10 Wisata Pantai Di Singkawang Yang Paling Hits

Mau Sewa Mobil ELF, Hiace, atau Bus Pariwisata?

Dapatkan Mobil Pariwisata Berkualitas Dengan Harga Terjangkau, Diduukung Dengan Driver Yang Handal! HartoTrans - Selalu Siap Menemani Perjalanan Wisata Anda.

Apa Saja Tempat Menarik di Singkawang? Periksa List Pantai Populer di Singkawang, Kalimantan Barat. Destinasi Wisata Bahari Terindah, Eksotis dan Paling Hits yang Patut Anda Jelajahi Saat Liburan.

Tidak mampu dipungkiri lagi, bila Singkawang populer dengan destinasi wisatanya yang sangat menawan. Salah satu tempat di Kalimantan Barat ini memang menyajikan segala pemandangan keindahan yang bisa memanjakan mata para pengunjungnya. Berkat keindahannya wisata baharinya, tak sedikit turis yang merasa tenteram dan betah berlama-lama disini untuk piknik yang menyenangkan.

Tertarik liburan ke Singkawang? Berikut formasi rekreasi pantai terindah yang mempesona Anda jelajahi ketika demam isu liburan datang.

1. Pantai Palm Beach

Pantai Palm Beach
Image Credit: Twitter.com @fingerfastlab

Destinasi wisata pantai pertama yang pantas untuk dikunjungi ialah Pantai Palm Beach. Berada di Singkawang Selatan, pantai satu ini dibekali dengan kemudahan yang sangat komplit. Mulai dari hotel, camping ground, arena offroad, bak renang, sampai area volley pantai. Dengan begitu, Anda mampu menikmati keindahan dari Pantai Palm Beach sembari melakukan bermacam-macam kegiatan yang telah ditawarkan.

Bila cuaca sedang mendukung, Anda juga bisa menyaksikan aktivitas para nelayan di sekitaran pantai. Hal ini pastinya akan menimbulkan pengalaman yang menarik bagi Anda tatkala mendatangi pantai di Singkawang satu ini. Deburan ombaknya yang tidak terlalu deras ini ampuh membuat siapa pun yang berkunjung merasa tenteram dan bersedia berlama usang disini.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Pasir Panjang, Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

2. Pantai Kura-Kura

Pantai Kura-Kura
Image Credit: Twitter.com @modelkita

Tidak sedikit orang yang mengatakan bahwa Pantai Kura Kura ialah pantai terindah yang dimiliki Singkawang. Pasalnya, Pantai Kura Kura memiliki pasir putih nan higienis serta deburan ombaknya yang sungguh tenang dibandingkan pantai yang lain. Konon katanya, Pantai Kura Kura dipenuhi oleh pepohonan yang sungguh lebat dan rindang.

Namun sayangnya, kini pepohonan tersebut sudah ditebang semua dan hanya tersisa rerumputan, semak semak, dan pantai yang gersang. Meskipun begitu, Pantai Kura Kura tetap menjadi destinasi wisata favorit para pelancong baik itu dari dalam tempat maupun luar daerah. Pantai ini terletak di balik bukit kecil, jadi tak perlu heran kalau dipenuhi dengan bebatuan di beberapa sudutnya.

Bila Anda berkunjung disaat cuaca yang bagus, Anda bisa melihat siluet pulau yang berada di seberang pantai. Keindahan dari Pantai Kura Kura akan makin menyembur ketika senja tiba. Hal ini dikarenakan daya tarik matahari terbenam yang sangat indah, apalagi jika dilihat dari atas bukit dan pantai. Sesuai dengan namanya, pantai ini selalu disinggahi oleh kura kura setiap harinya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Karimunting, Kec. Sungai Raya Kepulauan, Kab. Bengkayang, Kalimantan Barat.

3. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang Singkawang
Image Credit: Facebook.com @info-singkawang

Bisa dibilang Pantai Pasir Panjang merupakan satu satunya pantai yang terdapat di dalam daerah Selat Nasik. Karena keberadaannya yang terletak di balik hutan, sehingga membuat kanal menuju pantai ini masih termasuk susah. Meskipun begitu, Anda hanya perlu berjuang sedikit demi meraih bibir pantai guna menikmati keindahan yang ditawarkannya.

Hal unik yang mampu Anda dapatkan tatkala menginjakkan kaki di destinasi ini adalah pasirnya yang bertekstur keras. Hebatnya lagi, pasir ini cuma dimiliki oleh Pantai Pasir Panjang saja dan tidak bisa ditemui di pantai yang lain. Tak cuma itu saja, Anda juga akan dihidangkan dengan keindahan dari hamparan pasir putihnya yang sangat mempesona.

