Pantai Tabanio, Pantai Eksotis Dengan View Sunset Menawan Di Tanah Maritim

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Harga Tiket: -, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Tabanio, Kec. Takisung, Kab. Tanah Laut, Kalimantan Selatan; Map: Cek Lokasi

Pergi berwisata ke pantai yaitu salah satu kegiatan yang sangat menggembirakan. Tempat rekreasi alam berbentukpantai memang selalu mampu menyuguhkan keindahan tersendiri bagi turis yang datang. Satu dari beberapa pantai terbaik yang mampu Anda kunjungi berada di Provinsi Kalimantan Selatan, yakni Pantai Tabanio.

Pantai tersebut tepatnya berada di Kabupaten Tanah Laut, di sanalah nantinya Anda akan mendapatkan keindahan yang tak bisa didapatkan di kawasan yang lain. Pantai tersebut dikala ini memang tengah hits dan terkenal, alasannya itu, wajar kalau kerap kali pengunjung datang ke tempat tersebut.

Berbagai macam pesona ditawarkan oleh Pantai Tabanio yang berada di Kabupaten Tanah Laut tersebut. Salah satu daya tarik itu yaitu adanya benteng peninggalan kolonial. Jika Anda tengah mencari tempat rekreasi alam berupa pantai, maka sangat direkomendasikan untuk mendatangi kawasan ini saat hari libur tiba.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tabanio

Daya Tarik Pantai Tabanio
Image Credit: Google Maps arleta ajaib

1. Keindahan Pantai

Panorama pantai yang begitu indah menciptakan pengunjung merasa betah. Di sanalah nantinya Anda bisa menikmati keindahan air maritim yang terlihat biru dan jernih, serta hamparan pasir, bebatuan karang dan lain sebagainya.

Selain itu, di Pantai Tabanio Anda akan menyaksikan biota maritim yang begitu eksotik, seperti karang. Panorama dari pantai tersebutlah yang risikonya bisa membuat hadirin dari luar kota bahkan juga luar negeri rela tiba dari tempat jauh untuk menyaksikannya.

2. Keindahan Sunset

Salah satu momen paling indah dikala berada di pantai tersebut adalah dikala menjelang matahari karam. Keindahan sunset dari pantai tersebut memang tak perlu Anda ragukan lagi. Waktu senja yaitu opsi yang paling pas saat Anda mengunjungi tempat ini.

Banyak orang yang beropini sebetulnya dikala matahari karam merupakan momen yang paling indah di sana. Saat Anda datang dikala cuaca tengah cerah pada waktu sore hari, maka Anda mampu menyaksikan keindahan tersebut.

Cahaya keemasan yang dipantulkan oleh sinar matahari ke permukaan air bahari menciptakan situasi di sekitaran pantai kian terasa begitu menakjubkan.

3. Biota Laut yang Beraneka Ragam

Lokasi Pantai Tabanio ini memang mempunyai biota bahari yang sungguh beragam dan gampang untuk Anda dapatkan. Beberapa biota bahari tersebut seperti misalnya kerang. Nantinya Anda mampu menggunakan kerang-kerang tersebut untuk sekedar bermain. Namun, pastikan Anda tidak menghancurkan lingkungan dan biota laut sekitar.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Tabanio
Image Credit: Google Maps Orang Kampung

4. Benteng Penjajah

Seperti yang telah di singgung di atas, di kawasan tersebut Anda akan menemukan adanya benteng peninggalan era kolonial Belanda. Benteng yang ialah peninggalan VOC tersebut berdiri di area pinggiran pantai.

Benteng ini dikenal dengan nama Benteng Tabanio yang ialah bangunan sejarah dan menjadi saksi bisu zaman penjajahan Belanda di tanah air. Anda nantinya bisa berkunjung dan menyaksikan bangunan yang begitu kokoh dan bersejarah tersebut.

