15 Curug (Gerojokan) Di Subang Yang Terkenal & Terindah

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Subang memiliki bermacam-macam destinasi rekreasi alam yang menawan untuk dieksplor pesonanya. Inilah saran rekreasi curug atau penderasan terindah di Subang, Jawa Barat yang menarik dikunjungi dikala liburan dan tamat pekan.

Selain terkenal selaku kota nanas alasannya adalah sebagian mata pencaharian orangnya yaitu bertani nanas, Subang juga menyimpan sejuta pesona pariwisata. Kota-kota di Jawa Barat pada umumnya menunjukkan wisata dengan tema pegunungan yang sejuk dengan berbagai macam anutan jeram atau dengan nama setempat “Curug”.

Subang mempunyai topografi yang diapit oleh bentangan pegunungan dengan ketinggian 500-1500 mdpl menciptakan kota ini sangat sejuk dan indah. Panorama Subang begitu menarik. Wisata alamnya seolah tidak pernah habis untuk di eksplor. Terlebih bila kita mencari rekreasi alam yang berafiliasi dengan elemen air. Dari mulai pemandian air panas, air terjun sampai mata air alam berceceran di Subang.

Curug atau jeram selalu menjadi pilihan yang tepat ketika ingin melepas penat dari riuhnya suasana perkotaan, hingga melepas stress dari acara harian. Sangat kental dengan histori, dan mitos masyarakat di sekitarnya peran curug pada zaman dahulu kurun penting untuk aktivitas spiritual, sosial dan budaya. Di Kabupaten Subang, destinasi wisata alam berupa curug sangat mudah didapatkan, mirip yang daftar diusulkan di bawah ini.

1. Curug Mandala

Curug Mandala
Image Credit: Instagram.com @christonisitorus

Curug yang pertama yaitu Mandala. Keunikan yang dimiliki destinasi rekreasi ini ialah dinding sekitar pedoman air terjun yang membentuk sebuah cekungan yang seperti bak pemandian. Sehingga menarik perhatian wisatawan untuk mencicipi kesegaran airnya.

Harga tiket masuk kawasan sangat murah, cukup dengan lima ribu rupiah saja Anda mampu mencicipi daya tarik Curug Mandala. Akses menuju lokasi juga gampang, yaitu di Desa Cicadas Kecamatan Segalaherang Kabupaten Subang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Cicadas, Sagalaherang, Kab.Subang, Jawa Barat.

2. Curug Ciangin

Curug Ciangin
Image Credit: Instagram.com @agoes_bimaa

Curug ini menjadi salah satu curug yang sungguh diburu di Kabupaten Subang alasannya populer akan kesegaran dan kejernihan airnya. Lokasi sekitar curug juga masih hijau dan asri. Pepohonan rindang dan watu-batuan sungai masih nampak alami. Tak heran kalau saat mendatangi rekreasi ini hadirin akan tidak tabah untuk menceburkan diri ke tempat ini.

Aliran air dari curug ini cukup rendah sehingga Anda tidak perlu khawatir merasa kesakitan saat mendekat. Alamat curug ini berada di Ciebeusi, Kecamatan Ciater Kab. Subang. Jam buka atau operasional destinasi ini dari pukul delapan pagi hingga setengah lima sore.

Pengunjung akan dikenakan tarif sekitar Rp 10.000 untuk memasuki lokasi dan ongkos parkir sebesar lima ribu rupiah. Namun hal itu seimbang dengan panorama yang akan di peroleh. Karena Curug Ciangin sungguh menawan dan mempunyai ketinggian air sekitar sembilan meter.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Kampung Neglasari, RW.04, Cibeusi, Kec. Ciater, Kab. Subang, Jawa Barat.

3. Curug Cijalu

Curug Cijalu
Image Credit: Google Maps (Husnul Kh)

Memiliki anutan air yang cukup tinggi dengan dua anak penderasan dan dinding curug yang bertingkat menciptakan pemandangan curug ini begitu eksotis. Menuju lokasi untuk menikmati keindahan curug ini juga cukup gampang namun menawan bagi para pecinta alam.

Karena selama perjalanan turis akan disuguhkan pesona hutan yang masih asri, dan tak jarang akan menyaksikan beberapa satwa yang berkeliaran seperti simpanse. Biaya retribusi yang di kenakan untuk memasuki kawasan ini sebesar sepuluh ribu rupiah dengan jam operasional dari pukul tujuh pagi sampai lima sore. Dari lokasi parkir, turis mesti berjalan lagi untuk mampu melihat Curug Cijalu.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Cipancar, Serangpanjang, Pusakamulya, Kec. Kiarapedes, Kab. Subang, Jawa Barat.

