Penderasan Badorai, Pesona Alam Eksotis Nan Menarik Di Agam

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Harga Tiket Air Terjun Badorai: Gratis, Jam Operasional: 08.00-14.00 WIB, Alamat: Sungai Pua, Kec. Sungai Pua, Kab. Agam, Sumatera Barat; Map: Cek Lokasi

Kabupaten Agam memang merupakan salah satu daerah yang berada di Provinsi Sumatera Barat yang selalu sukses menyuguhkan keindahan alam. Ada aneka macam kawasan rekreasi alam yang mampu Anda kunjungi di sana, salah satunya yaitu Air Terjun Badorai. Air menggeluti tersebut yaitu salah satu objek rekreasi populer dan cukup disukai di Kota Agam.

Selain itu, di daerah inilah nantinya Anda dapat melihat keagungan dan keindahan dari Gunung Singgalang yang merupakan salah satu panorama alam indah di kabupaten tersebut. Objek rekreasi ini memang berada di kaki Gunung Merapi, karena itu keadaan di tempat tersebut masih sangat alami.

Ketika liburan datang, tidak sedikit hadirin yang menimbulkan Air Terjun Badorai selaku destinasi wisata. Maka dari itulah, bagi Anda yang kebetulan berada di Kabupaten Agam, maka jangan sia-siakan peluang. Anda beserta dengan keluarga mesti menyediakan waktu tiba ke tempat ini, liburan Anda akan terasa kian seru saat berada di sana.

Daya Tarik yang Ditawarkan Air Terjun Badorai

Air Terjun Badorai Agam
Image Credit: Google Maps Bayu Sa

1. Air Terjun Tiga Tingkat

Ada berbagai pesona dan keindahan yang membuat Air Terjun Badorai menjadi salah satu kawasan wisata terkenal dan favorit. Sekalipun tidak sepopuler penderasan yang lain dan tidak seramai tempat-tempat rekreasi di Kabupaten Agam yang lain, tetapi tempat ini memiliki keindahannya sendiri.

Salah satu daya tariknya tersebut adalah teladas ini memiliki 3 tingkat. Untuk tinggi air terjun di tingkat pertama dan tingkat kedua meraih 20 meter, serta mempunyai arus yang cukup ringan. Sedangkan untuk di tingkat yang ketiga, tinggi gerojokan sendiri meraih 50 meter serta mempunyai arus yang cukup deras.

Ketiga tingkat air terjun ini terbentuk oleh alasannya adalah proses alam yang terjadi secara kebetulan. Untuk tingkat 1 sendiri disebabkan oleh patahan yang ada di bagian dinding, sedangkan di bab tingkat 2 dan juga 3 terbentuk oleh sebab lapisan bawah yang digerus air sungai. Keindahan tersebutlah yang membuat hadirin tertarik untuk mengunjungi daerah ini.

2. Jalur Tracking

Perlu untuk Anda ketahui, Air Terjun Badorai memang sangat sesuai bagi Anda yang merupakan penghobi tracking. Tracking memang menjadi aktivitas yang perlu dan wajib untuk dikerjakan jikalau Anda ingin berada di lokasi gerojokan tersebut.

Nantinya acara tracking akan dimulai melalui area perkampungan di mana hadirin nantinya akan menitipkan kendaraan mereka. Durasi untuk melaksanakan tracking tersebut tidak begitu lama, ialah cuma memerlukan waktu kurang lebih 20 menit sampai 30 menit. Dan hal itu tentunya sangat tergantung pada stamina dari para hadirin sendiri.

Medan tracking untuk menuju ke kawasan Air Terjun Badorai dapat dibilang relatif mudah. Selain itu, saat Anda mendatangi kawasan tersebut nantinya akan melalui beberapa kebun milik warga lokal. Anda juga akan melalui beberapa jalanan yang telah cukup cantik. Namun, terdapat juga beberapa tanjakan yang tajam ketika Anda hendak hingga di lokasi rekreasi.

3. Beragam Spot Foto

Latar belakang air terjun yang begitu deras dengan keindahan jeram tiga tingkat merupakan sesuatu yang tak boleh dilewatkan. Banyak sekali yang mengabadikan momen ketika mereka berada di sana.

Ketinggian dari gerojokan sendiri mencapai 50 meter dan pastinya hal itu akan menjadi ingatan terbaik saat Anda mengabadikannya dalam jepretan kamera. Wajar saja bila tempat tersebut banyak dilirik oleh para pengunjung, baik itu wisatawan setempat maupun turis luar kota.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Badorai
Image Credit: Google Maps ucok kaleng

Air Terjun Badorai berada di kaki Gunung Merapi, tepatnya adalah di Nagari Sungai Pua, Sumatera Barat, Kabupaten Agam. Jika Anda dari arah kota Bukittinggi, maka lokasi wisata mampu ditempuh hanya dalam 30 menit saja, alasannya adalah memang jaraknya hanya berkisar 10 km saja dari Kota Bukittinggi tersebut.

Jalan untuk menuju ke lokasi wisata telah cukup baik. Namun untuk mencapai ke kawasan air terjun, maka kendaraan Anda harus dititipkan di area parkir yang akrab dengan perumahan warga. Setelah itu, nantinya Anda perlu berjalan kurang lebih selama 15 menit untuk datang di penderasan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Badorai

Harga Tiket Masuk Air Terjun Badorai
Image Credit: Google Maps Rahmat Hidayat

Menikmati hari libur bersama dengan keluarga di Air Terjun Badorai memang merupakan inspirasi yang paling tepat untuk dikerjakan. Selain karena keindahan yang ditawarkan oleh kawasan tersebut, salah satu pesona yang lain yakni Anda tidak akan dikenakan ongkos masuk sama sekali. Tempat wisata ini ialah salah satu wisata murah yang recommended bagi Anda.

