Pantai Manikin, Pantai Indah Dengan Formasi Pepohonan Hijau Di Kupang

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Tarus, Kec. Kupang Tengah, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur; Map: Cek Lokasi

Pantai tergolong ke dalam salah satu daerah wisata yang mempunyai banyak penggemar dari berbagai kalangan, dari orang muda, orang berumur, maupun anak kecil. Hal itu dikarenakan banyak sekali hal seru yang ditawarkan kawasan tersebut. Pantai Manikin dengan aneka macam keunikan maupun keindahannya sungguh patut untuk Anda datangi.

Pantai Manikin sendiri dapat dengan mudah Anda peroleh dengan mengunjungi Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pantai ini mempunyai keindahan yang hampir sama dengan sejumlah pantai cantik lain yang ada di Bali. Pantai tersebut telah terkenal, baik pada golongan pelancong ataupun masyarakatyang tinggal di sekitarnya.

Daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Manikin menciptakan pelancong terpana menyaksikan pesonanya. Keeksotisannya sukses mempesona perhatian pelancong, sehingga destinasi rekreasi dengan nuansa alam tersebut senantiasa ramai dihadiri pelancong ataupun masyarakatsetempat. Lebih ramai lagi utamanya pada hari libur nasional dan weekend.

Daya Tarik yang Ditawarkan Pantai Manikin

Daya Tarik Pantai Manikin
Image Credit: Google Maps petualang 18

1. Hijaunya Pepohonan Hasil Dari Penanaman Seribu Pohon

Pantai Manikin andalan di NTT tersebut mendapatkan perhatian pemerintah setempat. Al itu dibuktikan dengan adanya penggalakan gerakan berbentukpenanaman seribu pohon yang sudah dilakukan sekitar lebih dari 11 tahun silam. Di waktu tersebut, pemerintah lokal dibantu oleh LSM OICA.

Ada jenis pepohonan yang ditanam pada area pantai tersebut antara lain pohon turi, pohon palem, pohon asam, dan kayu ulin. Pepohonan itu ditanam pada sepanjang garis pantai serta mempunyai tugas yang penting dalam pertahanan alami adanya erosi yang mampu diakibatkan gelombang ombak yang kuat.

Selain banyaknya pepohonan, di sana wisatawan dapat pula menyaksikan mirip apakah proses pembuatan perahu nelayan. Proses pembuatan perahu itu dilakukan oleh warga setempat. Bahkan bahtera nelayan ada pula yang tertambat pada muara serta dapat dijadikan spot foto anggun.

2. Mempunyai Pemandangan yang Elok

Pemandangan bagus Pantai Manikin tak cuma tampakpada ketika airnya sedang pasang sebab adanya gulungan ombak yang menghempaskan hamparan pasir pantai saja. Tetapi, juga dikala airnya sedang surut, panorama pantai tampakeksotis sekali.

Pada sepanjang jalan menuju pantai pun pemandangan yang tersaji adalah perkampungan serta persawahan. Setibanya di sana turis disambut oleh lautan yang biru dipadukan langitnya yang beru juga.

Selain itu, terdapat bukit yang semakin memperbesar kecantikan panorama di sana. Garis pantainya yang membentang panjang kurang lebih 3 km juga terlihat memukau. Garis pantai ini pun mempunyai watu koral dan juga bongkahan batuan akik dengan jumlah jutaan dan ukuran yang bermacam-macam.

Lalu ada pula tanggul alami yang terdapat pada sebagian garis pantai tersebut. Tanggul itu berupa jajaran pepohonan yang fungsinya guna menangkal resiko terjadinya pengikisan yang penyebabnya sendiri ialah ketika gelombang air lautnya sedang pasang.

3. Tempat Tinggal untuk Banyak Jenis Binatang Laut

Perairan Pantai Manikin dijadikan habitat untuk beragam jenis binatang laut, salah satunya ialah hewan mamalia paus. Bahkan, perairan laut ini pun dijadikan daerah tinggal bagi buaya air asin. Buaya ini mempunyai jenis yang beda dengan buaya jenis lain dikarenakan cara makannya.

Cara makannya yakni dengan mengkonsumsi banyak ikan yang ada di kawasan perairan pantai. Meski buaya air asin ini tinggalnya di perairan maritim di sana, namun pelancong tak akan diusik dikarenakan buaya air asin ini lazimnya mengelak kontak eksklusif dengan pelancong.

Di pantai ini pun Anda mampu menyaksikan kegiatan warga sekitar memancing. Kegiatan ini umumnya dikerjakan pada area Pulau Kera, Pulau Semau, dan Tanjung Sulamu saat sunrise.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Pantai

Alamat Pantai Manikin
Image Credit: Google Maps Prasetyo Nugrohadi

Lokasi Pantai Manikin berada dii Provinsi Nusa Tenggara Timur tepatnya di Kabupaten Kupang. Tempat yang terdapat di Desa Tarus Kecamatan Kupang Tengah ini mampu dihadiri dengan cara menyeberangi pula dengan kapal. Letaknya cukup berdekatan dengan Pantai Lasiana dan Pantai Nunsui.

Jaraknya cukup bersahabat dengan sentra perkotaan Kupang, yakni sekitar 13 km saja. Wisatawan mampu melewati rute dari Larantuka menuju Tanjung Perak Surabaya yang jaraknya sekitar 2100 km. Perjalanan menyeberangi dengan kapal menuju lokasi rekreasi memerlukan waktu 1 hari 15 jam.