4. Curug Cileat

Curug Cileat
Image Credit: Instagram.com @rizkililah.mp4

Menjadi salah satu wisata curug andalan di Kabupaten Subang. Curug ini menjadi salah satu wisata penderasan tertinggi. Curug Cileat memiliki dua aliran air dan masing-masing memiliki ketinggian yang nyaris sama.

Agar mampu hingga di lokasi curug, hadirin mesti mengeksplorasi daerah Gunung Canggah. Curug Cileat beralamatkan di Desa Gardusayang Kecamatan Cisalak. Lokasinya masih cukup mudah untuk Anda dapatkan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Cibogo, Cupunagara, Gardusayang, Kec. Cisalak, Kab. Subang, Jawa Barat.

5. Curug Capolaga

Curug Capolaga
Image Credit: Google Maps (Wisata Alam Capolaga)

Berada di lokasi wisata terpadu, banyak aktivitas mempesona yang dapat dilaksanakan di Curug Capolaga. Pengunjung dapat merasakan suasana berkemah di pinggir sungai sambil menikmati cucuran air terjun. Air menggeluti ini berada di Desa Cicadas Kecamatan Sagalaherang . Lokasi curug berdekatan dengan Sungai Cimuja sehingga banyak acara di sekeliling sungai mampu dilaksanakan di sekeliling curug ini.

Tempat ini juga tidak jauh dari jalan tol dan memiliki ekosistem yang unik. Fasilitas yang di sediakan di sekeliling lokasi juga cukup lengkap sehingga hadirin tidak perlu cemas maupun jenuh.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Kampung Panaruban Desa, Jl. Raya Cicadas, Cicadas, Kec. Sagalaherang, Kab. Subang, Jawa Barat.

6. Curug Cibareubeuy

Curug Cibareudeuy
Image Credit: Google Maps (Giw Vlog)

Destinasi rekreasi teladas yang bernama Curug Cibareubeuy ini mampu ditemukan. Curug ini mempunyai anutan air yang tidak terlampau lebar dengan dinding batuan yang banyak ditumbuhi lumut.

Air yang jatuh dari atas curug masih cukup deras. Dengan situasi sekitar yang masih asri dan terdapat banyak kerikil-batuan besar sebagai daerah bersandar.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Nagrak, Kec. Ciater, Kab. Subang, Jawa Barat.

7. Curug Karembong

Curug Karembong
Image Credit: Twitter.com @zonasubang

Curug Karembong memiliki ajaran air yang cukup deras. Bagi pengunjung yang ingin mencicipi sensasi derasnya pancuran teladas mungkin curug ini menjadi pilihan yang tepat. Batu-batuan sekitar jeram juga nampak unik dan bertingkat.

Dinding curug tidak mempunyai banyak tanaman dan pepohonan yang tinggi, sehingga sejauh mata menatap cuma ada air dan watu. Nampak seperti di film-film petualangan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Kampung Panaruban, Sagalaherang, Kec. Cicadas, Kab. Subang, Jawa Barat.

8. Curug Sadim

Curug Sadim
Image Credit: Instagram.com @hhaarruuunnn

Curug Sadim yaitu salah satu hidden gem di Subang dan mengakibatkan perjalanan menuju lokasi tidaklah mudah. Untuk menuju destinasi ini pengunjung perlu menyusuri desa untuk mampu menyaksikan keindahan curug. Berlokasi di Desa Cicadas Kampung Panaruban. Apabila hadirin sedang berwisata di sekitar lokasi perkebunan teh Ciater tidak ada salahnya untuk sesekali mampir ke lokasi ini.

Pancuran air tidak terlampau deras dan ketinggian teladas tidak sampai sepuluh meter, lokasi sekitar air masih banyak ditumbuhi paku purba membuat hadirin seakan-akan sedang memasuki jurasic park.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Cicadas, Kec. Sagalaherang, Kab. Subang, Jawa Barat.

9. Curug Goa Badak

Curug Goa Badak
Image Credit: Instagram.com @young_mhoto

Memiliki ketinggian air sekitar tujuh hingga delapan meter,dengan goa yang cukup tersembunyi berjulukan goa rino. Dengan lokasi yang cukup unik tersebut menjadikan destinasi ini banyak dicari.

Pemandangan sekitar curug berupa bebatuan goa berwarna cokelat kelabu. Selain itu,kemudahan yang di mampu dikala memasuki curug cukup lengkap ialah kamar mandi, penginapan, mushola dan area parkir.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Sukamandi, Kec. Sagalaherang, Kab. Subang, Jawa Barat.

