Pantai Tanjung Pendam, Pantai Indah Dengan View Sunset Mempesona Di Belitung

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Harga Tiket: Rp 2.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Kemuning, Parit, Tanjung Pandan, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung; Map: Cek Lokasi

Ketika berlibur ke Bangka Belitung pastikan anda sudah menginjakan kaki di Pantai Tanjung Pendam Belitung yang ialah salah satu tempat rekreasi pantai paling populer di tempat tersebut. Pantai bagus ini memiliki keindahan alam yang sangat menawan bahkan sudah diakui sejak jaman dahulu.

Tempat wisata alam ini memiliki garis pantai yang cukup panjang dengan pemandangan sunset yang sungguh fantastis. Bahkan mampu dikatakan bahwa destinasi rekreasi hits ini merupakan pantai terbaik untuk melihat bagaimana indahnya momen Matahari terbenam di ufuk barat dikala sore hari.

Dari pinggir pantai turis juga mampu melihat sebuah pulau kecil bernama Pulau Kalimua yang menurut iman warga sekitar merupakan tempat membuang sial. Diluar benar atau tidaknya hal tersebut berkat adanya pulau kecil ini membuat pemandangan alam sekitar menjadi lebih indah.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tanjung Pendam

Daya Tarik Pantai Tanjung
Image Credit: Google Maps franciscus stefanno

1. Garis Pantai

Salah satu hal yang menciptakan banyak turis tiba berlibur ke Pantai Tanjung Pendam yakni garis pantainya yang sungguh indah. Begitu hingga di pinggir pantai anda akan menyaksikan hamparan pasir pantai berwarna kecoklatan yang sungguh panjang dan juga mempunyai tekstur yang lembut.

2. Panorama Sunset

Seperti yang sudah diterangkan sebelumnya bahwa pantai hits ini merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan Matahari terbenam di sore hari. Hal ini juga yang menciptakan aneka macam pelancong tiba berkunjung bersama di sore hari bareng teman, keluarga, atau pasangan menjelang terjadinya sunset.

3. Alam Sekitar

Berbicara soal pesona dari pantai yang merupakan sebuah tempat wisata alam maka kita wajib membicarakan keindahan alamnya juga. Dimulai dari maritim yang memiliki air berwarna biru jernih dengan ombak yang sangat indah. Destinasi wisata populer ini sangat cocok buat anda bermain air bahari sepuasnya alasannya memiliki ombak yang cukup kecil.

Beralih ke dataran sekitar pantai terdapat alam yang kaya akan tanaman seperti pohon-pohon yang tumbuh dengan suburnya. Berkat adanya beberapa pepohonan ini menciptakan wisatawan tidak perlu khawatir soal teriknya sinar Matahari di siang hari alasannya ada kawasan berlindung.

Daya Tarik Pantai Tanjung Pendam
Image Credit: Google Maps Titus Agung Nugroho

4. Panggung Terbuka

Daya tarik selanjutnya yang dimiliki oleh Pantai Tanjung Pendam yaitu panggung terbuka yang kadang dipakai selaku tempat live musik atau pertunjukan seni. Namun kegiatan tersebut tidak saban hari dilaksanakan, jadi jikalau anda datang dan kebetulan ada acara di panggung terbuka ini maka itu ialah keberuntungan anda.

5. Tradisi Buang Jong

Berbicara soal pentas seni maka salah satu acara unik yang biasanya dilaksanakan di sekeliling pantai menakjubkan ini adalah Tradisi Buang Jong. Tradisi tersebut sering dijalankan antara bulan Agustus hingga November oleh Suku Sawang, jadi silahkan datang diwaktu tersebut jikalau anda penasaran dengan tradisi unik ini.

6. Masakan

Namanya pantai pasti identik dengan laut maka dari itu tidak aneh bila destinasi rekreasi asal Bangka Belitung ini memiliki masakan bahari atau seafood yang sangat lezat dan segar. Selain itu ada juga masakan Gangan yang merupakan rebusan daging sapi, ayam, atau kambing khas Bangka Belitung.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Pantai

Alamat Pantai Tanjung
Image Credit: Google Maps April Popy

Pantai elok ini berada di Kabupaten Belitung, Desa Tanjung Pendam, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kecamatan Tanjung Pandan. Untuk mencapai lokasi pantai anggun ini bisa ditempuh selama 9 menit menggunakan kendaraan langsung melalui jalan sepanjang 4 km dari pusat Kota Tanjung Pandan.

Anda mampu memulai dari Jl. Ahmad Yani menuju pertigaan Jl. Pangeran Diponegoro kemudian belok kiri dan terus lurus hingga tiba di perempatan Jl. Jenderal Sudirman. Dari perempatan tersebut anda mampu belok kanan dan tetap di Jl. Jenderal Sudirman hingga mendapatkan Bundaran Satam Square Belitung.

Silahkan ambil jalur keluar kedua di Bundaran Satam Square Belitung untuk masuk ke Jl. Gegedek kemudian terus lurus sampai melalui Jl. Kemuning lalu tiba di perempatan sehabis Masjid Al Ihram. Silahkan belok kiri di perempatan tersebut dan anda akan sampai di kawasan pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Pendam

Harga Tiket Pantai Tanjung
Image Credit: Google Maps Indra Hutagalung

Perlu anda pahami bahwa pantai menakjubkan ini buka saban hari selama 24 jam, waktu paling ramai terjadi saat menjelang sunset di hari libur nasional atau weekend. Untuk bisa memasuki daerah Pantai Tanjung Pendam anda wajib mengeluarkan uang tiket masuk seharga Rp 2.000 per orang.

