8 Pantai Di Cilegon Yang Elok & Hits

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Pulau Jawa diketahui dengan keberadaan daerah-tempat rekreasi yang bermacam-macam. Salah satu kota yang terletak di Pulau Jawa bagian ujung barat dan lokasinya sempurna di tepian Selat Sunda, Cilegon, mempunyai beberapa pantai elok yang menarik untuk dikunjungi. Kota yang termasuk dalam Provinsi Banten ini juga terkenal dengan julukan ‘Kota Baja’.

Hal tersebut dikarenakan Cilegon ialah salah satu kota yang menghasilkan baja paling besar di Indonesia. Keberadaan banyak pabrik industri juga menjadikan Cilegon populer juga dengan sebutan ‘kota industri’. Dengan julukan-julukan yang dimilikinya, menjadi pesona tersendiri bagi wisatawan. Apalagi tempat wisata disana juga termasuk banyak.

Lokasinya yang ada di ujung barat dari Pulau Jawa inilah yang membuat Cilegon memiliki banyak rekreasi pantai. Deretan pantainya begitu eksotis sehingga menciptakan wisatawan yang datang berkunjung menjadi betah untuk berlama-usang disana. Pantai-pantai tersebut termasuk faktor penting bagi Kota Cilegon sebab berperan meningkatkan bidang pariwisata.

1. Pulau Merak Kecil

Pulau Merak Kecil
Image Credit: Google Maps Dadi Mulyana

Sesuai namanya, pulau yang terletak di area Merak Kecil ini berukuran cukup kecil. Meski ukuran pulaunya kecil, namun pesona alam di dalamnya tidak kalah indahnya dengan pulau atau pantai yang lain. Daya tarik Pulau Merak Kecil ada pada perpaduan koralnya yang membuat pemandangan pantai menjadi tampak sangat indah.

Fungsi Pulau Merak Kecil tergolong vital alasannya adalah berperan untuk menghalau ombak lautan yang datang menuju pelabuhan Merak. Pulau yang terletak di bab barat Pulau Merak Besar ini seolah menjadi kunci kelancaran dan keselamatan kondisi pelayaran pada pelabuhan Merak sehingga ada banyak kapal disana.

Fasilitas yang ada di Pulau Merak Kecil termasuk lengkap mulai dari toilet, warung kuliner, dan lain sebagainya. Dari Pulau Merak Besar, lokasi pulau tersebut cuma membutuhkan waktu tempuh perjalanan sekitar 10 menit saja. Pulau Merak Kecil didominasi oleh pengunjung keluarga yang membawa bekal sendiri dari rumah.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Mekarsari, Kec. Pulomerak, Kota Cilegon, Banten.

2. Pulau Merak Besar

Pulau Merak Besar
Image Credit: Google Maps Rachmat Ghozali Siddiq

Selain Pulau Merak Kecil, di Cilegon juga ada Pulau Merak Besar. Lokasinya cukup strategis adalah di tempat Tamansari, Pulomerak. Pulau seluas 40 hektar tersebut adalah pulau hutan lindung dimana fungsinya ialah untuk melindungi tempat-tempat penting di Cilegon seperti terminal terpadu merak dan juga pelabuhan ferry.

Pulau Merak Besar difungsikan untuk mempertahankan aset baik aset pemerintah pusat atau daerah karna lokasinya yang cukup strategis. Hamparan pasirnya bewarna putih dan terletak di sebelah selatan serta barat. Wisatawan juga bisa menikmati keindahan terumbu karang yang berada di sebelah utara dan timur pulau anggun tersebut.

Pulau Merak Besar tidak seramai Pulau Merak Kecil alasannya pulau tersebut menjadi jalur perairan dimana kerap dilewati oleh kapal-kapal besar. Meski begitu, Pulau Merak besar tergolong daerah dari hutan lindung ialah Badan Konservasi Sumber Daya Alam milik pemerintah setempat sehingga disana masih banyak hewan liar.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Tamansari, Kec. Pulomerak, Kota Cilegon, Banten.

