11 Gerojokan Di Lombok Yang Populer & Terindah

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Lombok agaknya akan terus mengejutkan pelancong dengan aneka macam macam penawaran pariwisata yang mengesankan. Meskipun lebih terkenal oleh pantai-pantai bagus, tetapi daerah ini memiliki daya tarik pemandian air tawar yang tak kalah menarik . Anda bisa pergi ke sana sambil menghendaki pengalaman tak terlalaikan ketika memasuki wilayah hutannya.

Setiap jeram mempunyai keunikan beragam dan Anda dapat menantikan hal itu di sepanjang perjalanan. Membiarkan diri terbawa oleh rasa penasaran hingga tiba saatnya menginjakkan kaki di bawah pancuran air yang deras. Sebagian debit airnya barangkali terlalu kencang sehingga Anda harus puas dengan menyaksikan sudut lain saja.

Namun, lanskap alami yang terbentuk selama beberapa tahun ditambah sentuhan tangan insan membuatnya kian memesona. Anda dapat berubah busana sesegera mungkin kemudian pergi ke dalam pemandian. Menikmati dinginnya udara juga bunyi gemerisik dari daun-daun yang seperti akan berguguran. Berikut saran riam terindah di Lombok yang layak Anda jelajahi.

1. Air Terjun Penimbungan

Air Terjun Penimbungan
Image Credit: Google Maps Richan

Bayangkan Anda sedang menghabiskan waktu di lereng Gunung Rinjani sebelah utara. Pasti akan terasa mendebarkan, bukan? Udara yang hambar, fatwa air yang terdengar kencang meski Anda masih berada dalam perjalanan ke pusat pemandian.

Apalagi, Air Terjun Penimbungan mengalir dari atas bukit setinggi 100 meter. Itu melewati sulur-sulur rumput, licinnya lumut, dan batu-kerikil yang turut menyemarakkan suasana. Sampai risikonya, Anda bisa menikmati fatwa sungai di bawahnya sambil menyaksikan-lihat lanskap indah di sekeliling sini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi

Alamat: Sembalun Lawang, Kec. Sembalun, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

2. Air Terjun Batara Lenjang

Air Terjun Batara Lenjang
Image Credit: Twitter Zaki Satrian

Menyusuri ruas-ruas pendakian ke Gunung Rinjani, Anda mampu menemukan Air Terjun Batara Lenjang dalam perjalanan. Butuh effort besar untuk bisa merasakan sensasi panas yang menguar dari pemandian di lokasi estetis itu.

Sebaiknya bawalah pemandu saat pergi untuk pertama kalinya karena lokasinya ada di hutan belantara. Demi keamanan yang lebih baik, Anda niscaya tak ingin terjadi apa-apa hanya demi menikmati sekeping keindahan di jalur pendakian Rinjani.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi

Alamat: Senaru, Kec. Bayan, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

3. Air Terjun Tiu Teja

Air Terjun Tiu Teja
Image Credit: Google Maps Loetfi Ono

Kejernihan jeram kembar yang mengalir di Desa Santong dijamin mempesona Anda dalam satu kali pandang. Ratusan anak tangga yang melintasi lembah mungkin terasa menakutkan untuk dilalui pada mulanya.

Namun, jika Anda memberanikan diri untuk melihat Air Terjun Tiu Teja dari bersahabat, itu akan menjadi kesenangan yang membuat puas. Udaranya segar, airnya jernih, dan pemandangan hutan masih begitu alami.

Saat masih dalam perjalanan, Anda bahkan punya potensi untuk mencicipi bagaimana sensasi memberi makan binatang liar. Pasalnya, ada golongan simpanse yang hidup di hutan area di sekeliling teladas bagus ini.

Beberapa pelancong umumnya memutuskan untuk memberi makan kawanan kera tersebut. Barangkali Anda ingin juga merasakan pengalaman ini semoga perjalanan ke pemandian lebih mengesankan dan unik.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Santong, Kec. Kayangan, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

4. Air Terjun Batu Apeq

Air Terjun Batu Apeq
Image Credit: Google Maps Malkam Hadie

Berkemah di kawasan pemandian sepertinya harus dicoba ketika Anda menetapkan untuk pergi ke Air Terjun Batu Apeq, Lombok. Pasalnya, objek destinasi elok ini memperlihatkan daerah terbuka yang luas di mana orang-orang mampu beraktivitas dengan bebas.

