Curug Cisarua, Daya Tarik Air Terjun Anggun Nan Indah Di Garut

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Harga Tiket: Rp 6.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sukamurni, Kec. Cilawu, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Objek rekreasi yang memperlihatkan air terjun banyak ditemukan di bilangan Jawa Barat, di mana Anda mampu bermain sepuasnya. Curug Cisarua, misalnya, destinasi cantik ini menunjukkan pemikiran air setinggi 50 meter. Ukuran yang terbilang hebat jikalau dibandingkan dengan keadaan alam lain pada objek serupa.

Apalagi, lokasinya sendiri membentang gagah di atas ketinggian 1.400 mdpl, cukup unik untuk kelas wisata penderasan. Artinya, dikala berkunjung ke sini, Anda mesti menyiapkan fisik dan mental biar bisa menempuh jalur pendakian tanpa hambatan memiliki arti. Meski tidak sesulit perjalanan menuju pegunungan, namun medannya tergolong penuh tantangan.

Secara lazim, sejatinya ada banyak hal yang ditawarkan oleh destinasi alam memesona ini. Terutama sebab fasilitasnya mampu dibilang lengkap untuk menyanggupi kebutuhan mendasar. Jadi, jangan ragu luangkan waktu ke sini dan raih manfaat hiburan sebanyak mungkin sebelum kembali ke rumah.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Cisarua

Daya Tarik Curug Cisarua
Image Credit: Google Maps paspenx herdiawan

1. Air Terjun yang Cantik

Curug Cisarua, mirip namanya, destinasi alam ini memberikan air terjun sebagai daya tarik paling utama. Air yang mengalir melalui tebing dengan ketinggian 50 meter tentu menawan rasa ingin tahu para wisatawan.

Terutama bagi Anda yang memang punya ketertarikan khusus kepada rekreasi pemandian alami, maka datang ke sini layak dipertimbangkan dengan serius. Debit airnya niscaya deras, namun bukan memiliki arti Anda tidak mampu membuat diri tetap aman dan nyaman selama bepergian, bukan?

2. Tebing Menjulang Tinggi

Bukan hanya perairan, tebing yang menjulang tinggi di daerah hutan ini mempunyai kekuatan untuk menciptakan hadirin tertegun. Lanskapnya begitu eksotis dibarengi kekukuhan yang seolah tak tergoda zaman.

Lumut-lumut melapisi bab permukaan kerikil, tetapi, bukannya tampakkotor, itu justru membuatnya lebih indah dan memperbesar pesona Curug Cisarua. Hampir di segala sisi ke mana pun Anda menginginkan muka, pemandangannya tidak terlepas dari bukit, tebing, dan watu.

Bahkan, ketika menyaksikan ke dalam sungai, ada kerikil-watu berbagai macam ukuran yang siap menyambut. Keberadaan watu-kerikil ini mampu dimanfaatkan sebagai lokasi istirahat atau sekadar bersantai, di samping menjadi spot foto estetis. Mana pun itu, pastinya tidak terlepas dari impian Anda untuk menikmati waktu sebaik mungkin sebelum kembali ke tempat tinggal dan menjalani kegiatan rutin harian yang kadang menjemukan.

3. Kesegaran Alam

Lokasi yang berada di atas ketinggian lebih dari 1.000 mdpl membuat Curug Cisarua ini dilingkupi hawa cuek. Bahkan, meski matahari terasa menyengat di perkampungan, begitu memasuki hutan suasananya jadi berlawanan.

Ini terasa magis, meski pastinya, masih bisa dijelaskan dengan logis. Bukan hanya posisi di atas bukit, banyaknya pohon di sekitar sini turut menghasilkan udara yang menyegarkan indra pernapasan.

Barangkali, daerah mempesona ini dapat lupa digunakan selaku lokasi untuk melaksanakan mediasi atau sekadar menghirup udara bebas polusi yang jauh dari perkotaan. Maka dari itu, segeralah berkunjung dan penuhi anutan pernapasan Anda dengan udara yang masih sehat ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Curug Cisarua
Image Credit: Google Maps tuti dini arsi

Ingin piknik ke Curug Cisarua? Arahkan kemudi Anda melintasi perjalanan menuju Desa Sukamurni, baik menggunakan motor ataupun mobil. Jika menyebabkan pusat Kota Garut selaku titik tolak, setidaknya perlu waktu sekitar 45 menit semoga sampai di bawah kaki Gunung Cikuray, persisnya di Kampung Kopi Patrol.

