Pantai Baron, Pantai Unik Dengan Pasir Coklat Kehitaman Di Gunung Kidul

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Rejosari, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pantai Baron merupakan salah satu kawasan rekreasi di Gunung Kidul yang banyak dikunjungi oleh turis, baik itu setempat maupun asing. Tempat wisata ini memang menyuguhkan sesuatu yang sangat menarik, sehingga menjadikannya layak untuk dikunjungi.

Pantai tersebut didapatkan oleh seorang ningrat asal Negara Belanda yang kebetulan mendaratkan kapalnya di area pantai tersebut yang bernama Baron Sekeber. Bahkan lebih jauh, pantai ini pernah dijadikan sebagai salah satu markas Belanda sekitar tahun 1930 an.

Oleh alasannya memiliki sejarah yang begitu unik serta pesona alam yang sangat indah, Pantai Baron sangat sesuai untuk Anda masukkan ke dalam daftar daerah rekreasi yang perlu untuk dikunjungi. Terlebih ketika telah menjelang hari libur tiba, maka kawasan tersebut memang tidak boleh Anda lewatkan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Baron

Daya Tarik Pantai Baron
Image Credit: Google Maps Taufik Rahman

1. Pantai yang Unik

Terdapat banyak sekali daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Baron, salah satunya ialah pantai ini mempunyai pasir yang berwarna coklat kehitaman. Jika dilihat, pasir yang dimiliki oleh pantai memang cenderung mirip mirip yang ada di Pantai Parangtritis. Tidak cuma itu saja, ombak pantai pun terbilang besar.

Pantai Gunung Kidul tersebut memiliki keunikan bila dibandingkan dengan pantai yang terdapat di Gunung Kidul lainnya. Hal tersebut dikarenakan di kawasan wisata ini Anda mampu mendapatkan 2 Jenis air, yakni air tawar dan juga air asin, yang mana air tawar bersumber dari sungai yang terdapat di pantai.

Sekilas Anda mampu melihat air mengalir deras ke lautan, namun anehnya anutan dari air tersebut bila Anda cicipi mempunyai rasa tawar. Namun tidak cuma di situ saja, setiap lima tahun sekali Anda akan melihat pedoman bahari di pantai tersebut akan mengalami pergantian arah. Di mana air nantinya akan mengarah ke timur dan bermuara di maritim.

2. Baron Techno Park

Untuk daya tarik selanjutnya adalah Baron Techno Park. Jika membicarakan mengenai persoalan tebing, maka di Pantai Baron pun Anda juga akan memperoleh suatu tebing yang tak kalah mempesona untuk Anda daki. Tebing di kawasan tersebut berjumlah 2, yakni tebing timur dan tebing barat.

Untuk tebing barat dipakai sebagai lokasi pembangkit tenaga listrik yang mana di sini menggunakan tenaga alam yang kadang kala disebut juga dengan Baron Techno Park. Sebelum akhirnya nanti Anda sampai ke pembangkit listrik, nantinya Anda mampu melalui jalur retribusi tempat pantai.

Sesampai di area tersebut, Anda akan mendapatkan adanya jalan pertigaan dengan jalur yang menanjak. Dan jalur tersebut jikalau Anda ikuti terus, maka akan menenteng Anda menuju ke area lokasi pembangkit listrik.

3. Wisata Kuliner

Daya tarik selanjutnya yang bisa ditemukan di pantai laut selatan tersebut yakni Anda akan mendapatkan rekreasi masakan yang begitu enak. Pantai Baron memang telah menjadi salah satu dari lokasi yang sungguh menarik untuk Anda berburu kuliner di tempat Jogjakarta. Selain itu, di lokasi pantai banyak sekali terdapat warung kuliner yang berjajar dengan aneka sajian.

Berbagai macam hidangan favorit bisa dijadikan olahan yang merupakan hasil tangkapan maritim untuk dijadikan lauk pauk yang memiliki gizi tinggi. Lokasi dari Pantai Gunung Kidul tersebut memang sangat cocok untuk Anda yang gemar sekali masakan, seperti lobster, kepiting ikan dan udang.