10. Curug Cikondang

Curug Cikondang
Image Credit: Instagram.com @fyn28_

Sekilas dinding riam nampak bertingkat seperti terasiring sehingga menciptakan pedoman air memberikan ilusi yang cukup indah. Dinding curug yang cukup lembab membuatnya banyak ditumbuhi lumut dan terlihat licin.

Lokasi sekitar curug juga berdekatan dengan area persawahan dan perkebunan warga. Debit anutan air cukup deras sehingga menarik bagi turis yang memiliki jiwa petualang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Wangunjaya, Kec. Campaka, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

11. Curug Wangun

Curug Wangun
Image Credit: Facebook.com @kompeparkabupatensubang

Curug Wangun terletak di Desa Bunaira Kec. Tanjungsiang Kab. Subang.. Aliran air di curug ini dapat dibilang cukup tinggi. Memiliki dua pemikiran air dengan ketinggian berkisar antara lima belas hingga dua puluh meter.

Pesona dari curug ini yaitu dinding bebatuan yang cukup lebar sehingga cocok digunakan untuk berselfie ria. Selain itu kemudahan dari destinasi ini cukup lengkap diantaranya taman bermain dan bak renang.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Buniara, Kec. Tanjungsiang, Kab. Subang, Jawa Barat.

12. Curug Agung

Curug Agung
Image Credit: Google Maps (Myshop Martin)

Dipercaya dapat menyembuhkan aneka macam macam penyakit, menciptakan para turis mengunjungi kolam air panas yang berada di sekeliling curug ini dan sekalian mampir ke Curug Agung.

Pesona curug ini sangat menakjubkan dengan pemandangan watu kapur alami di sekitarnya. Sekitar lokasi riam juga masih rimbun dengan pohon palem di sekitarnya. Lokasi destinasi ini juga tak jauh dari Bandung.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Kec. Sagalaherang, Kab. Subang, Jawa Barat.

13. Curug Cina

Curug Cina
Image Credit: Google Maps (Ngubek Ngubek Indonesia)

Lokasi curug ini berada di Desa Curugagung, Kec. Sagalaherang. Akses menuju destinasi ini juga mudah. Pengunjung cukup mengikuti rute yang ada di google map dan mampu perjalanan dapat ditempuh dari kota-kota besar seperti Bandung.

Pemandangan sekitar lokasi masih alami dan asri. Agar dapat menikmati wisata ini pengunjung cuma perlu merogoh kocek sekitar Rp 5.000 saja sebagai harga tiket masuk.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Sinapeul, Kec. Sagalaherang, Kab. Subang, Jawa Barat.

14. Curug Masigit

Curug Masigit
Image Credit: Instagram.com @chilll.n.eat

Curug ini juga menjadi salah satu rekreasi yang paling dicari penduduk Subang dan sekitarnya. Memiliki kedalaman air kolam sekitar sepuluh meter membuat destinasi ini digunakan pengunjung selaku tempat uji adrenalin dengan melompat indah. Aliran airnya tidak terlampau tinggi, dengan warna air nampak seperti hijau kelabu dan bak air cukup luas.

Pemandangan sekitar curug juga nampak mirip Green canyon namun versi mini, bebatuan besar berwarna cokelat muda dengan minim pepohonan.

Harga Tiket: Rp 12.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Pasanggrahan, Kec. Kasomalang, Kab. Subang, Jawa Barat.

15. Curug Pandawa 5

Curug Pandawa 5
Image Credit: Twitter.com @si_raar49

Pancuran air yang tidak terlampau tinggi dan ajaran air yang tenang membuat curug ini cocok dijadikan selaku tempat berwisata bersama keluarga. Selain itu medan yang ditempuh untuk menyaksikan curug ini relatif gampang dan tidak ekstrem sehingga cocok dikunjungi banyak sekali kalangan usia. Dinamakan Pandawa 5 alasannya adalah curug ini mempunyai lima tingkatan air.

Selain mendatangi curug, Anda juga mampu menikmati fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak pengurus seperti cafeteria dan gazebo.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Nagrak, Kec. Ciater, Kab. Subang, Jawa Barat.

Itulah beberapa curug terindah di Subang yang populer. Sempatkan waktu untuk mendatangi destinasi wisata alam untuk menetralisir penat. Jangan lupa siapkan perbekalan yang cukup dan alat untuk berfoto karena keindahan alam sangat sayang untuk dilewatkan.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!