Sambil menghabiskan waktu sesekali untuk mandi atau berenang di pedoman sungai, Anda mampu menginap barang sehari. Suasana malam mungkin terasa sedikit mencekam, namun akan menyenangkan bila dikerjakan bersama mitra akrab.

Untuk spot air terjunnya sendiri, itu tidak terlalu tinggi tetapi terlihat keren berkat susunan batu yang menjadi lintasan mengalirnya. Oleh para pemburu foto, susunan bebatuan eksotis itu kerap dipilih selaku latar belakang dikala ingin eksis.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Santong, Kec. Kayangan, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

5. Air Terjun Tibu Ijo

Air Terjun Tibu Ijo
Image Credit: Google Maps Willy Cita Jaya

Warna air yang kehijauan seolah memastikan betapa segarnya badan Anda ketika menceburkan diri Air Terjun Tibu Ijo. Kolam alami yang terbentuk di sekitarnya menimbulkan pelancong punya kesempatan besar untuk menikmati pemandian dengan bebas.

Suasana hening khas pedesaan juga menjadi pesona tak terbantahkan, khususnya bagi Anda yang hidup di metropolitan. Bukit, rumah-rumah sederhana, keramahan warga, dan masih banyak lagi faktor lain yang menjadi pesonanya.

Bahkan, ada kebun aren di sekeliling lokasi riam bagus ini yang lazimnya dijadikan sebagai lokasi petualangan. Meskipun pemikiran air terjunnya terbilang rendah, namun bak luas yang terbentuk berkat kepingan tebing-tebing di sekeliling tetap mempesona untuk dimasuki.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Batu Mekar, Kec. Lingsar, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

6. Air Terjun Kerta Gangga

Air Terjun Kerta Gangga
Image Credit: Google Maps Arman Marjan

Perjalanan ekstrem mesti Anda tempuh demi mendapatkan pesona tersembunyi di balik Air Terjun Kerta Gangga. Pancuran airnya yang bertingkat hingga tiga bab membuatnya unik dan menarik.

Orang akan sulit mengalihkan pandangan begitu mereka sukses melalui hutan belantara dengan medan ekstrem. Pada pedoman air bertingkat yang menyebar di antara celah-celah tebing, Anda akan dibentuk terpukau.

Pada karenanya, rasa letih yang mendera sepanjang perjalanan dari penginapan ke lokasi anggun ini akan lenyap. Itu bisa terbalaskan dengan kesegaran air dan udara yang menyelimuti Air Terjun Kerta Gangga sehingga menciptakan siapa saja betah.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Kertaraharja, Genggelang, Kec. Gangga, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

7. Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep
Image Credit: Google Maps Darko Eterovic

Tiu Kelep menyuguhkan pancuran air yang seperti tirai di rumah-rumah. Mengalir dari ketinggian kurang lebih 43 meter, airnya tersebar sampai membasahi rumput-rumput di sekitar. Pergilah ke sini dan peroleh bagaimana air yang bening mampu begitu tampakmenawan .

Keindahan Air Terjun Tiu Kelep juga dilengkapi oleh rumput liar yang menutupi tebing tinggi terdekat yang mampu dijangkau mata. Ada beberapa anak teladas turut memeriahkan suasananya, di samping pancuran air utama.

Selain itu, ada pula bebatuan kukuh yang dapat diseleksi selaku daerah istirahat ketika Anda merasa letih. Termasuk di antaranya anutan sungai yang deras, daerah di mana turis kerap berenang dan mandi.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Senaru, Kec. Bayan, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

8. Air Terjun Tiu Bombang

Air Terjun Tiu Bombang
Image Credit: Facebook Lombok Belum Tidur

Debit air sedang di Air Terjun Bombang cukup menggembirakan untuk memungkinkan Anda berdiri di bawahnya. Habiskan waktu dengan damai selama berada di sini sampai semua rasa letih terobati.

