Pantai Ujung Tiro, Spot Favorit Menikmati Panorama Sunset Di Bulukumba

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kec. Bonto Tiro, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan; Map: Cek Lokasi

Pantai Ujung Tiro terletak di Kabupaten Bulukumba yang memiliki nilai-nilai sejarah dan budaya eksotis. Teluarangan menuju destinasi anggun ini bekerjsama mampu dijalankan dengan gampang andai saja seluruh kontur jalanan sudah diberi aspal. Sayangnya, masih ada jalanan yang tidak diaspal dan berbatu sehingga memiliki peluang menghalangi laju ban kendaraan Anda.

Meskipun begitu, pergi ke pantai eksotis itu tidak akan menciptakan Anda kecewa berkat lanskap alamnya yang mengesankan. Dari kejernihan lautan, pohon-pohon tinggi dikala ditiup angin, sampai pulau kecil yang tersusun dari batu karang. Keberadaan pantai ini bantu-membantu memperbesar peluangrekreasi yang ada di kawasan kapal Pinisi tersebut.

Bagi Anda yang penasaran dengan kapal Pinisi juga dapat menimbulkan Pantai Ujung Tiro tersebut sebagai persinggahan. Selisih jarak antara bodi orisinil kapal Pinisi dan pantainya tidak jauh, kurang lebih 8 km saja. Artinya, dalam satu kali perjalanan rekreasi, Anda bisa mampir ke dua atau lebih objek sekaligus.

Daya Tarik yang Ditawarkan Pantai Ujung Tiro

Daya Tarik Pantai Ujung Tiro
Image Credit: Google Maps Pramana Adi Samudra

1. Kejernihan Air Laut

Air bahari yang jernih akan menyapa Anda begitu menginjakkan kaki dalam jarak tertentu di daerah Pantai Ujung Tiro. Kondisi ini bahu-membahu memberikan kesempatan lebih besar dan motivasi besar lengan berkuasa untuk melaksanakan penjelajahan lebih lanjut. Alih-alih istirahat sejenak ketika gres tiba di lokasi, Anda mungkin akan eksklusif menentukan bermain di dalam air tersebut.

Terlihat warna hijau bercampur biru yang terpancar dari maritim pantai elok ini. Jika menyaksikan dari ujung tebing karang ke arah lautan, Anda bahkan dimungkinkan menyaksikan apa yang ada di bawahnya, seperti ikan dan bebatuan.

Mampir ke pantai manis Bulukumba ini sebetulnya akan menambah pengalaman eksotis dalam hidup Anda. Kaprikornus, bila telanjur berada di Sulawesi Selatan entah untuk alasan apa pun, tentukan menyempatkan diri mampir ke sini. Nikmatilah waktu-waktu yang menggembirakan saat kaki Anda melangkah ke dalam air untuk berenang atau sekadar berjalan-jalan saja.

Jernihnya maritim di pantai eksotis itu makin dilengkapi dengan intensitas ombak yang termasuk rendah. Pelancong sering kali tampak berenang atau melakukan permainan lain di dalam laut. Namun, semestinya hindari bermain di segi tebing karang alasannya adalah hantaman ombak di sana cukup keras, mampu membuat seseorang cedera.

2. Tanpa Pasir

Pantai-pantai eksotis hampir senantiasa diidentikkan dengan hamparan pasir yang memesona. Namun, berbeda halnya jikalau Anda mendatangi Pantai Ujung Tiro alasannya adalah di sana tidak ditemukan pasir sama sekali, atau ada saat Anda mau mencarinya tetapi sangat rendah.

Adalah gugusan pulau karang yang menjadi daya tarik pengganti di pantai eksotis ini. Orang-orang mampu pergi dan pulang sebebasnya ke pulau karang tersebut sebab disediakan jembatan penyeberangan.

Selain itu, ada pohon-pohon yang menjulang tinggi tumbuh di pulau kecil, namun jumlahnya sedikit. Hanya pas untuk dijadikan sebagai pelindung ketika Anda ingin sejenak beristirahat dari rasa letih selama berlibur di pantai menarik ini.

Tidak banyak kegiatan yang mampu dilaksanakan kalau Anda hanya berdiam diri di pulau. Barangkali berfoto di banyak sekali sisi mampu menjadi opsi, di mana Anda dapat menyebabkan lautan luas sebagai latar belakang.

3. Jembatan Eksotis

Jembatan di Pantai Ujung Tiro menggunakan material kayu dengan papan-papan tebal yang disusun sedemikian rupa. Barangkali jarak dari daratan kawasan Anda berpijak ketika melalui gerbang masuk sampai ke pulau sekitar 10 sampai 20 meter.

Saat melewati jembatan tersebut, itu akan menjadi sensasi yang menyenangkan. Terutama bila Anda mau berhenti sejenak di pertengahan jalan, kemudian melihat ke kiri dan ke kanan. Pada ombak yang menghantam tiang-tiang jembatan serta bunyi gemuruh yang menenangkan.

Meskipun menggunakan material kayu, jembatan tersebut tampakkukuh sekaligus eksotis. Agaknya pihak pengurus melakukan perawatan ekstra demi memastikan bahwa jembatannya tetap aman untuk diseberangi.

Makara, jikalau Anda menetapkan untuk menghabiskan waktu di Pantai Ujung Tiro, pastikan menikmati situasi alam sekitar dari atas jembatan. Lebih dari sekadar kawasan penyeberangan, jembatan eksotis ini bahwasanya ikon embel-embel yang ternyata mendatangkan spot terindah.

Alamat, Rute Lokasi dan Tiket Masuk

Tiket Masuk Pantai Ujung Tiro
Image Credit: Google Maps Winna Dwijayanti

Pergilah ke Kabupaten Bulukumba di Sulawesi Selatan untuk menyaksikan pantai anggun yang memikat ini. Membentang indah mengisi daerah pedesaan di Ekatiro, ada aneka pohon akan menghiasi perjalanan Anda.

