Curug Cibadak, Pesona Teladas Indah Nan Eksotis Di Garut

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Cisangkal, Kec. Cihurip, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Dengan kekayaan alam berlimpah yang dimiliki oleh Indonesia menciptakan kita mampu mendapatkan aneka macam destinasi rekreasi alam yang menawan di masing-masing dari berbagai pelosok kawasan. Salah satu contohnya ialah Curug Cibadak yang berlokasi di Provinsi Jawa Barat atau lebih tepatnya berada di Kabupaten Garut.

Perlu dimengerti bahwa Curug merupakan Bahasa Jawa yang jikalau diartikan ke dalam Bahasa Indonesia bermakna Air Terjun. Kemudian nama curug diambil dari nama Sungai Cibadak yang mengalir melalui riam manis tersebut. Objek rekreasi hits ini bahwasanya telah dibuka sebagai salah satu destinasi wisata sejak tahun 2016 oleh masyarakat lokal.

Belakangan namanya kian terkenal berkat berkembangnya sosial media. Tidak cuma itu, letaknya yang dekat dengan jalan juga membuat banyak wisatawan tidak perlu melakukan perjalanan yang cukup jauh untuk sampai ke lokasi penderasan berada. Bagi anda yang ingin mendatangi curug asal Garut tersebut silahkan simak review singkat berikut ini.

Daya Tarik yang Ditawarkan Curug Cibadak

Daya Tarik Curug Cibadak
Image Credit: Google Maps aan wahyudi

1. Pesoan Air Terjun

Daya tarik paling utama yang dimiliki oleh Curug Cibadak jelas ialah penderasan itu sendiri. Anda akan mendapatkan 2 tingkat air yang berada pada suatu tebing tinggi, total ketinggian dari curug terkenal ini diperkirakan lebih dari 100 meter. Hal ini dibilang oleh tim ekspedisi Metro TV dan tim panjat tebing yang sempat mencoba mengukurnya.

Aliran air yang ada di objek wisata alam ini juga cukup deras jadi anda mesti berhati-hati kalau ingin bermain air. Meskipun begitu fatwa air tersebut tetap segar dan jernih walaupun saat ekspresi dominan hujan, pasalnya air ini berasal eksklusif dari sumbernya tanpa melewati sungai terlebih dulu.

2. Hutan dan Hewan Liar

Disekitar penderasan menawan ini anda akan mendapatkan suatu hutan yang sungguh luas dan ditumbuhi berbagai pohon-pohon besar. Keberadaan hutan ini juga menjadi pesona tersendiri bagi wisatawan, pasalnya mereka mampu sekaligus menikmati alam yang masih asri untuk melepaskan segala beban dilema.

Hutan tersebut juga sekaligus menjadi rumah bagi banyak sekali spesies binatang, jadi jangan kaget jika anda mendapatkan sejumlah hewan liar di sekitar curug hits ini. Anda bisa sekaligus menenteng kamera untuk memotret binatang-binatang liar tersebut, tetapi jangan sampai mengejar mereka secara ilegal agar hewan-hewan liar ini tidak punah.

3. Sungai Cibadak

Daya tarik lainnya yang dimiliki ialah Sungai Cibadak yang menjadi salah satu lokasi berenang favorit bagi pelancong. Memang di bersahabat air terjun anggun tersebut juga ada sebuah bak yang mampu dijadikan selaku tempat bermain air, tetapi kolam tersebut sangat dangkal sehingga tidak bebas jikalau dipakai untuk berenang.

Maka dari itu, bila anda ingin berenang maka Sungai Cibadak yang berada di sebelah air terjun setinggi 100 meter lebih ini mampu menjadi solusinya. Selain menjadi daerah berenang, anda juga mampu memakai sungai indah tersebut selaku spot foto, alasannya adalah di pinggirnya terdapat berbagai bebatuan yang mau sangat anggun bila dijadikan sebagai background.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Curug

Alamat Curug Cibadak
Image Credit: Google Maps lung wen

Untuk alamat dari Curug Cibadak sendiri berada di Provinsi Jawa Barat, Desa Cisangkal, Kabupaten Garut, Kecamatan Cihurip. Jika ingin meraih lokasi tersebut maka anda bisa mengambil start dari Alun-Alun Garut di Jl. Ahmad Yani No. 22 kemudian mengarah ke pertigaan Jl. Cimanuk lalu belok kiri.

Terus ikuti Jl. Cimanuk sampai melewati Jl. Raya Bayongbong dan tiba di perempatan setelah Pasar Cisurupan. Silahkan belok kiri di perempatan tersebut biar memasuki Jl. Raya Cisurupan – Cikajang lalu lurus terus hingga memasuki Jl. Cikajang, Jl. Cipang Ramatan, Jl. Ciparay dan Jl. Raya Garut – Pameungpeuk.

Silahkan terus ikuti Jl. Raya Garut – Pameungpeuk sampai anda datang di Cihurip, Cisangkal dan mendapatkan lokasi gerojokan yang berada pada sebelah kiri jalan. Rute tersebut akan menciptakan anda melalui jalan sepanjang 61 km dengan waktu tempuh kurang lebih selama 2 jam 32 menit memakai kendaraan langsung.

