Pesona Pantai Maluk, Pantai Favorit Para Pecinta Surfing Di Sumbawa

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Maluk, Kec. Jeraweh, Kab. Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat; Map: Cek Lokasi

Pantai Maluk ialah objek wisata di Sumbawa Barat yang memiliki keeksotisan tiada tara. Hamparan pasir putih yang lembut, kemilau air laut berwarna kebiruan dengan ombaknya yang kecil, barisan perbukitan nan tinggi seolah melengkapi keindahan panorama pantai.

Banyak wisatawan mancanegara yang turut penasaran dengan pantai di Sumbawa Barat ini. Oleh sebab itu, setiap harinya pantai nan bagus ini tidak pernah sepi hadirin. Termasuk di hari biasa atau weekday.

Apabila Anda sedang berkunjung ke Pulau Sumbawa, sempatkanlah untuk berwisata ke Pantai Maluk yang menyimpan keindahan hebat. Meskipun perjalanan dari sentra kota lumayan usang, namun sesampainya di pantai ini niscaya Anda akan eksklusif terhipnotis oleh pesonanya. Sungguh salah satu ciptaan Tuhan yang sungguh memanjakan mata.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Maluk

Daya Tarik Pantai Maluk
Image Credit: Google Maps arfansyah abdulrasyid

1. Diapit Oleh Dua Bukit

Sesampainya di bibir pantai yang berpasir putih, Anda akan langsung melihat panorama alam berupa bukit yang mengapit eksistensi Pantai Maluk. Di sisi utara pantai terdapat Bukit Mantun, sedangkan pada sebelah selatan terdapat Bukit Balas.

Keduanya memiliki keindahan alam yang hijau serta barisan bukit yang rapi. Sehingga memperbesar kecantikan panorama di pantai yang tersohor di telinga para turis mancanegara.

2. Disebut Sebagai Ombak Super Suck

Pantai Maluk merupakan pantai yang berupa bagikan teluk menghadap langsung ke lautan lepas jalur khatulistiwa. Di tengahnya memiliki ombak besar yang bisa meraih ketinggian 2 meter gelombang. Namun, sesampainya di pinggir pantai ombaknya cukup kecil.

Ketinggian ombak yang tidak sampai ke pinggir pantai karena eksistensi ombaknya terpecah oleh Tanjung Ahmad. Dengan keadaan mirip itu, maka pelancong mancanegara (turis) menjuluki ombak di pantai ini sebagai super suck.

3. Terdapat Area Penangkaran Penyu

Salah satu daya tarik pantai nan bersih ini mempunyai lokasi penangkaran penyu. Namun, dikala ini cuma tinggal bekasnya saja. Oleh karena itu, pelancong yang berkunjung mampu sembari menikmati panorama keindahan bekas penyu-penyu yang lucu dan unik.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Maluk
Image Credit: Google Maps Faiz Zain

4. Memiliki Pesona Senja yang Sempurna

Di waktu sore hari menjelang matahari terbenam, wisatawan dapat menikmati momen romantis ini di lokasi Pantai Maluk. Cahaya orange keemasan terpantul pada kilauan permukaan air bahari. Semburat cahaya jingga memenuhi langit di area pantai.

Perlahan matahari mulai turun ke bawah hingga alhasil bersembunyi di balik lautan lepas tanpa batas. Suasana gelap pun berangsur-angsur semakin terlihat. Seolah daya tarik ini menciptakan turis merasa terpukau dan menciptakan momen liburan semakin berkesan.

5. Bermain Olahraga Air

Salah satu olahraga air yang sungguh disukai wisatawan saat berkunjung ke Pantai Maluk yaitu berselancar. Bagi para peselancar, posisi pantai ini merupakan kawasan terbaik untuk melakukan acara yang cukup menantang ini.

Ombaknya yang pecah oleh sebuah tanjung membuat kondisi air maritim menjadi sempurna. Cocok digunakan untuk melaksanakan aktivitas berselancar. Jarang wisatawan menemukan keadaan pantai yang mempunyai ombak seperti di Maluk Sumbawa ini.

