Penderasan Tegenungan, Pesona Alam Eksotis Yang Super Jernih Di Gianyar

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 06.30-18.30 WIB, Alamat: Jl. Ir. Sutami, Kemenuh, Kec. Sukawati, Kab. Gianyar, Bali; Map: Cek Lokasi

Air Terjun Tegenungan merupakan salah satu objek wisaat bahari yang berada di Pulau Bali. Air terjun ini lazimnya menjadi salah satu alternatif piknik bagi orang-orang yang bosan dengan destinasi rekreasi pantai. Jika Anda salah satunya, siapkan waktu di selesai pekan ini untuk mengunjungi tempat wisata air yang sedang hits akhir-selesai ini.

Mayoritas pelancong yang berlibur ke Bali lazimnya akan mendatangi kawasan-kawasan wisata yang ada di Kuta atau di ubud. Karena memang kedua kawasan tersebut menunjukkan wisata alam yang mempesona namun dengan sensasi yang berlawanan. Wisata di Kuta cocok untuk Anda yang ingin piknik ke pantai sedangkan ubud cocok untuk yang ingin menyaksikan air terjun.

Meski Bali sendiri diketahui sebagai pulau yang kaya dengan pantainya, tetapi Air Terjun Tegenungan ini mampu menjadi pilihan Anda ketika berlibur ke Bali. Air terjun yang sarat dengan daya tarik ini memang menawan amati turis tidak cuma domestic saja tapi juga banyak pelancong dari mancanegara yang kesengsem untuk menyaksikan pesona di waterfall ini.

Daya Tarik yang Ditawarkan Air Terjun Tegenungan

Daya Tarik Air Terjun Tegenungan
Image Credit: Google Maps ESNAWAN Aloysius

1. Menawarkan Pesona Alam yang Indah

Ada berbagai keindahan yang mampu Anda peroleh dikala berada di Air Terjun Tegenungan. Saat berada di objek rekreasi air ini, Anda akan pribadi disajikan dengan tempat yang sungguh mengagumkan. Air menggeluti hits ini mempunyai arus air yang agak sedikit deras. Tapi meski begitu, daya tarik yang terbentuk tetap saja menarik minatpara pengunjung.

Air tejun disini terbentuk dengan cara yang alami. Lokasinya pun ada didalam hutan. Inilah yang membuat Tegenungan menjadi air terjun yang sungguh indah dan menawan. Anda juga bisa menemukan terasering yang sungguh khas disini.

2. Memiliki Ketinggian 15 Meter

Air terjun yang tengah hits ini ternyata mempunyai ketinggian cuma 15 meter saja. Tentu jikalau daripada riam lainnya, penderasan disini tidak begitu tinggi. Meski terbilang pendek, namun pesonanya tetap tidak kalah indah dengan teladas yang lain.

Panoramanya yang indah pun bisa dijadikan daerah yang tepat untuk befoto dengan keluarga, teman atau pasangan Anda. Jadi dikala berada di tempat rekreasi ini jangan lupa untuk menyempatkan diri dengan berfoto alasannya adalah view yang didapatkan sungguh indah dan pastinya instagramable.

3. Memiliki Air yang Sangat Jernih

Daya tarik ketiga yang mau didapatkan pelancong ketika berada di Air Terjun Tegenungan adalah mempunyai air yang sangat jernih. Air disini jernih sekali sehingga menciptakan wisatawan kepincut untuk bermain air atau berendam di bawah jeram.

Apalagi airnya masbodoh dan segar. Tapi ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan salah satunya mendatangi jeram ini pada ketika animo kemarau tiba. Karena saat kemarau, airnya akan jauh lebih bersih. Berbeda dengan trend hujan dimana airnya tidak terlampau jernih dikarenakan telah bercampur dengan tanah.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Tagenungan
Image Credit: Google Maps Bali Cheapest Tours

Air Terjun Tegenungan berada di Desa Kemenuh, Gianyar, Bali. Jika Anda mulai perjalanan dari Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, maka jarak yang mesti ditempuh yakni 33 km atau dalam waktu 1 jam jika menggunakan kendaraan eksklusif.

Tapi bila dikala ini Anda berada di sentra kota Gianyar, maka waktu yang dibutuhkan untuk hingga ke riam ini hanya 15 menit saja. jikalau sudah membayar tiket masuk, maka Anda bisa masuk ke dalam dan mesti menuruni 200an anak tangga dengan jalan yang cukup curam. Tapi tenang saja, meski licin, namun anak tangganya telah dibentuk dengan beton.

Selain itu ada pagar pembatas yang akan mempertahankan keselamatan para turis saat menuruni anak tangga. Dari lokasi kawasan tiket, Anda membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit. Tapi tenaga yang dibutuhkan mesti betul-betul extra supaya bisa tiba ke lokasi rekreasi.

Harga Tiket Masuk ke Air Terjun Tegenungan

Apabila ingin berkunjung ke destinasi alam menawan ini, tentukan Anda telah mengetahui harga tiket masuknya. Jadi untuk mampu masuk ke dalam lokasi rekreasi, para pengunjung mesti mengeluarkan kocek seharga 20 ribu rupiah. Tenang saja, harganya sangat murah bila ketimbang keindahan riam yang hendak Anda peroleh nanti.