Harga Tiket Masuk Curug Cibadak

Harga Tiket Masuk Curug Cibadak
Image Credit: Google Maps Wira Xena

Bagi anda yang ingin menikmati panorama alam yang menawan Curug Cibadak harus merencanakan ongkos tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Namanya daerah wisata sudah terang tersedia fasilitas parkir kendaraan, dimana Anda juga perlu merencanakan biayanya.

Ketika ingin berkunjung, perlu diketahui juga bahwa gerojokan hits ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga dengan 18.00 WIB, namun bila hari libur nasional tiba maka waktu bukanya bisa berubah.

Ragam Aktivitas yang Seru di Curug Cibadak

Ragam Aktivitas Curug Cibadak
Image Credit: Google Maps Nidanza Nova

1. Menikmati Indahnya Alam Sekitar

Ketika anda menginjakan kaki di objek rekreasi Curug Cibadak, maka menikmati indahnya alam sekitar akan menjadi acara mempesona paling pertama yang dapat dilakukan oleh setiap pelancong. Hal ini dikarenakan curug asal Garut, Jawa Barat ini mempunyai pemandangan yang benar-benar manis mulai dari teladas, hutan, sungai, dan sebuah tebing tinggi.

Anda bahkan mampu duduk kalem dibawah pohon sambil menghirup udara segar yang ada di daerah rekreasi hits tersebut. Tidak hanya itu bunyi alam yang memukau seperti bunyi air yang jatuh dari atas ketinggian serta suara angin yang berhembus melalui pepohonan mampu membuat perasaan seseorang menjadi lebih damai.

2. Bermain Air

Salah satu kegiatan mempesona yang paling kerap dikerjakan oleh pelancong saat berlibur ke Curug Cibadak adalah bermain air. Hal ini masuk akal saja karena air yang ada di tempat wisata populer tersebut sangat jernih dan segar. Ada beberapa lokasi yang dapat anda gunakan untuk bermain air.

Lokasi pertama ialah sebuah kolam yang berada dekat dengan gerojokan, namun lokasi ini cuma bisa dijadikan daerah bermain air atau asal lembap saja. Lokasi kedua berada di Sungai Cibadak yang hendak sangat cocok buat anda yang mau berenang. Meskipun begitu harap tetap waspada alasannya adalah ada banyak watu di kedua lokasi tersebut.

3. Berfoto

Mengabadikan setiap momen ketika piknik merupakan sebuah acara yang telah lazim. Maka dari itu jangan pernah malu atau ragu untuk mengeluarkan kamera anda dan mengambil foto dari setiap kegiatan yang dikerjakan oleh anda dan orang-orang terdekat di lokasi air terjun fantastis tersebut.

Anda juga bisa berpose di beberapa kawasan yang mempunyai pemandangan anggun seperti riam, hutan, tebing, dan hutan. Meskipun diperbolehkan untuk mengambil gambar sepuasnya, namun anda juga harus tetap menjaga privasi turis lain yang berlibur di area wisata alam tersebut.

Ragam Aktivitas di Curug Cibadak
Image Credit: Google Maps Alam Ahmad Hidayat

4. Camping

Curug Cibadak diketahui memiliki hutan yang sangat terjaga, dimana hal ini menciptakan beberapa orang kesengsem untuk menginap di destinasi rekreasi asal Garut ini dengan melakukan kegiatan camping. Kegiatan ini diperbolehkan asal anda mesti mengikuti peraturan yang diberlakukan oleh pihak pengurus.

5. Menelusuri Hutan

Bagi anda yang mempunyai kegemaran menelusuri hutan bisa melakukan acara tersebut di alam sekitar teladas bagus ini. Pasalnya hutan di sini masih sangat asri jadi anda mampu menemukan aneka macam tanaman dan fauna yang hidup didalamnya. Akan namun harap meminta izin terlebih dulu sebelum anda melaksanakan aktivitas menawan yang satu ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Curug

Fasilitas Curug Cibadak
Image Credit: Google Maps Denden Priandani

Meskipun sudah dibuka selaku kawasan wisata dari tahun 2016 namun Curug Cibadak terbilang masih sangat rendah kemudahan. Tidak banyak akomodasi lazim yang dapat anda temui di sekeliling lokasi rekreasi alam ini, bahkan untuk memarkirkan kendaraan eksklusif saja anda harus berilmu-berilmu mempergunakan lahan di pinggir jalan.

Objek rekreasi jeram mempesona ini juga tidak memiliki toilet umum atau kamar mandi. Jadi bagi pelancong yang mau membuang air besar atau kecil harus mencari semak-semak untuk melaksanakan aktivitas tersebut. Hal tersebut juga berlaku bagi wisatawan yang akan mengubah busana sesudah bermain air.

Maka dari itu, sungguh direkomendasikan buat anda menenteng kain sarung kalau ingin bermain air di lokasi wisata hits tersebut, kain sarung ini mampu dijadikan sebagai epilog badan saat mengganti busana. Di destinasi wisata asal Garut ini juga tidak memiliki warung makan, jadi wisatawan harus membawa bekal dari rumah.

Dengan makin populernya nama Curug Cibadak diharapkan kedepannya akan ada pengadaan akomodasi lazim mirip area parkir, kamar mandi dan toilet lazim. Dengan adanya fasilitas tersebut akan menciptakan jumlah pengunjung bertambah, apalagi mengingat alam di sekeliling tempat rekreasi menawan ini sungguh bagus.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!