Sekalipun usianya sudah berabad-abad, namun bangunan ini masih terlihat begitu besar lengan berkuasa. Keberadaan dari benteng menciptakan banyak wisatawan merasa tertarik untuk mendatanginya.

5. Terdapat Banyak Spot Foto Menarik

Pantai Tabanio memang memiliki berbagai Spot foto terbaik dan instagenic. Daya tarik inilah yang risikonya membuat pelancong yang kegemaran dalam seni fotografi berdatangan ke kawasan tersebut.

Tidak sukar bagi Anda untuk mendapatkan background foto yang indah dan keren di sana. Beberapa spot foto terbaik bisa Anda peroleh di area sekitar pantai. Pastikan disini Anda mengambil angle yang benar-benar tepat biar mampu menghasilkan hasil foto yang optimal.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Tabanio
Image Credit: Google Maps Fitri Yani

Bagi Anda yang berniat untuk mengunjungi Pantai Tabanio, maka Anda perlu segera menuju ke Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Lokasi tepatnya pantai tersebut yaitu terletak di kecamatan Takisung. Pantai ini berada tidak jauh dari kota Banjarmasin, maka dari itulah untuk menuju ke sana ada aneka macam transportasi yang mampu Anda pilih.

Oleh sebab rute menuju lokasi sudah sangat baik, maka Anda pun juga bisa menggunakan kendaraan eksklusif, baik itu kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua. Ketika telah tiba di Kecamatan Takisung, untuk mencapai area pantai Anda cuma perlu menempuh jarak kurang lebih 12 km.

Jika susah untuk menemukan lokasi sempurna pantai ini, Anda dapat menggunakan teknologi lewat ponsel pintar. Dengan memakai ponsel pintar tersebut, maka Anda mampu mengakses Google Maps dan mencari rute terbaik untuk menuju ke sana.

Harga Tiket Masuk Pantai Tabanio

Harga Tiket Masuk Pantai Tabanio
Image Credit: Google Maps Zul Fadeli

Pantai Tabanio memang ialah salah satu destinasi rekreasi yang tergolong murah. Hal itu dikarenakan harga tiket untuk menikmati segala keseruan dan keindahan yang ada di sana sangatlah terjangkau.

Untuk area parkir, Anda tidak butuhmerasa cemas alasannya adalah area parkir sudah sungguh kondusif. Selain itu, Anda mampu memarkirkan kendaraan tersebut secara gratis ketika tengah mendatangi tempat ini.

Aktivitas Seru di Pantai Tabanio

Aktivitas Seru Pantai Tabanio
Image Credit: Google Maps Hesadarma Harmin

1. Menikmati Keindahan Sunset

Berbagai acara bisa Anda lakukan selama berada di Pantai Tabanio. Aktivitas yang banyak dinantikan ialah menikmati keindahan matahari tenggelam. Lokasi dari pantai tersebut memang terbilang sangat strategis, oleh karena itulah Anda mampu merasakan daya tarik keindahan dari matahari karam tersebut secara maksimal.

Umumnya wisatawan tiba ke kawasan tersebut ketika menjelang sore hari biar mampu menikmati momen sunset ini. Di ujung barat nantinya Anda akan melihat matahari yang secara perlahan turun ke peraduan. Cahaya kemasan gemerlap di area permukaan bahari akan membuat Anda kian terpukau oleh keindahannya.

Selain itu, terdapat hal unik yang nantinya bisa Anda saksikan saat menjelang matahari karam. Anda nantinya mampu melihat matahari karam tersebut dihiasi dengan panorama kapal yang tengah melepas jaring di tengah Sungai Barito.

2. Berburu Foto

Mayoritas wisatawan yang tiba ke Pantai Tabanio bermaksud untuk mengabadikan momen. Berburu foto merupakan kegiatan wajib yang mesti Anda lakukan, alasannya adalah di kawasan ini memang memiliki pemandangan yang begitu indah menawan . Karena itu, pastikan Anda tidak lupa menjinjing kamera saat berada di daerah tersebut.