Ketinggian air terjunnya kurang lebih 60 meter dan terdapat dua ajaran yang saling berdampingan. Hutan yang mengelilingi kawasan air terjun eksotis ini juga terbilang manis dengan banyaknya pohon lindung dan rumput liar.

Agaknya Tiu Bombang cocok bagi mereka yang menggemari petualangan di alam liar. Apalagi, lokasinya berada cukup jauh dari Kota Mataram, di mana mampu menghabiskan waktu sampai 2 jam di jalan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi

Alamat: Genggelang, Kec. Gangga, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

9. Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile
Image Credit: Google Maps bilal official

Satu lagi keindahan gerojokan di Lombok yang akan menciptakan hari Anda jadi berkesan dan menggembirakan. Aliran airnya yang memancar bagaikan tirai membentuk kolam alami di antara bebatuan.

Ada satu penderasan utama yang debitnya sangat deras mengalir lewat tebing tinggi. Selain itu, dilengkapi pula empat sampai lima anak penderasan yang debitnya kecil tetapi turut menyemarakkan bunyi air di lokasi estetis ini.

Saat siang hari, sinar matahari mirip memasuki terowongan yang panjang mengingat lokasi gerojokan ini memang diapit oleh tebing-tebing tinggi. Ada batu kali aneka ukuran yang kadang kala dijadikan sebagai spot foto oleh para pelancong dari mana pun mereka berasal.

Secara umum, Sendang Gile mempunyai lanskap yang mampu menciptakan perasaan jadi segar hingga beberapa hari selanjutnya. Meskipun begitu, Anda harus menuruni anak tangga sampai 500 undakan biar dapat mengalami seluruh pengalaman tersebut.

Tentunya pengalaman tersebut akan sungguh bikin capek mirip mendaki di suatu bukit tinggi. Oleh alasannya adalah itu, semestinya siapkan tenaga Anda dengan berolahraga terlebih dulu optimal satu pekan sebelum tiba ke Air Terjun Sendang Gile. Jika tidak demikian, alih-alih menikmati perjalanan, Anda justru mampu lelah sekali dan ingin segera pulang.

Di segi lain, adanya tangga tersebut sebenarnya juga menciptakan pengalaman berfoto di sini jadi semakin baik. Pemandangan tirai air dari jauh di titik yang tinggi niscaya menciptakan lanskap yang paling mempesona.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Senaru, Kec. Bayan, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

10. Air Terjun Batu Butir

Air Terjun Batu Butir
Image Credit: Facebook Arif Saja

Telusuri lima jeram dengan debit identik ketika pergi ke Batu Butir. Empat di antaranya saling berdekatan sehingga lebih gampang untuk diakses, sementara sisanya tersembunyi jauh di dalam hutan.

Aliran air yang membentuk sungai di Batu Butir juga memikat untuk dipandang mata. Ukurannya relatif kecil dan sempit sehingga memperlihatkan area daratan berbatu yang lebih luas sehingga cocok dijadikan daerah peristirahatan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Taman Sari, Kec. Gunungsari, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

11. Air Terjun Tiu Pupus

Air Terjun Tiu Pupus
Image Credit: Google Maps Masdiyanto Culin

Dibanding air terjunnya, Tiu Pupus lebih memukau pada bagian bak alami yang diapit oleh tebing. Ukurannya luas sehingga terasa seperti Anda sedang berada di danau namun dengan debit cukup kencang.

Kecantikan Air Terjun Pupus dilengkapi pula oleh kesejukan hutan dan kesejukannya. Meskipun waktu telah siang, tapi tidak terasa menyengat berkat rimbunnya hutan dan tebing di lokasi eksotis ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi

Alamat: Genggelang, Kec. Gangga, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Ada terlalu banyak air terjun di Lombok dan daftar di atas mampu menjadi tumpuan terbaik untuk menikmati panorama alam yang menyegarkan. Anda bisa pergi dengan bebas lalu melakukan beragam acara hingga merasa puas.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!