendaraan sejenis Jeep atau Sedan, tarif masuk seharga Rp. 9.200. Untuk pengunjung yang membawa kendaraan sejenis Carry, akan ditarik tarif sebesar Rp. 17.200. Pengunjung yang menjinjing kendaraan dengan penumpang besar, tarif masuk pantai sebesar Rp. 22.200. Pengunjung dengan bus kecil, ongkosnya sebesar Rp. 32.700. Pengunjung pantai dengan bus sedang, tiket masuk seharga Rp. 49.500. serta pengunjung dengan bus besar, tiketnya sebesar Rp. 80.500.

Kegiatan Menarik di Pantai Batu Karas

Kegiatan Pantai Batu karas
Image Credit: Google Maps heri herdiyana

Tidak cuma terkenal di kalangan para peselancar, pantai Batu Karas juga populer sebagai objek rekreasi keluarga. Pasalnya di pantai tersebut terdapat aneka macam rekreasi bahari yang mampu dicicipi oleh para hadirin. Ada banyak sekali permainan air yang mampu dicicipi, mirip jet ski dan juga banana boat. Selain itu juga ada rekreasi kereta kuda di sepanjang pantai. Tidak cuma itu, pantai Batu Karas juga cocok untuk pengunjung yang suka berpetualang, alasannya ada sejumlah kawasan hiking dan kemah.

Tidak hanya melaksanakan kegiatan di pantai, hadirin juga mampu menikmati keindahan hutan mangrove sembari mengambil foto selfie. Di akrab hutan mangrove juga terdapat muara sungai Cijulang yang mempunyai pemandangan alam yang sangat indah. Tetapi yang lebih menawan, di sungai tersebut terdapat bahtera yang diberi nama Restoran Apung. Perahu tersebut bisa memuat 20 orang yang mempunyai pijakan dua lantai, dimana lantai satu khusus digunakan untuk restoran.

Di bahtera tersebut juga ada permainan loncat ke sebuah balon besar. Balon besar tersebut diletakkan di belakang perahu sebagai pacuan loncat ke sungai. Namun jika tak ingin menikmati permainan loncat apung, hadirin juga mampu tinggal di atas perahu lalu menikmati pemandangan hutan mangrove serta keindahan muara dan nelayan yang tengah menjala ikan. Rute perjalanan perahu tersebut juga tidak terlampau jauh, ialah cuma di sekitaran muara hingga hutan mangrove.

Penginapan Dekat Pantai Batu Karas

Penginapan Pantai Batu karas
Image Credit: Google Maps Ganjar Nugraha

Bagi hadirin yang ingin berlama lama di pantai bahkan ingin bermalam atau pengunjung yang terlalu capai untuk melaksanakan perjalanan, maka tidak perlu cemas. Sebab, di sekitar pantai Batu Karas Pangandaran telah ada banyak penginapan maupun hotel. Dimana hotel dan penginapan tersebut sungguh beragam, bahkan ada beberapa hotel yang juga memberikan cottage dan bungalow.

Jarak penginapan atau hotel dari pantai elok ini tidak terlalu jauh, ada beberapa penginapan yang cuma perlu waktu 5 menit saja. Selain itu, ada aneka macam fasilitas yang ditawarkan masing masing hotel baik itu hotel kecil maupun hotel dengan bintang lima. Namun kalau pengunjung ingin mengenali lebih erat adab dan kebiasaan penduduk lokal, maka mampu menyewa salah satu rumah penduduk.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Batu Karas

Fasilitas Pantai Batu karas
Image Credit: Google Maps Omi Nugraha

Karena tergolong objek rekreasi yang menjadi favorit dunia, pantai Batu Karas memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Dimana akomodasi umum tersebut mulai dari penginapan dan hotel yang tersedia, penyewaan peralatan berselancar untuk pengunjung yang ingin merasakan ombak di pantai Batu Karas, kedai makanan ataupun café yang bisa dikunjungi oleh turis saat lapar, serta ada fasilitas olahraga air.

Tidak lupa juga adanya kamar mandi serta tempat ibadah. Di pantai Batu Karas juga ada berjejer toko souvenir dan cenderamata yang mampu dikunjungi oleh para wisatawan. Dimana barang barang yang dijual di toko tersebut berisikan aneka t-shirt, busana renang, serta kerajinan yang yang dibuat dari kerang ataupun benda benda bahari lain. Jika Anda terpesona membeli, jangan lupa untuk menawar.

Demikian ulasan perihal pantai Batu Karas Pangandaran yang perlu Anda pahami. Meskipun terbilang sungguh populer di golongan peselancar, namun pantai satu ini masih termasuk sepi jikalau ketimbang pantai populer yang lain yang ada di Pangandaran. Sehingga pengunjung pun mampu menikmati pantai dengan suasana kalem dan senang. Semoga ulasan ini dapat membantu dan selamat berkunjung di pantai Batu Karas.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!