Curug Tilu Leuwi Opat, Surga Alam Tersembunyi Nan Eksotis Di Bandung

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 06.00-18.00 WIB, Alamat: Jl. Kampung Ciwangun Indah Camp, Cihanjuang Rahayu, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Tempat wisata riam ialah salah satu destinasi favorit bagi banyak turis diluar sana, hal ini menciptakan Curug Tilu Leuwi Opat yang berada di Kabupaten Bandung Barat sungguh populer. Bahkan saking populernya membuat wisata alam tersebut banyak menerima turis dari luar Bandung.

Curug sendiri berasal dari Bahasa Jawa Barat yang berarti Air Terjun, lalu Tilu berarti Tiga, Leuwi mempunyai arti Sungai, dan Opat mempunyai arti Empat. Dari nama ini saja kita bisa mempesona kesimpulan bahwa lokasi rekreasi hits ini mempunyai beberapa penderasan dan pedoman sungai, dimana seluruhnya memiliki keunikan mereka masing-masing.

Kawasan wisata asal Kabupaten Bandung Barat tersebut juga diketahui dengan nama Curug Tilu Ciwidey atau Curug Tilu Parompong. Maka dari itu jangan galau jikalau anda mendengar salah satu dari 3 nama tersebut alasannya semuanya merujuk ke 1 lokasi yang sama. Silahkan simak review singkat berikut ini untuk lebih mengenali soal riam bagus tersebut.

Daya Tarik yang Ditawarkan Curug Tilu Leuwi Opat

Daya Tarik Curug Tilu Leuwi Opat
Image Credit: Google Maps wandy payz

1. Pesona Air Terjun

Dari namanya saja kita bisa eksklusif tahu bahwa Curug Tilu Leuwi Opat memiliki 3 buah teladas, dimana semuanya memiliki ketinggian yang berbeda-beda. Air menggeluti pertama diketahui dengan nama Curug Citulang yang ialah jeram paling tinggi dan memiliki panorama alam yang hebat manis.

Air menggeluti kedua yakni Curug Aseupan yang diambil dari kata Aseupan (kukusan tradisional Sunda). Hal ini alasannya bentuk riam menawan tersebut yang dianggap seperti dengan Aseupan khas Sunda. Terakhir ada Curug Cilaki yang merupakan penderasan paling pendek dari semua air terjun yang ada di lokasi wisata hits ini dan dikelilingi oleh banyak pohon.

2. Sungai

Sama halnya dengan jeram, sungai juga memiliki beberapa anutan yakni ada Leuwi Baeud yang diketahui sebagai sungai paling dalam alasannya mempunyai kedalaman meraih 20 meter. Wisatawan sungguh tidak boleh keras untuk berenang di pedoman sungai ini alasannya terlalu berbahaya, meskipun begitu anda masih bisa berfoto-foto di sekitarnya.

Berikutnya ada Leuwi Bagong dengan kedalaman meraih 4 meter namun arus airnya cukup deras. Hal ini menciptakan daerah tersebut sering dijadikan selaku daerah bermain arum gerojokan atau rakit. Aliran sungai berikutnya yakni Leuwi Kacapi yang populer alasannya kecantikan alamnya dan menciptakan lokasi tersebut sering dipakai sebagai spot foto.

Aliran sungai terakhir yang ada di Curug Tilu Leuwi Opat adalah Leuwi Geuntong yang merupakan kawasan paling sesuai untuk dijadikan lokasi bermain air dan berenang karena sungguh dangkal dengan kedalaman antara 1 hingga 2 meter. Meskipun mempunyai fatwa air yang berbeda-beda namun semua sungai tersebut mempunyai air yang jernih dan segar.

3. Goa Eksotis

Selain riam dan sungai, destinasi rekreasi asal Bandung ini juga mempunyai 2 goa elok yang dikenal dengan nama Goa Toke dan Goa Lalay. Namun, bila anda ingin meraih kedua goa mempesona tersebut maka siapkan tenaga sebaik mungkin alasannya adalah anda akan melalui jalan yang cukup ekstrim.

4. Hutan yang Menyejukkan

Daya tarik terakhir yang dimiliki oleh daerah rekreasi populer ini yakni hutan. Di sekitar 3 fatwa penderasan menarik tersebut terdapat berbagai pohon-pohon yang kemudian membentuk sebuah hutan yang sungguh sejuk dan segar. Keberadaan hutan ini membuat sejumlah pelancong betah berlama-usang dikala berlibur ke lokasi riam hits tersebut.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Curug

Rute Menuju Curug Tilu Leuwi Opat
Image Credit: Google Maps Kuntoro

Curug Tilu Leuwi Opat berlokasi di Provinsi Jawa Barat, Jl. Kp. Ciwangun Indah Camp, Kabupaten Bandung Barat, Cihanjuang Rahayu, Kecamatan Parongpong. Agar mampu meraih lokasi ini anda mampu menggunakan Gedung Sate sebagai standar permulaan, lalu ambil jalur dari Jl. Cilaki menuju Jl. Diponegoro lalu belok kiri.

Setelah menemukan pertigaan Jl. Sentot Alibasyah silahkan belok kanan dan terus lurus hingga memperoleh pertigaan Jl. Surapati lalu belok kiri. Tetap di jalan ini hingga melewati Jl. Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja lalu masuk lagi ke Jl. Pasteur dan mendapatkan perempatan Jl. Pasir Kaliki.