Selain harga tiket masuknya, Anda juga mesti tahu jikalau Air Terjun Tegenungan ini buka mulai dari 06.30 WIB hingga 18.30 sore. Jika Anda punya banyak waktu, silahkan pergi dari pagi hari biar mampu lebih usang. Karena aneka macam kegiatan seru yang sayang untuk dilewatkan dikala berada di lokasi rekreasi hits ini.

Aktivitas yang Seru dan Menarik Dilakukan

Aktivitas Air Terjun Tegenungan
Image Credit: Google Maps Ignacio Aguirre

1. Berenang di Bawah Air Terjun

Berbagai acara seru mampu dilaksanakan pengunjung wisata ketika berada di Air Terjun Tegenungan. Salah satunya yakni berenang di bawah teladas. Karena di bawah air terjun terdapat bak yang airnya ditemukan eksklusif dari jeram sehingga airnya sungguh jernih dan juga sejuk. Pengunjung mampu melihat bebatuan yang ada di dasar bak.

Para pengunjung bisa berenang di bak alasannya adalah airnya tidak begitu dalam. Hanya saja kalau ingin mendekat nanti mesti lebih berhati-jati. Karena beberapa waktu, ajaran di gerojokan ini mampu sangat deras. Karena itu, ada baiknya dikala berenang nanti jangan terlalu erat penderasan supaya lebih kondusif.

2. Melihat Pemandangan yang indah

Air menggeluti yang ada di Bali ini bisa dikatakan nirwana yang tersembunyi. Karena keindahan yang disediakan tersembunyi dibalik rindangnya pepohonan. Dengan ketinggian kurang lebih 15 meter, para hadirin bisa menyaksikan betapa indahnya riam ini jikalau dilihat dari bawah.

Pada saat air mengalir dengan deras, umumnya air tersebut akan perihal bebatuan yang ada di sekitarnya. Ini yang menciptakan pemandangan teladas terlihat seperti berundak-undak. Dan di bagian atasnya terdapat sungai berbatu. Pengunjung mampu duduk di watu-watu tersebut. Tapi harap mencari bagian yang tidak licin jikalau ingin duduk di bebatuan tersebut.

3. Berfoto-Foto

Jika Anda menduga di Air Terjun Tegenungan ini hanya memperlihatkan spot jeram saja, Anda salah. Karena ada banyak spot mempesona lain yang mampu dijadikan objek foto. Pihak pengurus secara sengaja menciptakan banyak kawasan indah di area wisata ini semoga menarik perhatian dari turis.

Ada juga ranting pohon yang disusun membentuk sarang burung lengkap dengan kepala burung yang menjadi hiasannya. Anda juga akan menemukan ranting berbentuk hati dan banyak lagi. Semua itu mampu menjadi objek foto yang sungguh menarik dan instagramable pastinya.

4. Bermain Ayunan

Dan aktivitas terakhir yang tak kalah seru yakni bermain ayunan. Kaprikornus tidak cuma spot foto yang instagramable saja, di kawasan Air Terjun Tegenungan Anda juga akan memperoleh ayunan yang tidak begitu tinggi tapi bisa menciptakan hadirin tegang dikala berada di atasnya. Pasalnya ayunan tersebut ada di atas tebing.

Tapi keseruan pasti akan dirasakan pada saat berayun di atasnya. Para hadirin pun bisa berfoto di atas ayunan tersebut dengan latar teladas yang indah. Saat melakukan acara ini jangan lupa untuk berhati-hati karena tidak ada tali pengamannya.

Fasilitas yang Tersedia di Sekitar Air Terjun

Fasilitas Air Terjun Tegenungan
Image Credit: Google Maps Paramveer Singh

Sebagai salah satu daerah wisata yang hits di Bali, Air Terjun Tegenungan memiliki kemudahan yang telah cukup lengkap. Air menggeluti ini diatur dengan baik. Akses menuju lokasi sungguh bagus alasannya adalah anak tangga yang dipakai sudah berpagar besi dan yang dibuat dari beton sehingga tidak licin.

Selain itu, Anda juga akan memperoleh lahan parkir yang cukup luas. Jadi itu artinya jika pergi ke kawasan wisata ini dengan memakai kendaraan langsung, sepertinya Anda sudah tidak perlu pusing lagi dimana daerah yang hendak digunakan untuk memarkirkan kendaraan tersebut. Untuk menunjang acara wisata telah ada beberapa spot selfie.

Sedangkan bagi yang ingin mencari kuliner atau minuman damai saja, di dekat objek wisata telah ada pedagang kuliner yang menjajakan kuliner dengan hidangan yang beraga, . Bagi yang sedang mencari fasilitas juga tidak masalah sebab ada banyak hotel, villa atau homestay yang letaknya tidak begitu jauh dari objek rekreasi ini.

Air Terjun Tegenungan adalah salah satu objek rekreasi hits yang ada di Kabupaten Gianyar, Bali. Banyak hadirin wisata pergi ke kawasan ini ketika final pekan tiba. Karena selain panorama jeram yang indah, para hadirin juga bisa memperoleh aneka macam spot menarik lain yang membuat liburan terasa lebih seru dan mengasyikkan.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!