Sama halnya seperti wisata pantai, di pantai tersebut juga terdapat fasilitas yang sungguh lengkap, seperti contohnya wahana permainan bagi buah hati, daerah pelelangan ikan, toko buah tangan yang memasarkan banyak sekali macam kudapan khas Gunung Kidul serta bahtera bermesin.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Baron
Image Credit: Google Maps Yudhistira Hayuatma

Bagi Anda yang kepincutuntuk mendatangi Pantai Baron, maka Anda mampu mengaksesnya menggunakan transportasi lazim ataupun dengan menenteng kendaraan eksklusif. Jika pilihan Anda yaitu menggunakan transportasi lazim, disini Anda mampu memilih bus yang merupakan angkutan dengan tarif terjangkau, sehingga Anda bisa lebih berhemat.

Namun jikalau disini Anda lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi, maka Anda mampu berangkat dari sentra Kota Yogyakarta ke arah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Petunjuk arah untuk menuju ke pantai ini telah dibuat sungguh terang di sepanjang segi jalan. Namun kalau Anda ingin info yang jauh lebih jelas lagi, maka mampu memakai santunan navigasi di ponsel pintar

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Masuk Pantai Baron
Image Credit: Google Maps Dimas Wicaksono

Harga tiket untuk bisa menikmati banyak sekali macam keindahan dan keseruan di Pantai Baron terbilang cukup terjangkau. Anda hanya perlu membayar duit sebesar Rp 20.000 saja untuk tiap penduduknya.

Pembayaran tiket masuk pantai ini mampu Anda lakukan di loket pintu masuk. Ketika memutuskan untuk berkunjung ke Pantai Gunung Kidul, pastikan Anda memilih waktu yang tepat. Waktu yang sempurna disini maksudnya yakni Anda mencari hari yang betul-betul cerah, supaya liburan tidak terusik oleh hujan.

Aktivitas Seru di Pantai Baron

Aktivitas Seru Pantai Baron
Image Credit: Google Maps Nunut Udud

1. Menikmati Pemandangan Pantai

Ada aneka macam ragam acara menarik yang mampu dikerjakan selama berada di Pantai Baron. Salah satu kegiatan tersebut yakni menikmati panorama pantai yang begitu mengagumkan. Perlu untuk Anda ketahui, Pantai Baron ialah sebuah teluk yang di sini memiliki bentuk serta diapit oleh Bukit Karang dengan warna hijau.

Sekalipun pasir pantai di kawasan ini memiliki warna agak kecoklatan, air bahari dari pantai masih sangat alami serta mempunyai warna biru kehijauan. Secara menyeluruh, pantai tersebut memang memberikan daya tarik yang begitu asri dan bisa Anda nikmati nantinya. Pantai eksotis nan indah ini juga memiliki karakter ombak yang cenderung berlawanan dengan formasi pantai lainnya.

2. Berkemah

Di Pantai Baron terdapat area perbukitan karang yang mana mengapit pantai dan menjadi pemandangan yang begitu indah. Di bukit tersebutlah nantinya Anda bisa melakukan aktivitas berkemah bersama dengan rombongan.

Suasana malam yang terdapat di area bukit tersebut akan menciptakan Anda takjub dengan hamparan langit yang dipenuhi oleh gemintang. Namun perlu Anda ingat, bila ingin mengunjungi daerah tersebut, maka Anda harus lebih waspada dengan karang yang terdapat di sana semoga tidak luka.

3. Mengunjungi Puncak Selfie Baron Hill

Untuk Anda yang gemar sekali berselfie, maka Aktivitas ini tidak boleh dilewatkan. Anda nantinya bisa mengunjungi Puncak Selfie Baron Hill. Nantinya Anda cuma perlu berlangsung ke arah utara dari mercusuar. Di tempat tersebutlah sudah tersedia spot foto yang sangat menawan dan unik.

Anda akan menemukan papan yang mempunyai bentuk sayap, hati dan lain sebagainya. Selain nantinya Anda mampu berfoto dengan latar belakang unik, daya tarik dari pantai tersebut dari area ketinggian akan menciptakan hasil foto Anda tampak lebih elok lagi.

4. Berenang di Sungai Bawah Tanah

Fenomena alam yang sangat langka dan mampu Anda temukan di Pantai Baron yaitu sungai bawah tanah. Sungai tersebut memiliki pemikiran air yang menyatu dengan air laut. Namun sekalipun begitu, air dari sungai masih tetap mempunyai rasa yang tawar. Di sanalah nantinya Anda bisa berenang bebas.