Silahkan belok kanan di perempatan tersebut kemudian terus lurus hingga memasuki Jl. Sukajadi, Jl. Dr. Setiabudi dan belok kiri di pertigaan setelah Universitas Pendidikan Indonesia menuju Jl. Sersan Bajuri. Terus ikuti jalan ini sampai anda melewati Jl. Kolonel Masturi, Jl. Mawar, dan memasuki Jl. Kp. Ciwangun Indah Camp.

Dari jalan tersebut anda akan menemukan kawasan curug yang letaknya persis di sebelah kiri jalan. Untuk menggunakan rute tersebut maka anda akan melewati jalan sepanjang 17 km dengan memakan waktu selama 50 menit.

Harga Tiket Masuk Curug Tilu Leuwi Opat

Harga Tiket Masuk Curug Tilu Leuwi Opat
Image Credit: Google Maps Raii Irwan

Untuk menikmati keindahan destinasi alam Curug Tilu Leuwi Opat, pengurus membebankan tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang.

Bagi pelancong yang menenteng kendaraan pribadi wajib membayar retribusi parkir juga adalah sebesar Rp 2.500 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Jam operasional destinasi wisata cantik ini mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB.

Ragam Aktivitas Seru di Curug Tilu Leuwi Opat

Ragam Aktivitas Seru Curug Tilu Leuwi Opat
Image Credit: Google Maps Hendra Aqew Aditya

1. Menikmati Indahnya Pemandangan Alam

Salah satu kegiatan wajib yang dapat anda lakukan di lokasi wisata terkenal ini yaitu menikmati indahnya panorama alam. Ada berbagai keindahan alam yang dapat anda saksikan di tempat wisata asal Bandung ini mulai dari air terjun, sungai, goa, dan hutan yang masih sungguh terjaga.

Semua keindahan alam tersebut akan menciptakan mata menjadi sungguh segar saat melihatnya. Tidak cuma itu turis juga bisa bersantai dan melewatkan semua beban fikiran karena bunyi alam yang sangat hening sehingga menciptakan hati dan anggapan menjadi lebih santai.

2. Bermain Air

Karena Curug Tilu Leuwi Opat ialah salah satu destinasi wisata air maka tidak heran jika kegiatan bermain air adalah salah satu yang wajib anda coba. Meskipun begitu ada beberapa titik yang tidak boleh untuk turis mandi atau bermain air karena sangat dalam atau mempunyai arus air yang cukup deras.

Oleh sebab itu, harap selalu ikuti peraturan yang berlaku di dalam lokasi rekreasi hits ini supaya keselamatan dan ketentraman anda tetap terjaga. Jangan khawatir soal kebersihan air alasannya pedoman air di daerah wisata anggun ini sungguh jernih dan segar.

3. Berfoto

Beralih ke acara menarik selanjutnya yang dapat dilakukan oleh pelancong saat sudah hingga di lokasi rekreasi populer asal Bandung ini yakni berfoto. Kegiatan ini sungguh diusulkan sebab alam di sekeliling gerojokan hits ini sangat indah dan akan sangat sesuai jika dijadikan sebagai background foto.

Ragam Aktivitas Seru di Curug Tilu Leuwi Opat
Image Credit: Google Maps Just Rizki

4. Menjelajah Hutan

Bagi anda yang suka berpetualang di dalam hutan, Curug Tilu Leuwi Opat merupakan salah satu lokasi rekreasi yang layak untuk dikunjungi. Pasalnya daerah wisata alam tersebut memiliki sebuah hutan yang cukup luas dan menyimpan banyak sekali keindahan di setiap sudutnya sehingga menjelajah hutan akan terasa sungguh mengasyikkan.

5. Camping

Terakhir anda juga mampu membangun tenda dan bermalam di lokasi wisata mengagumkan ini. Keberadaan gerojokan dan sungai membuat keperluan akan air telah cukup teratasi. Namun sampah plastik harap tidak dibuang sembarang biar keindahan dari gerojokan menawan ini tetap tersadar.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Curug

Fasilitas Curug Tilu Leuwi Opat
Image Credit: Google Maps Novian P

Curug Tilu Leuwi Opat mempunyai beberapa akomodasi yang cukup lengkap mirip area parkir kendaraan yang tidak mengecewakan luas dan mampu digunakan oleh wisatawan untuk memarkirkan kendaraan eksklusif mereka. Berikutnya ada kamar mandi yang dapat dijadikan daerah ganti busana dan membersihkan tubuh sehabis puas bermain air.

Selain itu, ada juga WC atau toilet lazim yang mampu anda gunakan untuk mencampakkan air besar atau kecil. Kebersihan dari kamar mandi dan WC tersebut telah sungguh tersadar alasannya adalah ada petugas pembersihnya. Fasilitas yang lain yang dimiliki oleh kawasan rekreasi alam ini ialah warung makan.

Fasilitas ini memasarkan cukup banyak sajian masakan dan minuman. Terakhir ada sebuah mushola yang mampu digunakan oleh umat muslim untuk beribadah atau sholat. Berkat adanya fasilitas ini membuat wisatawan beragama Islam tidak perlu repot-repot mencari kawasan beribadah lagi.

Karena Curug Tilu Leuwi Opat ialah kawasan rekreasi alam yang memiliki banyak titik bermain air maka anda wajib bermain air atau berenang di lokasi wisata hits tersebut. Namun, sebab lokasi rekreasi hits ini cukup masbodoh menciptakan anda harus berakal-berakal mencari waktu yang tepat untuk bermain air atau berenang.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!