3. Pantai Kelapa Tujuh

Pantai Kelapa Tujuh
Image Credit: Google Maps woradate pattayawan

Pantai yang terletak di Kecamatan Pulomerak tepatnya di Desa Suralaya ini memiliki nuansa berlainan dibandingkan dengan pantai-pantai yang lain yang ada di Cilegon. Nuansa yang berlawanan dikarenakan pantai yang berada di bagian utara dari pelabuhan Merak tersebut menghubungkan antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera.

Panorama alamnya masih alami dengan ombak yang condong damai. Wisatawan yang datang ke Pantai Kelapa Tujuh merasa terpikat dengan eksotisme alam yang ada disana sebab selain panorama indah pasir putih dan lautan biru, banyak lalu-lalang kapal yang sedang menuju ke Pelabuhan Merak.

Lokasi Pantai Kelapa Tujuh cukup erat dengan gerbang tol dari Jakarta-Merak kurang lebih 9km. Karena jaraknya yang cukup dekat itulah, pantai anggun ini mampu menjadi alternatif destinasi rekreasi bagi turis yang tiba dari luar kota. Dari gerbang tol tersebut, sudah terlihat lautan biru dari Pantai Kelapa Tujuh ini.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Suralaya, Kec. Pulomerak, Kota Cilegon, Banten.

4. Pantai Pulorida

Pantai Pulorida
Image Credit: Instagram Rens Kamponang

Jarak Pulau Pulorida dengan Pelabuhan Merak kurang lebih 4 km saja. Namun, dikala ingin mengunjungi pantai tersebut, wisatawan mesti jeli ketika mencari lokasinya. Hal ini dikarenakan ada dua jalur yang bisa dilalui untuk mampu hingga di lokasi. Jalur pertama adalah lewat Tol Jakarta-Merak menuju ke Pelabuhan Merak.

Jalur kedua untuk mampu hingga ke Pantai Pulorida yakni lewat Jalan Raya Serang-sentra kota sampai persimpangan Cilegon. Sesampainya di persimpangan, pelancong mampu mengambil arah kanan menuju ke Pelabuhan Merak. Setelah itu mengikuti jalan besar melewati pasar tradisional Merak hingga sampai di lokasi.

Sebenarnya pantai yang terletak masih satu daerah dengan Taman Sari Cilegon ini ialah milik suatu perusahaan swasta. Akan namun kini sudah tidak beroperasi namun pengunjung yang datang tidak pernah sepi. Suasana pantainya begitu hening dan tenang sehingga kerap dijadikan lokasi foto prewedding bagi kandidat pengantin.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Jl. Raya Pelabuhan, Merak, Kec. Tamansari, Kota Cilegon, Banten.

5. Pantai Mabak

Pantai Mabak
Image Credit: Google Maps Ceng Chiang

Pantai Mabak berlokasi di Kecamatan Pulomerak, tepatnya di daerah Java Sea yang ada di Mekarsari. Hamparan pasir pantai berwarna putih dan lautan biru yang begitu jernih menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Menariknya lagi, pemandangan alam di bawah lautnya betul-betul terjaga sehingga menjadi salah satu spot snorkeling.

Saat snorkeling, pelancong akan banyak berjumpa dengan gerombolan ikan mungil beraneka warna yang seolah menyambut kedatangan turis dengan ramah. Akan namun di daerah sekitar pantai belum terdapat penginapan sehingga turis yang ingin menginap mampu mencari rumah masyarakat sekitar yang membuka penginapan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi

Alamat: Java Sea, Mekarsari, Kec. Pulomerak, Kota Cilegon, Banten.

