Curup Kereta, Rekreasi Teladas Indah Nan Asri Di Way Kanan

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kotabumi waykanan Blambangan, Tangkas, Kec. Kasui, Kab. Way Kanan, Lampung; Map: Cek Lokasi

Bagi Anda pecinta traveller, maka layak sekali untuk menguji adrenalin diri pada tempat rekreasi kali ini yang dinamakan Curup Kereta. Di zaman dahulu, curup ini disebut dengan Curup Helar dan dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk menumbuh pada dengan cara yang tradisional. Curup hits di Way Kanan ini menjadi rekreasi alam yang sayang jikalau terlupakan.

Berdasarkan keterangan dari warga setempat, penderasan tersebut dimanfaatkan menjadi media untuk memutar baling-baling atau kincir yang dihubungkan Helar sebagai penumbuk padi. Air menggeluti ini kian eksis sesudah dihadiri oleh tim My Trip My Advanture di tahun 2017 lalu.

Sejak ketika itu, wisatawan yang datang ke Curup Kereta pun semakin bertambah setiap harinya. Tak hanya turis dalam negeri saja, namun juga wisatawan mancanegara. Keunikan yang ada di sana tentu saja kian membuat ingin tau banyak orang. Nah, di bawah ini beragam berita pilihan tentang penderasan Kereta untuk Anda.

Daya Tarik yang Dimiliki Curup Kereta

Daya Tarik Curup Kereta
Image Credit: Google Maps Anggie Permana

1. Suasana Masih Asri dan Hijau

Lokasi di tempat rekreasi andalan Kabupaten Way Kanan ini mempunyai situasi yang masih hijau dan dipenuhi dengan warna hijau. Walaupun sudah dijamah oleh banyak manusia, namun keasrian alam di sana memang dijaga dengan begitu baik oleh pihak pengelola wisatawanya.

Wisatawan yang datang dipersilahkan untuk beraktivitas, namun jangan hingga merusak alam di sana. Selain itu, setiap orang juga dihentikan untuk membuang sampah dalam bentuk apapun secara sembarangan. Oleh alasannya adalah itu, di tempat tersebut sudah ditawarkan tempat sampai pada beberapa sudut.

2. Aliran Air Terjun yang Memukau

Curup Kereta menyuguhkan panorama berupa air terjun dengan pemikiran yang begitu luar biasa indahnya. Bila alirannya sedang deras sekali, maka air terjunnya bak tirai raksasa warna putih yang dibuat dari air.

Tetapi, bila aliran airnya tidak begitu deras, maka terdapat fatwa air yang terlihat bagus dari sejumlah ruas yang terdapat di tebing-tebing jeram. Di bawah pemikiran jeram yang manis pun terdapat kubangan atau bak.

3. Terdapat Tebing Berundak

Di sana ada tebing gerojokan yang mampu dinaiki oleh pelancong. Pasalnya tebing tersebut mempunyai bentuk yang berundak dan terdapat batu yang mampu dipijak guna kemudian menaikinya. Dengan menaiki tebing tersebut Anda dapat menikmati sensasi guyuran air ataupun lompat ke kubangan air yang ada di bawah.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Curup Kereta
Image Credit: Instagram Gita Wulandari

Curup Kereta ialah spot rekreasi alam yang ada di Kabupaten Way Kanan, Lampung atau tepatnya di Kampung Rambang Jaya, Kecamatan Blambangan Umpu. Untuk lokasinya sendiri sesungguhnya hanya berkisar 7 km saja dari Jalan Lintas Sumatera. Rute yang dapat Anda lalui untuk hingga di lokasi rekreasi tersebut cukup mudah untuk diingat.

Apabila dari Simpang Empat Desa Negeri Baru yang ada di Kecamatan Blambangan Umpu, Way Kanan, maka Anda mampu menuku ke Kecamatan Kasui. Untuk waktu tempuh perjalanannya sendiri kurang lebih 15 menit saja. Dari sana Anda dapat naik ojek yang biasanya sering mangkal dekat tugu.

Apabila dari Bandar Lampung, maka jaraknya cukup jauh ialah 207 km dengan waktu tempuh perjalanan kurang lebih 4 jam lewat Jalan Lintas Sumatera. Nah, adapun untuk rutenya yakni Bandar Lampung menuju ke Bandang Jaya menuju ke Kota Bumi menuju ke Baradatu menuju ke Simpang Empat, dan tiba di Curup Kereta.

Transportasi yang mampu digunakan dari Bandar Lampung yakni bus dengan tujuan Kecamatan Kasui, Way Kanan. Untuk tarif yang perlu Anda keluarkan kalau menaiki bus tersebut yakni sekitar 60 ribu rupiah.

Sebelum tiba di Kasui, Anda dapat turun saja di Simpan Empat kemudian melanjutkan dengan naik ojek agar lebih gampang untuk diantar menuju ke lokasi destinasi rekreasi. Alternatif yang lain juga dapat naik travel dengan tujuan Way Kanan, tetapi dengan ongkos yang lebih mahal ketimbang menaiki transportasi bus.

Harga Tiket Masuk Curup Kereta

Harga Tiket Masuk Curup Kereta
Image Credit: Google Maps Susengki 07

Untuk tiap turis yang hendak menghabiskan waktu liburannya di Curup Kereta yang begitu menawan ini, maka tidak akan terdapat tiket masuk atau gratis. Walaupun tidak dipungut ongkos ketika memasuki daerah wisata, namun bagi Anda yang menjinjing kendaraan, maka akan dipungut sejumlah biaya untuk parkir.

