Curug Citiis, Daya Tarik Teladas Indah & Bak Pemandian Air Panas Di Garut

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pasawahan, Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Bagi pelancong yang sedang berkunjung di Garut, kurang lengkap rasanya kalau belum berkunjung di wisata curug yang eksotis dan menawan, yaitu berkunjung di rekreasi Curug Citiis. Curug yang cantik ini sempurna berada di kaki Gunung Galunggung, sehingga mempunyai alam yang sangat asri dan lestari.

Wisata curug ini mempunyai beberapa destinasi wisata yang dapat dinikmati oleh pelancong. Salah satu destinasi rekreasi yang cukup populer adalah dengan adanya pemandian air panas. Pemandian air panas ini salah satu destinasi yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Wisatawan dapat mengajak keluarga tersayang, sebab rekreasi ini tergolong sungguh aman.

Di mana pelancong mampu berendam merileksasikan dan menyegarkan tubuh sambil menikmati panorama yang sangat indah dan bersifat alamiah ini. Sangat mempesona bukan, untuk dijadikan daerah berendam sambil menikmati keindahan alam sekitar. Wisata Curug Citiis ini sangat jarang dikunjungi oleh pelancong, alasannya kanal jalan yang termasuk tidak mengecewakan sukar.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Citiis

Daya Tarik Curug Citiis
Image Credit: Google Maps Ridho Tadjudin

1. Panorama Keindahan Curug

Bagi turis yang berkunjung di Curug Citiis ini akan dibentuk takjub oleh keindahan alam yang sangat asri. Keindahan curug ini mampu dilihat dari pepohonan yang menjulang tinggi serta memiliki daun lebat, sehingga menunjukkan kesan yang cukup rindang serta udara yang dihasilkan juga sungguh segar dan sejuk, hal ini yang membuat betah bagi pelancong.

Selain adanya pepohonan yang menjulang tinggi, keindahan curug ini dapat dilihat dari tebing watu yang memiliki warna keemasan, sehingga hal ini yang menciptakan kontras dengan warna yang ada di sekitarnya. Dan adanya tebing yang berwarna keemasan ini menambah nilai eksotis pada rekreasi curug ini.

Perpaduan alam seperti tebing, batuan sungai, air yang jernih, serta pepohonan yang rindang ini menawarkan kesan yang sungguh indah dan eksotis serta mempesona untuk dikunjungi. Suasana yang sejuk serta adanya bunyi gemericik air juga menambah ketenangan dan ketentraman bagi turis yang datang, sehingga semakin betah untuk berada di rekreasi curug ini.

2. Kolam Air Panas

Selain menikmati keindahan alam yang disuguhkan pada Curug Citiis ini, turis juga dapat menikmati bak air panas adalah dengan cara berendam di kolam ini. Destinasi wisata ini sungguh diminati oleh turis, baik anak muda sampai orang renta.

Kolam air panas ini juga mampu merilekskan serta menyegarkan badan. Sehingga kolam air panas ini sering digunakan oleh turis untuk dijadikan terapi. Di mana salah satu fungsi air hangat yaitu melancarkan peredaran darah, serta mampu membunuh basil-bakteri yang ada. Kaprikornus tak heran bila bak air panas ini sangat ramai dikunjungi oleh turis.

Adanya kolam air panas ini menjadi pesona tersendiri bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi air panas sambil menyaksikan panorama yang disuguhkan di wisata curug ini. Dikarenakan tidak semua curug mempunyai kolam air panas yang alami dan eksotis seperti bak air panas yang ada di rekreasi Curug Citiis ini.

3. Memiliki Sejarah Berbau Mistis

Selain memiliki keindahan dan kolam air panas yang menjadi pesona rekreasi curug ini. Wisatawan yang menggemari hal-hal yang berbau mistis juga dapat berkunjung di gerojokan Citiis ini. Sehingga adanya sejarah yang berbau mistis ini juga mampu menjadi pesona tersendiri bagi turis yang menggemari mistis untuk diulas kembali.

Menurut sejarah dan akidah masyarakat, wisata curug yang cantik ini merupakan salah satu tempat yang cukup angker. Menurut kisah orang-orang terdahulu, wisata curug ini dulunya digunakan sebagai kawasan pertemuan raja-raja besar yang berasal dari Bumi Pasundan.

Di mana para raja sengaja memilih lokasi curug ini, dikarenakan lokasinya sulit untuk ditemukan dan sungguh terpencil. Selain itu, rekreasi curug ini dulunya sering dipakai kawasan bertapa bagi para raja untuk mendapatkan keampuhan yang diharapkan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Lokasi Curug Citiis
Image Credit: Google Maps Mayoy Tv

Wisata Curug Citiis yang menarik ini berada di bawah kaki Gunung Galunggung Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Lebih tepatnya wisata curug ini terletak di Kampung Citiis, Desa Padakembang, Kecamatan Padakembang. Untuk turis yang ingin berkunjung di rekreasi curug ini mampu memakai motor maupun mobil.