6. Pantai Anyer

Pantai Anyer
Image Credit: Google Maps Puisikalis Me

Nama pantai yang ada di Kecamatan Sindanglaya, Cilegon ini telah tidak abnormal lagi di indera pendengaran pelancong baik domestik maupun mancanegara. Pesona alamnya yang mempesona menjadi salah satu argumentasi utama pelancong yang berbondong-bondong memadati daerah pantai dikala weekend maupun hari libur nasional.

Di tempat Pantai Anyer terdapat banyak resort glamor sehingga pelancong dari luar kota maupun wisatawan gila yang datang untuk berlibur disana tidak perlu sakit kepala mencari ingin menginap dimana. Pihak pengurus juga sangat mengamati kemudahan Pantai Anyer, oleh karena itu kemudahan yang ada disana termasuk lengkap.

Selain resort glamor, tersedia juga kedai makanan glamor dengan menu sajian kuliner dan minuman yang istimewa. Wisatawan bisa menjajal beragam jenis hidangan baik kuliner khas bahari maupun kuliner khas Cilegon disana. Berbagai kegiatan seru juga mampu dikerjakan mulai dari banana boat, jet ski, snorkeling, dan lain sebagainya.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Jl. Raya Karang Bolong, Bandulu, Kec. Anyar, Kab. Serang, Banten.

7. Pantai Tanjung Peni

Pantai Tanjung Peni
Image Credit: Instagram realmrp_

Wisatawan yang membutuhkan daerah berlibur yang tenteram dan aksesnya mudah, Pantai Tanjung Peni adalah jawabannya. Lokasinya berada di Kecamatan Citangkil, tempat Warnasari. Ketika trend piknik, pantai tersebut tidak pernah sepi akan pengunjung. Bahkan, panoramanya membuat turis betah berada disana.

Momen paling mengesankan ketika mendatangi Pantai Tanjung Peni adalah saat matahari tenggelam atau sunset. Pada momen ini, daya tarik senja betul-betul memperlihatkan kesan romantis dengan warna langit yang jingga keemasan. Ketika sunset, warna air laut seolah berganti warna mengikuti warna langit senja.

Dalam hal kemudahan, pelancong tidak perlu berpikir dua kali jika ingin berkunjung ke Pantai Tanjung Peni. Fasilitas yang ada disana cukup lengkap antara lain kamar bilas bagi pelancong yang tamat berenang, mushola, toilet, tempat parkir, warung makan dan lain-lain. Penyewaan peralatan surfing, snorkeling dan pelampung juga ada.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi

Alamat: Warnasari, Kec. Citangkil, Kota Cilegon, Banten.

8. Pantai Tanjung Sari

Pantai Tanjung Sari
Image Credit: Google Maps Paulus Sumaryanto

Pantai Tanjung Sari yang berada di tempat Kecamatan Citangkil tepatnya tempat Warnasari ini termasuk rekreasi alam yang recommended untuk dikunjungi saat sedang berlibur di Cilegon. Air lautnya berwarna biru dan jernih dengan hamparan pasir putih bertekstur halus dan bersih yang melapisi kawasan bibir pantai.

Karena hamparan pasir pantainya mempunyai tekstur yang halus, maka banyak pelancong yang berjemur di atas pasirnya seperti aktivitas yang sering dijalankan oleh para wisatawan abnormal atau bule. Selain berjemur di atas pasir pantai, turis juga mampu melakukan aktivitas lain seperti bermain banana boat, jet ski, snorkeling, dan surfing.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Jl. Pantai Tanjung Peni, Warnasari, Kec. Citangkil, Kota Cilegon, Banten.

Beberapa daerah wisata tersebut cocok dikunjungi bersama dengan keluarga. Setiap pantai yang hits di Cilegon memiliki daya tarik yang berlawanan satu sama lain sehingga pelancong bisa mengunjungi lebih dari satu pantai sekaligus selama berlibur di kawasan Cilegon. Wisatawan bisa memakai tunjangan google maps ketika akan mengunjungi pantai disana.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!