Berkat adanya hamparan pasir putih tersebut, membuat pantai satu ini memiliki keindahan yang sangat alami. Apalagi ditambah dengan perbukitan yang berada di sebelah kiri pantai lengkap dengan bahari birunya, menjadikannya perpaduan yang sungguh memanjakan mata. Suasananya yang begitu hening, sehingga sangat cocok dipakai untuk pelancong yang mencari ketenangan.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Jl. Pasir Panjang No.89, Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

4. Pantai Batu Burung

Pantai Batu Burung
Image Credit: Instagram.com @kalbar.tourism

Awalnya Pantai Batu Burung ialah daerah tambatan bahtera para nelayan semata. Namun seiring berkembangnya zaman, sekarang Pantai Batu Burung yang terletak di Singkawang ini sudah menjadi destinasi wisata pemancingan serta lokasi berleha-leha bagi masyarakat setempat. Hebatnya lagi, Pantai Batu Burung kini telah tersohor sampai ke penjuru nusantara.

Tidak mengherankan kalau berbagai para pelancong yang berasal dari luar tempat datang berkunjung ke pantai ini. Konon katanya, nama dari pantai ini diambil dari kisah periode lalunya. Dimana dulunya pantai ini terdapat sebongkah batu granit raksasa yang terletak jauh dari bibir pantai dan seringkali digunakan selaku daerah kawanan para burung.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

5. Pantai Sedau

Pantai Sedau
Image Credit: Google Maps (Kevin Wang)

Terletak di sebelah selatan Kota Singkawang, Pantai Sedau ini menjadi salah satu pantai yang selalu dipakai selaku destinasi favorit para pelancong. Hal ini dikarenakan susukan jalannya yang sungguh gampang dan strategis, sehingga Anda bisa menjangkaunya tanpa bersusah payah. Apalagi di Pantai Sedau ini sudah dilengkapi dengan beragam kemudahan penunjang untuk para pengunjungnya.

Ketika Anda berkunjung ke Pantai Sedau ini, tentukan untuk melihat atraksi menggemaskan dari beberapa hewan yang ditawarkan oleh pihak pengelola. Dengan begitu, pengalaman berlibur bareng dengan orang tercinta akan kian berkesan lagi. Tak cuma itu saja, pemandangannya yang sungguh indah pun bisa menghipnotis siapa saja yang memandangnya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

6. Pulau Randayan

Pulau Randayan
Image Credit: Indonesiakaya.com

Ingin nikmati situasi layaknya pulau eksklusif? Tak perlu khawatir, Anda mampu berkunjung ke destinasi rekreasi bernama Pulau Randayan. Bisa dikatakan destinasi ini ialah pulau sepi yang dihiasi dengan hamparan pasir putih nan lembut lengkap dengan panorama eksotis bak pulau pribadi. Laut biru yang membentang di depan mata, mampu menciptakan Anda terasa terhipnotis periode memandangnya.

Dahulu memang Pulau Randayan sempai dimiliki oleh individual, namun seiring berjalannya waktu kawasan ini bermetamorfosis sebuah rekreasi laut yang mempesona. Bahkan kini Pulau Randayan pun bisa dinikmati oleh siapa saja, baik itu dari dalam maupun luar kawasan. Tidak sedikit pelancong dari penjuru nusantara juga datang silih berganti hanya untuk menikmati keindahan dari pantai ini.

Bila menginjakkan kaki di Pulau Randayan ini, Anda akan dimanjakan dengan panoramanya yang begitu mengagumkan. Tidak sekedar pemandangan dari atas permukaan maritim saja, Anda juga mesti menikmati keindahan alam bawah lautnya dengan melakukan snorkeling. Berkat kejernihan airnya inilah, membuat para hadirin terpana dikala melihat keindahan bawah lautnya.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Kab. Bengkayang, Kalimantan Barat.

7. Pulau Simping

Pulau Simping
Image Credit: Facebook.com @ezytravel

Perlu Anda ketahui, bila Pulau Simping ini merupakan pulau terkecil di dunia dan sudah diakui oleh PBB. Meskipun begitu, destinasi wisata satu ini memberikan daya tarik liburan yang mengagumkan dan berlainan ketimbang yang lain. Pasalnya, disini Anda akan melihat pemandangan yang sangat indah dan memanjakan mata bagi siapa pun yang memandangnya.