Jika berangkat dari sentra kota, kurang lebih satu jam harus Anda taklukkan supaya datang di Kecamatan Bontotiro. Sebaiknya kemudikan kendaraan Anda sehati-hati mungkin mengenang jalanannya kurang erat di beberapa titik.

Tidak ada hukum khusus perihal jam buka di Pantai Ujung Tiro. Artinya, Anda mampu datang kapan saja sepuasnya, entah dikala pagi hari maupun sesudah matahari tenggelam.

Adapun soal tiket masuk, pengelola juga tidak menetapkan biaya khusus saat Anda melewati pintu masuk. Hanya saja, kadang-kadang pengunjung dimintai tarif perawatan mulai dari Rp 5.000.

Aktivitas yang Seru di Pantai Ujung Tiro

Aktivitas Seru Pantai Ujung Tiro
Image Credit: Google Maps Pramana Adi Samudra

1. Keindahan Sunset

Sunset terbaik akan Anda saksikan dikala menetapkan bermain di Pantai Ujung Tiro berkat adanya jembatan penyeberangan. Meskipun tampak sederhana, tetapi cahaya megah yang memantul di atas permukaan laut saat matahari akan terbenam sangat fantastis.

Anda bisa menantikan kunjungan ke pantai manis itu hanya demi menyaksikan bagaimana sunsetnya terbentuk. Ada kesan melankolis yang kental kalau Anda mau mengabadikannya dalam bingkai kamera.

Bagaimanapun, suasana oranye dan jernihnya air bahari saat hari akan gelap menghasilkan lanskap terindah. Anda perlu mengalokasikan waktu khusus untuk berdiam di tengah penyeberangan agar mampu melihat dengan terang ketika matahari tenggelam di balik formasi pulau-pulau.

2. Mampir Melihat Kapal Pinisi

Tidakkah Anda penasaran pada kapal legendaris asal Sulawesi Selatan, Pinisi? Kapal yang namanya dijadikan industri serta bentuknya diadopsi menjadi salah satu universitas negeri di provinsi tersebut.

Selisih jarak antara Pantai Ujung Tiro dan kapal Pinisi sekitar 8 km, di mana keduanya berlokasi di Kabupaten Bulukumba. Oleh alasannya itu, pertimbangkanlah selaku aktivitas yang menyenangkan bila Anda berada di kawasan ini, yaitu pergi dari satu destinasi ke destinasi lainnya.

Dalam hal ini, pantai-pantai yang manis dan kapal Pinisi harus dijadikan prioritas untuk menciptakan kunjungan jadi menyenangkan. Berfoto, berinteraksi dengan masyarakat sekitar, menyaksikan-lihat pemandangan alam, kerjakan apa pun yang bisa membuat perasaanmu kembali senang.

Pilihan lainnya, coba nikmati kuliner setempat yang mungkin dijumpai di tempat sekitar. Cicipi dan jadikan itu selaku cerita yang menarik ketika Anda kembali ke tempat tinggal. Khususnya bila Anda termasuk turis yang tiba dari luar provinsi, kunjungan ke Bulukumba pastilah akan membuat bahagia.

3. Jogging di Pantai Ujung Tiro

Anda dapat menggunakan celana pelatihan atau olahraga jika mengagendakan joging di Pantai Ujung Tiro. Entah mengenakannya sejak berangkat dari penginapan atau menenteng pakaian ganti dan menukarnya setiba di lokasi.

Daratan utama di sekeliling pantai layak diperhitungkan sebagai kawasan lari yang menyenangkan. Pemandangan dari jauh akan menghibur Anda sekaligus menimbulkan perasaan senang meski ada sensasi letih balasan berlari.

Adapun bila Anda enggan melaksanakan jogging tetapi berharap dapat mengeluarkan keringat, coba fikirkan untuk sekadar berlangsung kaki menyusuri setiap sudut destinasi bagus ini. Pergi ke pesisir pantai, menyeberangi jembatan, berkeliling pulau, dan seterusnya.

Jangan biarkan waktu terlewati begitu saja sehabis Anda menetapkan untuk bermain di pantai eksotis ini. Itu akan menciptakan Anda menyesal bila tidak menghabiskan hari secara optimal hingga waktunya pulang ke rumah.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Ujung Tiro
Image Credit: Google Maps Alexis G

Pantai Ujung Tiro sudah cukup lengkap menyediakan fasilitas bagi mereka yang ingin menikmati suasana di dalamnya. Mulai dari toilet untuk dijadikan sebagai ruang bilas dikala Anda memutuskan untuk berenang di sini. Ada pula warung makan yang mampu langsung disambangi saat perut terasa keroncongan.

Tidak jauh dari kawasan pantai ada pula tempat penginapan yang bisa Anda sewa bila ingin menginap barang satu hari. Menggunakan kemudahan penginapan akan menawarkan Anda kesempatan melihat suasana pantai hingga malam datang. Udara yang jadi lebih hambar, hawa sejuk tanpa polusi, serta bintang-bintang di angkasa.

Saat Anda merasa lelah sehabis bermain di daerah pantai manis ini, mampu pula menepi sejenak ke bangku-bangku kayu yang tersebar acak. Atau mungkin, Anda mampu menentukan duduk di bawah pohon beralaskan daun-daun dan tanah yang agak keras akhir batu karang.

Pergi ke Pantai Ujung Tiro memang memerlukan ketekunan untuk melintasi jalanan yang belum diaspal. Namun, ketabahan tersebut dijamin berbuah anggun setelah Anda menginjakkan kaki di sini dan bermain hingga merasa puas.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!