Tenang saja sebab ongkos parkir kendaraan yang diberlakukan di tempat tersebut tak akan membuat kantong Anda jebol. Untuk satu motor hanya akan dikenakan biaya parkir sebesar 5 ribu rupiah. Adapun untuk satu mobil cuma akan dimintai biaya parkir sebesar 10 ribu rupiah saja. Area parkir pun ada di bawah pepohonan rindang, sehingga kendaraan akan teduh.

Tak heran bila jeram yang mempesona ini kerap dijadikan pilihan tujuan rekreasi oleh banyak orang yang sedang berhemat. Walaupun tidak dipungut ongkos masuk, keindahan alam yang tersaji di Curup Kereta ini tak usah Anda ragukan. Selain itu, jam buka atau operasional di kawasan wisata ini turut membuat pelancong senang.

Hal itu sebab jam buka yang diterapkan oleh rekreasi alam ini yaitu selama 24 jam. Dengan begitu, Anda dapat berkunjung kapan saja sesuai harapan. Namun, tentu saja waktu paling sempurna untuk berlibur ke gerojokan tersebut ialah pada siang hari saat demam isu kemarau. Pasalnya, Anda akan sedikit kewalahan apabila berkunjung pada ekspresi dominan hujan.

Aktivitas Seru di Curup Kereta

Aktivitas Seru Curup Kereta
Image Credit: Google Maps DLita Official

1. Berburu Foto

Aktivitas yang pertama kali biasanya dijalankan oleh banyak pelancong yaitu menyebabkan Curup Kereta sebagai spot selfie yang apik. Dari jarak kurang lebih 20 m terdapat tanah lapang yang mampu dijadikan selaku spot berfoto. Dari sanalah akan terlihat curup yang lebar dan panjang di belakangnya.

Dapat dibilang bahwa teladas tersebut sangatlah fotogenik. Hal yang juga cukup unik ialah adanya tulisan Curup Kereta pada bagian atas dari gerojokan. Bila dijepret, maka akan memberikan bahwa turis sedang berfoto di lokasi air terjun indah.

2. Berenang

Tidak afdol pastinya jika Anda tidak mencicipi kesegaran yang dimiliki oleh air terjun di tempat wisata itu. Kubangan air atau bak yang ada di bawah teladas memang senantiasa digunakan untuk melaksanakan kegiatan berenang bagi turis. Spot tersebut memang luas sekali sehingga turis dapat berenang dengan puas.

Akan tetapi, Anda tetap mesti mengutamakan keamanan dan keamanan ketika berenang di bak ini, utamanya saat debit airnya sedang meningkat. Tidak dapat disanggah bahwa aktivitas ini memang sungguh seru dan menciptakan ketagihan.

3. Bermain Flyng Fox

Siapa sangka jika di Curup Kereta tersebut menyediakan wahana permainan yang disenangi oleh banyak wisatawan, khususnya golongan anak muda. Apalagi kalau bukan flying fox, yang mana mampu menguji adrenalin bagi Anda yang takut dengan ketinggian. Wahana permainan ini telah diawasi oleh petugas dan terjamin keamanannya.

4. Mengajak Anak ke Taman Bermain

Apabila Anda mengajak anak untuk berkunjung ke daerah ini, maka tidak perlu bingung perihal aktivitas yang dapat dilaksanakan sang anak. Hal itu dikarenakan kawasan penderasan ini sudah menawarkan taman bermain yang tentunya akan menciptakan anak merasa senang.

Namun, Anda mesti tetap memantau anak dengan baik ketika sedang menikmati taman bermain tersebut. Hal ini untuk mengurangi hal-hal yang tidak diharapkan terjadi.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Air Terjun

Fasilitas Curup Kereta
Image Credit: Google Maps Mujiono Wilis09

Fasilitas menjadi hal yang tak kalah penting Anda amati ketika mendatangi suatu kawasan wisata alam. Hal itu karena fasilitas di tempat wisata juga sangat besar lengan berkuasa dengan ketentraman dan juga keamanan ketikan berlibur. Anda akan merasa hening jika mengisi waktu libur di Curup Kereta.

Hal ini dikarenakan telah ada bermacam-macam kemudahan di destinasi rekreasi tersebut yang terbilang lengkap dan cukup mencukupi. Selain tempat parkir yang luas, di sana Anda akan menjumpai sejumlah warung dan toko yang memasarkan aneka masakan, minuman, dan juga snack. Setelah lelah beraktivitas seru, maka Anda mampu membeli kuliner untuk mengenyangkan perut.

Dikarenakan sebagian besar pelancong yang ada di sana memeluk agama Islam, maka telah ditawarkan mushola. Sehingga, Anda tetap dapat mengerjakan ibadah walau sedang ada di daerah rekreasi. Selain dikala hal itu, di daerah wisata ini pun tersedia akomodasi biasa berupa toilet yang kebersihannya sungguh terjamin.

Nah, setelah menyimak banyak sekali informasi di atas yang membicarakan seputar Curup Kereta di Way Kanan, tentu saja pesona di daerah tersebut tidak mampu disepelekan. Bagi Anda yang berkunjung ke penderasan kereta ini tentu saja tak akan pernah merasa kecewa dengan keunikannya. Pengalaman asyik dikala berwisata pun telah menunggu Anda.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!