Bagi pelancong yang akan menikmati keindahan wisata curug ini untuk mengarah ke Singaparna mampu melalui Jalan Ciawi-Singaparna. Setelah itu pelancong dapat melanjutkan perjalanan menuju Padakembang, kemudian belok ke arah Gunung Galunggung, setelah melalui serangkaian rute, maka pelancong dapat menikmati rekreasi curug ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Harga Tiket Masuk Curug Citiis
Image Credit: Google Maps Ridho Tadjudin

Bagi wisatawan yang ingin mencicipi sensasi keindahan rekreasi alam yang berbentukCurug Citiis ini mampu berbelanja tiket dengan harga yang sungguh murah ialah sebesar Rp 5.000 tiap satu orang. Dengan duit lima ribu rupiah wisatawan dapat menikmati seluruh destinasi yang disajikan, mulai dari keindahan curug, pepohonan yang rindang, serta bak air panas.

Bagi turis yang tiba memakai kendaraan roda dua yakni dikenakan ongkos parkir sebesar Rp 3.000. Dan Bagi wisatawan yang berkunjung memakai kendaraan beroda empat mampu mengeluarkan uang parkir sebesar Rp 5.000. Sehingga bila dihitung ongkos masuk dengan parkir, rekreasi curug ini masih tergolong rekreasi yang relatif sungguh murah, semua kalangan mampu menikmati.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Curug Citiis

Aktivitas Seru Curug Citiis
Image Credit: Google Maps Dafri

1. Berkemah

Wisata Curug Citiis ini juga menawarkan area perkemahan (camping ground). Adanya area perkemahan ini dapat dimanfaatkan oleh turis untuk berkemah dalam waktu beberapa hari sambil menikmati keindahan curug yang manis, indah dan menawan ini.

Kegiatan berkemah di alam bebas ialah sebuah aktivitas yang sangat seru dan menawan. Dengan berkemah di wisata curug ini pelancong dapat menikmati keindahan curug pada malam hari sambil mengkremasi jagung, barbeque, bermain gitar dan bernyanyi serta melihat cahaya bintang yang bertaburan di langit.

Dalam berkemah wisatawan juga dihimbau untuk menenteng perlengkapan langsung, seperti perlengkapan mandi, sholat, obat-obatan eksklusif, serta menenteng baju ganti. Dikarenakan rekreasi curug ini memiliki situasi yang sangat sejuk dan cuek, sehingga wisatawan yang berkemah untuk tetap persiapan dengan menenteng obat-obatan pribadi.

2. Berendam di Kolam Air Panas

Wisatawan yang datang di Curug Citiis yang bagus dan asri ini juga dapat melakukan kegiatan berendam di kolam air panas yang terdapat di rekreasi curug ini. Berendam di air panas memiliki banyak faedah, ialah seperti memperlancar peredaran darah pada badan manusia, merilekskan otot-otot pada tubuh, serta mampu membunuh basil yang ada pada tubuh.

Bagi wisatawan yang datang di wisata curug ini dapat berendam di kolam air panas yang disediakan sambil menikmati panorama alam yang sungguh elok dan indah ini. Banyak wisatawan yang berendam di kolam air panas ini bertujuan untuk terapi dan ada juga yang cuma untuk menyegarkan tubuh.

3. Berburu Foto

Wisatawan yang berkunjung ke Curug Citiis sangat diusulkan untuk menjinjing kamera yang elok. Dikarenakan daya tarik keindahan alam yang dihidangkan sangat menakjubkan, sehingga sungguh sayang jika tidak diabadikan. Ditambah hampir di setiap sudut mempunyai spot foto yang sangat indah jika dijadikan latar belakang dalam berfoto.

Tebing di jeram mempunyai warna yang sungguh elok dan kontras, sehingga memberi kesan yang eksotis pada foto yang dihasilkan. Selain itu pepohonan yang ada di sekeliling curug juga memperbesar keayuan suatu foto yang dihasilkan. Maka acara berburu foto di wisata curug ini juga sangat diusulkan, sebab spot foto yang ada di rekreasi ini sungguh instagramable.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Curug

Fasilitas Curug Citiis
Image Credit: Google Maps Rudy Greatdays

Selain menikmati segudang pesona, Curug Citiis yang indah dan menarik ini juga dilengkapi dengan adanya kemudahan yang tergolong sungguh lengkap. Fasilitas-kemudahan yang ada di wisata curug ini ialah antara lain mirip adanya musholla, area parkir yang sungguh luas, dan toilet. Adanya kemudahan ini sangat memperlihatkan ketentraman bagi wisatawan dalam berwisata.

Selain itu, wisata yang bagus ini juga dilengkapi dengan adanya gazebo yang mampu digunakan sebagai kawasan untuk bermalas-malasan. Adanya kamar ganti yang mempermudah wisatawan untuk berubah baju dengan aman dan tenteram, serta adanya wisata kuliner, fasilitas ini pastinya yang menciptakan turis makin nyaman dalam berwisata sambil menikmati kuliner yang ada.

Bagi pelancong yang menggemari dunia camping tidak perlu khawatir pada saat berkunjung di wisata curug ini, dikarenakan pengelola wisata telah menyiapkan beberapa akomodasi untuk camping yakni seperti adanya camping ground (area perkemahan), dan tempat penyewaan tenda, sehingga turis tidak perlu sibuk-sibuk menenteng tenda dari rumah.

Berdasarkan ulasan di atas, Curug Citiis yang ada di Garut sangat dianjurkan untuk seluruh golongan penduduk , dikarenakan harga tiket masuk juga termasuk sangat murah. Namun selain murah, rekreasi curug ini juga menyuguhkan keindahan alam yang sangat indah serta beberapa destinasi alam yang dapat dinikmati oleh wisatawan yang berkunjung.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!