Dulunya destinasi wisata ini dinamakan dengan Pulau Tanjung Dua, yang mana hanya memiliki luas sekitar satu hektar saja. Ketika Anda berkunjung kesini, Anda akan menemukan fenomena yang berlainan ialah airnya yang tidak sejernih dengan pantai yang lain. Namun hal ini bukan bermakna Anda tidak bisa menikmatinya. Anda masih mampu berenang dengan leluasa sebab ombaknya tidak begitu besar.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

8. Pantai Tanjung Bajau

Pantai Tanjung Bajau
Image Credit: Twitter.com @vegaviditama

Tanjung Bajau ialah destinasi wisata laut yang sudah populer di Kalimantan Barat tepatnya di Kota Singkawang. Bila berkunjung kesini, Anda akan disuguhkan dengan desain wisata alam yang segar nan alami. Hebatnya lagi, destinasi wisata satu ini menggabungkan dua rancangan yakni pegunungan dan pantai. Sehingga pemandangan yang dihasilkan sangatlah indah.

Hebatnya lagi, para pengunjung juga bisa melihat beragam koleksi binatang serta wahana permainan bagi anak anak yang telah ditawarkan oleh pihak pengurus. Bahkan Anda pun akan menjumpai beberapa patung binatang maritim mirip kura kura, pinguin, dan yang lain yang membuat suasana Pantai Tanjung Bajau lebih terkesan alami.

Bahkan di Tanjung Bajau ini juga dilengkapi dengan Taman Hiburan yang bernama Fantasy Island. Dimana taman ini memiliki 22 wahana permainan yang bisa Anda nikmati bersama dengan orang tercinta. Misalnya saja kora kora Naga, Bianglala, Bom Bom Car, Tsunami, Sniper Doll, Giant Swing, Senapan Panah, Air Basoka, dan masih banyak lagi yang lain.

Harga Tiket: Rp 40.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

9. Pantai Batu Payung

Pantai Batu Payung Singkawang
Image Credit: Facebook.com @reborn.p.singkawang

Pantai Batu Payung merupakan daerah rekreasi bahari selanjutnya yang pantas untuk dikunjungi. Hal ini dikarenakan Pantai Batu Payung dilengkapi dengan baragam wahana yang memanjakan para pengunjungnya. Mulai dari flying fox, ontang anting, rekreasi bahtera, kora kora, dan masih banyak lagi lainnya. Tak cuma itu saja, Pantai Batu Payung pula mendatangkan panorama yang sangat indah.

Memiliki nama lain Mimi Land, Pantai Batu Payung memang menjadi destinasi favorit penduduk setempat. Pasalnya selain mampu menikmati beragam wahananya, hadirin juga bisa melihat secara eksklusif keindahan pantai yang terhampar luas. Panorama matahari terbenam yang diciptakan di pantai ini sangat sesuai digunakan selaku spot foto yang menarik.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Karimunting, Kec. Sungai Raya Kepulauan, Kab. Bengkayang, Kalimantan Barat.

10. Pantai Gosong

Pantai Gosong
Image Credit: Twitter.com @sudipdasin

Dari namanya saja, pantai ini terdengar sedikit gila. Bahkan tak sedikit yang menilai bahwa wisata maritim ini memang gosong alias hitam. Namun ternyata prasangka tersebut salah besar, sebab Pantai Gosong ini dihiasi dengan hamparan pasir putihnya yang sangat indah nan bersih. Tak hanya itu saja, laut biru yang membentang luas juga mampu mensugesti siapa pun yang melihatnya.

Tatkala mendatangi pantai ini, Anda akan mendapati aroma khas yang memabukkan. Aroma tersebut tidak lain bacin khas maritim yang harum. Namun sayangnya, Pantai Gosong terletak sangat akrab dengan muara sungai. Sehingga menyebabkan air lautnya yang asin bercampur dengan air sungai yang keruh. Meskipun begitu, Anda masih mampu menikmati keindahannya yang sungguh menawan .

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi

Alamat: Jl. Pantai Gosong, Kec. Sungai Raya Kepulauan, Kab. Bengkayang, Kalimantan Barat.

Menghabiskan waktu liburan ke banyak sekali destinasi wisata memang terdengar sangat menyenangkan. Apalagi mendatangi bermacam-macam wisata pantai favorit di Singkawang yang telah disebutkan diatas. Namun saat Anda bertandang kesana, pastikan untuk selalu menjaga kebersihannya. Hal ini sungguh perlu dijalankan demi kelestarian pantai tetap tersadar.

Artikel Menarik Lainnya:

× Butuh Bantuan? Chat Sekarang!