Alamat dan Rute Menuju Pantai

Alamat Pantai Maluk
Image Credit: Google Maps J N Subastian

Pantai Maluk terletak di Desa Maluk, Kecamatan Jeraweh, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Lokasinya tidak begitu jauh dari Taliwang, kurang lebih 30 kilometer.

Adapun rute yang ditempuh kalau Anda memakai transportasi darat ialah dari Kota Mataram naik bus jurusan Mataram-Taliwang-Maluk. Selanjutnya, berhenti di Maluk untuk menaiki ojek menuju lokasi pantai. Perjalanan menggunakan bus kurang lebih bisa ditempuh selama 5-6 jam.

Apabila Anda berangkat dari Pelabuhan Kayangan Lombok bisa menyeberang menuju pantai memakai kapal feri. Waktu tempuh yang dibutuhkan condong lebih cepat yakni sekitar 2 jam perjalanan.

Harga Tiket Masuk Pantai Maluk

Harga Tiket Masuk Pantai Maluk
Image Credit: Google Maps Rizaldi Rachman

Untuk memasuki kawasan rekreasi Pantai Maluk ini, pelancong akan dikenakan ongkos tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Tentu ongkos tersebut tergolong sangat terjangkau untuk menikmati pemandangan alamnya yang menakjubkan.

Jam operasional pantai ini buka mulai jam 7 pagi. Biasanya pelancong sudah ramai yang berkunjung. Terutama jikalau ekspresi dominan liburan datang.

Aktivitas Seru di Pantai Maluk

Aktivitas Seru Pantai Maluk
Image Credit: Google Maps fathiyyatul khaira

1. Berenang

Kondisi airnya yang tenang dan higienis menciptakan turis tak mampu menahan untuk segera berenang di pinggir pantai. Bahkan anak-anak juga mampu berenang di pantai ini. Namun, tetap mesti dalam pengawasan orang bau tanah serta menawarkan kemudahan pelampung untuk menjaganya.

2. Surfing atau Berselancar

Para pecinta surfing akan sangat menggemari kondisi air di Pantai Maluk untuk melakukan kegiatan selancar. Ombaknya yang tinggi di tengah lautan, namun tidak sampai di tepi pantai menciptakan turis merasa tertantang untuk menaklukan ombak tersebut.

Tak hanya wisatawan mancanegara, wisatawan lokal juga banyak yang ingin mencoba olahraga air yang satu ini. Kaprikornus, tak perlu heran jika Anda akan menyaksikan sejumlah pengunjung yang berjalan menjinjing papan-papan seluncurnya untuk beraksi.

3. Menyewa Kano

Jika Anda ingin lebih menikmati suasana pantai serta airnya yang damai maka mampu berkeliling pantai memakai kano. Jasa sewa kano disediakan oleh pihak pengelola dengan tarif yang standar untuk per jamnya.

Satu kano bisa dinaiki oleh lebih dari satu orang. Sehingga mendayungnya bisa cukup ringan atau bergantian. Nah, biar tidak terlampau letih maka seleksilah lokasi yang tidak mempunyai ombak.

4. Hunting Foto

Pesona keindahan Pantai Maluk memang cocok untuk diabadikan. Beberapa sudutnya memberikan kesan estetik. Hamparan pasir putih yang berbatasan dengan birunya air maritim membuat hasil foto terlihat sungguh indah.

Apalagi dengan background bukit-bukit tinggi nan hijau. Menambah panorama kian instagramable. Sangat keren untuk diunggah di beranda sosial media sebagai penambah koleksi berlibur utamanya di Pulau Sumbawa.

Aktivitas Seru di Pantai Maluk
Image Credit: Google Maps Muhammad Ardian

5. Melihat Keindahan Sunset

Setiap pantai mempunyai ciri khas berbeda untuk menunjukkan keindahan sunsetnya. Termasuk di Pantai Maluk ini daya tarik matahari terbenamnya sungguh eksotis. Apalagi jika ditemani dengan menyantap masakan khas yang enak. Pasti situasi romantis makin tercipta di tengah-tengah senja.