Tempat yang manis ini membentang di atas dataran Kabupaten Garut, Jawa Barat. pada ketinggian 1.400 mdpl, mampu dibayangkan betapa indah pemandangan di sekitarnya!

Apakah Anda ingin mencobanya, tetapi memiliki kekurangan kendaraan? Jangan cemas, kabar baiknya, jeram menarik ini bisa disambangi menggunakan transportasi umum.

Lokasinya di Kecamatan Cilawu memungkinkan Anda menumpang angkutan lazim dengan tarif antara Rp 5.000 sampai Rp 7.000. Biasanya, angkot yang beroperasi di sekitar rute tersebut berwarna biru putih. Pastikan Anda tidak salah naik, bila ragu, semestinya tanyakan terhadap sopir.

Dengan begitu, perjalanan jadi lebih menyenangkan karena tinggal menunggu waktu sampai berhenti di area parkir curug. Terlepas dari eksistensi kendaraan umum, bekerjsama menggunakan milik eksklusif tentu jauh lebih nyaman. Apalagi jikalau Anda bepergian bersama orang-orang terdekat. Jadi, tidak ada salahnya untuk menimbang-nimbang charter mobil dan ambil kemudi secara mampu berdiri diatas kaki sendiri!

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Harga Tiket Masuk Curug Cisarua
Image Credit: Google Maps Dwinoviko Kahadani

Khawatir kalau Curug Cisarua menawarkan patokan tarif tinggi dengan segala pesona yang dimilikinya? Kabar baiknya, tidak ada retribusi resmi dari pihak pengurus, tetapi biasanya, Anda akan dikenakan biaya masuk senilai Rp6.000 saja. pada waktu bersamaan, hadirin diperbolehkan menggunakan area parkir secara bebas tanpa ongkos komplemen sepeser pun.

Sementara itu, untuk jam operasionalnya, Anda bisa tiba kapan saja selama 24 jam sarat setiap pekannya. Makara, siapkah menjelajahi kawasan indah ini?

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Curug Cisarua

Aktivitas Seru Curug Cisarua
Image Credit: Google Maps Udar1der Channel

1. Berenang di Kolam Air Terjun

Dengan aliran sungai yang jernih, Curug Cisarua ialah kawasan menawan untuk dijadikan fasilitas berenang. Bawalah perlengkapan Anda sedari meninggalkan rumah dan ambil waktu terbaik di gerojokan tengah hutan ini.

Setiap pengunjung sepertinya tak mau melupakan momen menikmati kesegaran air khas pegunungan, jadi jangan hingga Anda justru tidak turut terlibat di dalam situasi meriah tersebut. Lagi pula, apa yang akan dilaksanakan di pemandian alam bila bukan menceburkan diri ke sungai?

Agar pengalaman Anda jadi lebih baik, jangan lupa untuk menjinjing serta pelampung yang mencukupi. Meskipun arif berenang, tidak ada salahnya berjaga-jaga dengan mengenakan alat peralatan diri. Bagaimanapun, fakta bahwa kolam di sini terbentuk dari ajaran air jatuh setinggi 50 meter tidak bisa diabaikan, arusnya akan condong deras.

2. Mendaki ke Curug Cisarua

Alternatif lain, pendakian juga bisa dijadikan daftar kegiatan selama mendatangi objek rekreasi eksotis di bilangan Kabupaten Garut ini. Lokasi air terjun yang mengalir di atas bukit setinggi 1.400 dari atas permukaan maritim pastinya punya tantangan tersendiri.

Selama perjalanan, Anda akan menemukan banyak hal mempesona khas situasi alam di pedesaan. Dari sejuknya udara dikala berembus, sinar matahari saat melewati celah daun dan ranting-ranting pohon, hingga bunyi-bunyi hewan penghuni hutan. Meski bukan tempat pendakian satu-satunya, namun tempat ini sungguh layak diperhitungkan!