Untuk ongkos parkir sendiri di tempat tersebut cukup terjangkau. Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp 5.000 saja untuk tiap kendaraan yang Anda bawa.

Untuk jam operasionalnya sendiri, gerojokan mulai dibuka pada pukul 08.00 dan akan secepatnya ditutup saat menjelang pukul 14.00 WIB. Anda bebas untuk datang ke lokasi kapanpun Anda mau. Karena memang tempat ini dibuka saban hari, bahkan saat hari libur nasional.

Namun pastikan saat Anda benar-benar bermaksud menuju ke wisata penderasan ini, Anda memilih waktu yang sempurna seperti misalnya hari yang cerah dan tidak mendung. Hal itu dikerjakan agar liburan Anda di daerah tersebut tidak terganggu oleh turunnya hujan.

Selain itu, saat Anda tiba pada isu terkini hujan, maka jalanan di kawasan tersebut condong licin, maka dari itulah, semestinya Anda memilih waktu yang sungguh-sungguh sempurna.

Aktivitas yang Seru dan Manarik Dilakukan

Aktivitas Seru Air Terjun Badorai
Image Credit: Google Maps Alhadid Gucci

1. Berenang dan Mandi

Mandi dan berenang di gerojokan tiga tingkat yakni aktivitas mempesona. Perlu untuk Anda ketahui, di Air Terjun Badorai terdapat bak alami yang mana dijadikan selaku daerah menampung ajaran air. Kedalaman dari bak tersebut adalah sepinggang orang sampaumur.

Di sanalah nantinya Anda mampu berenang, mandi ataupun sekedar berendam. Aktivitas tersebut tentu akan sangat mengasyikkan sekali, apalagi bila Anda melakukannya saat hari tengah terik. Bagian dasar dari kolam tersebut merupakan area berbatu, sehingga perlu menjadi perhatian wisatawan saat mereka tengah mandi di sana.

Sekalipun mempunyai suguhan pemandangan yang begitu bagus nyatanya daerah tersebut memang masih cukup sepi dan tidak terlalu padat dikunjungi. Karena itulah, dikala berada disana Anda akan lebih leluasa lagi menikmati daya tarik dari penderasan dan juga bermain sepuasnya di area kolam air terjun tersebut.

2. Bersantai di Sekitar Air Terjun Badorai

Seperti yang sudah di singgung di atas, bahwa Air Terjun Badorai menjadi salah satu wisata yang cukup sepi karena itulah tempat ini sungguh hening. Selain sepi oleh hadirin, kawasan tersebut juga masih sungguh alami, sehingga Anda akan mencicipi udara yang benar-benar sejuk. Karena itu, aktivitas yang bisa dilaksanakan selama berada di sana yakni berleha-leha.

3. Bermain Perosotan

Di kawasan ini terdapat banyak sekali bebatuan besar dan hal tersebut menjadi salah satu hiburan tersendiri bagi wisatawan. Tak jarang turis yang tiba memakai bebatuan besar untuk dijadikan selaku area perosotan.

Tentunya hal ini merupakan sesuatu yang sungguh menghibur sekali selama berada di sana. Terlebih kalau Anda kebetulan membawa buah hati Anda ke sini, maka pasti mereka akan merasa betah dan terhibur sekali dengan adanya perosotan memakai batu besar tersebut.

Aktivitas Seru di Air Terjun Badorai
Image Credit: Google Maps Bayu Sa

4. Berburu Foto

Aktivitas tersebut wajib dilakukan selama Anda berada di Air Terjun Badorai. Karena memang daerah ini menyajikan daya tarik tersendiri dan tentu saja ada aneka macam spot foto instagramable yang tak boleh Anda sia-siakan.

5. Bersepeda

Aktivitas yang terakhir juga dihentikan untuk dilewatkan yaitu bersepeda. Bersepeda ini jadi alternatif bagi Anda yang ingin menuju ke lokasi riam tanpa harus berjalan kaki. Medan yang perlu untuk Anda lalui memang tidak terlalu sukar.

Pengunjung yang menggunakan sepeda sungguh direkomendasikan untuk memakai bantalan kaki berupa sandal gunung. Hal itu dilakukan semoga nantinya Anda lebih gampang saat melalui medan yang mana beberapa ialah tempat lembap.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Air Terjun

Fasilitas Air Terjun Badorai
Image Credit: Google Maps Arrahman Hajir

Air Terjun Badorai tersebut memang merupakan salah satu kawasan wisata yang hingga dikala ini masih belum diatur secara maksimal. Karena itulah, untuk memperoleh fasilitas di wilayah air terjun memang relatif sukar untuk dilakukan.

Namun, meski begitu Anda masih mampu menemukan beberapa kemudahan umum untuk melaksanakan beragam acara. Terdapat kamar kecil yang mampu Anda gunakan selama berada di sana. Selain itu, kemudahan lain yang disediakan adalah mushola dan area parkir yang cukup aman serta luas.

Anda yang kebetulan tidak membawa bekal masakan dari rumah, maka tidak perlu cemas sebab di daerah ini telah tersedia warung yang menyuguhkan beragam menu nikmat. Pastikan pula selama berada di tempat rekreasi Anda betul-betul mempertahankan kebersihan.

Berkunjung ke Air Terjun Badorai selama piknik datang merupakan sesuatu yang sangat recommended untuk Anda lakukan. Terlebih jika Anda datang ke kawasan tersebut bersama dengan keluarga, maka berbagai keseruan yang bisa Anda dapatkan.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!