Aktivitas Seru di Pantai Baron
Image Credit: Google Maps eko sukendro

5. Berfoto di Goa Jomblang

Jika Anda memiliki waktu lebih, maka Anda bisa menjajal untuk berkunjung ke Goa Jomblang. Goa tersebut berada setidaknya 1 jam perjalanan dari Pantai Gunung Kidul. Umumnya para pengunjung akan tiba ke daerah tersebut untuk berfoto-foto dengan latar belakang goa.

Terlebih dikala cahaya matahari masuk ke goa, maka Anda bisa memperoleh keindahan di sana. Saat Anda ingin mendatangi goa, maka Anda harus melewati jalur yang memang cukup menantang.

Nantinya Anda akan ditarik ke bawah memakai derma tali. Namun meski begitu Anda tidak butuhmerasa cemas, semua perlengkapan yang digunakan sudah teruji aman. Untuk melihat daya tarik tersebut, Anda sebagai pengunjung akan dikenakan ongkos yang relatif mahal, yakni sebesar Rp 450.000 per orang.

6. Memancing

Pantai Gunung Kidul ini dari semenjak dahulu memang telah dikenal menjadi tempat bagi ikan-ikan predator, mirip misalnya ikan kuwe gerong, ikan tenggiri, serta ikan barakuda. Terdapat pula ikan penghuni Karang, seperti ikan kerapu dan ikan kakap merah. Maka dari itulah, Anda di sini tidak boleh meremehkan hasil tangkapan dari nelayan yang ada di sana.

Bagi para pengunjung yang hobi sekali memancing, maka Anda mesti menjajal peruntungan ketika berada di kampung tersebut. Untuk menuju lokasi, Anda cuma perlu berlangsung kurang lebih 15 menit untuk menuju area bukit setinggi 20 m. Supaya nantinya kegiatan memancing Anda sukses, maka Anda bisa menggunakan mata kail ataupun senar yang besar lengan berkuasa.

7. Mengunjungi Mercusuar

Di bukit Karang, tepatnya yakni di sebelah timur dari Pantai Baron, nantinya Anda mampu menyaksikan menara putih yang memiliki tinggi mencapai 40 meter. Mercusuar tanjung tersebut dibangun pada tahun 2014, serta mempunyai fungsi selaku pemandu kapal serta dioperasikan oleh direktur jenderal perhubungan laut.

Anda nantinya bisa naik ke mercusuar tersebut dengan membayar biaya sebesar Rp 5.000. Terdapat 9 ruangan yang dihubungkan dengan tangga spiral yang cukup sempit dan curam. Agar terhindar dari ancaman, maka lebih direkomendasikan bagi Anda melepas ganjal kaki karena memang keadaan dari tangga cukup licin.

8. Menyantap Kuliner

Aktivitas terakhir yang juga tidak boleh dilewatkan selama berada di Pantai Baron Gunung Kidul ialah memakan kuliner. Seperti yang telah dijelaskan, bahwa di tempat ini memang menjadi tujuan rekreasi masakan. Ada berbagai hidangan yummy yang bisa Anda coba. Semua menu tersebut ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Baron
Image Credit: Google Maps Heny Arimi

Pantai Baron ialah tempat wisata yang sudah dikontrol dengan sangat baik, alasannya adalah itu Anda akan memperoleh akomodasi yang telah cukup memadai. Fasilitas dibentuk untuk menunjang kegiatan wisatawan yang tiba ke daerah ini.

Di sana Anda bisa memperoleh toilet yang higienis, musolla bagi Anda yang ingin mengerjakan ibadah salat, area parkir yang luas dan aman, wahana bermain bagi belum dewasa kecil dan lain sebagainya.

Tidak cuma itu saja, bagi Anda yang ingin bermalam, di kawasan tersebut juga telah tersedia penginapan. Penginapan yang ada di sana memperlihatkan harga yang cukup terjangkau dengan fasilitas yang lengkap.

Mengunjungi Pantai Baron bareng dengan keluarga tercinta dikala menjelang hari libur datang, tentunya merupakan sesuatu yang sangat dianjurkan untuk Anda. Ada berbagai keindahan yang mampu Anda saksikan serta keseruan yang tidak boleh dilewatkan. Karena itu, tidak butuhragu lagi untuk meluncur ke pantai yang ada di Kabupaten Gunung Kidul ini.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!