Rute yang dapat dilewati adalah dari Jalan Timor Raya kisaran 1,9 km. Tak perlu cemas dikarenakan jalanannya sudah beraspal. Dari jalan raya itu, Anda dapat masuk melalui jalan di sampingnya Sekolah Dasar ataupun depannya BRI cabang Tarus.

Di sepanjang perjalanan Anda akan lewat kawasan perkampungan warga sekitar serta hamparan sawah hijau. Tiba di area pantai pun Anda akan disambut oleh perbukitan yang sungguh elok.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Manikin

Harga Tiket Masuk Pantai Manikin
Image Credit: Google Maps Prasetyo Nugrohadi

Untuk bisa memasuki daerah Pantai Manikin yang sungguh menggoda ini, maka turis nantinya akan dikenai tiket masuk seharga 15 ribu rupiah per orang. Anda juga harus mengeluarkan uang sebesar 2 ribu rupiah kalau bawa kendaraan motor. Sementara, kalau membawa kendaraan mobil harus mengeluarkan uang 5 ribu rupiah.

Pantai yang bagus tersebut buka saban hari mulai jam 8 pagi sampai jam 6 sore. Adapun tentang harga tiket dari rekreasi pantai tersebut adalah sebesar 15 ribu per orangnya. Harga tiket masuk tersebut mampu berganti saat hari libur diadaptasi dengan peraturan dan kebijakan dari pengelola pantai.

Aktivitas yang Seru di Pantai Manikin

Aktivitas Seru Pantai Manikin
Image Credit: Google Maps petualang 18

1. Berburu Foto Instagenik

Pantai Manikin memiliki banyak sekali latar belakang berfoto dengan nuansa alam yang cukup memikat. Anda dapat berfoto memakai latar belakang berupa panorama lautan warna kebiruan, langit warna biru semburat awan warna putih, dan ditambah dengan pasir pantai putih bersih.

Selain itu, dilengkapi pula oleh tanggul alami yang tidak selalu mampu Anda temukan pada pantai lain. Bahkan ketika sore hari, pemandangan pantai yang dihiasi sunset menciptakan banyak wisatawan terkagum. Hal itu alasannya adalah warna langitnya yang jingga menciptakan hasil jepretan foto tampakeksotis.

Perahu miliki nelayan yang diparkirkan pada area pantai makin memperbesar keesotisan panorama di sana. Dikarenakan keindahan inilah, lokasi pantai sering digunakan untuk spot foto prewedding.

2. Jalan-Jalan Mengelilingi Area Pematang Sawah

Sebelum sampai di Pantai Manikin, Anda akan melalui daerah perkampungan warga serta hamparan sawah hijau. Anda seharusnya mampir ke sana dan jalan-jalan pada pematang sawah. Kegiatan ini bisa menjadi suatu pengalaman baru yang sayang bila dilewatkan. Namun, acara ini ada baiknya dilaksanakan saat cuacanya sedang cerah saja.

3. Santai di Tepian Pantai

Adanya pepohonan dalam jumlah yang sungguh banyak di Pantai Manikin pastinya menjadi suatu kelebihan tersendiri. Pasalnya, wisatawan dapat bermalas-malasan di tepian pantai yang teduh dengan udara segar sebab pepohonan tersebut. Anda mampu bawa tikar sendiri sebab pantai tersebut memang cocok untuk liburan.

Pantai ini cukup dianjurkan untuk pelancong yang tengah membutuhkan lokasi untuk menyegarkan pikiran yang keruh. Sembari santai, Anda dapat merasakan semilirnya angina pantai, melihat lalu lalang bahtera nelayan ,dan mendengarkan bunyi ombak yang bergemuruh.

Fasilitas yang Tersedia di Sekitar Pantai

Fasilitas Pantai Manikin
Image Credit: Google Maps petualang 18

Mengenai fasilitas di Pantai Manikin, sudah terdapat area parkiran, wisata kuliner, aneka macam spot foto menawan sampai toilet dan kamar mandi. Sejumlah fasilitas itu cukup mencukupi, sehingga dapat dipakai wisatawan ketika tiba ke lokasi. Pada hari libur, pelancong dapat rekreasi masakan bermacam-macam masakan mirip ubi rebus, jagung bakar, dan pisang rebus.

Tersedia pula perahu nelayan bersandar di kawasan pantai. Perahu-bahtera itu boleh dipergunakan menjadi latar belakang berfoto. Ada tanggul alami yang memiliki peran untuk menghalangi pengikisan yang disebabkan gelombang ombak dari pantai saat tengah pasang. Tanggul itu berisikan aneka macam macam pohon yang rindang.

Seluruh kemudahan yang dapat Anda nikmati di pantai ini membuat aktivitas liburan semakin nyaman. Hingga saat ini pun pengelola rekreasi terus merencanakan untuk melaksanakan pembangunan atau pengembangan fasilitas menjadi lebih cantik dan lengkap lagi. Wisatawan juga dihimbau untuk menggunakan akomodasi dengan baik.

Keunikan yang terdapat pada Pantai Manikin sungguh menarik dalam mengisi piknik Anda. Apalagi, di sana ada tanggul alami yang berbentukpepohonan banyak sekali macam yang menjadikan suasananya terasa menyejukkan. Bahkan di area bibir pantai ini bukan hanya ada pasir saja, namun ada pula bebatuan dengan aneka macam warna dan jenis.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!