3. Bermain di Pasir yang Luas

Aktivitas berikutnya adalah bermain di pasir yang luas. Di sanalah nantinya Anda akan disuguhkan oleh panorama pasir yang tampak luas. Tidak hanya itu saja, kebersihan dari pasir membuat suasana area pantai semakin terlihat eksotis. Pastikan Anda menjaga kebersihan di daerah tersebut.

Aktivitas Seru di Pantai Tabanio
Image Credit: Google Maps ahyaru andrestyo

4. Mengunjungi Benteng Tabanio

Rekomendasi aktivitas terakhir yang bisa dijalankan selama berada di Pantai Tabanio ini adalah melihat benteng bersejarah peninggalan kolonial Belanda, adalah Benteng Tabanio. Di sanalah nantinya Anda akan melihat benteng kuat dan merupakan peninggalan masa lampau yang menyimpan aneka macam sejarah.

Hingga ketika ini benteng peninggalan penjajah tersebut masih terawat dan tampak begitu kuat. Anda mampu juga menggunakan benteng ini selaku latar belakang untuk berfoto. Bagi siapapun yang merasa ingin tau dengan benteng tersebut, maka dipersilahkan untuk memasukinya. Namun, sangat diusulkan bagi hadirin untuk senantiasa mempertahankan kebersihan.

5. Menikmati Kuliner

Pantai Tabanio ialah pantai yang cukup hits dan terkenal di kawasan Tanah Laut. Karena itulah, disana nantinya Anda akan memperoleh banyak penjualyang memasarkan aneka macam macam buah tangan khas. Oleh-oleh tersebut mirip contohnya kerupuk ikan, ikan kering, aneka olahan maritim dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang sangat gemar dengan masakan, maka dihentikan menyia-nyiakan aktivitas tersebut selama berada di sana. Selain rasa kuliner yang enak, harga yang disediakan pun juga terbilang cukup terjangkau.

6. Bersantai

Aktivitas lain yang juga tak boleh dilewatkan yaitu duduk bermalas-malasan di bawah pohon beringin dengan ukuran besar. Ya, disini memang terdapat pohon beringin yang banyak dipakai sebagai area untuk duduk kalem. Selain itu, tempat tersebut menjadi salah satu spot foto paling populer dan ramai dikunjungi.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Tabanio
Image Credit: Google Maps Yuriana Rhmh

Pantai Tabanio yang berada di Kabupaten Tanah Laut merupakan salah satu wisata hits dan tengah terkenal. Banyak wisatawan yang berbondong-bondong untuk tiba ke daerah ini. Karena itulah, pihak pengelola menawarkan fasilitas yang cukup memadai bagi wisatawan. Salah satunya adalah ditawarkan saung di area pinggir pantai.

Pantai nan elok tersebut mempunyai kemudahan berbentuksaung yang berjajar rapi di area pinggiran pantai yang dibentuk dari bambu. Anda bisa memakai daerah tersebut sebagai area bersantai dan bisa memakai fasilitasnya untuk dijadikan tempat makan dengan sanak famili Anda.

Selain itu, kemudahan biasa lain yang bisa Anda peroleh adalah toilet, kamar ganti, mushola, area parkir yang luas dan kondusif dan warung untuk membeli buah tangan khas Tanah Laut. Untuk Anda yang bermaksud menginap di sekitar pantai, Anda juga bisa menyewa penginapan yang lokasinya tak jauh dari pantai. Tarifnya pun terbilang masih terjangkau.

Bagi yang kebetulan berada di Tanah Laut, maka sangat diusulkan untuk mengunjungi Pantai Tabanio. Pantai yang sungguh dianjurkan Ketika berkunjung ke Kalimantan Selatan. Liburan Anda di sini akan semakin lengkap Jika datang ke kawasan tersebut Bersama orang tercinta.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!