Harga yang sungguh murah untuk sebuah tempat wisata populer di Kabupaten Belitung. Bagi anda yang membawa kendaraan langsung juga harus merencanakan biaya retribusi parkir kendaraan yakni sebesar Rp 2.000 hingga Rp 5.000 tergantung jenis kendaraan yang dibawa.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Tanjung Pendam

Aktivitas Pantai Tanjung
Image Credit: Google Maps Budi Sugiharto

1. Bermain di Atas Pasir Pantai

Jika sudah hingga di pantai maka bermain diatas pasirnya ialah salah satu aktivitas yang paling kerap dilakukan oleh setiap orang. Hal ini juga mampu anda lakukan di destinasi wisata anggun ini karena pantai mempesona tersebut memiliki garis pantai yang panjang dengan hamparan pasir lembut yang hendak sangat nyaman di kaki.

2. Bermain Air Laut

Pantai Tanjung Pendam mempunyai ombak yang cukup kecil jadi anda bisa bermain air laut sepuasnya, namun tetap mesti waspada terlebih bagi bawah umur. Jika anda mau kondusif maka silahkan sewa ban atau baju pelampung di pinggir pantai untuk dipakai ketika bermain air bahari.

3. Bersantai Menikmati Indahnya Alam Sekitar

Beralih ke aktivitas menawan berikutnya di Pantai indah ini adalah menikmati indahnya alam mulai dari maritim hingga daratan sekitar. Kegiatan ini akan menciptakan anda merasa lebih santai dan damai alasannya adalah tiupan angin maritim serta bunyi deburan ombak perlahan akan menciptakan siapa saja melewatkan rasa capek dan beban anggapan yang dimiliki.

Apalagi anda dihadapkan dengan panorama birunya maritim yang sangat indah serta suatu pulau kecil yang dapat dilihat dari kejauhan. Maka dari itu, silahkan lakukan acara refreshing di lokasi wisata populer ini untuk melepaskan segala beban pikiran anda.

Aktivitas Pantai Tanjung Pendam
Image Credit: Google Maps EM PKY

4. Melihat Sunset

Akan sungguh kurang jikalau anda tidak menyaksikan indahnya sunset atau momen Matahari terbenam di Pantai Tanjung Pendam. Pasalnya pantai mengagumkan ini berhadapan eksklusif dengan arah Barat sehingga pelancong mampu melihat indahnya Matahari terbenam ke dasar laut di sore hari.

5. Berfoto

Liburan sekarang sangat melekat dengan aktivitas berfoto, bahkan ada orang yang tiba ke pantai hits ini cuma untuk berburu foto bagus. Maka dari itu, telah sungguh masuk akal jika turis yang mempunyai jiwa narsis pribadi mengeluarkan kamera mereka untuk berfoto sepuasnya karena alam sangat mendukung selaku background foto.

6. Menikmati Live Musik dan Tradisi Buang Jong

Berkat adanya sebuah panggung terbuka di daerah Pantai Tanjung Pendam menciptakan ada beberapa grup musik atau musisi yang melaksanakan live musik di sana, jika anda tiba di waktu yang sempurna maka situasi pantai asal Kabupaten Belitung ini akan sungguh berlainan. Hal yang serupa juga akan terjadi jikalau ada acara Tradisi Buang Jong yang dikerjakan oleh Suku Sawang.

7. Wisata Kuliner

Mungkin kegiatan unik yang satu ini sedikit berlainan dengan aktivitas-acara sebelumnya, tetapi memang rekreasi masakan merupakan kegiatan yang harus anda coba. Pasalnya masakan maritim di pantai menarik ini sangat lezat. Hal ini dikarenakan penduduk sekitar yang rata-rata bekerja selaku nelayan sehingga hasil tangkapannya akan langsung dimasak.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Tanjung
Image Credit: Google Maps Rakhmad Ramadhanjaya

Pantai Tanjung Pendam mempunyai sejumlah akomodasi yang mampu dibilang cukup lengkap seperti warung makan yang memasarkan beberapa kuliner dan minuman dan ada juga wifi gratis yang mampu digunakan oleh setiap turis. Kemudian ada suatu gallery atau art shop yang memasarkan beberapa barang seni sebagai cinderamata atau buah tangan.

Fasilitas yang lain yang dimiliki destinasi rekreasi anggun ini yaitu taman bermain anak-anak dan jalur jogging. Maka dari itu pelancong bisa sekaligus berlibur dan berolahraga di lokasi rekreasi pantai hits ini.

Tidak hanya itu pantai mengagumkan ini juga memiliki mushola untuk umat beragama Islam melakukan ibadah sholat. Satu lagi akomodasi biasa yang dimiliki oleh pantai dengan pemandangan sunset yang sangat indah ini yakni toilet biasa .

Ketika anda ingin berlibur ke Bangka Belitung atau sedang mencari kawasan wisata di kawasan tersebut maka Pantai Tanjung Pendam merupakan salah satu destinasi yang wajib anda tuju. Memang pantai populer ini cukup ramai baik di hari biasa atau di hari libur, tetapi dengan ukuran pantainya yang cukup panjang masalah ramai tidak terlalu terasa.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!