Aktivitas Seru di Curug Cisarua
Image Credit: Google Maps rizjalsugiwa

3. Berburu Foto

Foto, bisa dikatakan ini adalah aktivitas mendekati wajib yang kerap dilaksanakan oleh generasi milenial dan Z saat berkunjung ke Curug Cisarua. Tanpa acara pengabadian momen rasanya ada yang kurang dan mengganjal di hati. Maka dari itu, bawalah perlengkapan fotografi memadai semoga mampu menciptakan bidikan yang mempesona.

Di segi lain, kalaupun Anda tidak mampu menenteng kamera profesional tertentu, memanfaatkan lensa HP tidak akan jadi dilema. Terlebih lagi, ponsel pintar kurun sekarang rata-rata sudah dilengkapi fitur yang mendekati pro.

Apakah untuk berselfie atau mengambil panorama portrait, acara Anda perlu diapresiasi dalam bingkai lensa. Meski, tentu saja, semuanya akan jauh lebih berkesan ketika acara ini disertai kesanggupan fotografi yang keren.

Sebagai anjuran suplemen, kalau Anda tidak mempunyai kemampuan fotografi yang keren, sebaiknya ajaklah orang lain, mirip sahabat atau pasangan, di mana mereka bisa membantu mewujudkan hasil bidikan yang profesional.

4. Piknik di Alam Bebas

Piknik juga bisa menjadi pilihan ketika bepergian ke tengah hutan. Meskipun Curug Cisarua menawarkan kemudahan dasar, tetapi letaknya ada di area parkir. Ini memiliki arti, selama melintasi bukit menuju gerojokan anggun ini, Anda tidak akan menemukan hal lain kecuali isi hutan. Maka dari itu, menimbang-nimbang diri menjinjing bekal berupa makanan ringan, masakan berat, atau roti sesungguhnya bisa jadi penyelesaian pandai.

Dengan begitu, Anda tidak butuhkebingungan dikala tiba-datang merasa lapar dan haus saat sedang bermain di Curug Cisarua. Cukup ambil perbekalan yang sudah disiapkan, gelar tikar atau alas duduk semisalnya, lalu bersantaplah dengan tenteram.

Untuk piknik yang diinisiasi bersama mitra karib, Anda bisa mengusulkan supaya setiap orang membawa sajian berbeda. Harapannya langkah-langkah ini mampu menambah variasi dan keseruan di antara lingkup pertemanan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Curug

Fasilitas Curug Cisarua
Image Credit: Google Maps Dwinoviko Kahadani

Meski Curug Cisarua bukan termasuk destinasi alam yang populer di daerah Garut, tetapi tetap diikuti dengan kelengkapan kemudahan biar bisa memikat hati hadirin. Anda tidak perlu khawatir, lokasinya memang ada di tengah hutan di atas dataran tinggi, hanya saja, oleh penduduk lokal diusahakan biar pengelolaannya memadai.

Ingin makan setelah letih berkeliling nyaris sepanjang hari? Cobalah mampir ke warung-warung sederhana yang menjajakan aneka menu cepat saji. Seduhan mie cup, contohnya, pasti terasa lebih nikmat karena dikonsumsi dalam situasi yang sejuk condong cuek.

Tertarik untuk menjajal situasi di dalam bak hasil bentukan riam? Segera ambil posisi terbaik, kemudian bilas diri Anda di toilet terdekat. Apa pun keperluan dasarnya, semua mungkin diwujudkan ketika bermain di objek alami yang menawan ini.

Dari masakan, pemandian, musala, ataupun area parkir, peroleh kesenangan sebanyak-banyaknya dengan mempergunakan seluruh kemudahan yang ada. Setelah tahu kondisinya, makin besar argumentasi untuk menimbulkan curug di bilangan Garut ini sebagai destinasi tujuan, betul?

Harus diakui, bahwa Curug Cisarua memang menyimpan keunikan khusus yang barangkali tidak dimiliki oleh destinasi serupa lainnya. Anda tidak akan dibentuk menyesal karena menentukan kawasan ini selaku agenda hiburan dikala tamat pekan atau hari libur nasional. Ajak orang terkasih, laris nikmati momen bersama hingga badan terasa lelah.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!