Anda bisa mengabadikan momen anggun ini. Bergaya bagaikan versi dengan background lautan luas maupun nuansa perbukitan yang asri.

6. Olahraga Pantai

Beberapa olahraga pantai yang bisa dilakukan turis selama berada di Pantai Maluk antara lain voli pantai, sepakbola, surfing, dan lari. Selain menyehatkan, berolahraga di pantai juga akan menunjukkan kesan mendalam untuk memperbesar keseruan berlibur.

Akan lebih mempesona bila dikerjakan bareng rombongan keluarga maupun sahabat akrab. Suasana saling mengenal satu sama lain membuat Anda merasa lebih bersahabat.

7. Beraktivitas di Atas Pasir

Pada umumnya kegiatan bermain pasir di Pantai Maluk dikerjakan oleh bawah umur. Akan tetapi di pantai nan cantik ini, acara tersebut bisa dijalankan juga oleh orang akil balig cukup akal.

Selain itu, wisatawan juga mampu melaksanakan aktivitas yang lain di atas hamparan pasir putih nan lembut. Misalnya berjemur, bersantai menikmati panorama sambil minum es kelapa, mencari biota bahari.

Untuk kegiatan berjemur, Anda bisa menjinjing ganjal tikar secara eksklusif tanpa mesti menyewanya. Luasnya hamparan pasir menciptakan Anda bebas menggelar tikar dimana saja tanpa takut berbenturan dengan turis lainnya.

8. Piknik di Pantai

Kata liburan identik dengan berpergian ke suatu daerah. Tak lupa untuk menjinjing peralatan santai tergolong masakan hasil masakan sendiri untuk dicicipi di pinggir pantai sambil mencicipi tiupan angin yang sepoi-sepoi.

Setelah selesai menikmati bekal yang dibawa maupun memesan kuliner di warung makan sekitar pantai, jangan lupa untuk meletakkan sampah pada tempatnya. Usahakan untuk tidak mengotori lokasi pantai dengan sampah-sampah bekas kuliner.

Menjaga kebersihan pantai ialah salah satu upaya untuk menyayangi lingkungan sekitar. Karena kalau sampah awut-awutan maka biota maritim yang ada di lokasi pantai juga akan terusik perkembangannya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Maluk
Image Credit: Google Maps tb sp

1. Lokasi Parkir

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Maluk bisa memarkirkan kendaraannya di lokasi parkir yang tersedia. Lahan parkirnya cukup luas dan ada karcis parkirnya.

2. Mushola

Fasilitas mushola yang ada di lokasi pantai bisa dipakai selaku sarana melaksanakan ibadah sholat bagi umat muslim.

3. Toilet

Keberadaan toilet di Pantai Maluk memang belum mempunyai jumlah yang memadai. Tetapi kondisinya cukup bersih sehingga mampu membuat nyaman bagi penggunanya.

4. Sewa Kano

Wisatawan yang ingin berkeliling pantai mampu menyewa kano dengan harga Rp 10.000 per kano.

5. Sewa Papan Selancar

Bagi Anda yang ingin surfing tetapi tidak menjinjing papan surfing secara eksklusif, maka mampu menyewanya. Di lokasi pantai ini terdapat jasa sewa papan selancar dengan harga terjangkau.

6. Warung Makan

Bersantai di pinggir pantai rasanya kurang lengkap jikalau tidak sembari menikmati kuliner. Nah, di warung makan sekitar pantai ini terdapat aneka minuman kemasan, jus, es kelapa muda serta aneka cemilan dan olahan kuliner khas bahari mirip seafood.

7. Gazebo

Di pinggir-pinggir pantai terdapat gazebo yang dilengkapsi dengan daerah duduknya. Wisatawan mampu menggunakannya untuk berpangku tangan menikmati panorama alam serta menikmati kuliner yang dipesannya.

Itulah isu ihwal Pantai Maluk di Sumbawa Barat yang menyimpan keindahan luar biasa. Agar tidak makin ingin tau, ayo segera datangi wisata ini bersama keluarga. Terutama untuk mengisi waktu piknik bareng buah hati tercinta.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!